Monday, June 2, 2014

perbedaan cacat mata minus dgn mata silender?

Q.

A. Sbnarx mata minus, plus, atau cylnder bukan cacat atau penyakit, tetapi penurunan daya akomodasi lensa mata sehingga gak maksimal memfokuskan cahaya ke Retina

dalam dunia Optik, utk gangguan Penglihatan jarak jauh di sebut SPHERIS, entah itu minus(Miopia) atau plus(Hypermetropia)

beda lagi dgn Preshbiop atau mata tua. Org yg memasuki usia 40 pasti mengalami gangguan saat membaca(utk jarak dekat), itu di karenakan Lensa mata yg mulai tidak elastis, shg akomodasi lensa tidak maksimal, jadi mesti memakai kacamata baca dgn ukuran di mulai +1.00 s/d +3.00 mengikuti usia maksimal smpe dgn 60 tahun

Mata Minus, dikenal dgn nama Miopia, atau Rabun jauh.
Artinya cahaya yang masuk tidak dapat di akomodasikan lensa mata tepat ke Retina, tetapi sebelum Retina
biasax penyebabx kalau suka baca ditmpat gelap atau kbiasaan membaca dgn jarak dekat

kalau Cylnder atau Astigmatis itu bukan krn Lensa mata, tetapi kornea yg tidak rata, sehingga cahaya yg mestix fokus ke retina jadi terpecah.
Tau sndiri kan fungsi kornea itu utk menangkap cahaya sblm melewati lensa mata..
Nah.. Itu sebabnya penderita cylnder suka mengeluh tidak dapat membaca tulisan dgn lurus alias berbayang.
Gejala lainx adalh Pusing di sekitar dahi.

Penderita minus belum tentu cylnder
bgtu jga pnderita cylnder belum tentu minus
ada juga keduanya alias kombinasi.
Misal....
Mata kanan (spheris) -1.25 Dioptri, mata kiri Cylnder -0.75 dioptri
atau.. Mata kiri kanan sama2 cylnder
atau.. Mata kanan kiri sama2 minus tapi gak cylnder
atau.. Kombinasi.. Seperti -1.75 cyl -1.00
jadi powernya beda2.

Cylnder PASTI punya Axis atau Kemiringan bola mata. Tiap orang gak sama.
Misal kalau kamu di periksa di optik, hasilx "S 0.00 Cyl -2.00 x 65"
artinya.. Kamu cuma menderita Cylnder -2.00 dgn axis atau kmiringan bola mata 65 derajat. Tanda "S 0.00" artinya kamu gak minus

oh ya.. Cylnder jg ada yang minus(-) ada juga yg plus(+)
misal.. Cyl -0.75 atau cyl +0.75

itu bedanya..
Semoga membantu

bagaimana cara mengurangi/ menyembuhkan mata minus?
Q.

A. terapi menangani mata minus... mata agan minus?

Biasanya ketika didiagnosis menderita mata minus, penderita âdiwajibkanâ untuk memakai kacamata untuk mengatasinya. Tapi, seorang spesialis mata, dr. William Bates menemukan bahwa sebenarnya mata minus dapat diatasi dengan melakukan latihan mata tanpa memerlukan kacamata maupun operasi lasik.

Menurut dr. Bates gangguan penglihatan terjadi karena kebiasaan melihat yang tidak benar. Kebiasaan terus menerus menatap objek menyebabkan mata menjadi tegang.

Latihan yang dikemukakan oleh Bates ini bertujuan untuk melatih mata supaya dapat mengatur fokus agar lebih efisien dan melatih mengendurkan otot-otot mata.

Terapi ini berdasarkan keyakinan bahwa adanya kombinasi dari tubuh, jiwa, dan pikiran yang digunakan untuk melihat. Faktor kesehatan, makanan, stres, dan postur tubuh seseorang juga dapat mempengaruhi penglihatan. Berikut beberapa terapi yang dianjurkan oleh Bates:

1. Bersembunyi
Latihan ini berfungsi untuk membantu merilekskan mata. Duduklah di depan meja lalu letakkan beberapa bantal sejajar dengan mata. Setelah itu taruh siku tangan Anda di atas bantal lalu tutup rapat kedua mata dengan telapak tangan. Lanjutkan dengan bernapas secara perlahan, rileks, dan bayangkan Anda berada dalam kegelapan. Lakukan latihan ini selama 10 menit sebanyak 2 â 3 kali sehari.

2. Mengggerakkan bola mata
Lakukan gerakkan ini dengan berdiri dan fokus menatap titik yang letaknya jauh dari Anda. Lalu gerakkan bola mata dari kanan ke kiri sambil berkedip 100 kali setiap harinya. Berkedip berfungsi untuk melumasi dan membersihkan mata.

3. Memilih satu warna dalam satu hari

Pilihlah satu warna berbeda tiap hari dan melihat keluar dengan objek warna yang dipilih sepanjang hari. Ketika melihatnya seseorang akan lebih menyadari warna daripada bentuknya.

4. Berjemur

Saat cuaca sedang cerah, tutuplah mata kemudian tatap langsung matahari dalam keadaan mata masih tertutup. Sambil melihat matahari, gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri secra perlahan sampai hampir mrnyrntuh pundak. Latihan ini dapat membawa sirkulasi darah lebih banyak ke leher. Lakukan latihan ini sekali saja selama 3 â 5 menit dalam sehari.

5. Menggeser penglihatan
Menatap layar komputer terus menerus juga dapat menyebabkan mata minus. Sebaiknya jangan terus-terusan menatap layar komputer, sesekali alihkan pandangan Anda pada benda lain yang berada di sekitar Anda. melihat lukisan di dinding atau pot tanaman bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berada di dalam ruangan.

Latihan ini dapat mencegah rabun dekat, rabun jauh, meningkatkan penglihatan periferal, dan katarak.

Dr William Bates menyarankan agar melepaskan kontak lensa atau kacamata saat melakukan senam mata supaya lebih nyaman dan santai. Ketika melakukan latihan ini cobalah untuk sangat berkonsentrasi pada mata sehingga hasilnya lebih maksimal.

ADA YANG TAU OBAT TRADISIONAL MENGURANGI MATA MINUS?
Q.

A. 1. Mata Minus Dapat Disembuhkan Dengan Daun Sirih, kunjungi situs http://obatmataminus.blogspot.com/2010/07/mata-minus-dapat-disembuhkan-dengan.html
Menurut Dewi, daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, fungisida, dan antijamur. Daun sirih mengandung zat antijamur. Daun sirih mengandung zat antiseptik pada seluruh bagiannya.

2. Atasi Mata Minus Anda Dengan Bilberry Eyebright Plus, Aman Dikonsumsi Oleh Pelajar, Remaja, dan Orang Dewasa Tanpa Menimbulkan Efek Samping Negatif dan Mengoptimalkan Penglihatan Anda, lihat di situs http://www.obatmataminus.com/
Bilberry Eyebright dengan Lutein, Zeaxanthin dan biji buah anggur yang bekerja optimal untuk:

1. Mengurangi rasa resah atau tidak nyaman akibat dari gejala mata minus

2. Meringankan rasa sensitifitas dari mata yang mudah berair, mata memerah, gatal dan panas

3. Memberikan rasa nyaman dan tenang untuk mengurangi rasa lelah akibat dari kebiasaan buruk dan aktifitas sehari-hari

4. Mengurangi lengkungan atau cekungan mata dari warna hitam yang berada di bawah kantung mata

5. Membangkitkan sel-sel syaraf mata untuk mengembalikan fungsi penglihatan lebih baik lagi

6. Mengurangi atau menekan bertambahnya jumlah minus (-) pada lensa mata

7. Menghindari resiko efek dari mata minus pada mata silinder, karena mata minus memiliki kemungkinan besar gangguan mata menjadi mata silinder meski hanya satu mata saja.

Bagaimana caranya menurunkan minus pada mata..?
Q. Aku udah memakai kacamata selama 8 tahun tapi tetap saja minusnya 3,50 aku selalu berusaha mengobati mata saya tapi reaksinya tetap saja..tolong bantu aku teman..please...

A. Mata minus adalah mata yang tidak dapat melihat dari jarak jauh.dalam bahasa kedokteran, mata minus disebut miopia. Penyebab mata minus adalah adanya gangguan pada lensa sehingga bayangan jatuh jauh di depan retina atau di belakang retina. Hal ini terjadi karena lensa lebih cekung atau lebih cembung.

Biasanya untuk mengatasi mata minus adalah dengan menggunakan kacamata minus yang disesuaikan dengan jumlah minusnya. Jumlah minus semakin lama dapat bertambah pada beberapa orang sehingga membuat lensa kacamata menjadi semakin tebal.

Pada dunia kedokteran, untuk mengurangi mata minus adalah dengan menggunakan laser. Laser berguna untuk penipisan lensa sehingga bila lensanya cekung, maka lama-kelamaan akan sedikit tidak cekung. Cara lainnya adalah dengan melatih kontraksi otot supaya tertarik sehingga lebih lebar dan tidak terlalu cembung.

Bahan-bahan alami juga dapat digunakan untuk mengurangi mata minus. Cara kerjanya yaitu dengan memengaruhi fungsi otot atau memperbaiki lensanya. Fungsi otot diperbaiki dengan memperbanyak unsur-unsur kalium. Kalium berperan penting dalam kontraksi otot. Unsur kalium dapat diperoleh dari pisang, kurma, dan alpukat. Selain itu, dilakukan pula perbaikan sirkulasi darahnya dengan mengonsumsi pegagan dan bawang putih.

Sedangkan untuk memperbaiki mata minus dan memperbanyak asupan kalium, disarankan makan pisang minimal sebanyak 4 buah sehari yaitu 2 buah pisang di pagi hari dan 2 buah pisang lagi di sore hari. Sedangkan untuk pencegahan, cukup makan 2 buah pisang sehari.

Cara lainnya adalah dengan minum jus wortel 2 gelas per hari. Untuk mengatasi mata minus dengan pegagan adalah rebus 10 lembar pegagan, kemudian airnya diminum segelas. Sementara untuk bawang putih, caranya adalah dengan memasukkan 3 siung bawang putih pada pagi hari, 3 siung bawang putih pada siang hari, 3 siung bawang putih pada sore hari, ke dalam makanan. Fungsinya adalah untuk menambah kalium supaya kontraksi otot lensa lebih baik.Saat lensa berkontraksi maka akan berdampak lensa menjadi lebih cekung karena mata yang minus lensanya agak cembung.

Bahan-bahan alami tersebut bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan yang semakin parah di lensa, otot, atau retinanya. Bahan-bahan alami juga bisa memperbaiki kontraksi otot, meningkatkan aliran darah, dan merangsang regenerasi menjadi lebih baik.

Bila otot diperbaiki, lensa dicegah supaya tidak keruh, sirkulasi darah diperbaiki, dan rangsangannya bagus, maka secara perlahan-lahan mata minus akan membaik. Tetapi, tidak menjamin mata akan hilang minusnya kecuali ototnya bagus dan rangsangan juga bagus.

Bahan alami hanya dapat mengurangi jumlah mata minus, namun tidak menghilangkan masalah mata minus secara keseluruhan,. Tetapi, bila keadaan mata minusnya masih ringan, maka mata dapat kembali normal.

Namun, hal tersebut tergantung dari perilaku dan keseimbangan antara olahraga mata dan pengobatan berbahan alami. Selain itu, untuk menghindari mata minus adalah dengan tidak menonton televisi terlalu dekat atau membaca dalam keadaan gelap karena akan membuat otot bermasalah.

bagaimana cara menyembuhkan mata minus dan silinder?
Q. peringatan:1. selain lasik dan makan wortel OK

A. Latihan senam mata mungkin saja dapat mengobati / menyembuhkan mata minus / rabun jauh serta mata plus / rabun dekat yang akan membebaskan anda dari kacamata dan lensa kontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan. Bebas dari kaca mata jelas adalah dambaan dari sebagian besar penderita kelainan mata. Dan mereka tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memiliki mata yang normal dan sehat.

LATIHAN 1 : Mata Melirik Ke Kiri Dan Ke Kanan

Latihan senam mata ini baik untuk membantu merangsang otot mata agar mata otot mata dapat dapat cekung dengan baik dan tidak kaku. Caranya adalah dengan :

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di sebelah kanan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus dengan cara menoleh ke kanan.
5. Palingkan wajah anda ke kiri perlahan tanpa kehilangan pandangan fokus anda ke jari tadi.
6. Tahan pandangan ketika merasa mata sudah maksimal.
7. Ketika sudah lelah bebaskan mata anda dengan melihat yang jauh.

Tips :
- Lakukan ke arah yang berbeda seperti ke kiri, bawa, atas, kanan atas, kanan bawah, kiri atas, kiri bawah, dan lain sebagainya.
- Kemungkinan dapat menimbulkan rasa pusing dan mual. Itu tandanya mata anda butuh latihan ini.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau memejamkan mata sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat mengobati rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Sebaiknya jangan terlalu lama, sekitar 10 sampai 30 detik saja tiap lirikan.
- Setelah latihan mata mungkin mata anda jadi agak tidak nyaman untuk melihat benda-benda yang dekat jaraknya.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pohon jauh dan dekat tapi tidak ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Semoga mines / ples anda berkurang. Kalau sudah merasa berkurang ganti kacamata anda agar tidak memakai kacamata yang sekarang yang dapat mengembalikan cacat mata anda ke sediakala.

LATIHAN 2 : Fokus Pandangan Mata Jauh Dekat

Latihan berikut ini dapat membantu otot mata anda agar bergerak ke fokus jauh dan fokus dekat. Namun latihan ini mungkin dapat membuat mata anda agak buram kembali setelah melakukan latihan 1 di atas. Mingkin ada baiknya melalukan latihan 2 dulu baru yang 1, atau hanya melakukan latihan 1 saja bagi yang bermasalah rabun jauh.

1. Pandangan lurus ke depan.
2. Tangan kanan berada di depan badan sejajar leher.
3. Jari telunjuk mengacung ke atas.
4. Lihat jari anda dengan fokus.
5. Gerakkan jari maju mundur pelan-pelan dan mata tetap fokus mengikuti gerakan jari.
6. Setelah beberapa kali maju mundur lepaskan mata dengan melihat benda-benda jauh.

Tips :
- Tips ini mungkin akan lebih terlihat hasilnya pada orang yang matanya mines rendah.
- Bagi yang mines tinggi sebaiknya jangan dipaksakan karena belum tentu membawa hasil.
- Kemungkinan latihan ini bisa menimbulkan rasa pusing dan mual.
- Jika mata sudah lelah istirahatkan dengan melihat yang jauh atau merem sambil tiduran.
- Senam ini mungkin dapat meneymbuhkan rabun jauh dan rabun dekat serta penyakit cacat mata lainnya.
- Jika kesulitan fokus anda dapat mencoba dengan bantuan kacamata anda.
- Latihan ini sebaiknya sering dilakukan di tempat yang terbuka yang banyak pepohonan tapi tidak
ditempat umum yang banyak orang atau di tempat kerja yang butuh konsentrasi.
- Segera hubungi dokter spesialis mata jika mengalami gangguan.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment