Monday, June 23, 2014

apa nama nyamuk penyebar demam berdarah?

Q. sekarang lagi musim hujan, hati-hati demam berdarah, jangan lupa pake lotion nyamuk, semprot pake baygon, bakar obat nyamuk, kaleng-kaleng kubur, jangan nyimpen air terlalu lama, bersihin got, fogging bila perlu, makan yang bergizi, jangan tidur siang-siang, bersihin sampah, jangan gantung baju sembarangan jadi sarang nyamuk, pake baju panjang celana panjang, jangan lupa tutup pintu dan jendela kalau udah malam.

A. aedes aegepty...
Tapi, hati2 juga. Nyamuk aedes aegepty nggak hanya menyebarkan virus demam berdarah, tapi juga chikungunya atau yang biasa disebut flu tulang. Gejalanya mirip demam berdarah sama malaria. Semua sendi2 sakit, panas dingin, dll. Walaupun katanya gak lebih berbahaya dari db, tapi dari pengalaman, lebih sakit rasanya daripada demam berdarah.

Fogging Nyamuk Demam Berdarah?
Q. 1) Bahan kimia apa yang digunakan untuk fogging DBD?
2) Apa saja risiko kesehatan dari paparan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk fogging DBD?
3) Apakah fogging aman untuk dilakukan sendiri atau harus dilakukan oleh orang yang terlatih / bersertifikasi tertentu?
4) Pelatihan apa yang harus dimiliki orang untuk melakukan fogging sendiri?
5) Apa saja risiko melakukan fogging tanpa pelatihan yang memadai?
Terima kasih.

A. BAHAN KIMIA YANG DIGUNAKAN UTK FOGGING NYAMUK DEMAM BERDARAH :
D-Tetrametrin 4 % dan Cyphenothrin 12 % dikemas dng nama PESGUARD 160 EC
dan solar sbg bahan pengikat nya

Resiko terpapar bahan kimia tsb ini lebih ringan dibanding dengan terindikasi Demam Berdarah Dengue
karena kita bisa menghindari sewaktu diadakan penyemprotan ( fogging ).

Seandainya karena keterbatasan alat, kita bisa membelinya secara kolektif dan memakai petugas yang sudah dilatih sehingga jadwal penyemprotan bisa kita tentukan sendiri.

Pelatihan bisa mengandalkan "Learn By Doing" karena tidak rumit.

Resiko tanpa pelatihan mungkin adalah pemborosan bahan, tetapi sejalan dengan berjalannya waktu, maka mereka akan mempunyai skill tersendiri.

Mudah2an bermanfaat.

apa sih pertolongan pertama untuk orang yg kena demam berdarah dan malaria?
Q. please banget nih soalnya keluargaku ada yg kena db butuh banget
thx yaa

A. 1. Demam berdarah dengue: Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti. Gejalanya adalah panas mendadak tinggi, diikuti dengan rasa lemah, pusing dan sakit ulu hati. Jika hari ketiga masih demam dan jika dites darahnya maka akan didapatkan trombosit (kurang dari 100.000) dan leukosit (kurang dari 5000) yang turun, sementara itu hematokritnya cenderung tinggi (kadang lebih dari 40). Hasil darah harus diperiksa setiap hari, jika trombosit semakin menurun, maka harus dirawat inap dan diinfus. Hati-hati tes darah pada demam 1 hari atau 2 hari pertama sakit sering memberikan hasil yang masih normal, walaupun sakitnya akan diketahui ke arah DBD. Ini sering membuat pasien lalai sehingga terlambat datang untuk dirawat dan sering datangnya sudah syok (sindrom syok Dengue) yang dapat menyebabkan kematian. Jika tidak dirawat, agar banyak minum supaya tidak dehidrasi karena kebocoran plasma akibat DBD itu. Minum sari buah apa saja bermanfaat dari segi antioksidans yang terkandung dalam buah-buahan yang berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh virus DBD. Jika tidak dirawat istirahat total dan banyak minum, kalau perlu kontrol kembali untuk periksa darah ulang.
Tanda-tanda mau syok atau syok; lemah, gelisah, mengigau, tangan dan kaki dingin dengan warna tangan dan kaki lebih gelap, denyut nadi cepat dan kecil. Jika terlambat keluar darah dari hidung dan perut membuncit, pasien tidak sadar

2. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh plasmodium (vivax, malariae, tropicanae, dll) yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Sel yang diserang adalah sel darah merah. Gejalanya panas dingin dan menggigil, sakit kepala dan juga sakit perut. hasil tes darah ditemukan parasit plasmodium dalam bentuk schizon, tropozoid , dll. Obatnya anti malaria; chloroquin, fansidar, dan suldox. Jika penyakitnya berat seperti malaria tropika harus dirawat

Kedua penyakit diatas umumnya adalah penyakit akut (datang mendadak kemudian dalam seminggu sembuh), tetapi malaria dapat menjadi khronis (berlangsung lama) jika tidak diobati dengan baik

perawatan demam berdarah?
Q. Anak saya wanita usia 23 thn, menderita demam berdarah, hr ke 1 di RS trombosit 48rb, hr ke2 pagi: 15 rb, sorenya jd 10 rb; hari ke 3 pagi: 13 rb tp sore hari tinggal 4000. dokter yg merawat tenang2 sj, itu biasa ktnya, bahkan dia biasa merawat pasien tggl 1000 bahkan nol. pada hari ke dua, setelah bertemu dgn dokter , baru di berikan tambahan/ kombinasi infus haemaccel pd hari ke dua malam terus hingga saat ini hr ke 3. dokter melarang minum pocari sweat, padahal teman2 bilang harus minum ini yg banyak. Jadi sebenarnya harus makan/ minum apa bila kena DB ? dan apakah analisa/ informasi diatas lumrah ? kemudian apakah siantan dapat diberikan campur dgn obat dokter ? Terima kasih atas info & saran yg diberikan.

A. Menurut pengalaman kakak saya yang pernah dirawat di RS karena DBD sih banyak2 minum air putih, dan diberi semacam beras berwarna merah kalo gk slah namanya angka, bisa dibeli di supermarket.

Trus jgn pake jaket waktu sakit karena bisa menyebabkan demam yang tidak sembuh2, dan juga ketika si penderita mengalami demam yang tinggi sekali dan berkeringat biarkan saja, malah itu adalah pertanda bahwa penyakitnya akan sembuh.

apakah beda demam berdarah, thypus, dan trombositopenia?
Q. beberapa waktu yang lalu saya melakukan medical check up, dan hasil semuanya bagus, tapi trombosit saya hanya 95 dan dokter tidak memberikan penjelasan apapun kepada saya, namun dia meminta saya melakukan cek darah ulang. akhirnya saya melakukan cek darah ulang di RS berbeda dan dijelaskan bahwa saya tidak terkena trombositopenia tapi saya sehat hanya kurang cairan dan protein, apakah benar begitu??
setahu saya ketiga penyakit diatas sama2 berkurang trombositnya dan saya pusing.

A. Trombositopenia adalah berkurangnya jumlah trombosit di dalam darah. Nilai normal adalah 150.000 - 400.000/microliter. Dibawah 150.000 berarti trombositopenia.

Demam berdarah itu merupakan penyakit yang disebabkan virus dengue. Nah, gejala dan tanda demam berdarah/demam dengue ini salah satu adalah trombositopenia, tetapi untuk mengatakan seseorang menderita demam berdarah harus disertai gejala-gejala lain lain seperti demam, nyeri otot, dan lain-lain. Jadi trombositopeni hanya salah satu tanda demam berdarah.

Typhus yang Anda maksud atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan Salmonella typhi. Trombositopeni dapat dijumpai pada demam tifoid, tetapi tidak semua demam tifoid harus disertai trombositopeni.

Mengenai kondisi Anda, hasil trombosit 95 (atau lebih lengkapnya 95ribu) tanpa disertai gejala lain seperti demam atau perdarahan tidak perlu dikhawatirkan. Seringkali hasil trombosit bervariasi, bisa dikarena faktor alat yang digunakan atau faktor lain. Hal ini lazim terjadi. Untuk konfirmasi biasanya dilakukan pengecekan ulang darah (ambil darah baru) dan diperiksa dengan alat yang berbeda.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment