Sunday, June 22, 2014

Tolong muatin saya berita tentang alat perdengar u/ org tuli?

Q.

A. Gangguan pendengaran dapat merupakan bawaan sejak lahir, namun ada pula yang tiba-tiba muncul akibat penyakit atau pemakaian obat-obatan yang tidak terkontrol.

Pada saat seorang bayi berusia 1 tahun sebenarnya sudah dapat dideteksi apakah dia mengalami gangguan pendengaran atau tidak. Deteksi dini memang memegang peranan penting agar kemampuan anak dapat tumbuh secara optimal. Misalnya, bila seorang anak mengalami ketulian yang tidak terdekteksi, maka kemampuan bicara anak pun otomatis terganggu. Untuk mengatasinya, pada pasien yang mengalami hal tersebut dapat dipasang suatu alat bantu dengar.

Jika setelah 10 minggu terapi ternyata tidak ada kemajuan, ada alat bantu lain yang mungkin lebih memberikan manfaat. Alat bantu dengar tersebut dikenal dengan nama Kohler Implant. Untuk mendapatkan manfaatnya, alat tersebut dipasang di dalam rumah siput dalam telinga. Fungsi alat tersebut adalah untuk merangsang saraf pendengaran secara langsung dan untuk menggantikan sebagian fungsi rumah siput dalam menangkap dan meneruskan gelombang suara ke otak.

Jika?alat Kohler Implant sudah ditanam, maka tidak perlu diganti selama seumur hidup. Alat itu juga tidak menimbulkan komplikasi karena terbuat dari titanium. Operasi pemasangan alat tersebut sebaiknya dilakukan ketika anak berumur 2 sampai 5 tahun, karena pada masa itu anak sedang belajar berbicara.
Musik Keras Rusak Pendengaran

Mereka yang harus bekerja di lingkungan dengan suara yang keras seperti di klab malam, bioskop, maupun tempat lainnya yang mempunyai lingkungan suara keras, dapat mengalami gangguan pendengaran yang menetap. Kadang suara atau musik yang keras itu dapat mencapai 110 db (desibel), yang sama dengan kekerasan suara pada saat pesawat sedang lepas landas.

Sebelumnya juga pernah diberitakan, akibat buruk dari musik keras dalam merusak paru-paru, dapat menyebabkan terjadinya pneumotoraks.

Oleh karena itu serikat pekerja pada klab malam, dan tempat-tempat kerja dengan suara atau musik kerja di Eropa, menginginkan agar pemerintah setempat dan pemilik usaha untuk melakukan perlindungan terhadap pekerjanya.

Perlindungan bagi para pekerja tersebut dapat dilakukan misalnya dengan pemasangan sumbat telinga atau dengan memberikan pekerja-pekerja tersebut istirahat di lingkungan yang tenang setelah bekerja sekian waktu. Dan para pekerjanya sendiri juga harus mengambil tindakan jika harus mengalami paparan musik keras di atas 80 db setiap harinya, bahkan ada klab yang menghasilkan suara hingga 110 db, yang berarti sekeras suara saat pesawat sedang lepas landas.

Akibat dari suara yang keras ini tidak segera dapat dirasakan pengaruhnya, tapi kerusakan pendengaran ini akan terus bertambah sehingga ini yang kadang tidak mendapat perhatian penting dari para pekerja maupun pemilik usaha. Banyak yang mengalami tinitus (suara berdenging pada telinga) atau berkurangnya pendengaran setelah selesai bekerja, sebagai tanda waspada adanya kerusakan telinga yang tidak dapat disembuhkan.

20 tahun terakhir ini, klab malam, pub dan lain sebagainya semakin menjamur, dan mereka yang mengalami?tuli dini pada orang muda semakin banyak. Diperkirakan sekitar 170.000 orang menderita ketulian atau gangguan telinga lainnya sebagai akibat paparan suara atau musik keras di tempat kerja.
http://www.indonetwork.co.id/ridhojayautama/735230/alat-indera-pendengaran.htm

gangguan pendengaran karena flu?
Q. kenapa flu dapat mengganggu sistem pendengaran? kalo biasa nya seseorang flu tidak sampai mengganggu pendengaran, kenapa kali ini kok sampai mengganggu pendengaran, telinga serasa terbuka setengah, dan hanya sebelah saja yang terganggu, kenapa? dan apa obat nya?

A. Ini bisa terjadi, karena biasanya orang kalo flu kan pilek tuh.
Terus dia pas buang (maaf banget) lendir dirongga hidung setengah dipaksain dengan hentakan dan dorongan dari dalam.
Sedangkan rongga hidung kan sambung sama rongga telinga dan tenggorokkan (THT red)
Maka terjadi ketidak seimbangan pada rongga tersebut.
Kalo ini didiamkan saja, bisa vertigo(gangguan keseimbangan tubuh yang menyebabkan sakit kepala).

apakah kejang demam dapat menyebabkan terjadinya gangguan pendengaran?
Q.

A. Cb kdkter j y

apa yang dimaksud gangguan suara?
Q.

A. Kategori anda masuk mana nih...GANGGUAN SUARA untuk kesehatan atau elektronik?
-----------------
dalam kesehatan ada GANGGUAN KOMUNIKASI
Yang termasuk gangguan komunikasi adalah berbagai masalah dalam berbahasa, berbicara dan mendengar. Gangguan bicara dan bahasa terdiri dari masalah artikulasi, masalah suara, masalah kelancaran berbicara (gagap), aphasia (kesulitan dalam menggunakan kata-kata, biasanya akibat cedera otak), dan keterlambatan dalam bicara dan atau bahasa. Keterlambatan bicara dan bahasa dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk faktor lingkungan atau hilangnya pendengaran
Di Amerika Serikat, perkiraan keseluruhan terjadinya gangguan komunikasi adalah sekitar 5% anak usia sekolah, yang meliputi gangguan suara sebanyak 3% dan gagap 1%. Insidens anak usia sekolah dasar yang mengalami gangguan artikulasi adalah sekitar 2-3% walaupun persentasinya menurun dengan bertambah maturnya usia anak. Perkiraan terjadinya gangguan pendengaran juga bervariasi, namun berkisar 5% dari usia anak sekolah. Penelitian hal serupa di Indonesia belum ada.
--------
atau..GANGGUAN SUARA/BISING/POLUSI SUARA
-------
atau..NOISE pada elektronik.."Sinyal-sinyal yang tidak dikehendaki"

obat untuk gangguan kurang pendengaran yang manjur tu apa yaa??mohon diberitahu!!!?
Q. saya mengalami gangguan pendengaran sejak saya SMP,entah itu dikarenakan faktor genetik ato ketidaksengajaan,tapi semakin lama sampe skrg telinga saya sakit dan pndengaran saya kurang jelas,,,mohon klo ada yg tahu obat untuk meringnkan agar tidak berdengung ato smbuh mski tdk cpat...
tapi mohon kasih saran berdasarkan kebenaran..karena ini mengenai infeksi..terima kasih...

A. mengobati sakit kuping bagian dalam sebaiknya ke doktek THT sehingga jelas penyebabnya, jangan minum obat sembarangan.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment