Sunday, June 22, 2014

Ciri ciri darah rendah?

Q. aku mau nanya ni ,biasanya sehabis jongkok aku sering pusing mata kabur dan seperti mau pingsang . Apakah itu darah tinggi atau darah rendah .o ya sehabis makan durian dan timun juga memgalami pusìng

A. Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang.

Pada pemeriksaan secara umum detak/denyut nadi teraba lemah, penderita tampak pucat, hal ini disebabkan suplai darah yang tidak maksimum keseluruh jaringan tubuh.

Penyebab Penyakit Darah Rendah

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mengapa terjadinya penurunan tensi darah, hal ini dapat dikategorikan sebagai berikut:

- Kurangnya pemompaan darah dari jantung. Semakin banyak darah yang dipompa dari jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung), semakin tinggi tekanan darah. Seseorang yang memiliki kelainan/penyakit jantung yang mengakibatkan irama jantung abnormal, kerusakan atau kelainan fungsi otot jantung, penyakit katup jantung maka berdampak pada berkurangnya pemompaan darah (curah jantung) keseluruh organ tubuh.

- Volume (jumlah) darah berkurang. Hal ini dapat disebabkan oleh perdarahan yang hebat (luka sobek,haid berlebihan/abnormal), diare yang tak cepat teratasi, keringat berlebihan, buang air kecil atau berkemih berlebihan.

- Kapasitas pembuluh darah. Pelebaran pembuluh darah (dilatasi) menyebabkan menurunnya tekanan darah, hal ini biasanya sebagai dampak dari syok septik, pemaparan oleh panas, diare, obat-obat vasodilator (nitrat, penghambat kalsium, penghambat ACE).


Penanganan dan Pengobatan Darah Rendah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tekanan darah renda (hipotensi), diantaranya :

- Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat

- Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam

- Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala

- Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis

- Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian, selain itu dokter hanya akan memberikan vitamin (suport/placebo) serta beberapa saran yang dapat dilakukan bagi penderita.

Mengenai image masyarakat yang sebagian besar berpikir bahwa dengan mengkonsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi dapat meningkatkan tensi darah sebenarnya belum jelas, Namun dibenarkan kalau hal itu akan meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah. Sekali lagi harus dipahami bahwa tekanan darah rendah artinya suplai darah tidak maksimal keseluruh bagian tubuh. Haemoglobin (Hb) rendah adalah berarti bahwa kandungan Hb sebagai zat pengikat oxygen dalam darah memiliki kadar rendah yang akibatnya penderita bisa pucat (anemia), pusing (oxygen yang di angkut/suplai darah ke otak kurang), merasa cepat lelah dan sebagainya.

Dalam kasus Hipotensi yang benar-benar diperlukan pemberian obat, biasanya ada beberapa jenis obat yang biasa dipakai seperti fludrocortisone, midodrine, pyridostigmine, nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), caffeine dan erythropoietin.

bagaimana cara menyembuhkan darah rendah??
Q. ibu saya sering mengalami pusing2 bahkan sampai tidak bisa tergerak atau terbangun dari tempat tidurnya. dia sering mengalami gelap mata yang menyebabkan dia tidak dapat beranjak dari tempat tidurnya walaupun dia sudah makan apa saja yang baik untuk tubuh. Apa penyebab dari semua ini? Apakah yang harus ibu saya lakukan supaya dia sehat kembali? ibu saya sudah mengalami hal ini sejak lama tapi selalu saja tidak di perdulikan dan minum obat pusing biasa. Saya sebagai anak tidak ingin melihat ibu saya menderita begitu. Saya tidak bisa membawa dia ke dokter karena saya sekarang bersekolah di malaysia dan ibu saya di indonesia. tolong bantu saya dengan jawaban yang terbaik dan kirim secepatnya. thank you.

A. Tekanan darah rendah bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan dan cara penyembuhannya tergantung pada apa penyebabnya.

- Dehidrasi: Minum larutan oralit atau kalau sudah parah harus di-infus cairan di rumah sakit
- Pendarahan banyak: Transfusi darah dan infus cairan
- Infeksi bakteri dalam darah: infus cairan dan antibiotik
- Konsumsi obat-obatan: minta dokter yg memberi obat untuk mengganti atau menurunkan dosis
- Detak jantung yang lambat (bradycardia): kalau hal ini disebabkan oleh sinus atau jantung tersumbat, dapat gunakan alat pemacu detak jantung (pacemaker)
- Detak jantung yang tidak normal (tachycardia): obat-obatan dan alat pengatur detak jantung (cardioversion).
dan masih banyak lagi kemungkinan penyebabnya.

Sebaiknya kamu minta bantuan saudara atau teman di indonesia untuk membawa ibumu ke dokter, karena penyakit ini harus di-diagnosa dulu oleh dokter supaya penyebabnya diketahui sehingga dapat melakukan pengobatan yang tepat.

apa sih obat tradisional buat darah rendah ?
Q. akhir-akhir ini kepalaku sering pusing,hampir tiap pulang kerja kepalaku pusing terus.
kalau habis duduk kemudian berdiri lung-leng dunia terasa berputar.
eh pas di periksa tekanan darahnya rendah.
minum obat penambah darah sudah.
ada yang tau g obat tradisionalnya apa?

A. Archive for Darah Rendah
Menderita Tekanan Darah Rendah

July 9, 2009 at 8:16 pm · Filed under Darah Rendah, PENGOBATAN TRADISIONAL

Ayah saya menderita tekanan darah rendah. untuk ke dokter rasanya mahal sekali. Untuk itu saya mencoba menggunakan obat-obat tradisional yang ramuannya adalah : 3 buah bawang merah, 3 lembar daun sirih yang tua, 1 sendok teh daun sirih, dan 7 buah kemukus. Bahan-bahan tersebut di tumbuk sampai lumat dan masukkan 3 sendok makan air masak. Aduklah hngga keihatan kental, lalu disaring. Ramuan tadi diminum pagi dan sore selama 3 hari.

Kiriman : Ny. Sri Kuswati, SMPN II, Monokwari Irian Jaya

Vinosa

Permalink Comments
Anda Darah Rendah?

July 9, 2009 at 8:14 pm · Filed under Darah Rendah, PENGOBATAN TRADISIONAL

Anda mungkin terkena penyakit darah rendah atau badan lesu. Cobalah membuat obat sendiri dirumah. Bahannya adalah 1 ons cabe lempuyang, temu lawak secukupnya, satu buah telur ayam kampung, dan 2 sendok makan madu.

Caranya adalah cabe lempuyang dikupas, bersihkan dan parut. Beri air 50 cc dan masukkan ke dalam gelas, endapkan lebih dulu. Setelah ampasnya turun, pindahkan airnya ke gelas lain. Air yang sudah dipindah ini diberi 1 buah kuning telur ayam kampung, 2 sendok makan madu. Aduklah sampai merata. nah, minumlah dua kali seminggu. Anda akan merasakan khasiatnya. Selamat mencoba.

Kiriman : Ny. Titien Harun AR, Jl. Merdeka Utara No.12, Jak-Pus

Vinosa

Permalink Comments
Manfaat Buah Korma

July 9, 2009 at 8:13 pm · Filed under Darah Rendah, PENGOBATAN TRADISIONAL

Buah korma bukan hanya enak dimakan, melainkan juga dapat digunakan sebagai obat untuk menghilangkan penyakit darah rendah. Ambil dan masukkan buah korma secukupnya ke dalam gelas, tuangi dengan air putih yang telah mendidih sampai penuh. Biarkan semalaman dan minumlah pada keesokkan harinya. Lakukanlah setiap hari agar tekanan darah Anda normal kembali. Karena korma juga banyak mengandung gula dan sangat berguna bagi Anda yang menderita sakit kuning/ gejala lever, makanlah buah korma sesuka Anda. Semoga lekas sembuh.

Kiriman : Nn. Nur Aini, Jatim

Vinosa

Permalink Comments (1)
Khasiat Bayam Merah

Darah Rendah, PENGOBATAN TRADISIONAL

Bayam merah sangat manjur untuk mengobati penyakit tekanan darah rendah. Ambil bayam merah secukupnya, lalu direbus dengan 2 liter air yang dicampur bumbu-bumbu sesuai selera. Sebelum dimakan cek dulu tekanan darah, agar setelah 3 hari memakannya Anda dapat melihat perbedaan tekanan darah tersebut.

Silahkan mencoba, pasti hasilnya memuaskan.

Kiriman : Wiwiek Dwi Karyanti, Komp. P&K No.21, Jl. Bijiminasa, Ujung Pandang

ada ga vitamin untuk penderita tekanan darah rendah?
Q. aku mo tanya buat temen- temen yang ngerti kesehatan.
Tempo hari aku sakit muntah2 dokter bilang akibat penyakit maag dan tensi darah ku rendah ( 90 perberapa gitu aku lupa)
terus ada yang tau ga vitamin yang bagus buat penderita tekanan darah rendah tapi harganya terjangkau dan aman untuk di konsumsi jika di konsumsi dalam jangka waktu yang panjang

A. Apakah tekanan darah rendah itu ?
Tekanan darah rendah biasa disebut juga hipotensi. Hipotensi adalah suatu istilah medis yang digunakan pada orang yang memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Angka 90 adalah tekanan sistolik dan angka 60 adalah tekanan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan tekanan pada dinding pembuluh darah pada waktu jantung memompakan darah keseluruh tubuh dan tekanan diastolik adalah tekanan pada dinding pembuluh darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung.

Apakah berbeda dengan tekanan darah tinggi ?
Ya. Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah suatu istilah medis yang digunakan pada orang yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg.

Bagaimana asal-muasalnya ?
Hipotensi bisa terjadi karena berbagai macam sebab, antara lain :
Seseorang mengalami pendarahan, luka sobek atau kecelakaan yang menyebabkan luka dibagian dalam.
pelebaran pembuluh darah yang disebabkan dari infeksi yang meluas, misalnya infeksi tenggorokan yang kemudian menjalar ke paru-paru serta organ tubuh yang lainnya.
Volume darah yang berkurang, hal ini dapat terjadi pada orang yang menderita diare.

Apa indikator seseorang menderita tekanan darah rendah ?
Indikator seseorang mengalami hipotensi ialah adanya faktor turunan, penyakit jantung, anemia, pendarahan, infeksi, dan diare.

Bagaimana mengatasi tekanan darah rendah ?
Hipotensi bawaan sejak lahir bukan merupakan suatu penyakit, sehingga tekanan darah orang yang bersangkutan tidak perlu dinaikkan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan , orang â orang yang mengalami hipotensi sejak kecil usianya lebih panjang dan lebih sehat. Hipotensi akan menjadi masalah jika terjadi pada usia dewasa, dan dipenderita awalnya sangat sehat.

Saran yang dilakukan bagi penderita tekanan darah rendah ?
Sarannya kepada penderita hipotensi adalah minum air putih dalam jumlah yang cukup antara 6 hingga 8 gelas per hari. Mengkomsumsi makanan yang tinggi kadungan garamnya. Berolah raga secara teratur, minimal 3 X dalam seminggu masing- masing selama 30 menit. Selain itu penderita hipotensi juga boleh sesekali minum kopi agar degup jantung bertambah, sehingga tekanan darah akan meningkat. Minuman yang mengandung kafein akan membuat pembuluh darah yang melebar menjadi menyempit.

Saya dengar penderita tekanan darah tinggi pantang makan kolesterol tinggi seperti sate kambing ?
Ya. Penderita tekanan darah tinggi tidak diperbolehkan mengkomsumsi daging kambing, karena daging kambing mengandung kadar kolesterol yang tinggi yang fatal dikomsumsi oleh pengidap hipetensi, orang yang menderita hipertensi diharapkan kadar kolesterol dalam darahnya seimbang. Karena apabila kadar kolesterol tersebut tinggi dapat terjadi pendarahaan diotak ( pemicu stroke ), serangan jantung, gagal ginjal.

Bagaimana dengan penderita tekanan darah rendah , apakah justru aman dan disarankan makan kolesterol tinggi ?
Mengkomsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi sebenarnya belum jelas apakah dapat meningkatkan tekanan darah atau tidak. Kalau meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah mungkin benar.

Makanan apa yang disarankan untuk penderita tekanan darah rendah ?
Makanan yang disarankan adalah 4 sehat 5 sempurna. Mengkomsumsi air putih yang cukup. Penderita hipotensi juga boleh sesekali minum kopi, memgkomsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Ada nggak penyakit yang beresiko buat penderita tekanan darah rendah ?
Mungkin suatu kemujuran bahwa anda memiliki tekanan darah rendah (hipotensi). Karena dalam suatu kesimpulan bahwa tekanan darah rendah (hipotensi) memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dari pada orang â orang yang tekanan darahnya normal.

Bagaimana mengatasinya ?
Dokter hanya akan memberikan obat-obatan peningkat tekanan darah rendah, apabila gejala-gejala dari hipotensi tersebut sudah mengganggu aktivitas Anda sehari â hari.

Apakah penderita tekanan darah rendah juga beresiko menderita diabetes dan penyakit jantung?
Ya. Resiko tentu ada, itu semua bergantung dari faktor keturunan dan gaya hidup anda. Kalau sampai menderita salah satu penyakit itu apa penanganannya berbeda dengan Penderita yang tidak mengalami darah rendah ? Secara umum, penangananya tidak jauh berbedah. Pada orang dengan hipotensi, tentu obat-oabt yang dapat menurunkan tekanan darah harus dihindari.

apa obat-nya untuk darah rendah?
Q.

A. Penanganan dan Pengobatan Darah Rendah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi tekanan darah renda (hipotensi), diantaranya :

- Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, sesekali minum kopi agar memacu peningkatan degup jantung sehingga tekanan darah akan meningkat

- Mengkonsumsi makanan yang cukup mengandung kadar garam

- Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala

- Pada wanita dianjurkan untuk mengenakan stocking yang elastis

- Pemberian obat-obatan (meningkatkan darah) hanya dilakukan apabila gejala hipotensi yang dirasakan benar-benar mengganggu aktivitas keseharian, selain itu dokter hanya akan memberikan vitamin (suport/placebo) serta beberapa saran yang dapat dilakukan bagi penderita.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment