Friday, June 20, 2014

Sebutkan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang pada manusia?

Q.

A. Informasi penting tentang pertumbuhan tulang:

Pada umumnya, masa pertumbuhan manusia terjadi sebelum melewati usia 20 tahun. Pada usia sebelum 20th tersebut, pertumbuhan tinggi badan terjadi secara alami yang dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan tersebut antara lain adalah faktor keturunan, faktor asupan nutrisi harian, faktor aktifitas olahraga, dan beberapa faktor penting lainnya. Untuk mengetahui secara jelas tentang pertambahan tinggi badan dan hal-hal yang berkaitan dengan itu, silakan simak artikel-artikel seputar peninggi badan berikut ini....

Pertumbuhan tinggi badan manusia
kerangka-manusia Umumnya, pertambahan tinggi badan manusia dimulai sejak bayi sampai dengan usia dewasa (kurang lebih 20 tahun). Namun tentu saja ada beberapa perkecualian. Mereka yang mengalami kelainan kretinisme (kekerdilan) tidak bisa bertambah tinggi badannya sejak usia tertentu. Sehingga tubuhnya sangat pendek, seukuran anak usia Sekolah Dasar. Ada pula yang menderita kelainan gigantisme (raksasa). Orang yang menderita kelainan gigantisme ini akan terus bertambah tinggi meskipun telah berusia dewasa (lebih dari 20 tahun) oleh karena hormon pertumbuhannya tidak berhenti sebagaimana mestinya. Sehingga orang tersebut memiliki ukuran tubuh sangat besar bagaikan raksasa. Oleh karena itu bersyukurlah kita semua yang mendapatkan ukuran tubuh yang relatif normal. Tidak kerdil. Tidak pula raksasa.

Adapun, hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan antara lain genetik, asupan nutrisi atau gizi makanan, kualitas tidur, serta olahraga atau rutinitas tertentu.

Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan :

tinggi-badanGenetik (Keturunan)
Faktor ini cukup dominan dalam menentukan tinggi badan seseorang. Dan faktor ini sudah ada sejak lahir. Seorang anak yang memiliki ibu dan ayah yang berpostur tinggi biasanya nantinya akan tumbuh menjadi seorang dewasa yang berpostur tinggi pula. Begitupun sebaliknya. Jika ayah dan ibunya pendek, maka seringkali anaknya juga memiliki postur yang juga pendek. Anda dapat mengamati bahwa orang-orang Afrika meskipun tidak mendapatkan gizi makanan yang baik, namun memiliki postur yang tinggi. Hal itu dapat terjadi lebih dikarenakan faktor keturunan atau genetik ini. Secara umum, faktor genetik ibu lebih berpengaruh ketimbang faktor genetik dari ayah. Ini berarti bahwa Si A yang memiliki ibu tinggi dan ayah pendek akan berpeluang memiliki tubuh yang lebih tinggi ketimbang si B yang memiliki ayah tinggi dan ibu pendek. Namun tentu saja hal itu bukanlah suatu kepastian, namun hanya kecenderungan medis telah diamati.

tinggi-badanAsupan nutrisi
Gizi makanan sangat penting dalam membantu pertumbuhan tinggi badan seseorang. Mengapa orang Eropa memiliki tubuh yang tinggi daripada orang Asia? Salah satu sebabnya adalah gizi makanan yang mereka konsumsi sehari-hari mereka jauh lebih baik daripada gizi makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang Asia. Pernahkah anda mengamati pertambahan tinggi badan seorang balita?. Biasanya mereka mengalami pertambahan tinggi badan yang pesat. Dan tahukah anda apa sebabnya? Oleh karena balita mendapatkan gizi yang sangat baik, terutama dari susu yang mereka minum. Susu adalah makanan yang memiliki gizi âsempurnaâ bagi pertumbuhan tulang (tubuh). Susu mengandung semua zat yang dibutuhkan tulang untuk bertambah panjang. Protein, Kalsium, Magnesium, berbagai macam vitamin dan berbagai macam mineral ada dalam kandungan susu.

tinggi-badan Tidur Berkualitas
Tidur berkualitas sangat penting dalam memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan. Sebab hormon pertumbuhan bekerja âpenuhâ sewaktu tidur. Semakin berkualitas tidur seseorang, maka hormon pertumbuhan semakin bekerja optimal. Dan itu artinya akan menghasilkan pertambahan tinggi badan secara optimal pula. Cobalah anda mengukur tinggi badan anda pada pagi hari tepat setelah bangun tidur. Mungkin anda akan kaget. Sebab meskipun telah dewasa (tidak lagi dalam masa pertumbuhan), namun tinggi badan anda bertambah sewaktu bangun tidur (biasanya 1-2 cm). Ini disebabkan oleh karena adanya pertambahan panjang tulang rawan pada punggung dan kaki. Namun pertambahan ini bersifat sementara saja. Pada sore hari tinggi badan anda akan kembali seperti semula oleh karena berbagai aktifitas yang anda lakukan dan oleh karena gaya gravitasi bumi. Oleh karena itu, dalam melaksanakan program peninggi badan alami ini, nantinya kualitas tidur anda harus ditingkatkan untuk meraih hasil yang optimal. Tidur yang sangat menunjang bagi pertumbuhan badan adalah tidur lelap (deep sleep) selama kurang lebih 7-8 jam tanpa terputus-putus, tanpa perasaan gelisah dan tanpa mimpi.

tinggi-badan Olahraga teratur
Pernahkah anda membandingkan tinggi badan seorang teman yang sering berolahraga renang atau basket dengan teman lainnya yang tidak pernah atau jarang berolahraga tersebut ? Jika ya, anda akan melihat perbedaan yang cukup mencol

makanan apa ya yang bisa mempercepat pertumbuhan tulang selain susu?
Q.

A. Pada intinya, pertumbuhan tulang akan terjadi bila tercukupi kebutuhan tubuh akan kalsium, vitamin D, dan sinar matahari. Bila salah satu faktor tersebut tidak tercukupi, maka pertumbuhan tulang tidak akan optimal.

Kalsium tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan diambil dari makanan. Kebutuhan tubuh akan kalsium perhari kurang lebih sebagai berikut :
- Bayi 0â6 bulan, 400 mg
- Bayi 6â12 bulan, 600 mg
- Anak 1â10 tahun, 800 mg
- Usia 11â24 tahun, 1,200 mg
- Diatas 24 tahun, 800 mg
- Wanita hamil butuh tambahan (RDA) 1.200 mg
- Usia lanjut harus mengkonsumsi hingga 1.500 mg

Makanan yang dianjurkan sebagai sumber kalsium, antara lain keju dan makanan yang terbuat dari keju, yogurt, susu dan makanan yang terbuat dari susu, ikan Sarden dan ikan lainnya yang dimakan bersama tulangnya, sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam, kangkung dan lain lain, sereal, jus jeruk, kacang kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, susu kedelai, roti, makanan yang berasal dari biji bijian, wafel. Suplemen kalsium dapat juga dikonsumsi, walaupun tingkat absorpsi oleh tubuh tidak sebaik kalsium yang diperoleh lewat makanan. Bentuk suplemen kalsium dapat berupa tablet, minyak ikan, dsb. Untuk contoh yang lebih spesifik mengenai jumlah kandungan kalsium pada tiap makanan, dapat dibaca di http://www.faqs.org/nutrition/Ca-De/Calcium.html

Vitamin D dapat diproduksi di kulit bila terpapar sinar matahari. Bila paparan sinar matahari tidak mencukupi maka diperlukan tambahan yang berasal dari makanan. Kebutuhan vitamin D (bila tidak terkena paparan matahari) setiap hari (tidak terpengaruh oleh berat, jenis kelamin, masa hamil atau menyusui) :
- Lahir hingga 50 tahun, 5 µg (200 IU)
- 51â70 tahun, 10 µg (400 IU)
- 71+ tahun, 15 µg (600 IU)

Makanan yang mengandung vitamin D :
Ikan yang berlemak :
- Catfish (ikan lele, sembilang/lele laut, dsb), 85 g mengandung 425 IU (5 IU/g)
- Salmon, matang, 100 g mengandung 360 IU (3.6 IU/g)
- Mackerel, matang, 100 g mengandung 345 IU (3.45 IU/g)
- Sardines, kaleng, dalam minyak,ditiriskan, 50 g mengandung 250 IU (5 IU/g)
- Tuna, kaleng, dalam minyak, 100 g mengandung 235 IU (2.35 IU/g)
- Belut, matang, 100 g mengandung 200 IU (2.00 IU/g)
Telur (kuning dan putih lengkap), mengandung 20 IU (0.33 IU/g) untuk telur seberat 60 g
Hati sapi, matang, 100 g mengandung15 IU (0.15 IU/g)
Minyak ikan, seperti cod liver oil, 1 Tbs. (15 ml) mengandung 1360 IU (90.6 IU/ml)
Jamur (satu - satunya sumber nabati vitamin D) 100g mengandung 14 IU (0.14 IU/g), (bila terpapar sinar UV) 500 IU

Menu makanan Indonesia yang umumnya mengandung ikan - ikanan, tempe/tahu, sayuran hijau, dan telur tentunya sudah cukup menunjang kebutuhan tubuh akan kalsium dan vitamin D. Sinar matahari yang melimpah di Indonesia juga dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Bila karena suatu hal, kebutuhan tidak dapat dicukupi dengan makanan (misalnya pada anak - anak yang sulit makan), sebagai solusi akhir dapat diberikan suplemen, seperti minyak ikan (dijual secara komersial).

kenapa saya rasa pertumbuhan tulang saya terasa lambat?
Q.

A. Menurut yang saya baca pertumbuhan tulang itu selama kl 30 tahun (http://id.wikipedia.org/wiki/Tulang). Dengan kemajuan ilmu kedokteran sekarang ini, mungkin apa yang anda keluhkan itu bisa juga diatasi. Coba baca 2 artikel berikut ini :

Proses Penyembuhan dan Pertumbuhan Tulang, Komposisi Tulang « Prastiwi
prastiwisp.wordpress.com/2010/...pertumbuhan-tulang-komposisi-tulang

Makanan dan minuman yang meningkatkan pertumbuhan tulang
tqar.wordpress.com/2011/04/...meningkatkan-pertumbuhan-tulang...tulang

Tanda-tanda Pertumbuhan tulang?
Q. Apa sih tanda-tandanya tulang tubuh kita menjadi tinggi? Trims atas jawabnya loh..
Oh ya, bagaimana cara2 nya meninggikan badan dengan cara alami, cepat dan gratis?Trims Tips nya ya...

A. Tubuh manusia mengalami perubahan fisik tidak hanyak tulang tubuh melainkan lainnya yang disebut masa pertumbuhan yaiutu kira-kira saat usia remaja.

Tanda-tanda tulang kita menjadi tinggi........
yah, tubuh menjadi tinggi.
Misalnya pada anak remaja dalam 1bulan bisa naik 2-4cm
(asyik kan)
Tiap orang beda-beda, karena tinggi sangat berpengaruh pada genetika.

Tips kecil dari saya :
-banyak minum susu
-minum vitamin yang kaya akan kalsium dan kalium
(tulang yang sehat ga cuma tinggi tapi mesti kuat)
-berolahraga yang dapat meransang pertumbuhan tulang
misal : basket ball
-jangan membiasakan berdiri dengan posisi membungkuk,tapi berdiri sambil menarik kedua bahu hingga sejajar garis lurus

- pasrah aja, kalo memang dikasih ga terlalu tinggi..
he.....he............he.......

Apakah pertumbuhan tulang bayi yang sering jatuh akan bengkok?
Q. Bayi saya 10bulan, sering terjatuh dari tmpat tidurnya. Seorang famili menyarankan agar bayi saya di CT scan saja utk memastikan apakah terjadi pembengkokan pada tulang punggungnya, krn tulang bayi masih lunak dan mudah berubah bentuk, apalagi jika sering terbentur lantai (benda keras) seperti bayi saya, dapat meyebabkan sambungan tulangnya tidak sempurna Tp sampai skrg bayi saya lincah beraktifitas seperti biasa & tdk ada keluhan apa2. Kata famili saya tersebut, tulang yg bengkok memang tdk ada keluhan apa2 dan akan kelihatan saat anak tumbuh besar kelak, katanya hal ini telah terjadi pada 2org anak teman dekatnya, anak mereka tsb menjadi bongkok dan cacat. Para bunda dan dokter.... tolong kasih saya masukan, krn saya sangsi apakah mau melakukan CT scan tsb mengingat anak saya masih terlalu muda, baru 10 bln.... Tolong....

A. Tulang bayi tidak akan bengkok jika saat jatuh tidak terjadi patah tulang atau keretakan tulang. Lagipula proses penyembuhan tulang yang patah pada anak biasanya akan kembali sempurna.
Anak yang terjatuh dari tempat tidur bisa berbahaya bisa juga tidak. Hal ini kadang tidak berhubungan langsung dengan tingginya tempat tidur, karena ada juga anak yang mengalami perdarahan otak padahal letak tempat tidurnya tidak tinggi.
Yang terpenting sekarang adalah jangan sampai anak anda jatuh lagi.
Bila anak jatuh, bagaimana menentukan apakah anak bermasalah atau tidak?
Sebenarnya ada beberapa gejala yang patut diperhatikan.Bila terdapat salah satu gejala, sebaiknya segera bawa anak anda ke rumah sakit terdekat. Adapun gejala yang memerlukan perhatian khusus adalah bila ada perdarahan, kejang terutama kejang fokal (misalnya kejang hanya separuh badan saja), muntah-muntah, kelumpuhan (salah satu alat gerak tidak bisa digerakkan), anak tidak sadar. jika terdapat salah satu saja gejala tersebut, jangan ragu2 untuk membawa anak anda ke rumah sakit terdekat. Saat ini anda cukup berkonsentrasi pada perkembangan anak saja. Bila anak anda bisa berkembang normal berarti tidak ada masalah pada anak anda dan berarti anak anda juga tidak perlu di CT Scan.
Mengenai 2 orang anak teman anda yang ditemukan tulangnya bengkok saat sudah besar, sangat besar kemungkinannya itu adalah kelainan bawaan yang sebenarnya sudah ada sejak lahir dan dengan pemeriksaan yang teliti akan terlihat sejak bayi.


Semoga dapat membantu.

Terimakasih.
Dr. Herbowo SpA




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment