Monday, June 23, 2014

Mengapa tulang pada orang dewasatidak dapat mengalami pertumbuhan?

Q. Belajar Biologi un....
Mohon pencerahannya...

A. Pembentukan tulang manusia dimulai pada saat masih janin dan umumnya akan bertumbuh dan berkembang terus sampai umur 30 sampai 35 tahun.

Sampai usia 30 atau 35 tahun (tergantung individual) pertumbuhan tulang berhenti, dan tercapai puncak massa tulang. Puncak massa tulang belum tentu bagus, tapi diumur itulah tercapai puncak massa tulang manusia.

Bila dari awal proses pertumbuhan, asupan kalsium selalu terjaga, maka tercapailah puncak massa tulang yang maksimal, tapi bila dari awal pertumbuhan tidak terjaga asupan kalsium serta giji yang seimbang, maka puncak massa tulang tidak maksimal.
Pada usia 0 â 30/35 tahun, disebut modeling tulang karena pada masa ini tercipta atau terbentuk MODEL tulang seseorang. Sehingga lain orang, lain pula bentuk tulangnya. Pada usia 30 â 35 tahun, pertumbuhan tulang sudah selesai, disebut remodeling dimana modeling sudah selesai tinggal proses pergantian tulang yang sudah tua diganti dengan tulang yang baru yang masih muda. Secara alami setelah pembentukan tulang selesai, maka akan terjadi penurunan massa tulang. Hal ini bisa dicegah dengan menjaga asupan kalsium setelah tercapainya puncak massa tulang. Dengan assupan kalsium 800 â 1200 mg perhari, puncak massa tulang ini bisa dipertahankan. Di pasaran sudah beredar asupan kalsium dan vit.D3 yang dilengkapi EPO mengandung kalsium 400 mg, Vit D3 50 iu dan EPO 400 mg, dengan mengkonsumsi produk tersebut 2 x sehari, bisa mempertahankan puncak massa tulang.Dalam proses pembentukan tulang, tulang mengalami regenerasi yaitu pergantian tulang-tulang yang sudah tua diganti dengan tulang yang baru yang masih muda, proses ini berjalan seimbang sehingga terbentuk puncak massa tulang. Setelah terbentuk puncak massa tulang, tulang masih mengalami pergantian tulang yang sudah tua dengan tulang yamg masih muda, tapi proses ini tidak berjalan seimbang dimana tulang yang diserap untuk diganti lebih banyak dari tulang yang akan menggantikan, maka terjadi penurunan massa tulang, dan bila keadaan ini berjalan terus menerus, akan terjadi osteoporosis

kapan usia maksimal pertumbuhan tulang manusia?
Q.

A. biasanya pada usia pubertas akan mulai menurun. Sekitar umur 12 tahun. Tapi ga semua sama.

Gimana cara taunya? Liat apakah epifisis line udah menutup apa blm. Kita liatnya lewat foto roentgen dari tulang panjang, biasanya pake tangan aja. Nanti diliat deket ujungnya, masih ada garis hitam apa ngga? kalo ngga ada, berarti udah menutup, artinya pertumbuhannya udah tidak maksimal lagi.

Untuk jelasnya sih, ada atlas pertumbuhan tulang, biasanya dokter anak dan spesialis rediologi yang punya.

apakah terlalu banyak masturbasi bisa mempengaruhi/menghambat pertumbuhan tulang yg maksimal?
Q. umur saya 17th dan tinggi saya saat ini +- 170cm. Saya rasa pertumbuhan tulang saya belum maksimal. Saya suka berolahraga seperti main basket dan berenang.

A. Sebenarnya bisa juga terjadi!!
Karena kalsium yang harusnya untuk pertumbuhan tulang, karena sering masturbasi, maka sebagian akan berpindah untuk produksi spermatozon
Dan perlu anda ketahui bahwa Spermatozon di bentuk oleh seldarah putih yang juga memproduksi sel darah merah.
Apabila anda terlalu sering masturbasi, maka anda juga akan mengalami penyakit yang biasa di sebut kurang darah. Sedangkan darah sendiri merupakan komponen penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menghantarkan zat2 gizi yang berasal dari makanan ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh termasuk sel tulang.

Nah dari penjelasan di atas, tentunya anda sudah dapat membayangkan akibat dari terlalu sering masturbasi!

Itu aja saran dari saya. Semoga penjelasan yang saya berikan bisa bermanfaat!

Tulang punggung bungkuk?
Q. apakah tulang punggung bungkuk itu menyebabkan pertumbuhan tinggi badan itu berhenti...???
atau menyebabkan kita tambah pendek...???

A. pertumbuhan tubuh akan terhenti karena masa pertumbuhanya sudah selesai dan tulang tubuh membungkuk bukan penyebabnya.

tulang tubuh membungkuk akan menyebabkan tubuh kehilangan tinggi .

banyak penyebab tulang tubuh membungkuk diantaranya :

1 kekurangan kalsium kasus banyak terjadi ( oteoporosis )

2 mengangkat beban yang terlampau berat pada waktu yang sering

3 faktor keturunan

4 faktor lainya

semua bisa kamu hindari dengan perbayak minum susu kaya kalsium, perbanyak paparan sinar matahari pagi ( mentari pagi dapat meningkatkan jumlah vitamin d dalam tubuh ), berolah raga, dan menjaga kondisi tubuh

mungkin kamu bisa lihat di http://nurhapani.blogspot.com/search/label/Peran%20Vitamin

moga jawaban saya bisa memuaskan kamu

apakah seringnya onani memperlambat pertumbuhan tulang?
Q. umur ku 17 tahun,tinggi 155 cm,apakah masih bisa tinggi karena seringnya onani

A. menurut saya onani tidak menyebabkan apa2 asalkan anda melakukannya tidak dengan menggunakan alat atau apalah yg bisa membuat kemaluan anda menjadi rusak,onani tidak berpengaruh bagi pertumbhan asalkan anda imbangi dengan mengkonsumsi makanan yg cukup untuk kebutuhan gizi yg dibutuhkan oleh tubuh yg berguna membentuk sel-sel dalam tubuh anda apalagi anda saat ini masih dalam masa pertumbuhan kalo dengan kata lain anda menuju ketingkat dewasa.trims




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment