Friday, June 20, 2014

Gimana cara mengurangi nyeri saat haid?

Q.

A. Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dysmenorrhoea (dismenore) adalah rasa nyeri yang dirasakan pada saat menjelang haid, pada waktu haid atau beberapa saat setelah haid. Nyeri ini terasa berbeda pada setiap wanita. Ada yang ringan, sampai ada yang terasa berat sehingga sangat mengganggu aktifitas kerja, bahkan ada yang sampai harus beristirahat.

Nyeri haid dibagi ke dalam dua golongan, dimana penyebabnya berbeda antara satu dengan yang lainnya :
1. Nyeri haid primer yaitu nyeri haid tanpa adanya kelainan pada alat reproduksi dan penyebabnya tidak diketahui.
2. Nyeri haid sekunder yaitu nyeri haid dikarenakan adanya gangguan pada alat reproduksi, misalnya karena ada kista, karena endometriosis, dll.

utk mengatasi nyeri haid, bisa dengan menggunakan pantyliner dan pembalut herbal avail.

koq bisa haid berhenti mendadak??
Q. apakah kalo kecapekan ato sakit haid bisa berhenti mendadak? g berhenti total sih..tp keluarnya dikiiit bgt..
udah gitu badan kerasa lemes, ngilu semua, pusing..apa ini juga yg buat haid bisa 'macet'?? gmn caranya spy bisa lancar lg?thx b4..

A. Haid Tidak Teratur dan Tidak lancar Haid atau menstruasi merupakan keadaan seorang wanita untuk mengeluarkan darah dari rahimnya dalam waktu tertentu setiap bulannya. Lama dan volume haid pada setiap wanita berbeda-beda. Dalam keadaan normal lama haid berkisar antara 3-7 hari dan rata-rata berulang setiap 28-35 hari, akan tetapi karena sesuatu hal seperti stress, depresi, kecemasan, ketidakseimbangan hormon, kelainan dalam ovulasi, penambahan berat badan secara mendadak, adanya kista di ovarium, ataupun gangguan leher rahim yang tersumbat, serta sirkulasi darah tidak lancar dapat juga mengganggu datangnya haid sehingga haid menjadi terlambat, tidak teratur, dan tidak lancar. Apabila haid normal tidak juga datang setelah tiga atau empat bulan dan BUKAN disebabkan karena kehamilan atau menopause, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.




saran saya sih :
- Jangan anggap enteng perdarahan per vagina, sekecil apa pun. Pasalnya, perdarahan merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak sewajarnya, terutama bila terjadi pada wanita usia menjelang menopause. Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

- Jika terjadi perdarahan, upayakan mempertahankan kondisi umum dengan konsumsi makanan yang bagus, minum susu, daging, buah dan sayur hijau.






semoga membantu... :)

Apa penyebab terlambat haid?
Q.

A. Pada umumnya haid akan terganggu penyebab utamanya adalah dari pikiran....!! Dan akan diperparah jika anda mengalami stress, depresi, tegang pikiran, ketakutan, kecewa dsb.
Gangguan2 haid mulai dari terlambat, haid merasa sakit berlebih, keputihan, dsb. Bila hal tsb terjadi karena faktor2 psikologis lebih dominan maka obat tidak dapat bekerja secara optimal.

Hypnotherapy bisa mengatasi gangguan haid menjadi normal dengan tehnik komunikasi pada pikiran bawah sadar tanpa kitsadari pikiran bawah sadar bekerja mengatur detak jantung secara otomatis, mengatur sistim metabolisme tubuh hingga siklus haid, dengan mengatasi sumbernya dan menghilangkan stress nya maka haid akan kembali normal.
Semoga bermanfaat

Kenapa yah menjelang haid selalu begini ??
Q. Setiap mo haid pasti aku sakit demam, tp setelah Darah haid keluar demamnya langsung hilang?

A. Haid atau lebih dikenal dengan istilah menstruasi merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh. Kejadian tersebut akan berlangsung tiap bulan dan merupakan suatu proses normal bagi perempuan biasa.


Dengan kata lain, menstruasi adalah suatu proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak adanya pembuahan atau kehamilan.

Sebagian perempuan mengalami haid yang tidak normal. Diantaranya mulai dari usia haid yang datang terlambat, jumlah darah haid yang sangat banyak sampai-sampai harus berulang kali mengganti pembalut wanita, nyeri atau sakit saat haid, gejala PMS (Pre Menstruasi Syndrom), siklus haid yang tidak teratur dan masih banyak lagi. Gangguan ini jangan didiamkan karena dapat berdampak serius, haid yang tidak teratur misalnya dapat menjadi pertanda seorang perempuan kurang subur (infertil).

Gangguan yang terjadi saat haid dinilai masih normal jika terjadi selama dua tahun pertama setelah haid pertama kali. Artinya bila seorang perempuan telah mendapatkan haid pertamanya saat berusia 11 tahun, maka hingga usia 13 tahun haidnya masih tidak teratur. Tapi, bila setelah usia 13 tahun haidnya masih tidak teratur juga maka dipastikan ia mengalami gangguan haid. Gangguan yang umumnya terjadi pada perempuan pada saat haid adalah tidak haid selama beberapa waktu (amenorrhea), darah haid yang sangat banyak ( menorrhagia) dan timbulnya sakit saat haid (dysmenorrhea).

Terlambat datang bulan (amenorrhea)

Ada dua jenis amenorrhea yaitu primer dan sekunder. Amenorrphea primer adalah kejadian dimana seorang perempuan yang sudah berusia sampai 14 tahun belum juga mengalami haid. Hal tersebut disebabkan oleh terhambatnya perkembangan pubertas, tidak terbentuknya hormon atau tidak terbentuknya sel telur. Sedangkan bila perempuan tidak mendapatkan haid selama 3-4 kali semenjak haid terakhir, gejala itu disebut amenorrhea sekunder. Penyebabnya adalah penurunan berat badan yang drastis, olahraga yang berlebihan, stress atau depresi, kehamilan, efek dari obat tertentu dan tumor. Untuk meyakinkan penyebab gangguan ini, pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan tinggi badan, berat badan, payudara, rambut kemaluan, tes kehamilan, pemeriksaan penyakit tiroid dan penyakit kronis lainnya. Pengobatan amenorrhea tergantung pada penyebabnya. Biasanya dilakukan terapi hormon.

Darah haid banyak
Gangguan ini ditandai dengan tidak teraturnya siklus haid, darah haid yang banyak (lebih dari 80 ml) dan haid lebih dari 8-10 hari atau siklus haid yang pendek (setiap 21 hari). Gangguan ini dapat disebabkan oleh infeksi penyakit kelamin, komplikasi pada kehamilan, penyakit kronis, trauma, konsumsi obat-obatan tertentu, adanya gangguan horman atau kanker.

Nyeri haid
Beberapa perempuan mengalami sakit atau kram di daerah perut bagian bawah saat haid berlangsung, bahkan ada yang sampai pingsan karena tidak dapat mehanan rasa sakitnya. Gangguan seperti ini disebut dengan dysmenorrhea. Bila rasa sakit tidak disertai dengan riwayat infeksi pada panggul atau keadaan panggul normal, dinamakan dysmenorrhea primer. Gejalanya ditandai dengan rasa mual, ingin muntah, sakit kepala, nyeri punggung dan pusing. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti dan para ahli menduga bahwa rasa sakit tersebut disebabkan oleh kontraksi otot dinding rahim.

Rasa sakit juga dapat disebabkan oleh peradangan pada panggul, struktur panggul yang tidak normal, pelekatan jaringan-jaringan di dalam panggul, endometriosis, tumor, polip, kista ovarium dan penggunaan alat IUD. Jenis ini dinamakan dysmenorrhea sekunder.

hal ini pernah dialami anak saya, bahkan dia bisa sampe tdk bisa bangun, jika haid sdg dtg dan terkadang dia haid 2-3 bln s-kali.
lalu saya kasih dia makan Bp dan Pmg (maaf tdk bsa scr rinci, ntar dkira iklan), skrg dia sudah tdk pernah mengalaminya lg.
Semoga dpt membantu.
mribka25@yahoo.com

Telat haid udah 2minggu?
Q. Saya udah telat haid 2 minggu. Tapi d minggu ke 2 saya udh merasakan tanda2 mau haid seperti kram perut yg terus menerus. Dan payudara nyeri. Tp hari ke 4 setelah tanda itu yang keluar malah lendir putih kental seperti haid. Kenapa ya? Apakah saya tdk normal? Ataukah itu adalah penyakit? Sampai sekarang belum ada darah yang keluar

A. Haid anda terganggu.....!!! Akan di perparah bila anda mengalami stress, tegang pikiran, serta emosi tinggi,,....!! Bila terlambat sampai 2 minggu maka haid anda sudah berma.
Begitu pula lendir putih kental yang anda katakan itu adalah suatu keputihan.....!!! Keputihan pun seharus nya tidak berwarna, artinya putih bening dan juga tidak kental....!!! Namun nila sudah berwarna putih seperti susu dan kental maka didalam rahim atau serviks sudah ada jamur, dan bila hal ini di biarkan kemungkinan gangguan haid bisa menjadi kista di dlm rahim, begitu pula keputihan berwarna putih susu dapat berlanjut adanya bakteri, dan bakteri bisa menjadi virus.

Sebnarnya saat ini di dalam diri anda masih belum di kategorikan suatu penyakit....!!! jadi itu suatu gejala untuk menjadi penyakit jika di biarkan terus dengan waktu yang lama. Walau haiid anda sudah dapat dikatakan tidak normal.
Prihal inilah yang seharus nya penyakit bermula walau saat ini anda hanya gangguan pikiran yang menjadi hambatannya.

Banyak orang mengalami gangguan haid dikarenakan dari faktor pikiran / psikologis...!! stress, ketegsngan pikiran, emosi tinggi, kecapean, serta depresi. Sementara obat bukanlah suatu solusi di karenakan bukan penyakit, lebih cenderung terjadi pada pola pikiran. Maka hal yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini bisa dengan hypnotherapy. Dimana sumber masalah anda berada pada pikiran bawah sadar, sementara pikiran bawah sadar yang mengatur detak jantung, metabolisme tubuh, serta sistim reproduksi, dan hormon sampai siklus haid.

Apabila anda mengalami kecewa, ketakutan, stress, depresi pastinya yg menjadi terganggu adalah haid anda, keputihan, dan asam lambung. Maka hypnotherapy mengarah pada pengendalian pola pikir jika pola pikir baik maka sistim metabolisme akan jadi baik untuk mencegah terjadinya penyakit. Bila anda ingin menanyakan lebih jauh ttg hubungan pola pikir yg menjadi gejala suatu penyakit anda bisa hub saya di ponsel yang terdapat di dlm profil saya disini. Semoga bermanfaat




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment