Sunday, June 22, 2014

Ambeien atau wasir?

Q. Saya belum tahu apa perbedaan diantara keduanya (penyebab dan gejalanya)

Bisa disembuhkan tanpa operasi ga ya?

Makasih Banyak buat yang berbaik hati menjelaskan...

A. Wasir atau Ambeien atau bahasa Inggrisnya Hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah dibawah selaput lendir anus sehingga bisa membentuk gumpalan benjolan.

Wasir merupakan gangguan yang dipicu oleh melebarnya pembuluh-pembuluh darah di daerah anus. Pelebaran ini terjadi, karena terhambatnya aliran darah ke jantung. Pembuluh itu lalu tertutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama kelamaan membengkak serta membentuk tonjolan.

Pemicu utama wasir sangat sederhana, yakni saat susah buang air besar, penderita terpaksa mengejan habis-habisan. Oleh karena itulah, pembuluh darah di daerah bawah jadi melebar.

Penyebab
Terjadinya wasir disebabkan oleh terhambatnya aliran mudik darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat menghambat aliran darah: melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, atau terlalu banyak duduk. Ketahanan tubuh menurun juga dapat menyebabkan wasir.
Penyakit diare kronis pun bisa memicu wasir. Saat diare, penderita buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.
Faktor yang mempengaruhi juga adalah kehamilan, kegemukan, dan pola makan serta pola buang air besar. Selain itu faktor keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya Ambeien. Ini dikarenakan struktur anusnya yang salah. Penelitian ini sudah diteliti dengan hasil 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan.


Wasir bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang status dan usia. Namun, penyakit ini tidak menyerang anak-anak. Kalaupun anak sulit buang air dan timbul bercak darah di area bawah, biasanya itu hanya luka di anus. Darah ini pun tidak menetes, dan hanya menempel di feses.

Gejala
Dari gejala-gejala wasir dapat diketahui tingkat ringan sampai parahnya. Berikut ini pembagian berdasarkan gejalanya , yaitu :
1. Terjadi pendarahan dengan rasa gatal
2. Terjadi pendarahan disertai rasa sakit dan muncul benjolan kecil, namun tidak mengganggu proses buang air besar / BAB
3. Terjadinya pendarahan dengan benjolan besar, tetapi dapat masuk kembali
4. Terjadinya pendarahan ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat dan tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali.
5. Benjolan tidak dapat masuk kembali walaupun sudah dibantu. Ini terjadi karena adanya proses pengerasan dan pembekuan darah. Pada tingkat ini penderita akan sangat merasa kesakitan.

Tips bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka lakukan beberapa tindakan berikut ini âduduk berendam dalam air hangatâ; âmengoleskan salep obat bius lokalâ; dan âpengompresan dengan kemiriâ. Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu.

Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus BUKAN gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

Pengobatan
Untuk pengobatan wasir penderita ringan cukup dengan banyak minum untuk menjaga agar usus kita tetap terhidrasi dan tinja cukup lunak sehingga mudah dikeluarkan, makan menu tinggi serat, usahakan BAB secara rutin. Bagi penderita yang sudah muncul benjolan kecil, cukup oleskan krim yang mengandung kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang dikatakan dapat mengobati Ambeien adalah buah sirsak karena banyak mengandung zat gizi dan serat, atau konsumsi nanas 4-5 buah setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

Cara ampuh obatin ambeien apa yah bos ?
Q. Makasih info nya ??

A. Bagaimana mengatasi ambeien?

Anda dapat melakukan terapi sendiri untuk mengurangi gejala-gejala ambeien, antara lain dengan:

* Berendam dengan air hangat beberapa kali sehari, terutama setelah buang air besar, selama sekitar lima belas menit.
* Pemberian krim/minyak hemoroid (misalnya: anusol) di daerah yang terkena, untuk mengurangi iritasi dan rasa sakit.

Obat biasanya tidak diperlukan untuk menghilangkan ambeien. Ambeien yang besar dan menggangu seringkali perlu ditangani dengan tindakan medis. Beberapa teknik tindakan yang biasa diterapkan dokter antara lain:

* Ligasi gelang karet. Sebuah gelang karet ditempatkan di dasar wasir di dalam rektum. Gelang tersebut memotong sirkulasi sehingga ambeien akan menghilang dalam beberapa hari.
* Skleroterapi. Cairan kimia disuntikkan ke sekiling pembuluh darah untuk mengecilkan ambeien.
* Pembekuan dengan infra merah. Sebuah perangkat khusus infra merah digunakan untuk membakar jaringan ambeien.
* Hemoroidektomi. Bedah untuk membuang ambeien.

Pencegahan

Pencegahan ambeien yang efektif adalah dengan mencegah konstipasi.

* Makanlah makanan yang banyak mengandung serat dan air sangat bermanfaat memperlunak kotoran dan memudahkan buang air besar. Buah-buahan, sayur-sayuran dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik bagi kesehatan.
* Jangan menunda buang air besar karena akan membuat kotoran semakin mengeras dan sulit dikeluarkan.
* Bila Anda kesulitan buang air besar, cobalah posisi jongkok yang lebih alamiah dan memudahkan keluarnya kotoran.

apa obat untuk menyembuhkan sakit ambeien?
Q.

A. Tinggal dmana neh?
Apa ambeien-nya dah parah?
Kalo tinggal di surabaya, dan kategori ambeien-nya dah parah, lari aja ke jalan sasak (surabaya). aku lupa nomer rumah orang-nya (pengobatan alternatif!) pake ramuan tradisional! Gak pake mantra2! murni pake obat tradisional! so, agama/keyakinan apa aja, bebas!
agak mahal! tapi dijamin tokcer!
Punyaku pernah bengkak hingga sebesar 2-ibu-jari-disatukan! kebayang kan?
Dibawa kesana, sembuh! gak ada magic2an atau sihir! bukan pengobatan ala ponari! wanita tersebut pake daun2an yang ditumbuk dan ditempelin ke xxx yang bengkak tersebut! trus kita dikasih tumbukan daun2an tsb tuk direbus&diminum.
gak ada klenik sama sekali! Gue dari kalangan sains, bro! gak percaya ama klenik2an! hehehe...
sesampai dijalan sasak, tanya aja ama semua orang yang anda jumpai disitu. tanya dimana wanita yang bisa ngobatin ambeien! pasti mereka tahu!
Dia cuman bisa ngobatin ambeien! penyakit lain, gak bisa! maklum, ramuan daun2an-nya cuman bisa nyembuhin ambeien!
Tapi kalo kamu dari kota laen, waaahh...aku gak tau lah!

apa penyebab seseorang bisa terkena ambeien?
Q. apakah pria yg terkena ambeien bisa mendapatkan keturunan?

A. ambeien atau istilah medisnya hemorrhoid itu merupakan membesaran pembuluh darah atau varises di daerah rektum, ada yang muncul yaitu terlihat atau terasa ada benjolan atau masa di anus tapi ada juga yang gak muncul artinya hemorhoidnya ada di dalam, biasanya seseorang tidak merasa dirinya terkena hemorhoid.
hemorhoid ini bisa terjadi karena konsumsi makanan yang kurang serat dan kurang cairan sehingga pada saat BAB feses susah keluar, orang tersebut mengedan berlebihan,
penanganannya, kalau hemorhoidnya masih ringan (teraba kecil) masih bisa ditoleransi dengan cara menarik napas, tarik pantatnya juga..sambil menekan jari telunjuk ke anus sehingga hemorhoid masuk ke dalam,
agar gak kambuh:
1. banyak minum air, min 8 gelas sehari
2. makan sayur dan buah
3. olahraga teratur
4. aktivitas cukup, jangan banyak duduk
5. hindari makanan pedas
6. biasakan BAB teratur
sepengetahuan saya, tidak ada hubungannya ambeien dengan punya keturunan atau tidak, karena salurannya juga berbeda bukan?
mudah-mudahan bermanfaat

Tentang penyebab ambeien?
Q. Apa saja sih penyebab penyakit ambien ? apakah dari faktor makanan atau aktivitas seksual yang sering dilakukan di lubang belakang tersebut ?

Lebih manjur mana, obat yang diminum atau yang dimasukkan ke anus ?

Thanks yah bro and sist.

A. Penyebab ambeien adalah terjadinya sumbatan pada pembulu darah, sehingga darah terbendung pada pembuluh darah anus / hemoroid. lama-kelamaan hemoroid akan membesar membentuk suatu benjolan yg elastis dan pembesaranny d bagi dlm beberapa stadium.

penyebabnya buakanlah makana atau pun sex, itu hanyalah sumbatan pembulu darah.
samahalny dg farises pada kaki, ketikan qt abis olah raga darh kan lagi kenceng"ny ia... trus tiba" kakinya d tekuk, maka aliran darah akan terhamban dan pembuludaha akan membesar. hal ini lah yg terjadi pada kasus ambeien.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment