Friday, June 20, 2014

Apakah sembelit merupakan suatu penyakit keturunan?

Q.

A. berdasarkan pengalaman dan ilmu yang nenek pelajari tidak ada hubungannya sembelit dengan genetik atau turunan. sembelit disebabkan lemahnya sistem pencernaan,lemahnya sistem pencernaan pula disebabkan terlalu banyak makan atau terlalu sering makan,makan diselingi minum air,makan terburu-buru,faktor umur dan perasaan.mengkonsumsi makanan yang tak seimbang,kekurangan serat dan air,penggunaan antibiotik bisa menyebabkan masa transit makanan tersebut bisa berlangsung lama.dan sisa makanan yang tidak keluar melekat dan menumpuk didalam usus.inilah yang dinamakan toksid [racun],kesimpulannya penyebab usus tersumbat antara lain:makanan tidak seimbang,makanan olahan,kurang olah raga,regangan kolon,nah dari sembelit inilah akan mengakibat beberapa penyakit.bukan nakutin lho, coba katakan nenek,sekarang ada keluhan apa?kita diskusi lho.sampai disini dulu Insya Allah jika berkenan hubungi saya kembali.Semoga bermafaat.

ada yang tau bt ngatasin sembelit ngga ?
Q. kesehatan

A. Bukan cerita baru bila seseorang mengalami sembelit, maka ia akan dianjurkan minum yang banyak. Pemikiran ini mudah diterima secara awam, bahwa karena cairan dalam saluran cerna kurang maka kotoran menjadi keras dan lebih padat. Di era modern ini, di mana berbagai penelitian medis telah membuktikan banyak hal secara ilmiah.



Penelitian yang dipimpin oleh Robert D. Linderman di University of New Mexico, Albuquerque, ternyata membuktikan bahwa asupan cairan tidak berkolerasi dengan terjadinya sembelit kronik. Penelitian yang dilakukan terhadap hampir 900 sukarelawan lanjut usia ini menemukan bahwa kurangnya minum ternyata bukanlah merupakan faktor yang bermakna dalam terjadinya sembelit, sebagaimana diyakini sebelumnya.

Fakta bahwa sembelit tidak dapat diatasi hanya dengan cara menambah asupan cairan ini ternyata juga ditemukan oleh berbagai penelitian lainnya. Karenanya, untuk meluruskan kesalahpahaman yang telah terjadi selama ini, beberapa pakar yang dipimpin Profesor Stefan A Muller-Lissner dari Humboltd University, Berlin, mengulas berbagai mitos dan kesalahpahaman seputar sembelit ini dalam the American Journal of Gastroenterology tahun 2005 yang lalu. Dalam jurnal ilmiah, Profesor Muller-Lissner menegaskan, "Data ilmiah membuktikan konsistensi kotoran tidak dapat dimanipulasi dengan meningkatkan asupan cairan. Juga disimpulkan tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa peningkatan asupan cairan dapat mengatasi masalah sembelit", trus bagaimana cara mengatasi sembelit?

Berikut ini tips praktis yang dapat membantu ketika Anda mengalami sembelit:

1. Pastikan Anda tidak dalam keadaan dehidrasi. Salah satu ciri utama tubuh dalam keadaan dehidrasi adalah berkurangnya frekuensi berkemih dan warna urine yang lebih gelap dari biasanya.

2. Jika memang tubuh mengalami tanda dehidrasi tersebut, minumlah tambahan cairan secukupnya sesuai kemampuan.

3. Setelah Anda cukup yakin tidak dalam kondisi dehidrasi, janganlah memaksakan diri untuk minum lebih banyak lagi. Selain hal ini justru menambah rasa tidak nyaman di perut, cara ini juga terbukti tidak efektif mengatasi sembelit.

4. Gunakanlah laksatif / pencahar yang telah terbukti efektif dan dapat diperoleh bebas di Apotik atau toko obat. Salah satu pencahar yang saya ketahui yaitu dulcolax (bukan promosi lho).Jika pencahar ini tidak juga mengatasi masalah Anda, maka sebaiknya Anda berobat ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan pencernaan yang serius.

daftar obat untuk sembelit?
Q. dafatar obat untuk penyembuhan penyakit sembelit

A. sembelit tuh semacam susah BAB ya???
kalo itu sih gampang...
banyak makan sayur n buah aja
kalo sayur yang paling mujarab, sayur daun ubi aja
kalo buah.., pepaya yang paling bagus

kalo suka, minum susu kedelai juga bagus

kalo obat-obatan yang paling bagus...
laxing, soalnya aQ dah coba,
malam diminum, paginya keluar dech

selamat mencoba

Bagaimana mengatasi sembelit pada bayi ?? ...?
Q. Salam semua ...

Kami memiliki bayi berumur 7 bulan. Saat ini sudah mulai diberikan makanan padat berupa campuran nasi, sayur (bayam) dan wortel yang sudah dihaluskan dgn blender (3 kali sehari). Kami juga memberikannya Jus buah (pepaya) satu kali sehari. Disamping itu sikecil juga tetap meminum ASI dari mamanya serta susu formula sebagai tambahan.

Akan tetapi, B A B nya sekarang sering susah dan keras, kadang2 harus dibantu dengan sabun mandi ataupun pencahar (Laxarex) baru BABnya mau keluar. Keliatannya bayiku kesakitan dan menangis jk mau BAB.

Pertanyaannya : Mohon bantuan/Saran jika ada pengalaman serupa dan cara mengatasi BAB bayi seperti ini.

Terima kasih bagi yang telah menjawab.

Salam
Bayi kami perempuan.

A. Saya pernah surfing tanya sana tanya sini mengenai bayi yang tidak BAB lebih dari 3 hari. Untuk bayi di bawah 6 bulan (asi eksklusif) sebenarnya (katanya) masih wajar karena hanya ASI (semuanya diserap tubuh !
-----
Bayi yang cukup mengkonsumsi ASI umumnya tidak bermasalah dengan buang air besarnya dan jarang dijumpai kasus sembelit. Demikian juga pada bayi yang sudah mendapat makanan tambahan (makanan padat pendamping ASI), lebih jarang lagi mengalami sembelit, selama makanannya cukup mengandung serat (dietary fiber). Makanan padat pertama berupa bubur susu. Usus bekerja lebih giat apabila makanan harian sudah mulai ada isinya (berbungkah, bulk). Kita tahu makanan pokok bayi awalnya hanya cair (ASI), dan bukan makanan (yang bersifat padat, berisi).
-----
Kalau bayi sudah mulai diberi makanan tambahan, dan buah, namun masih sembelit juga, amati jenis sayur mayur dan buahnya. Kalau ternyata sayur mayurnya sudah lengkap (lebih dari satu macam), dan buahnya selain cukup porsinya, berasal dari jenis buah yang tidak bikin sembelit (salak dan buah lain yang banyak getah), kemungkinan penyebabnya bukan itu. Bisa jadi memang kurang mendapat minum air putih.

Apabila sudah diberi air putih masih sembelit juga, tentu ada yang tidak beres dengan pencernaannya. Ada beberapa kelainan usus pada bayi baru lahir yang bikin sembelit. Usus yang melipat, terlilit, atau ada bagian usus besar yang mengalami kelainan pada pangkal anus, kesemua itu juga bisa muncul dengan gejala sembelit. Untuk itu perlu pemeriksaan lanjutan lebih dalam guna memastikannya.

Kasus bayi sembelit dapat diatasi dengan pemberian pencahar, namun harus atas pengawasan dokter. Jangan memberi sembarang pencahar karena pencahar sendiri bukanlah obat sembelit, melainkan hanya untuk mengatasi sesaat. Penyebab sembelitnya sendiri yang perlu dilacak, agar sembelitnya bisa tuntas ditanggulangi.
------
Cara membuat obat alami sebelit pada anak bayi yaitu dengan mengambil lendir dari beberapa daun bawang yang dicacah (potong kecil-kecil) setelah dicuci dengan air bersih. Lendir daun bawang tersebut dioleskan pada bagian pinggang, perut, dan punggung sering-sering agar masalah sembelit dapat teratasi. Jika tidak berhasil hubungi dokter anak kesayangan anda.

kucing saya sembelit?
Q. tolong kucing ku umur nya 1 bulan 15 hari, dia sembelit pub nya nyangkut di dubur nya dan g mau keluar sekarang dia lagi kesakitan. kemarin aq bawa ke dokter trus di kasih suntik, dan dianjurkan di kasih kombantrin sirub , habis tuh dia mencret2 selang 2 hari sembelit nya kambuh lagi. makanan nya royal canin kitten,

A. banyak cara yang telah ditawarkan oleh penjawap sebelumnya...
jadi agak bingung, cara apa lagi yang bisa tawarkan,,
tapi bagaimana kalau diberi daun kucing-kucingan?

tumbuhan ini biasanya ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan, lapangan rumput, maupun di lereng bukit
Tumbuhan yang berbahasa latin Acalypha indica L ini, diberi nama kucing-kucingan, karena ia memang disuka oleh kucing. Khususnya akar, kucing sangat suka sekali mengunyahnya. Bahkan musuh sang kucing, apalagi kalo bukan anjing, juga doyan menjadikannya makanan tambahan.

beberapa hewan karnivora memiliki insting untuk membuat perutnya menjadi enak, Karena itulah, mereka mencari obat untuk membuat pencernaannya menjadi lancar. Tumbuhan kucing-kucingan, merupakan salah satu herba yang terpilih. Kandungan zat yang ada di akarnya, ternyata mampu membuat BAB dua hewan ini menjadi lancar.

Tumbuhan semusim dengan ciri tegak, memiliki tinggi 30-50 cm. Ia bercabang dengan garis memanjang kasar dan berambut halus. Daunnya tunggal, bertangkai panjang dan letaknya tersebar. Helaian daun berbentuk bulat telur sampai lanset, tipis, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, panjang 2.5-8 cm,lebar 1.5-3.5 cm, berwarna hijau.
Bunganya majemuk, berkelamin satu, keluar dari ketiak daun, kecil-kecil, dalam rangkaian berbentuk bulir. Buahnya buah kotak, bulat, hitam. Biji bulat panjang, berwarna cokelat. Akarnya akar tunggang, berwarna putih kotor. Kucing-kucingan dapat diperbanyak dengan biji.

Dari segi sifat dan khasiat, kucing-kucingan memiliki rasa pahit. Sementara sifatnya sejuk dan astrigen. Ia berkhasiat antiradang, antibiotik, peluruh kecing (diuretik), pencahar dan penghenti perdarahan (hemostatis).

Setlah dilakukan penelitian intensif, barulah diketahui kandungan kimia dalam tumbuhan kucing-kucingan. Daun, batang dan akarnya mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri.

seluruh bagian tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat, baik dalam bentuk segar atau yang telah dikeringkan. Ia dikenal bisa mengobati disentri basiler, diesentri amuba dan diare. Selain itu, juga ampuh untuk mengatasi anak dengan berat badan rendah (malnutrisi).

Penyakit lainnya, kucing-kucingan bisa mengatasi gangguan pencernaan makanan (dispepsi), pendarahan, seperti mimisan (epistaksis), muntah darah (hematemesis), berak darah (melena), kencing darah (hematuria) dan malaria. Penyakit khusus lainnya, yakni dapat mengobati masalah susah buang air besar (sembelit).

Kucing-kucingan bisa digunakan untuk pemakaian dalam maupun luar. Untuk obat yang diminum, rebus 9-15 g herba kering atau 30-60 g herba segar. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum.

Sementara pemakaian luar, giling herba segar sampai halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit, seperti bisul, koreng, luka berdarah, eksim, radang kulit (dermatitis) atau gigitan ular. Cara lain,rebus satu tumbuhan kucing-kucingan seutuhnya. Selanjutnya, gunakan air rebusannya untuk mencuci luka ataupun koreng.

Penyakit disentri amuba, diare dan penyakit dengan perdarahan, bisa diobati dengan cara merebus seluruh bagian tumbuhan kucing-kucingan yang sudah kering sebanyak30-6-g dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya dibagi dua (sama banyak). Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan selama 5-10 hari.

Untuk disentri basiler, cuci 30-60 g herba kucing-kucingan kering, 30 g krokot (Portulaca oleracea L.), dan 30 g gula merah, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus sampai airnya tersisa 1 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Bagi luka berdarah, koreng, bisul, radang kulit dan gigitan ular, cuci 1 tanaman herba segar. Tambahkan 1 sendok teh gula pasir, lalu giling sampai halus. Bubuhkan ramuan ini ke bagian tubuh yang sakit.

Penyakit dermatis, eksim dan koreng, segeralah cuci 1 tanaman herba segar, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 3 gelas air sampai mendidh (selama 15 menit). Gunakan ramuan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang sakit selagi hangat.

Dan penyakit sembelit, segeralah cuci 1 tumbuhan segar (berikut akarnya), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih (selama 15 menit). Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan pada malam hari.

kalau masih belum kebayang bagaimana bentuk kucing-kucingan itu, kamu bisa lihat gambarnya disini
http://hendrinova.files.wordpress.com/2009/02/kucingan2.jpg




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment