Tuesday, June 24, 2014

Apa yang dimaksud dg stroke up. . ?

Q. * apa mengganti stang seher dg yg lebih panjang tanpa make pin stroke tuh juga sama dg stroke up. . ?
* mesin stroke up awet gk sih. . ?

A. Stroke up adalah penambahan langkah piston ( bisa dengan cara pakai pin stroke atau menggeser maju pin end stang piston dan memakai stang pistong yang lebih panjang )


keunggulan over-stroke:

* putaran mesin relatif rendah untuk menggapai power maksimal, jadi ga perlu plintir gas dalam-dalam.
* ukuran seher,klep,blok silinder ukurannya relatif kecil sehingga mengurangi costâ¦. sesuai dengan zaman sekarang yang lagi sulitnya nyari sepeser duit.
* irit bahan bakar yang diakibatkan rendahnya putaran mesinâ¦. nah lagi berubungan ma yang namanya duiiit⦠ga perlu beli bensin banyak-banyakâ¦.so kantong tetap tebal.
* bagi kalangan speed lover, ngoprek untuk menaikkan CC gampang,tinggal ganti seher yang lebih besar,CC pun meningkat pesat⦠âga perlu naik strokeâ

kekurangan:

* dengan kecilnya diameter seher, otomatis diameter klep akan kecil juga⦠tentu mengakibatkan sedikitnya bahan-bakar yang masuk, mesin ga mau teriak, dan putaran atas loyo.
* untuk kalangan speed lover harus berhati-hati dalam pergantian komponen mesin,seperti CDI, dengan CDi non limit akan mengakibatkan mesin cepat berteriak,jika melebihi piston speed limit (21m/s) piston rawan jebolâpengalaman saya dengan jupiter mxâ

Obat Stroke? Obat Stroke?
Q. apakah ada obat stroke yang bisa tuntas menyembuhkan masalah stroke dan akibat yang ditimbulkan paska serangan stroke.

A. Stroke adalah suatu kondisi di mana sel-sel otak mengalami kerusakan karena tidak mendapatkan aliran oksigen dan nutrisi yang cukup.

Sel-sel otak harus selalu mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Asupan oksigen dan nutrisi akan dibawa oleh darah yang mengalir dalam pembuluh-pembuluh darah yang menuju sel-sel otak. Apabila aliran darah atau aliran oksigen dan nutrisi itu terhambat selama beberapa menit saja, maka dapat terjadi stroke.

Bila jatah oksigen terhambat atau terputus 8-10 detik saja akan terjadi gangguan fungsi otak. Bila lebih dari 6-8 menit akan terjadi kerusakan pada sebagian otak yang tak pulih kembali. Semakin lama penghambatan itu terjadi, efeknya akan semakin parah dan semakin sulit untuk dipulihkan.Oleh sebab itu, tindakan yang cepat dalam mencegah dan mengatasi serangan stroke sangat menentukan kesembuhan atau pemulihan kesehatan para penderita stroke.

Sekitar 10-15 % penderita stroke bisa kembali hidup normal seperti sedia kala, sisanya mengalami cacat, sehingga banyak penderita Stroke menderita stress akibat kecacatan yang ditimbulkan setelah diserang stroke. Namun demikian bila penanganan stroke cepat dilakukan maka kemungkinan untuk dapat hidup normal seperti sedia kala sangat besar, dan yang paling penting adalah upaya untuk melakukan tindakan pencegahan dengan cara mengurangi faktor risiko (seperti memperbaiki penyakit yang terkait dengan aliran darahnya), dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur, penghindari stress hingga meminum obat atau suplemen untuk menjaga kesehatan pembuluh darah hingga dapat mencegah terjadinya Stroke.

Informasi lebih lanjut bisa dibaca di : http://terapistroke.blogspot.com atau hub 081386108089

keunggulan short stroke n long stroke?
Q. lam knal bro....w mw tx nie kira-kira bgusan mana long/short stroke pd spd mtor???

A. coba menambahkan

long stroke:
- Torsi dan tenaga berada di rpm rendah, otomatis gas tidak perlu dibuka lebar2 tenaga sudah dapat, rpm tdk perlu tinggi, lebih irit dikit.
- Utk putaran atas kurang begitu ngisi.
- Biasanya efeknya terhadap daya tahan sparepart, karena tidak perlu putaran tinggi utk menghasilkan tenaga, biasanya lebih awet di banding yg short stroke

short stroke:
- Torsi dan tenaga berada di rentang rpm yg lebih tinggi
- Nafas mesin di putaran atas lebih baik.
- Karena Torsi dan tenaga berada di RPM tinggi, perlu buka gas sedikit lebih besar di banding long stroke, sedikit boros.
- Karena RPM bisa berkitir lebih tinggi biasanya material onderdil lebih cepat aus.

contoh: satria f dgn vixion dgn kapasitas mesin sama tetapi beda langkah/ stroke

satria
Diameter Silinder : 62,0 mm
Langkah Piston : 48,8 mm
Daya Maksimum : 11,7 ps / 9.500 rpm
Torsi Maksimum 12,4 Kgm/8500 rpm

vixion
Diameter x Langkah 57 x 58,7 (mm)
Power 11.10 kw (14.88 HP) / 8,500 rpm
Torsi 13.10 nm (1.34 Kgf.m)/ 7,500 rpm

bisa terlihat rentang rpm pada vixion yg memiliki long stroke berada pada rpm yg lebih rendah

untuk perkembangan ke depan sepertinya pabrikan lebih condong menggunakan long stroke bisa dilihat dari Smash Titan yg baru berubah langkah pistonnya dibanding dgn smash lama. lalu jupiter z new dan juga honda revo 100 cc short stroke berubah menjadi absolute revo yg long stroke

semoga bisa membantu

bagaimana naik stroke?
Q. gimana ya cara naik stroke suzuki shogun R 110 cc?
trus ubahan apa saja yang perlu dilakukan setelah stroke?

A. Berikut Saya Kutip dari Otomotif: Perihal Up Stroke tapi Punya Mio... intinya sih ga beda jauh...
OTOMOTIFNET - Untuk mendapatkan kapasitas silinder besar, tidak hanya ditempuh dengan cara bore up. Kini bisa juga diakali dengan stroke-up alias memperpanjang langkah seher alias piston. Tetap perlu trik khusus supaya dicapai stroke yang sangat panjang alias maksimal.

Persoalannya, naik stroke abis terkendala setang piston yang dipakai dan celah pen di kruk-as hanya sedikit. âMakanya diatasi dengan memperlebar diameter bandul kruk-as dan ganti setang seher,â ujar Kunto Hayadi, mekanik HK Custom yang sudah lakukan trik ini di skubek Grand Surya dan Yamaha Mio.

Diakui Kunto, untuk memperpanjang langkah piston terbilang sulit. Mekanik harus memperhitungkan matang pemilihan setang seher motor apa yang mau dipakai. Apalagi perubahan ini tergantung dari pen kruk-as dan pen piston pengganti.

Bukan cuma itu. Sisa celah antara crankcase dengan diameter luar bandul kruk-as tidak boleh luput dari perhatian. Apalagi penggantian setang seher di kruk-as dipengaruhi diameter bandul yang diperlebar dengan cara dilas sekelilingnya.

Intinya, mekanik harus pintar cari tukang bubut yang pandai membesarkan diameter bandul kruk-as, membubut juga ngebalance. Sebab kalau tidak sama yang ahli, kruk-as rawan melitir.

âBaru deh cari setang seher yang ideal dipasang di kruk-as dan punya diameter pen seher sama. Apalagi pembesaran diameter kruk-as selain lebih kuat juga masih bisa memajukan posisi pen kruk-as,â wanti mekanik bermarkas di Jl. Cipete Dalam II, No. 8A, Cipete Raya, Jakarta Selatan.

Nah, berhubung ubahan ini sudah dilakukan Kunto di Yamaha Mio. Kini diameter kruk-as yang sudah kena las membengkak jadi 108,8 mm dari 102,8 mm (standar). Adapun setang piston yang dipilih adalah milik Suzuki TS125, RX-Z atau Ninja 150. Kebetulan dipilih Kunto dari TS125, pakai laher bambu supaya pas dengan pen 15 mm.

Menggunakan setang seher TS125 menguntungkan. Sebabe pin kruk as lebih kecil. Sehingga posisi titik tengah pin bisa digeser jauh keluar. Hasilnya didapat stroke lebih panjang.

Settingan Puli Dan Griboks
Agar stroke-up di mesin Mio seimbang dengan komponen reduksi di rumah CVT dan girboks, setingan dua komponen ini wajib disesuaikan. Dan yang sudah dilakukan Kunto, diameter puli primer dibikin lebih besar daripada sekunder.

âSaya bikin ubahan ini ambil contoh hitungan gir reduksi sepeda. Torsi gede bila gir depan lebih besar dari belakang,â jelas Kunto yang terpaksa bikin ulang puli primer lebih besar dan ganti puli skunder kecil produk aftermarket.

Lalu di sektor gigi rasio, hanya mengganti setingan girboks dengan perbandingan berat. Kalau aslinya pakai 14/45, sekarang pakai rasio 17/42.

Kalo Mau Ambil dari Artikel punya Smash... Kan ga beda jauh tuh Spek Mesinnya...
Ikutin link ini aja deh... (ga muat kalo dimasukin semua)
http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/8911

Mudahmudahan Cukup membantu

tentang satria FU , Stroke up Harian?
Q. buat FU semi drag ( untuk harian )
apa aja saja yang harus di ganti ?
di ganti dengan apa yg bagus dan ekonomis ?
total biaya semua nya ?

thank's gan

A. buat harian kan ? nggak usah terlalu extreme.. pake pen stroke juga udah cukup ko.. jadi nggak usah geser geser big end.. soalnya geser big end resikonya tinggi.. kalo kruk as nggak balance, motor ente jadi geter banget pasti.. :/
mending pake pen aja.. buat harian maksimal pake yang ukuran 3mm aja.. atas bawah jadi 6mm.. lumayan kan motor harian strokenya naik 6mm. :P masangnya juga gampang ko, tinggal bawa kruk asnya ke tukang bubut, copot pen aslinya, terus ganti sama pen strokenya itu, udah kelar.. kalo mau di standarin lagi juga gampang.. tinggal ganti aja lagi sama pen standarnya.. resikonya juga nggak tinggi kaya geser big end.. cuma lebih baik ente pasangnya di tukang bubut yang udah ente percaya.. biar masangnya juga pas..
kalo udah pake pen stroke, jangan lupa sehernya di papas pantatnya.. biar nggak mentok big end pas lagi TMB.. atau bisa juga ganti sama seher yang lebih pendek..

biayanya, pen stroke fu 3mm kemarin ane beli 380rb, itu udah termasuk paking besi ukuran 3mm juga.. ongkos pasangnya di tukang bubut 150rb, papas pantat seher 15rb, sama rante keteng gl pro ane beli 80rb.. soalnya rante keteng standarnya agak maksa gan masangnya.. takutnya malah jadi rusak.. mending di ganti aja sama punya gl pro.. terus Makan, Kopi, Rokok selama ngerjainnya abis 50rb.. :D
yasudah tinggal di total aja mas gan berapa semuanya.. :)




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment