Tuesday, June 24, 2014

cara cepat pemulihan patah tulang?

Q. cara merawat patah tulang selama pemulihan

A. Prinsip penyembuhan patah tulang adalah imobilisasi (tidak bergerak). Makanya ada yang digips, dipasang pen, semuanya bertujuan, supaya segmen-segmen yang patah tidak saling bergerak, karena kalo bergerak terus, tidak akan pernah menyambung, apalagi kalo segmen-segmennya tidak saling bertemu, tidak akan pernah nyambung.
Ibaratnya pohon, kalo patah, yah tempel aja yang patah, kemudian diikat, nanti dia bisa nyambung lagi. Nah, tulang juga sama seperti itu.
Bedanya, manusia itu kan lebih aktif daripada tumbuhan yang tidak bergerak. Manusia tetap punya kebutuhan untuk bergerak (bisa patah tulang, karena ada pergerakan kan?). Jadi dengan teknologi gips dan pasang pen, memungkinkan manusia untuk bergerak walaupun sedang patah. Tapi kalo tidak dipasang pen atau gips, maka lebih sulit untuk mempertahankan kestabilan tulang yang patah, jadi musti diem terus, karena bergerak dikit aja, pasti sebenarnya ada pergeseran segmen yang patah, akibatnya sulit buat nyambung.
Cuman kalo manusia dibuat diem aja terus-terusan nggak boleh bergerak, maka biasanya ada efek samping. Coba aja duduk di ranjang, berjam-berjam, pantat panas, 2 hari lagi kalo tetep duduk terus di ranjang, tanpa bergerak, nggak jalan ke kamar mandi, pasti pantatnya jadi lecet. Akibatnya sembuh patah tulang, tapi pantat lecet, penuh luka. Itu baru pantat, coba kalo musti tiduran terlentang, bisa lecet2 di punggung. Jadi kalo mau tetap aktif walau sedang patah, yah ke dokter bedah tulang, operasi (pasang pen atau gips).

penanganan patah tulang?
Q. bagaimana pemakaian pen atau gips

A. Patah tulang adalah suatu kondisi medis dimana tulang patah atau retak. Patah tulang dapat terjadi karena faktor luar (misalnya jatuh) atau dari kondisi dalam seperti pelunakan tulang dikarenakan osteoporosis, kanker, atau kecacatan lain.

Terdapat banyak pula tipe dari kondisi ke-patahan tulang (kalo boleh dibilang gitu ya), yaitu seperti :

1. Patah tertutup dan patah terbuka. Patah tertutup adalah suatu kondisi tulang patah (atau retak) yang patah tulanggnya itu berada didalam kulit (otot) sedangkan patah terbuka kondisinya tulang keluar dari kulit (otot). ngeri ya ...

2. Simple fracture dan multiple fractures. Pada simple fracture, satu buah tulang hanya patah pada satu tempat dan multiple adalah satu tulang yang patah dibanyak tempat.

Patah tulang tertutup bertipe simple fracture lebih muudah diobati jika bidandingan dengan patah tulang terbuka multiple fracture (apalagi ditambah sudah infeksi pula, weleh-weleh). Sehingga penanganan pada setiap kasus patah tulang, entah itu pake pen, gips, atau perawatan lain, akan sangat amat tergantung pada jenis dan asal dari kerusakan tulang itu sendiri

Bagaimana cara mengobati patah tulang!? Tolong mas bro?
Q. Tulung

A. ika Anda mengalami patah tulang, menurut dr. Rahyussalim, SpOT K-Spine, ahli bedah orthopaedi dan tulang belakang dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo, sebaiknya hindari berobat ke para praktisi pengobatan patah tulang terseubt.

âBanyak dukun patah tulang yang membuka praktik tanpa kita ketahui kompetensi mereka sehingga tidak dapat dipertanggungjawabkan,â tutur dr. Rahyussalim.

Meskipun ada beberapa tempat pengobatan alternatif yang dukun patah tulangnya telah mendapat pelatihan dan kompeten untuk menangani patah tulang ringan, namun banyak sekali laporan kasus yang menyebutkan penderita patah tulang masih memiliki keluhan yang bervariasi, mulai dari nyeri, jalan pincang, anggota badan bengkok, gerakan sendi yang tidak optimal dan terjadi pemendekan ruas tulang yang signifikan.

âMemang tidak mematikan, tetapi patah tulang yang diobati dukun seringkali mengakibatkan tangan pasien tidak bisa berfungsi dengan baik, seperti tidak bisa mengarahkan makanan tepat di mulut. Atau, misalnya, jalan pasien jadi pincang karena kakinya panjang sebelah,â tambahnya. âPadahal, bila penderita datang ke poliklinik ortopedi dan kemudian mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan pelayanan ortopedi yang dicapai oleh ortopedi Indonesia saat ini, maka saya optimis mengatakan, 95% gejala sisa itu dapat diatasi dan seharusnya tidak terjadi.â

Secara umum, patah tulang merupakan terpisahnya bagian tulang yang satu dengan bagian tulang yang lain, yang sebelumnya adalah kesatuan. Gejala yang biasanya terjadi adalah rasa nyeri ringan yang terlokalisir pada bagian yang patah dan akan semakin memberat jika digerakkan. Selain itu, juga bisa terjadi bengkak di sekitar bagian yang cedera, bengkak, memar, luka lecet, perdarahan sampai tidak mampu menggerakkan anggota badan yang seharusnya digerakkan oleh tulang yang patah tersebut.

Berbicara mengenai penyembuhan patah tulang, menurut dr. Rahyussalim, kita seharusnya melihat secara utuh. âBila kita menjumpai seseorang patah tulang lengan, maka kita harus melihat apakah masalahnya hanya patah tulang, atau ada juga cedera lain yang menyertai, seperti robekan otot, cedera pembuluh darah, cedera saraf, cedera sendi dan lain-lain,â jelasnya.

Jika masalah yang dialami hanya patah, maka kesembuhan terjadi ketika ujung-ujung tulang yang patah tepat menyambung pada posisi patahan. Untuk mengembalikan ujung-ujung yang patah itu akan dilakukan reposisi, dan untuk memberikan kesempatan tulang menyambung, akan dipasang penyangga.

âNah, seringkali hal itu tidak dapat dilakukan dengan baik oleh dukun patah tulang. Misalnya, reposisi yang seadanya, kemudian memasang penyangga yang tidak stabil sehingga mudah bergeser, atau malah terlalu kencang sehingga mengganggu pembuluh darah,â tambah dr. Rahyussalim. Manipulasi yang tidak tepat memang pada akhirnya akan menyebabkan tulang yang patah menyambung, namun tidak dalam posisi normal.

[Survey] Apa kalian pernah PATAH TULANG?
Q. Syukur HINATA tidak pernah..
Bagi yang pernah bagaimana rasanya? :O .. :((
Sepertinya mengerikan.
_________________________________
Pathetic excuse.
you LEFT me! you left me in that chaotic war..
No chat allowed here. Go away.
you're not raven but a chicken.
Boo. >p
did you noe that VIOLET has been destroyed?
(knuckled)
just a plan. Still workin on scship though.
I hate you.
I'd ve been on 7th if violetta still existed. 3:C
i bet you lost ur claws already. Old man. XP
aah. i hate you. still do.X,{
you're sweet mouthing.
dont u dare touch Sasuke's Q&A!
Nah nah nah.
HINATA's willing to give erythin just 4 him.
you're responsible 4 VIOLET's ban! }8C
Gotta off now, buh bye!
no wish to see you anymore Kara! >((
go backt to p&s!
___________________________________
Pertanyaan ini boleh dihapus kalo mau, ga peduli juga.. XD

A. PATAH TULANG ya. On accident.

I didn't left. you're the one who kept begging me.
how dare you lil bird trying to shoo me away?
(pat pat)

whatever. Bah.
it wznt me, swear it.
heard u goin sumwhere next year?

SWORE IT wasnt me! lil miss!
i don't care bout lv. as long as i can make riot.
come back YUKI. it isnt ur nature to be like that.
=c=7

so you still dolling around hn?
and yeah i'm older literally hun.

stop running after him.
it seems he dont care about u anyway.
(slaps)
OPEN UR EYES DAMMIT!

apa perbedaan patah tulang dengan keretakan pada tulang?
Q.

A. PATAH TULANG (Fraktur) = Suatu keadaan dimana sebuah tulang mengalami pemisahan (tidak nyambung) dikarenakan ruda paksa (kecelakaan) atau disengaja utk tujuan tertentu. penanganannya dengan operasi penyambungan plat logam (platina).
RETAK TULANG = suatu keadaan dimana sebuah tulang mengalami retakan (garis tidak teratur yang mengarah ke patah) tetapi masih terhubung. penanganannya dengan digips agar posisinya tidak bergerak hingga retakan tersambung lagi.




Powered by Yahoo! Answers

1 comment: