Sunday, June 22, 2014

Gimana cara terkena penyakit hepatitis b ?

Q. Apa penyebabnya,??

A. Penyebab hepatitis B dapat diakibatkan oleh toxic hepatitis. Seperti semua jenis hepatitis, hepatitis toksik adalah juga peradangan di liver. Pada hepatitis toksik kerusakan sel-sel liver disebabkan bahan kimia yang beracun, obat-obat keras yang efeknya mencederai hati, atau mengonsumsi makanan / tanaman tertenu yang mengandung racun misalnya jamur beracun. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat-obatan kimiawi dan makanan atau minuman karena dua hal itu pun merupakan penyebab hepatitis B.
Penyebab hepatitis B pun dapat juga dari alcoholik hepatitis. Jenis hepatitis adalah penyakit radang hati yang diderita oleh pecandu minuman keras.
Secara vertikal, cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan.
Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

cara penyembuhan hepatitis c?
Q.

A. Penyembuhan hepatitis C
Kombinasi Pegylated interferon dan ribavirin
Terapi ini cukup mahal antara 8-10 juta perbulan sementara waktu pengobatan yang dibutuhkan adalah 6 bulan sampai 1 tahun.
Pengobatan tradisional
Tumbuhan obat/herbal yang dapat digunakan untuk mencegah dan membantu pengobatan hepatitis diantaranya mempunyai efek sebagai
hepatoprotektor yaitu melindungi hati dari pengaruh zat toksik yang dapat merusak sel hati, juga bersifat antiradang, kolagogum dan khloretik yaitu meningkatkan produksi empedu oleh hati

Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis, antara lain yaitu temulawak (Curcuma xanthorrhiza ), kunyit (Curcuma longa), sambiloto (Andrographis paniculata), meniran (Phyllanthus urinaria), daun serut/mirten, jamur kayu/lingzhi (Ganoderma lucidum), akar alang-alang (Imperata cyllindrica), buah kacapiring (Gardenia augusta), buah mengkudu (Morinda citrifolia), jombang (Taraxacum officinale).

obat hepatitis b kronik?
Q.

A. Bagi penderita hepatitis B, sebaiknya selalu memeriksakan diri ke dokter untuk memantau perkembangan penyakitnya, dan melakukan pengobatan rutin. Selain pengobatan hepatitis yang berkembang sekarang ini dengan adanya interferon, lamivudin, adefovir, biasanya penderita hepatitis juga membutuhkan hepatoprotektor (obat untuk melindungi hati).
Tumbuhan obat/herbal yang dapat digunakan untuk mencegah dan membantu pengobatan hepatitis diantaranya mempunyai efek sebagai hepatoprotektor yaitu melindungi hati dari pengaruh zat toksik yang dapat merusak sel hati, juga bersifat antiradang, kolagogum dan khloretik yaitu meningkatkan produksi empedu oleh hati. Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk pengobatan hepatitis, antara lain yaitu temulawak (Curcuma xanthorrhiza ), kunyit (Curcuma longa), sambiloto (Andrographis paniculata), meniran (Phyllanthus urinaria), daun serut/mirten, jamur kayu/lingzhi (Ganoderma lucidum), akar alang-alang (Imperata cyllindrica), rumput mutiara (Hedyotis corymbosa), pegagan (Centella asiatica), buah kacapiring (Gardenia augusta), buah mengkudu (Morinda citrifolia), dan jombang (Taraxacum officinale) serta habbatussauda. Selain itu bisa dilakukan bekam atau hijamah, tetapi sebaiknya penderita hepatitis B mempunyai alat sendiri.

tentang penyakit hepatitis?
Q. bagai mana cara menjaga kesehatan orang yang terkena hepatitis? apa orang yang terkena hepatitis boleh olahraga angkat beban?

A. Menurut penelitian, virus Hepatitis pada penderita Hepatitis dapat ditemukan pada cairan tubuh seperti air liur ,darah ,sperma. Penularan terjadi dengan cara masuknya virus dari cairan tubuh penderita ke orang lain yang mempunyai luka terbuka dengan cara bersentuhan.

Gejala dari Hepatitis sangat beragam sekali mulai dari penderita yang mengalami keluhan yang nyata sampai yang tidak mengalami keluhan sama sekali. Setelah menjadi kronis barulah gejalanya akan tampak semakin nyata dan jelas. Gejalanya biasanya berupa Lemas -lemas seperti tak bertenaga atau lunglai ,mual ,kadang diare ,kuning. Gejala-gejala lebih sering dimiliki orang dewasa dari pada anak-anak. Jika ada, gejala biasanya muncul secara tiba tiba, misalnya berupa demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, perut tidak nyaman, air seni berwarna tua, warna kekuningan pada mata dan kulit. Gejala biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan tetapi sebagian orang dapat menderita sampai 6 bulan. Masa inkubasi hepatitis A rata-rata 28 hari (rentang: 15-50 hari)

Pengobatan Hepatitis dapat dibagi dua bagian , yang pertama dengan obat kimiawi yang bertujuan untuk mematikan virus Hepatitis dan yang kedua adalah pengobatan suportif yang bertujuan untuk melindungi sel hati dan membantu untuk memulihkan sel hati yang rusak.

Hepatitis tipe apa pun yang diidap, mensyaratkan penderitanya untuk beristirahat cukup dan berobat secara teratur. Penderita juga dianjurkan melakukan diet dengan gizi seimbang. Makanan berkarbohidrat tinggi, berprotein atau berlemak tinggi memang tidak dilarang secara khusus, tapi hendaknya dibatasi. Demikian juga garam. Pengurangan konsumsi garam dimaksudkan untuk mencegah akumulasi cairan dalam rongga peritoneal serta mencegah pembengkakan pergelangan kaki. Penderita juga tidak dilarang mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral sepanjang belum terjadi kerusakan hati. Untuk mengkonsumsi obat apa pun dan melakukan olahraga, hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Sementara penderita sirosis hati perlu melakukan disiplin ketat dari segi makanan, pengontrolan penyakit, maupun kegiatan sehari-hari. Olahraga yang disarankan hanya sebatas jalan kaki. Dengan disiplin ketat ini diharapkan keadaan hati akan membaik.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari hal - hal berikut :

1. Menggunakan jarum suntik bekas
2. Jarum untuk akupunktur atau tattoo harus steril.
3. Hindari pemakaian bersama alat - alat seperti pisau cukur ,sisir.
4. Hindari aktivitas sex dengan berganti-ganti pasangan.
5. Hindari mendapat donor darah yang tidak resmi.
6. Sering cuci tangan, terutama setelah ke kamar kecil dan sebelum makan
7. Jangan minum air dari sumber yang belum dinyatakan bersih, dan masak atau cuci sampai bersih makanan sebelum dimakan.

Semoga bisa membantu

apa artinya hepatitis c reaktif?
Q. tolong saya apa artinya hepatitis c reaktif itu?

A. Hepatitis C reaktif adalah; seseorang yang menderita hepatitis yang aktif, dengan hasil pemeriksaan laboratorium serologisnya positif reaktif. Tindak lanjutnya harus segera periksa DNA virusnya, dan fungsi hati terutama SGOT dan SGPT, jika ternyata DNA virusnya banyak melebihi ambang dan SGOT/SGPTnya tinggi, maka penderita hepatitis C harus segera disuntik interferon anti hepatitis C 1-2 kali seminggu selama 1 tahun (48- 50 minggu). Biayanya antara 1,5 - 2,5 juta untuk sekali suntik, disamping itu juga harus minum obat anti retroviral.

Keberhasilan pengobatan lumayan sekitar 60 - 80%. Obat tradisional seperti habatussaudah (madu dan jinten hitam) cukup membantu sebagai suplemen pengobatan (pengobatan tambahan yang sinergis untuk membantu kesembuhan bersama anti virus lainnya seperti interferon dan anti retroviral), tetapi bukan sebagai pengobatan utama

Hepatitis C sebagian besar (98%) ditularkan melalui suntikan (pemakai narkoba), sebagian kecil tertular langsung. Komplikasi hepatitis C dalam jangka waktu panjang sebagian besar menjadi lever terutama kanker hati.

Untuk selanjutnya siapa pun anda secepatnya konsultasi lebih lanjut ke dokter penyakit dalam




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment