Friday, June 13, 2014

bayi diare...???bagaimana ya?

Q. anak saya masih berumur 2 bln, sudah hampir 5 hari ini diare blum juga sembuh, padhal sudah tak bawa ke dokter anak 2kali, bagaimana ya? perlukah ke rumah sakit?
apakah bayi 2 bulan apabila diberi oralit tidak apa2? trus dosisnya?

mohon doa agan2 semua semoga anakku lekas sembuh! trims...

A. Perlu diketahui bahwa dokter anak dalam mengobati pasien diare tidak akan memberikan obat yg segera menghentikan diare yg keluar. Loh kenapa? Karena pada bayi yg diare di dalam saluran pencernaannya terdapat kuman2 penyebab diare. Kuman2 itu harus dibuang melalui BAB nya, nah kalo diarenya dihentikan maka kuman didalam ususnya ga dapat di buang dan malah bisa menyebar ke berbagai organ lainnya, ITU BAHAYA. Makanya diarenya dihentikan secara bertahap.
Yg terpenting adalah cairan yg masuk harus lebih banyak dari cairan yg keluar. Bayi diare harus lebih banyak minum agar tidak dehidrasi. Oralit bisa diberikan dan banyak dijual diapotik dalam bentuk kemasan bubuk. Satu bungkus buat satu gelas air mineral. Setiap kali BAB diberikan seperempat gelas. Gunanya untuk menggantikan elektrolit yg terbuang.
Berikan jg suplemen ZINC, biasanya dalam bentuk sirup, kalo umur 2 bulan dikasih setengah sendok satu kali sehari selama 10 hari. Gunanya untuk mengurangi derajat keparahan diare dan mencegah diare berulang.
Antibiotik tidak selalu diberikan karena biasanya penyebab diare pada bayi itu virus.
Penyembuhan bervariasi antara 3 - 7 hari
Berikan ASI sebanyak yg bayi mau.
Waspada dgn gejala dehidrasi berat seperti ubun2 dan mata tampak cekung, dan bayi malas minum. Lihat apakah terdapat darah dlm BAB nya atau lihat apakah warna BAB seperti air cucian beras.
Jika gejala2 itu timbul, segera bawa ke rumah sakit

Protozoa penyebab diare?
Q. tidak bersifat parasit

A. iya, salah satu penyebab dari diare itu adalah protozoa,,
protozoa merupakan jenis parasit,tepatnya zooparasit...protozoa itu hanya terdiri dari 1 sel...
jenis parasit lain yang termasuk zooparasit adalah metazoz yaitu helminth(cacing) dan arthropoda.kesemuanya bisa menyebabkan diare

biasanya protozoa yang menyebabkan diare itu adalah intestinal protozoa yaitu:
1. amoebiasis:oleh entamoeba histolitica, characteristic diareanya adalah jumlah diarenya banyak,baunya menyengat dan ada darah disertai lendir.
2. giardiasis:oleh giardia lamblia biasanya characteristic diarenya jumlahnya banyak dan berlemak
3. balantidiasis: oleh balantidum coli biasanya gejalanya disertai sakit pada perut dan diarenya berdarah dan berlendir.

biasanya diobati dengan obat antiparasit yang paling sering adalah metronidazole ^^

diare pada bayi usia 3 bulan?
Q. bayi saya usia 3 bulan, dia BAB sampe 8 x sehari setiap kali selesai minum susu formula, padahal dari lahir sampe sekarang dia minum susu formula yang sama, apakah dia termasuk diare? dia tidak rewel tapi berat badannya agak turun karena seringnya BAB, saya jadi bingung apakah dia diam karena tidak apa-apa atau karena sudah lemas?

A. Ibu,
ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Pada bayi, saluran pencernaannya belum berfungsi secara sempurna, bayi blm dapat mencerna makanan2 termasuk susu formula. Dlm kondisi tersebut, ASI merupakan pilihan yg tepat untuk bayi karena mudah dicerna oleh pencernaan bayi. Di dlm ASI jg terdapat zat pertumbuhan untuk mempercepat penyempurnaan sistem pencernaan bayi. Di dlm ASI terkandung zat untuk memperkuat pertahanan tubuh supaya bayi tidak mudah sakit. Zat2 tersebut tidak terdapat pada susu formula sehingga bayi cenderung lebih mudah sakit. Mungkin penyebab mencretnya ini akibat konsumsi susu formula.
Yang dimaksud diare adalah BAB cair lebih dari 3X sehari, jadi bayi ibu ini sudah diare.
Pada bayi ibu sekarang ini terdapat tanda2 Diare dengan dehidrasi berat. Tanda2nya adalah bayi ibu diam, itu artinya dia lemas. Tanda lain yg mungkin terdapat adalah matanya tampak cekung dan ubun2nya jg bisa tampak cekung.
Pada kondisi ini sebaiknya ibu bawa bayinya ke RS karena dia butuh terapi cairan pengganti. Kalo ga bisa dibawa ke RS ibu segera beri dia oralit. Banyak dijual di apotik dlm bentuk kemasan bubuk. Satu bungkus untuk segelas air mineral. Berikan seperempat gelas setiap dia BAB, bisa dgn menggunakan sendok. Kalo bayinya mau minum lebih, berikan sebanyak yg dia mau. Ganti susunya dgn ASI karena dlm kondisi ini susu formula dapat memperparah keadaannya.
Berikan suplemen Zinc untuk mengurangi keparahan diarenya. Banyak dijual diapotek dlm bentuk sirup. Berikan setengah sendok satu kali sehari selama 10 hari.
Jgn berikan obat yg segera menghentikan diarenya. Karena kalo diarenya dihentikan mendadak, kuman yg ada didalam ususnya ga dapat dibuang dan malah menyebar ke berbagai organ lainnya, itu BAHAYA.

bagaimana cara mengobati kucing yang sering diare?
Q. kucing saya jenis himalayan, sering sekali diare saya coba mengganti makanannya dengan tempe yang di rebus dengan kaldu ayam, itu berhasil dan kucing saya sembuh setelah itu saya menggantinya kembali dengan dryfood, awalnya tidak ada masalah tetapi seminggu kemudian kucing saya kembali diare.

A. Ketika kucing terindikasi terkena diare, segera konsultasikan ke dokter hewan. Namun untuk tindakan pertamanya bisa kita lakukan tindakan sebagai berikut :

TEMPE : bisa jadi salah satu alternatif makanan alami yang bisa meringankan diare sekaligus mengontrol populasi mikrobia penyebab diare.caranya: cukup di campurkan pada makanan biasanya, kalo tidak mau makan, tempe bisa direbus pake kaldu ayam, untuk merangsang nafsu makan kucing.
PUASAKAN KUCING. Puasakan kucing dewasa 24 jam, anak kucing 12 jam. Jangan dikasih makan, cukup sediakan minum air putih. Diminumin VCO (Virgin Coconut Oil) 5 ml sehari kucing dewasa, 2,5ml kitten.
Berikan oralit untuk mencegah dehidrasi
Ganti makanannya bila penyebab diare karena perubahan jenis makanan

Untuk penggunaan obat diare yang biasa digunakan manusia, seperti entrostop , diapet dll berdasarkan pengalaman orang, dapat menyembuhkan diare. Namun alangkah bijaknya jika dokter yang memutuskan pengobatan apa yang pas untuk kucing kita

Obat diare itu apa ya?
Q. udh 3 hari ini gw diare nh gan. Udh ke dokter jg blum sembuh"
klo ada yg tahu obatnya apa, bri tahu gw ya??

A. Untuk mengatasi diare yang menggangu coba sembuhkan dengan herbal Digestive Blend dari Annise Herbal http://anisherbal.com). Komposisi utama dari herbal ini adalah: Citrus Cinensis, Foeniculum Vulgaris, Chamaemelum Nobile, dan herbal lainnya. Herbal Digestive Blend dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti magg, perut kembung, diare, sembelit dan mual. Mengatasi colic dan meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Selain itu juga Digestive Blend Dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Memperbaiki sistem pencernaaan, Bersifat karminatif yang membantu mengatasi gas lambung yang berlebihan. Membantu mengatasi luka pada dinding lambung. Bersifat antiseptik yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada saluran pencernaan tanpa mengganggu flora yang bermanfaat pada usus.

Cara Penggunaannya sangat mudah. cukup oleskan 2-3 sendok makan Digestive Blend Oil pada area lambung dengan arah jarum jam. Khusus Diare, pijatan memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Dilakukan 2-3 kali sehari sampai keluhan berkurang/reda. Pemijatan area pinggang dan pinggul juga dilakukan jika keluhannya sangat mengganggu. Agar penyerapan Digestive Blend Oil efektif maka dianjurkan supaya tidak membasuh area yang dibalur selama 8 jam. Harga: Rp. 75,000,- / botol

Jika ANDA tertarik memesan Produk Kami, mohon KONSULTASI keluhannya terlebih dahulu dengan ibu Manistri (Anies) lewat email info@anisherbal.com atau Hub/SMS ke 021-70889930 / 08159118754 / 0818758610 / 082125352460. Setelah Konsultasi produk bisa dikirim ke alamat Anda beserta CARA PENGGUNAAN PRODUK yang lengkap dengan menstransfer BIAYA Produk dan biaya kirim terlebih dahulu ke Bank Kami (BCA atau MANDIRI). Pengiriman Produk dalam kota (DKI, Bekasi, Tangerang) bisa langsung ditrima pada hari yang sama saat Pemesanan. Pengiriman Luar Kota dikirim melalui TIKI JNE.

PELAYANAN YANG TERBAIK DARI KAMI : Konsultasi dengan Herbalist Kami tetap dilakukan melalui Telpon, sms atau email setelah beberapa hari Pemakaian Produk agar tercapainya kesehatan yang maksimal sesuai dengan keinginan Anda. Konsultasi melalui telpon, Senin-Sabtu, Jam 08.00-17.00. Kunjungan ke klinik kami dengan Perjanjian terlebih dahulu.

PRODUK YANG TERBAIK DARI KAMI : ANNISE HERBAL terbuat dari 100% tumbuh-tumbuhan yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Keluarga Anda⦠Minyak Essensial (ekstrak tumbuh-tumbuhan) tersebut berasal dari berbagai Negara yang sudah memenuhi standar Internasional, ISO dan mempunyai COA (Certificate of Analysis) dan MSDS (Material Safety Data Sheet).




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment