Tuesday, June 10, 2014

Bagaimana cara mengurangi rambut rontok?

Q.

A. Rambut rontok kan terjadi karena banyak faktor.

- Stress.
Solusi, tentu aja hilangkan stressor.

- Polusi udara & air, atau rusak karena matahari.
Solusi : perawatan rambut.

- Cara keramas yang salah.
Misal, beberapa orang suka keramas dengan air hangat. Enak sih. Tapi rambut cuma bisa "bertahan" pada suhu yang nggak terlalu tinggi. Pasalnya, menempelnya rambut di kepala dipengaruhi juga oleh pori2 kepala. Kalau pori2 kepala kena air hangat, pori2 akan melebar, dan rambut jadi mudah rontok.
Misalnya lagi, orang suka keramas & menggaruk dengan kuku. Harusnya cuma boleh dengan bantalan jari.

- Kurang gizi.
Jangan salah kira cuma terjadi pada orang kurus / kurang gizi yang terlihat aja, orang gemuk dengan gizi tidak seimbang juga bisa mengalami kerontokan.
Misal, cuma doyan daging merah, perokok, peminum kopi, diit ketat dll.
Solusi, penjawab di atas benar juga. Potong rambut dulu, kemudian makan makanan yang mengandung Selenium. Suplemen boleh, tapi lebih bagus yang alami, misal ikan, sayur2 & buah2an tertentu. Plus hentikan bad habbit.

- Ketombe.
Ketombe bisa ketombe beneran akibat jamur, atau ketombe jadi2an, he he he, biasanya terjadi cuma di musim2 tertentu & berkaitan dengan stress.
Nah, kalau ketombe, lebih baik ke dokter kulit aja. Dia yang bisa membedakan penyebab ketombe.

Lakukan bersamaan lebih OK : potong rambut, seimbangkan gizi, koreksi cara cuci rambut, gunakan syampo yang sesuai.
Kalau perlu, gunakan tonik penumbuh rambut. Bisa yang alami (lidah buaya, ginseng, advokad dll) , bisa juga yang kimiawi (cari di toko).

Gitu deh.

rambut rontok!?
Q. apa aja yang bisa ngatasi rambut rontok? jawaban terlengkap n informatif gw kasih yang terbaik. he he mau gak!

A. : PENYEBAB RAMBUT RONTOK :: ::

Di dunia medis, kerontokan rambut disebut efluvium, yakni kehilangan rambut lebih dari 120 helai per hari yang dapat terjadi secara merata ataupun di bagian kepala tertentu saja. Kerontokan rambut dapat berlangsung sementara, dan dapat menetap karena kerusakan folikel rambut.Pada umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain:


Rudakpasa (trauma) pada rambut normal, misalnya: pengeritingan, pelurusan, ikatan rambut yang berlebihan.

Pasca melahirkan. Kerontokan rambut berlebihan bisa juga dialami oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini berlangsung sekitar 2-6 bulan, setelah itu pertumbuhan rambut normal kembali.

Faktor psikis dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, adakalanya berulang dan berlangsung lama.

Panas. Beberapa penyakit dengan demam lebih 39 derajat celcius, misalnya: Tifus, Pnemonia biasanya akan menimbulkan kerontokan rambut setelah 2-3 bulan.

Penyakit lain dapat juga mengakibatkan rambut rontok, misalnya penyakit kulit di kepala.

Pengobatan pada penyakit tertentu, misalnya penyakit kanker, tak jarang dapat menimbulkan kerontokan rambut terutama pemakaian obat antimetabolik dosis tinggi. Namun demikian pada umumnya pertumbuhan rambut akan normal kembali setelah obat dihentikan.

Kekurangan gizi (malnutrisi) dan kekurangan zat tertentu seperti vitamin B12, asam folat, zat besi bisa berpengaruh pada pertumbuhan rambut dan pada gilirannya menimbukan kerontokan rambut.

Selain itu, penyebab kerontokan rambut dipengaruhi oleh faktor hormonal, metabolisme, asupan makanan (nutrisi) dan peredaran darah kulit kepala serta kondisi folikel rambut.

tipsnya

Menggunakan shampoo kaya krim. Conditioner dapat digunakan paling banyak seminggu sekali.

Hindari shampoo yang bisa menyebabkan iritasi kulit kepala.

Mencuci rambut sesuai jenisnya. Pada rambut berminyak dapat dicuci lebih sering dibanding rambut kering, karena rambut berminyak cenderung cepat kotor. Sedangkan pada rambut kering, cuci sedikitnya seminggu sekali.

Memakai sisir berujung tumpul (bulat) dan bergigi jarang. Menyisir secara perlahan agar rambut tidak tertarik.

Menggunakan pengering dengan suhu minimal jika terpaksa memakai pengering, dengan jarak sekitar 15 cm atau lebih.

Menata rambut sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dengan matang jika akan âmemperkosaâ rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pewarna rambut.

Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.

Mengkonsumsi makanan sumber protein dan sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral. Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B6 dan Zinc, terutama jika Anda memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumaskan folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.

Kurangi mengkonsumsi kopi dan soda, gantilah dengan minum smoothie buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak. Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.

Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, di-rebonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer telah menyiksa rambut Anda sehingga rambut menjadi stres dan lebih rapuh.

Hindari stres, karena stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari rokok dan alcohol. Serta hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang, karena kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut.

kalo ga berhasil juga..
pergi ke dokter

gmn cra ngtasin rambut rontok?
Q. gmna sich cra ngatasin rmbut rontok ?
tiap kli aq nyisir psti rmbutq pda brguguran . .
tlonk eah inpho.y

A. Penyebab Rambut Rontok :
* Stress dan depresi berat
* Pengaruh obat-obatan therapy
* Kesehatan yang lagi menurun, misalnya abis sakit berat atau lagi dalam tahap perawatan medis
* Pemakaian antibiotik yang berlebihan. Karena antibiotik yang telalu banyak bisa menurunkan hemoglobin dan juga menurunkan tingkat vitamin yang bikin rambut lebih cepat rontok.
* Rambut telalu banyak terkena zat kimia, seperti obat keriting, pelurus, cat rambut dan sejenisnya. Beri waktu rambut untuk beristirahat dari zat kimia itu.
* Rambut terlalu sering tertutup. Entah itu topi atau sebagainya sehingga kulit kepala jadi lembab dan susah bernafas.
* Faktor keturunan.

Untuk menghambat kerontokan rambut karena faktor keturunan, rajinlah memakai hair tonic. Sebaliknya, jika kerontokan disebabkan faktor lain selain faktor keturunan, cara pencegahannya adalah :
1. Ganti kebiasaan buruk, seperti gag jaga kesehatan, terlalu banyak pikiran, dll seperti penyebab diatas.
2. Pada saat keramas, gunakan kondisioner pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, minimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.
3. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
4. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
5. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.
6. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
7. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
8. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.
9. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Lakukan perawatan rambut khusus:
1. Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran dan menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.
2. Gunakan masker rambut sebagai nutrisi untuk merawat dan memulihkan kesehatan dan keindahan rambut. Pakai 2-3 kali seminggu.
3. Oleskan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidak mudah patah.
4. Teteskan serum penumbuh rambut secara intensif selama 3 kali seminggu.
5. Rajin memakai ginseng hair tonic setelah keramas untuk menguatkan akar rambut.

Selain perawatan luar yang memakai ginseng hair tonic lakukan juga perawatan dalam. Minumlah ramuan penguat akar rambut berikut ini :
"Smoothie penguat rambut"
Bahan :
1 buah pisang besar, kupas, potong-potong150ml, yogurt polos 15ml, madu, Es batu secukupnya.
Membuat :
Blender semua bahan sampai halus. Segera minum.

Disamping itu dapatkan suplemen seperti vitamin B6 dan Zinc. Suplemen berguna jika tidak mendapatkan kecukupan sumber makanan alamiah. Seperti biasa, sebelum mengkonsumsi suplemen apapun, Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Tips mencegah rambut rontok :

> Tundukkan kepala ketika men-shampoo dan pijat kulit kepala. Cara ini membantu
meningkatkan sirkulasi darah ke kepala.
> Eliminasi stress.
> Coba manajemen stress dengan yoga,
meditasi atau teknik relaksasi lainnya.
> Dapatkan kecukupan tidur.

Jika rambut rontok terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.

1.apa penyebab rambut rontok?
Q. 2.bagaimana mengatainya??padahal teman aku masih berumur 18 tahun...mohon bantuanya??

A. :: :: PENYEBAB RAMBUT RONTOK :: ::

Di dunia medis, kerontokan rambut disebut efluvium, yakni kehilangan rambut lebih dari 120 helai per hari yang dapat terjadi secara merata ataupun di bagian kepala tertentu saja. Kerontokan rambut dapat berlangsung sementara, dan dapat menetap karena kerusakan folikel rambut.Pada umumnya, kerontokan rambut disebabkan oleh berbagai kondisi, antara lain:

> Rudakpasa (trauma) pada rambut normal, misalnya: pengeritingan, pelurusan, ikatan rambut yang berlebihan.
> Pasca melahirkan. Kerontokan rambut berlebihan bisa juga dialami oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini berlangsung sekitar 2-6 bulan, setelah itu pertumbuhan rambut normal kembali.
> Faktor psikis dapat pula menyebabkan kerontokan rambut, adakalanya berulang dan berlangsung lama.
> Panas. Beberapa penyakit dengan demam lebih 39 derajat celcius, misalnya: Tifus, Pnemonia biasanya akan menimbulkan kerontokan rambut setelah 2-3 bulan.
> Penyakit lain dapat juga mengakibatkan rambut rontok, misalnya penyakt kulit di kepala.
> Pengobatan pada penyakit tertentu, misalnya penyakit kanker, tak jarang dapat menimbulkan kerontokan rambut terutama pemakaian obat antimetabolik dosis tinggi. Namun demikian pada umumnya pertumbuhan rambut akan normal kembali setelah obat dihentikan.
> Kekurangan gizi (malnutrisi) dan kekurangan zat tertentu seperti vitamin B12, asam folat, zat besi bisa berpengaruh pada pertumbuhan rambut dan pada gilirannya menimbulak kerontokan rambut.

Selain itu, penyebab kerontokan rambut dipengaruhi oleh faktor hormonal, metabolisme, asupan makanan (nutrisi) dan peredaran darah kulit kepala serta kondisi folikel rambut.

:: :: TIPS MENCEGAH RAMBUT RONTOK :: ::

Bagi seseorang yang rambutnya cenderung mudah rontok, tak ada salahnya mencoba mencegahnya dengan tips berikut:

> Menggunakan shampoo kaya krim. Conditioner dapat digunakan paling banyak seminggu sekali. Hindari shampoo yang bisa menyebabkan iritasi kulit kepala.

> Mencuci rambut sesuai jenisnya. Pada rambut berminyak dapat dicuci lebih sering dibanding rambut kering, karena rambut berminyak cenderung cepat kotor. Sedangkan pada rambut kering, cuci sedikitnya seminggu sekali.

> Memakai sisir berujung tumpul (bulat) dan bergigi jarang. Menyisir secara perlahan agar rambut tidak tertarik.

> Menggunakan pengering dengan suhu minimal jika terpaksa memakai pengering, dengan jarak sekitar 15 cm atau lebih.

> Menata rambut sesuai kebutuhan. Pertimbangkan dengan matang jika akan âmemperkosaâ rambut dari keriting menjadi lurus atau sebaliknya. Hal yang sama berlaku untuk pewarna rambut.

> Memijat kulit kepala dengan ujung jari untuk memperlancar peredarah darah.

> Mengkonsumsi makanan sumber protein dan sayuran hijau untuk mencegah kekurangan vitamin dan mineral.


Apabila dengan langkah-langkah sederhana tersebut rambut-rambut kita masih rontok berhamburan, maka konsultasi kepada dokter kulit adalah tindakan bijaksana.

Selengkapnya, silahkan baca link di bawah ini:

http://cakmoki86.wordpress.com/2007/06/30/rambut-rontok/

apa peyembab rambut rontok?
Q.

A. Rambut rontok (hair loss) disebut juga alopecia atau kebotakan (baldness) merupakan gejala rontoknya rambut dalam jumlah diatas normal.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok diantaranya :
- hormones (hormon) terutama hormon sex Androgen.
- heredity (keturunan ).
- diet (makanan).
- nutrition (gizi).
- proses penuaan (aging process).

Beberapa riset bahkan mengindikasikan adanya sistim pertahanan tubuh terkadang menganggap kantung rambut sebagai benda asing yang menyerang tubuh.

Wanita juga mengalami rambut rontok terutama setelah menopause.

Hal lain yang juga berkaitan , diantaranya :
- Sirkulasi darah yang lemah.
- Penyakit akut.
- Efek operasi.
- Kena radiasi.
- Penyakit kulit.
- Berat tubuh turun secara mendadak.
- Gula darah.
- Penyakit tiroid.
- Stress.
- Makanan kurang.
- Kurang vitamin.

thanks




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment