Thursday, June 19, 2014

apakah rambut ber uban bila dibotak akan ada lagi?

Q. saya memiliki sedikit masalah dengan uban. umur 22 sudah banyak uban (20-30 uban) kadang minder... yang saya tanyakan, dengan membotak rambut.. apakah nanti uban itu tumbuh lagi?

A. Munculnya rambut putih merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein. Sel melanosit jadi tak mampu lagi menghasilkan pigmen (melanin) sehingga rambut menjadi kehilangan warna. Proses kejadian ini seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penyebab lain yang bisa mendorong munculnya uban walau usia masih muda.

Faktor genetik merupakan faktor pencetus yang cukup kuat. Jika ayah atau ibu Anda sudah beruban ketika menginjak usia 30-an, Anda pun kemungkinan besar akan mengalami hal yang sama.

Stres, kurang gizi, syok, kekhawatiran atau kesedihan yang terlalu dalam, ketegangan, dan sakit keras juga bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncullah rambut putih atau uban.

Ada yang percaya bahwa kalau uban kita cabut, maka uban yang muncul akan semakin banyak. Ini hanya mitos saja. Saat ada satu uban muncul, berarti pertanda ada masalah dengan produksi melanin. Dengan demikian, pada saat uban dicabut, kemungkinan besar memang sudah ada beberapa uban lain yang akan tumbuh.

Tentang rambut ber uban?
Q. saya mempunya masalah rambut beruban pada usia dini akibat keturanan ibu. umur saya jln 16 thn. saya suka malu pada teman saya dan menjadi bahan olok2an

ada yg tau cara ngilangin rambut beruban tanpa cat? seperti lewat obat2 tan tradisional atau apa yg kalian tau?

A. uban itu terjadi karena rambut tidak bisa memproduksi sel hitam dan akhirnya rambut menjadi putih. ubanmu tidak bisa diobati karena sudah keturunan dan itu merupakan hal yang wajar bagi yang orangtuany seperti itu juga. kalau penyembuhan lwt obat saya krg tau. jadi terima saja takdirmu kalau ad tmnmu yg mengolokmu jgn tanggapin. perhatikan tmn2 seolah semut tau kerikil saja. nanti mereka sendiri yang capek mengolok2mu.
semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih!!!!

Apa ya sebabnya tumbuhnya rambut uban padahal aku msh umur 16 thn?
Q. kesehatan

A. Rambut ubanan bisa disebabkan :
1. Pemakaian shampoo yg tdk cocok.
Coba perhatikan kondisi rambut kamu dng shampoo yg kamu pakai, pilihlah shampoo yg agak natural atau tertulis sudah dites secara dermatology. Jgn terpengaruh oleh iklan shampoo.
2. Bisa juga dipengaruhi oleh hormon krn gen keturunan.
Coba lihat apakah org tua mu ubannya juga banyak? Jika memang bnyk berarti adanya gen keturunan.
3. Bisa juga disebabkan krn stress.
Stress bisa menyebabkan kita ubanan cepat, krn capek pd pikiran. Generator otak kita pakai terus-terusan tanpa istirahat. Cobalah unk refreshing.
4. Bisa juga krn kekurangan vitamin rambut.
Uban bisa juga disebabkan krn kurangnya asupan vitamin & mineral yg terdpt pd sayuran & buah-buahan segar.

rambut cepet memutih/uban?
Q. umur w baru 30th,tapi rambut w sebagian dah ubanan,tolong donk solusinya......'ntar w kasih bintang buat yg ngasih ide bagus

A. toning rambut aja minimal 3 bulan sekali... Kalo memang keturunan ya susah.. rambutnya udah nggak ada pigmennya.. Kalo dicabutin terus ntar malah botak... udah deh mending di toning aja... daripada semir rambut bikin rambut kering...

bagaimana mengatasi uban?
Q. hallow,
tolong donk bantu saya,
saya punya masalah dengan uban.
rambut saya banyak uban, padahal saya baru berumur 17 tahun.
mama saya blg itu keturunan..
bisa kasii saya saran untuk menghilangkannya dan mencegahnya tumbuh lagi?
makasii sebelumnya :)

A. Uban atau rambut putih tidak didominasi orangtua saja. Banyak anak muda yang usianya masih di bawah 30 tahun, tapi sudah ada rambut putihnya.

Uban terjadi akibat melanosit (sel-sel pembentuk pigmen) tidak lagi memproduksi melanin (pigmen pewarna rambut) sehingga butir-butir pigmen dalam rambut diisi udara. Memang, rambut putih ini sering kali hadir tanpa pandang usia. Meskipun sulit diprediksi kapan tepatnya uban akan muncul, sebenarnya bisa diduga apakah kita bakal ubanan di usia muda atau tidak.

Ada dua faktor penyebab perubahan warna rambut, yakni internal dan eksternal. Faktor internal adalah keturunan atau genetis. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang bisa merangsang pertumbuhan uban dengan cepat, biasanya berkaitan dengan lingkungan dan gaya hidup.

Munculnya uban yang disebabkan karena faktor genetis tidak dapat dicegah atau disembuhkan. Hal itu terjadi karena metabolisme pembentukan pigmen pada orang yang mempunyai turunan beruban memang tidak bisa bertahan lama. Sehingga rambutnya mudah memutih.

Uban bisa juga dipengaruhi oleh kelainan pigmen, seperti pada kasus albino dan vitiligo. Albino adalah orang yang tidak mempunyai pigmen dan seluruh kulit dan rambutnya putih, sementara vitiligo hanya sebagian yang putih. Ini juga disebabkan oleh faktor genetik dan sampai saat ini belum dapat disembuhkan. Jika kadar pigmennya berkurang, rambutpun akan semakin pirang dan kemudian menjadi putih atau beruban.

Selain faktor genetik, uban juga dapat muncul karena penyakit anemia pernisiosa, yakni penyakit kekurangan darah yang sering menyebabkan rambut menjadi beruban. Uban dapat juga muncul karena adanya kelainan metabolisme, misalnya gangguan tiroid atau kurang gizi. Kurang gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen menjadi berkurang, sehingga penderita akan cepat beruban. Oleh karena itu, makanan cukup gizi dengan protein yang baik sangat perlu untuk pembentukan enzim pembentuk pigmen, sehingga rambut akan menjadi sehat dan tidak cepat beruban.

Lain halnya dengan uban yang disebabkan karena faktor internal, keberadaan uban yang muncul karena faktor eksternal bisa dicegah. Caranya dengan menghindari faktor pencetus munculnya rambut putih itu.

Faktor luar penyebab timbulnya uban, misalnya, kurangnya suplai makanan atau gizi ke akar rambut akibat diet terlalu ketat sehingga tercipta pola makan yang kurang sehat, yakni makanan yang kurang serat dan vitamin A. Kelelahan saraf mata akibat sering begadang, kebiasaan merokok, atau terlalu banyak minuman beralkohol juga bisa menimbulkan helai-helai rambut putih di kepala kita. Faktor eksternal yang paling cepat merubah warna rambut kita menjadi putih adalah stress.

Uban juga bisa muncul karena pemakaian zat kimia, misalnya cat rambut. Sekarang banyak orang yang melakukan bleaching supaya rambutnya jadi pirang, atau mencat rambut supaya ubannya tidak kelihatan. Tetapi akibatnya, seringkali rambut malah rusak dan uban bertambah. Pemakaian jenis sampo yang banyak mengandung sulfur yang tinggi juga bisa memunculkan uban.

Hal lain yang membuat tumbuhnya uban lebih cepat dari waktunya adalah efek radiasi yang terjadi pada kulit kepala. Biasanya, ini terjadi jika Anda menderita penyakit tertentu, seperti kanker ataupun penyakit lain, yang menyebabkan Anda harus menjalani terapi penyembuhan dengan radiasi.

Pada umumnya, uban memang tidak bisa dikembalikan menjadi hitam, kecuali pada mereka yang menderita gangguan metabolisme, khususnya orang tua. Secara medis, uban juga tidak bisa diobati. Jika penyebabnya adalah faktor genetik, yang bisa dilakukan mungkin hanyalah dengan mengecat rambut untuk menutupinya.

CARA PENCEGAHAN
Gangguan yang terjadi karena faktor keturunan memang sulit diantisipasi. Tetapi, bila gangguan tersebut timbul akibat faktor eksternal, hadirnya uban bisa diminimalkan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah melakukan perawatan dari dalam dan luar. Coba ikuti tips berikut :

1. Mulailah megkonsumsi makanan bergizi serta pola makan seimbang. Pilih makanan berprotein tinggi dan yang memiliki kandungan lemak rendah serta banyak mengkonsumsi buah-buahan.

2. Olahraga teratur juga bisa menghambat timbulnya uban. Olahraga bisa menenangkan saraf dan pikiran sehingga sangat berpengaruh untuk memperlambat timbulnya uban.

3. Rambut juga perlu nutrisi. Carilah vitamin khusus rambut yang aman dan sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Rajin melakukan creambath secara rutin juga memperlambat timbulnya uban.

4. Terapi akupuntur dengan cara tusuk jarum di pusatkan di lima titik saraf di kepala bisa juga memperlambat timbulnya uban. Nah, untuk yang satu ini, sebaiknya kamu tanyakan pada ahlinya. Jangan sembarangan pergi ke akupuntur.

5. Yang terakhir, nikmati hidupmu dengan gembira.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment