Thursday, June 19, 2014

Ciri-ciri infeksi saluran kencing?

Q. ciri - ciri infeksi saluran kencing itu apa ya???

A. Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan masalah kesehatan yang cukup serius di bagi jutaan orang tiap tahun. ISK merupakan penyakit infeksi nomor 2 yang paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK.

Sistem saluran kencing atau sistem urin terdiri dari ginjal, ureter, kandung kencing dan urethra. Diantara keempat organ tersebut, ginjalah yang paling memegang peranan. Ginjal berfungsi menyaring sampah dari saluran darah, mengatur keseimbangan cairan, dan memproduksi beberapa hormon. Ureter berfungsi mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sementara dan bila kandung kemih sudah penuh maka akan dikeluarkan ke dunia luar melalui saluran urethra.

Setiap orang dewasa rata rata memproduksi satu sampai 2 liter urine perhari terggantung dari kondisi cuaca dan banyaknya cairan yang masuk.

Penyebab infeksi saluran kencing.

Secara normal, air kencing atau urine adalah steril alias bebas kuman. Infeksi terjadi bila bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna jalan jalan ke urethra atau ujung saluran kencing untuk kemudian berkembang biak disana. Maka dari itu kuman yang paling sering menyebabkan ISK adalah E.coli yang umum terdapat dalam saluran pencernaan bagian bawah.

Pertama tama, bakteri akan menginap di urethra dan berkembang biak disana. Akibatnya, urethra akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan nama urethritis. Jika kemudian bakteri naik ke atas menuju saluran kemih dan berkembang biak disana maka saluran kemih akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan istilah cystitis. Jika infeksi ini tidak diobati maka bakteri akan naik lagi ke atas menuju ginjal dan menginfeksi ginjal yang dikenal dengan istilah pyelonephritis.

Mikroorganisme seperti klamidia dan mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK namun infeksi yang diakibatkan hanya terbatas pada urethra dan sistem reproduksi. Tidak seperti E. coli, kedua kuman ini menginfeksi orang melalui perantara hubungan seksual.

Faktor resiko

Beberapa orang memang mempunyai resiko menderita ISK lebih besar dari yang lainnya. Ketidaknormalan fungsi saluran kemih menjadi biang keladinya. Batu saluran kemih, pembesaran prostat akan menghambat pengeluaran urine sehingga mempermudah perkembang biakan kuman.

Orang dengan diabetes juga rentan menderita ISK akibat dari penurunan daya tahan tubuh. Penyakit lain yang mempunyai efek menurunkan daya tahan tubuh juga merupakan faktor resiko terjadinya ISK.

Infeksi saluran kencing juga sering ditemukan pada anak anak yang dilahirkan dengan ketidak normalan saluran kemih.

Perempuan lebih rentan menderita ISK bila dibandingkan dengan laki laki mungkin dikarenakan saluran urethra yang lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.

Ciri - cirinya

Sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih.

Pada perempuan merasakan ketidaknyamanan pada tulang kemaluan. Umumnya orang yang menderia ISK akan selalu ingin kencing tetapi kencing yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Air kencingnya sendiri bisa berwarna putih, cokelat, kemerahan. ISK tidak akan menyebabkan demam selama masih menginfeksi urethra dan kandung kemih, demam muncul bila ginjal sudah kena. Ciri lain adalah pada saat ginjal terinfeksi adalah adanya rasa sakit pada punggung, mual, atau muntah.

Pengobatan ISK

Infeksi saluran kencing diobati dengan obat obatan antibiotika. Pilihan obat dan lamanya pengobatan terggantung dari lamanya infeksi dan jenis kumannya. Bila memang gejala atau ciri diatas muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Pencegahan ISK

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ISK antara lain :

*
Minumlah banyak cairan setiap hari.
*
Segeralah kencing bila ingin kencing, jangan hobi menahan kencing.
*
Untuk perempuan saat cebok, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
*
Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub.
*
Bersihkan kelamin saat akan berhubungan intim.
*
Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Karena cairan itu dapat mengiritasi urethra.

tentang infeksi saluran kemih?
Q. saudara aku perempuan, ada yang kena penyakit infeksi saluran kemih,padahal umurnya masih 14 tahun.yang aku mau tanyain adalah:
1.apa sih penyebab infeksi saluran kemih?(maksud aku penyebab utamanya,klo bsa secara rinci)
2.apa ada akibatnya dengan alat reproduksi?apalagi saudara aku itu masih remaja.takutnya nanti ada hal yang tidak diinginkan.
3.bagaimana supaya penyakit itu tidak kambuh?soalnya saudara aku itu kadang penyakitnya kambuh.

makasih ya bwt tmen" yg dah mw jawab.

A. Penyebab infeksi saluran kemih (ISK) adalah bakteri. Mungkin disebabkan karena setelah BAB, dia tidak membersihkan diri dengan cara yang benar (dari depan ke belakang, bukan sebaliknya karena bakteri dari BAB bisa masuk ke saluran kemih). Bisa juga karena bakteri yang tumbuh di pembalut saat haid. Kurang minum, suka menahan BAK, kateterisasi, perubahan hormon (terutama kehamilan) dapat memicu timbulnya ISK.

Jika ISK diobati dengan tuntas, tidak akan ada masalah, insya Allaah. Dokter biasanya memberikan antibiotik untuk menyembuhkan ISK. Saat saya hamil, saya mudah sekali terkena ISK, dan disarankan untuk banyak minum dan mengkonsumsi jus Cranberry atau pil supplemen Cranberry (ada di GNC). Juga tidak menahan BAK, mengenakan pakaian dalam katun dan sering ganti, memastikan setelah BAB membersihkan diri dengan tepat. Dan alhamdulillaah untuk saya sih sangat membantu mengobati dan mencegah ISK.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca link-link berikut ini, ya ...

apa obat tradisonal untuk infeksi saluran kantung kemih?
Q.

A. 1. Perbanyak minum air putih higienis (waspadai air galon isi ulang)
2. Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina
3. Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
4. Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
5. Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
6. Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub

pakai kunyit aja, tyinggi zat antiperadangan

pengaruh naik sepeda terhadap infeksi saluran kencing?
Q. Akhir2 ini papa saya suka olah raga sepeda, dan beliau saat ini telah berumur 64 tahun.
dan setiap kali selesai berolahraga sepeda dia sering mengeluhkan kantung kemih nya seperti kesemutan/kebas.
dan hari ini ketika papa saya buang air kecil sempat mengeluarkan darah....

yang menjadi pertanyaan??? apakah ada hubungan nya, ketika mengendarai sepeda dalam waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi terhadap saluran kencing nya.

mohon info nya rekan2 sekalian.

terima kasih
arthur

A. Sepertinya nggak ada hubungannya antara bersepeda dengan infeksi di saluran kemih. Kemungkinan Bapak adik sudah terinfeksi terlebih dahulu, atau sedang menderita penyakit tertentu di saluran kemih sehingga sewaktu berkemih ada darah yang keluar. Saran saya bawalah bapak adik untuk berkonsultasi ke dokter bedah urologi (dokter dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan ginjal dan saluran kemih), nanti dokter akan memeriksanya dan mencari tahu penyebabnya.

Jika di sarankan untuk Foto polos perut atau BNO, sebaiknya lakukan, sebab dengan hasil foto tersebut dapat membantu dokter untuk menerangkan penyakit bapak.

Biasanya jika foto BNO meragukan, akan diminta pemeriksaan IVP atau intravenous Pyelographi, untuk melihat adanya gangguan pada ginjal dan saluran kemih. Apakah itu batu sebagai penyebabnya, benda asing , ataukah hypertropi prostat(pembesaran prostat) dan lain-lain.

Segeralah ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Saya hanya sekedar membantu adik, semoga jawaban ini dapat membantu.

infeksi saluran kemih,,,tolong duuunkkkk,,,?
Q. Hai Teman teman ,,,Saya wanita umur 29 tahun, sekitar 4 tahun lalu saya mengalami infeksi saluran kemih,lalu dokter beri saya obat dan sembuh. tapi sekitar 1 tahun lalu saya mengalaminya lagi lalu kedokter lg diberi obat dan sembuh.tapi setelah itu beberapa bulan kemudian saya merasa tiap malam hari saat tidur saya selalu terbangun ingin kencing walaupun saya sudah tidak minum bagian perut bawah saya terasa seperti anyang2an dan juga saat melakukan hubungan badan saya jg merasa ingin kencing.
apakah ini infeksi saluran kemih lagi ? kenapa ya tiap kali saya mengalami infeksi saluran kemih ? bagaimana mengatasinya ?
(saya juga sudah minum cranberry juice tiap hari 1 gelas. tapi tetap saja tidak sembuh.) Terima Kasih Banyak atas jawabannya.

A. coba minum obat ciprofloxacin 2x1 selama 3 hari jangan putus ya terus yang paling penting setiap bangun pagi wajib minum air putih kuran lebih 3-4 gelas sekali minum (emang pertama kali rasa mual muntah tapi lama lama akan terbiasa) terus usahakan dalam sehari habiskan 8 liter air putih coz infeksi saluran kemih bisa juga dari atau menyebabkan sakit ginjal dan obat paling mujarab adalah seperti yang aku sebutkan tadi AIR PUTIH
coz bukan hanya melancarkan peredaran darah juga mengobati berbagai penyakit coz semua berasal dari kelancaran peredaran darah.
thanks
mudah mudahan bermanfaat.....
selamat mencoba....




Powered by Yahoo! Answers

1 comment:

  1. a Blog yang menarik dan informatif sekali

    Klinik Apollo Adalah Rumah Sakit di Jakarta, Dibidang Andrologi dan Ginekologi, terbaik dan Nomor 1 di jakarta memberikan layanan medis prima, dilengkapi alat medis yang modern menyembuhkan berbagai penyakit kelamin seperti Gonore, Kencing nanah, Sipilis sifilis,Kutil kelamin , Kondiloma akuminata, Kutu kelamin, Keputihan, Ejakulasi Dini.

    Konsultasi Dokter Online Gratis Penyakit Infeksi saluran kemih

    Cara Mengatasi kencing Nanah / Gonore

    CHAT DOKTER

    Cara Merawat Vagina Dari Keputihan

    ReplyDelete