Friday, June 6, 2014

Penyebab kanker payudara?

Q. APa aja sih pnyebabnya? Kuw denger katanya anak umur 5 th (Perempuan) kalow kbanyakan makan kripik2an bisa resiko kena kanker payudara kalo udah gedenya. Benarkah?

A. :-)

Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara.


Penyebab
Penyebabnya tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara.




Faktor Risiko
Beberapa faktor risiko yang berpengaruh adalah :
1. Usia.
Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia diatas 60 tahun. Risiko terbesar ditemukan pada wanita berusia diatas 75 tahun.
2. Pernah menderita kanker payudara.
Setelah payudara yang terkena diangkat, maka risiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0,5-1%/tahun.
3. Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara.
Wanita yang ibu, saudara perempuan atau anaknya menderita kanker, memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.
4. Faktor genetik dan hormonal.
5. Pernah menderita penyakit payudara non-kanker.
6. Menarke (menstruasi pertama) sebelum usia 12 tahun, menopause setelah usia 55 tahun, kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
7. Pemakaian pil kb atau terapi sulih estrogen.
8. Obesitas pasca menopause.
9. Pemakaian alkohol.
10 Pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/hari bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
11. Bahan kimia.
Beberapa penelitian telah menyebutkan pemaparan bahan kimia yang menyerupai estrogen (yang terdapat di dalam pestisida dan produk industri lainnya) mungkin meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.
12. DES (dietilstilbestrol).
Wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah keguguran memiliki risiko tinggi menderita kanker payudara.
13 Penyinaran.


Gejala dan Tanda
Gejala awal berupa sebuah benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya, tidak menimbulkan nyeri dan biasanya memiliki pinggiran yang tidak teratur.


Pada stadium awal, jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit. Pada stadium lanjut, benjolan biasanya melekat pada dinding dada atau kulit di sekitarnya. Pada kanker stadium lanjut, bisa terbentuk benjolan yang membengkak atau borok di kulit payudara. Kadang kulit diatas benjolan mengkerut dan tampak seperti kulit jeruk.


Gejala lainnya yang mungkin ditemukan adalah benjolan atau massa di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluar cairan yang abnormal dari puting susu (biasanya berdarah atau berwarna kuning sampai hijau, mungkin juga bernanah), perubahan pada warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun areola (daerah berwana coklat tua di sekeliling puting susu), payudara tampak kemerahan, kulit di sekitar puting susu bersisik, puting susu tertarik ke dalam atau terasa gatal, nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara. Pada stadium lanjut bisa timbul nyeri tulang, penurunan berat badan, pembengkakan lengan atau ulserasi kulit.


Pencegahan
Banyak faktor risiko yang tidak dapat dikendalikan. Beberapa ahli diet dan ahli kanker percaya bahwa perubahan diet dan gaya hidup secara umum bisa mengurangi angka kejadian kanker.


Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhan jika masih pada stadium dini.


Sadari, pemeriksan payudara secara klinis dan mammografi sebagai prosedur penyaringan merupakan 3 alat untuk mendeteksi kanker secara dini.


Penatalaksanaan
Biasanya pengobatan dimulai setelah dilakukan penilaian secara menyeluruh terhadap kondisi penderita, yaitu sekitar 1 minggu atau lebih setelah biopsi. Pengobatannya terdiri dari pembedahan, terapi penyinaran, kemoterapi dan obat penghambat hormon.


Terapi penyinaran digunakan untuk membunuh sel-sel kanker di tempat pengangkatan tumor dan daerah sekitarnya, termasuk kelenjar getah bening.


Kemoterapi (kombinasi obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang berkembangbiak dengan cepat atau menekan perkembangbiakannya) dan obat-obat penghambat hormon (obat yang mempengaruhi kerja hormon yang menyokong pertumbuhan sel kanker) digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh.

apa penyebab kanker servis?
Q. bagaimana mengatasinya?

A. Info Lengkap: Kanker Serviks

June 24, 2008 at 6:35 pm · Filed under Sharing yuk!

NAMA
Kanker Leher Rahim

DEFINISI
Kanker Leher Rahim (Kanker Serviks) adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks (bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina.

Kanker serviks biasanya menyerang wanita berusia 35-55 tahun. 90% dari kanker serviks berasal dari sel skuamosa yang melapisi serviks dan 10% sisanya berasal dari sel kelenjar penghasil lendir pada saluran servikal yang menuju ke dalam rahim.

PENYEBAB

Kanker serviks terjadi jika sel-sel serviks menjadi abnormal dan membelah secara tak terkendali.
Jika sel serviks terus membelah maka akan terbentuk suatu massa jaringan yang disebut tumor yang bisa bersifat jinak atau ganas. Jika tumor tersebut ganas, maka keadaannya disebut kanker serviks.

Penyebab terjadinya kelainan pada sel-sel serviks tidak diketahui secara pasti, tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang berpengaruh terhadap terjadinya kanker serviks:

1. HPV (human papillomavirus)
HPV adalah virus penyebab kutil genitalis (kondiloma akuminata) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Varian yang sangat berbahaya adalah HPV tipe 16, 18, 45 dan 56.
2. Merokok
Tembakau merusak sistem kekebalan dan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi HPV pada serviks.
3. Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini
4. Berganti-ganti pasangan seksual
5. Suami/pasangan seksualnya melakukan hubungan seksual pertama pada usia di bawah 18 tahun, berganti-ganti pasangan dan pernah menikah dengan wanita yang menderita kanker serviks
6. Pemakaian DES (dietilstilbestrol) pada wanita hamil untuk mencegah keguguran (banyak digunakan pada tahun 1940-1970)
7. Gangguan sistem kekebalan
8. Pemakaian pil KB
9. Infeksi herpes genitalis atau infeksi klamidia menahun
10. Golongan ekonomi lemah (karena tidak mampu melakukan Pap smear secara rutin)

Keadaan Prekanker Pada Serviks

Sel-sel pada permukaan serviks kadang tampak abnormal tetapi tidak ganas.
Para ilmuwan yakin bahwa beberapa perubahan abnormal pada sel-sel serviks merupakan langkah awal dari serangkaian perubahan yang berjalan lambat, yang beberapa tahun kemudian bisa menyebabkan kanker. Karena itu beberapa perubahan abnormal merupakan keadaan prekanker, yang bisa berubah menjadi kanker.

Saat ini telah digunakan istilah yang berbeda untuk perubahan abnormal pada sel-sel di permukaan serviks, salah satu diantaranya adalah lesi skuamosa intraepitel (lesi artinya kelainan jaringan, intraepitel artinya sel-sel yang abnormal hanya ditemukan di lapisan permukaan).

Perubahan pada sel-sel ini bisa dibagi ke dalam 2 kelompok:

1. Lesi tingkat rendah : merupakan perubahan dini pada ukuran, bentuk dan jumlah sel yang membentuk permukaan serviks. Beberapa lesi tingkat rendah menghilang dengan sendirinya. Tetapi yang lainnya tumbuh menjadi lebih besar dan lebih abnormal, membentuk lesi tingkat tinggi.
Lesi tingkat rendah juga disebut displasia ringan atau neoplasia intraepitel servikal 1 (NIS 1).
Lesi tingkat rendah paling sering ditemukan pada wanita yang berusia 25-35 tahun, tetapi juga bisa terjadi pada semua kelompok umur.
2. Lesi tingkat tinggi : ditemukan sejumlah besar sel prekanker yang tampak sangat berbeda dari sel yang normal.
Perubahan prekanker ini hanya terjadi pada sel di permukaan serviks. Selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, sel-sel tersebut tidak akan menjadi ganas dan tidak akan menyusup ke lapisan serviks yang lebih dalam.
Lesi tingkat tinggi juga disebut displasia menengah atau displasia berat, NIS 2 atau 3, atau karsinoma in situ.
Lesi tingkat tinggi paling sering ditemukan pada wanita yang berusia 30-40 tahun.

Jika sel-sel abnormal menyebar lebih dalam ke dalam serviks atau ke jaringan maupun organ lainnya, mada keadaannya disebut kanker serviks atau kanker serviks invasif.
Kanker serviks paling sering ditemukan pada usia diatas 40 tahun.

GEJALA

Perubahan prekanker pada serviks biasanya tidak menimbulkan gejala dan perubahan ini tidak terdeteksi kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul dan Pap smear.

Gejala biasanya baru muncul ketika sel serviks yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan di sekitarnya. Pada saat ini akan timbul gejala berikut:
- Perdarahan vagina yang abnormal, terutama diantara 2 menstruasi, setelah melakukan hubungan seksual dan setelah menopause
- Menstruasi abnormal (lebih lama dan lebih banyak)
- Keputihan yang menetap, dengan cairan yang encer, berwarna pink, coklat, mengandung darah atau hitam serta berbau busuk.

Gejala dari kanker serviks stadium lanjut:
- Nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, kelelahan
- Nyeri panggul, punggung atau tungkai
- Dari vagina keluar air kemih atau tinja
- Patah tulang (fraktur).

Kanker serviks

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan berikut:

1. Pap smear
Pap smear dapat mendeteksi sampai 90% kas

Apa sich yg dmaksud dgn kanker prostat ?
Q. Apa sich kanker prostat th ?
Apa ciri ciri orang yg terkena pnyakit ini ? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya ?

A. KANKER PROSTAT
Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalamsistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapa menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi erektil dan gejala lainnya.
Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia. Namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan; sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat.[1] Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di orang hitam, dan orang Eropa di tengahnya.[2]
ï§
ï§
ï§THERAPY ALTERNATIF KANKER PROSTAT
Prostat adalah organ laki-laki yang bertugas memproduksi semen (madhi) suatu cairan yang berfungsi memberi makan sperma dan membuat jalan bagi sperma saat menuju sel telur. Prostat terletak di pangkal kemaluan laki-laki. Selain berfungsi seperti diatas, prostat adalah penunjang utama kekuatan ereksi seorang laki-laki.
ï§
ï§Ejakulasi dini, mani encer dan cepat lemas adalah salah satu pertanda bahwa prostatnya lemah. Pemakaian obat-obatan kimia, untuk merangsang dan mengencankan kemaluan laki-laki, bisa memperparah kondisi prostat. Langkah terbaik untuk menyehatkan prostat dan kekuatan laki-laki adalah ;
1. Minumlah suplemen dan jamu alami, seperti juss tomat, pisang, air jahe, susu, kurma, waluh (labu parang) dan madu. Untuk jamu alami yang bisa digunakan untuk merangsang dan menguatkan kemaluan laki-laki seperti tapak liman, buah sawo mentah, buah pinang, akar pinang, ginseng, pasak bumi, radix, sanrego,dll.
2. Lakukanlah senam, boleh senam ayun-ayun cukup 15 menit sehari.
3. Pijat shiatsu juga akan membantu mengembalikan keperkasaan laki-laki.
ï§
ï§Karena fungsi prostat adalah penopang utama ereksi, maka bagi seorang laki-laki dengan usia diatas 40 tahun menjadi riskan akan terkena radang prostat. Budaya buruk yang bisa menyebabkan turunnya imunitas, berganti-ganti pasangan juga akan memperburuk kondisi prostat. Terlebih lagi, jika ada bakteri, jamur ataupun virus yang masuk dan mengendon di prostat.
Bakteri, virus, jamur dan penyakit lain yang ada di prostat akan menyebabkan radang prostat disamping menyebabkan meningkatnya zat oksidan. Jika terlalu lama tidak teratasi, bisa berujung pada kanker prostat.
ï§
ï§Untuk mentherapy kanker prostat, yaitu :
1.Hindari mengkonsumsi zat-zat kimia.
2.Hindari hubungan seks hingga sembuh, karena sifat kanker ketika sering digosok atau digaruk akan mempercepat perkembangan kanker.
3. Jaga agar organ tetap kering dan bersih
4. Minum suplemen pembersih usus (colon cleanshing).. Yang terbaik adalah kolak waluh (labu parang) tanpa santan. Hendaknya diminum dengan air jeruk nipis.
5. Buat rebusan biji waluh (labu parang). Air rebusan ini untuk membuat juss tomat sayur. Hendaknya juss ini, dibuat dengan blender selama 20 menit jangan berhenti, Hal ini dimaksudkan agar ada injeksi oksigen kedalam juss. Minumlah juss tersebut secara langsung , jangan menunggu lama, agar oksigen tidak kembali menguap. minumlah 2x seharai.
6. Buatkanlah jamu anti kanker, dari yang bersifat makaman dulu. Jamu ini bisa didapat dari rebusan daun sukun, tapak adara. daun benalu mangga, kunir putih, daun mahkota dewa,dll. Jika merasa repot untuk merebus, Klinik Pengobatan " Bahasa " telah memproduksi jamu anti kanker yaitu Teh Dakun No 06 dan stater imunitas. minumlah 2x sehari
7. Buatkanlah jamu yang lebih keras dari pada diatas, seperti rebusan daun mahkota dewa. minumlah 2x sehari.
8. Jika jamu-jamu terebut tidak berreaksi terhAdap KANKER, maka boleh ditambah minum herbal yang bersifat racun. Contok herbal ini adalah keladi tikus,ganoderma dll.
9. Lakukan senam ayun tangan, 30 menit sehari.
10. Berdo'a, mohon ampunan dan minta maaf kepada semua orang yang dikenal akan mententramkan orang, sehingga akan membantu kesehatan.

Help.... Apakah penderita kanker kelenjar prostat bisa menular pada istri bila berhubungan sex?
Q. 3bulan yang lalu suami menjalani radiasi sel kanker di dalam kelenjar prostat(sel kanker tersebut sangat kecil dan terdeteksi sejak awal) kondisinya sekarang pulih saat ereksi kembali normal.

A. Kanker tidak menular

Apa itu kelenjar getah bening,bagaimana kita mengidentifikasinya, dan apa penyebabnya?
Q.

A. kanker kelenjar getah bening (limfoma maligna) itu ada karena terinfeksi virus lalu terjadi pembengkakan yang umumnya ada di leher dan kepala.hal itu mengakibatkan hilangnya sistem kekebalan tubuh.

saya salah satu pengidap kelenjar getah bening.
suatu saat saya mendapati ada sebuah benjolan sebesar kelereng di belakang kepala.awalnya orangtua acuh aja,difikir itu hanya benjolan biasa.
lama-lama benjolan itu hilang entah kemana.tapi ternyata itu ngga ilang.benjolan itu pindah ke leher bagian kiri.
waktu itu panas badan saya sempat sangat tinggi dan harus dilarikan ke UGD RSPI.disitu saya check up.hasil check up darah,sel darah putih saya jauuuuuh lebih tinggi daripada sel darah merah.tapi waktu itu dokter belum mendiagnosa saya kelenjar getah bening.

setelah saya check up di RSPI diberi obat segala macem,ngga sembuh juga.malah terjadi pembengkakan yg sangat luar biasa di leher kiri (sampai saya underpressure,dari sebesar kelereng sampai segede bakso) akhirnya saya ke dokter internist,disitu saya divonis mengidap kelenjar getah bening.tapi belum dipastikan karena apanya.bolak-balik saya ke dokter,saya minum obat ini-itu.tapi ttp ngga ada hasilnya.akhirnya saya dirujuk untuk periksa paru-paru di Jakarta Respiracy Center.check up total.hasil rontgen paru-paru saya bersiiiiih.sangat normal.padahal tdnya saya perokok.
hasil check darah sama seperti di RSPI,leukosit saya tinggi.disitu saya dirujuk untuk dilakukan operasi.

tapi nyokap ngga setuju,katanya beliau masih ingin liat saya sukses dulu,rasanya seakan-akan maut akan datang saat saya operasi.akhirnya saya dibawa ke pengobatan alternatif.alternatif dimanapun udah saya coba,tapi hasilnya NOL!hal fatal yg dilakukan nyokap adalah membawa saya ke akupuntur.telapak kaki saya ditekan2 oleh alat entah apa namanya.ternyata hal ituyg membuat benjolan saya makin bsr,kata dokter shrsnya ngga boleh diakupuntur karena nnti akan mengalami penyebaran.namun benjolan itu ttp ada meski sempat pecah dan keluar cairan kuning tp tdk berbau.grafik saya menurun,saya sering mengalami demam tinggi tanpa sebab,sesak nafas,nyeri jantung.memang secara fisik,ngga keliatan tapi kalo lg kumat nyerinya minta ampun deh masyaallah.kelenjar itu makin lama makin menyebar ke tubuh saya.bahkan ada dokter yg mengatakan kalo sampai benjolan itu naik ke kepala saya mengenai saraf,kemungkinan saya tidak sadarkan diri beberapa waktu alias koma.seketika terhentak hati saya sakiiiiiit sekali.

saat ini udah ada lebih dari 5 titik benjolan yg ada di tubuh saya.leher kanan-kiri,belakang kuping kiri-kanan,kepala,di dada.hal itu tentu ganggu aktivitas saya dan penampilan terutama.saya jadi cpt cape dan sring sekali sakit kepala dan idung saya berdarah.udah cape rasanya saya menjalani pengobatan alternatif,akhirnya saya mengajukan operasi beberapa kali ke orangtua tapi tetap aja ditolak terutama nyokap dan pacar saya.mereka takut hasilnya buruk kalo saya tetap mengambil jalan operasi.nyokap ngga pernah bisa untuk ikhlas lahir bathin melepas saya mengambil jalan operasi.padahal sebenernya saya siap lahir bathin apapun hasilnya cuma Allah yg tau.akhirnya skrg saya ngga berobat dimanapun.kecuali sampai nyokap izinin saya untuk masuk meja operasi secepatnya.

terkadang saya takut maut itu dekat sekaliii dengan saya,secara ngga langsung saya sedang menjemput maut malah.tapi alhamdulillah saya masih bertahan sampai skrg,semua berkat orang-orang terdekat saya.terutama pacar saya yg slalu support.

pesan buat teman-teman yg mengalami sakit sperti saya,jangan sampai terlambat ngobatinnya jgn sampe nyesel.jangan sampe mengakar dan menyebar diseluruh tubuh seperti saya.semangat ya!kanker itu bisa sembuh ko




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment