Thursday, June 5, 2014

gejala2 demam berdarah?

Q. 1.apa saja gejala2 spesifik demam berdarah?
2.apakah orang yang mengalami gejala2 demam berdarah dapat melakukan aktivitas seperti biasanya?

thx23x

A. Gejala demam dengue akan diawali oleh perasaan menggigil, nyeri kepala, nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung. Kesakitan pada tungkai dan sendi akan terjadi beberapa jam sejak gejala demam dengue mulai dirasakan. sakit. Ruam demam berdarah mempunyai ciri-ciri merah terang, petekial dan biasanya mucul dulu pada bagian bawah badan - pada beberapa pasien, ia menyebar hingga menyelimuti hampir seluruh tubuh. Selain itu, radang perut bisa juga muncul dengan kombinasi sakit di perut, rasa mual, muntah-muntah atau diare, pilek ringan disertai batuk-batuk. Suhu tubuh akan meningkat dengan cepat mencapai 40 derajat celcius dengan detak nadi yang normal serta tekanan darah yang cenderung turun. Bola mata akan tampak kemerahan. Kemerahan juga tampak pada wajah yang dengan cepat akan menghilang. Kelenjar pada leher dan tenggorokan terkadang ikut membesar.

Demam dan gejala lain dari demam dengue akan berlangsung selama 2 hari yang kemudian diikuti oleh penurunan suhu yang cepat dengan diiringi oleh produksi keringat yang meningkat. Periode penurunan suhu ini biasanya berlangsung sehari, selanjutnya suhu tubuh akan meningkat lagi dengan cepat. Saat ini seluruh tubuh pasien akan kemerahan kecuali pada wajah.

Sesudah masa tunas / inkubasi selama 3 - 15 hari orang yang tertular dapat mengalami / menderita penyakit ini dalam salah satu dari 4 bentuk berikut ini :

1. Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.
2. Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 - 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.
3. Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung (epistaksis/mimisan), mulut, dubur dsb.
4. Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok / presyok. Bentuk ini sering berujung pada kematian.

Sebaiknya jika menemui gejala demam berdarah jangan melakukan aktivitas berat apapun. Kondisi waspada ini perlu disikapi dengan pengetahuan yang luas oleh penderita maupun keluarga yang harus segera konsultasi ke Dokter apabila pasien/penderita mengalami demam tinggi 3 hari berturut-turut. Banyak penderita atau keluarga penderita mengalami kondisi fatal (kematian misalnya) karena menganggap ringan gejala-gejala tersebut.


Semoga bisa membantu

Apakah penyebab demam berdarah dengue, dan akibat paling buruk dan cara pencegahan?
Q.

A. Penyebab dari demam berdarah dengue adalah nyamuk Aedes Aegepty dan dicurigai juga disebabkan oleh nyamuk Aedes Albotictus(nyamuk kebun).

Akibat dari demam berdarah dengue, adalah dengue shock syndrome, yang akan mengakibatkan penderita meninggal dunia karena terjadi pendarahan karena bocornya pembuluh darah dan pembuluh darah yang mengempis sehingga proses peredaran darah terhenti.

CARA MENDETEKSI DAN PENANGANAN :
Sebenarnya sederhana saja, bila kita panas, pada hari kedua bila tidak ada penurunan dari gejala panas meskipun sudah diberi antiiotika dan penurun panas, maka kita harus memeriksakan darah lengkap pada laboratorium. Meskipun hasil nya mungkin thrombosit kita masih normal diatas 150.000. Tetapi hasil ini adalah sebagai acuan bila kita memeriksakan lagi pada keesokan harinya.
Bila hasil lab yang kedua ternyata ada penurunan nilai thrombosit melebihi 50.000, meskipun hasilnya yang kedua masih diatas 150.000 tetapi ini sudah menunjukkan kecurigaan yang tinggi bahwa penderita menderita demam berdarah.

Langkah selanjutnya adalah pemberian infus yang harus diberikan di rumah sakit atau puskesmas.
Bila penderita sejak dini sudah ditangani oleh infus, maka sangat kecil kemungkinan terjadi shock karena kebutuhan cairan darah tercukupi oleh cairan infus meskipun thrombosit terus turun sampai dibawah 80.000.
biasanya paling lambat pada hari ketujuh thrombosit akan naik lagi.

Akan tetapi bila menunjukkan pendarahan meskipun thrombosit penderita masih tinggi diatas 80.000, harus segera diberikan tranfusi plasma untuk mencegah terjadinya pendarahan yang hebat dan kemungkina terjadinya shock.

Pada penderita awam biasanya masuk ke RS dalam kondisi kritis, maka kondisi ini akan menyulitkan tim medis untuk merecover penderita, sehingga pada kasus2 tertentu tidak tertolong lagi.

Jadi jangan diabaikan untuk segera memeriksakan darah lengkap pada laboratorium sedini mungkin.

Pada penderita demam berdarah yang terkena untuk kedua kali(ditandai oleh hasil IgG dengue yang positif) akan memberikan gejala yang lebih parah ditandai oleh turunnya thrombosit pada kasus2 tertentu bisa mencapai 14.000 saja. Disini selama tidak ada gejala pendarahan para dokter biasanya masih mengandalkan infus aja sambil menunggu lewatnya masa kritis setelah hari ketujuh(paling lambat).

CARA MENCEGAH:l
Dengan pemberian ABATE(LARVASIDAE) untuk membunuh jentik2 nyamuk, dengan cara menyiramkan ke tempat saluran air dirumah atau daerah2 yang tergenang air.

Mencegah terjadinya genangan air pada daerah sekitar kita yang memungkinkan menjadi tempat sarang nyamuk misalnya kaleng-2 yang tergenang air.

Mudah2an informasi ini bisa membantu.

Tentang Demam Berdarah
Q. Apa sih definisi DB, penyebanya, dan dampak DB bagi penderita DB?

A. definisinya demam tinggi yang finalnya akan memecah pembuluh darah shg terjadi pendarahan baik di dalam ato di luar...
nyamuk pastinya.....dr gigit org yg terjangkiti trus si nyamuk bagi bagi ke org laen...dampaknya paling parah kematian. ,............
Organ dalam akan rusak.....hb darah turun tu artinya tubuh kekurangn darah ...bahaya khan..darah adlah bemonya oksigen gt...klo kurang berarti kurang oksigen....akibatnya tahu ndiri tho..........bila selamat ya pasti daya tubuh turun saat itu.....klo dah sehat ya gak papa.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Obat tradisonal dari Demam Berdarah apa yach?
Q. teman saya sering demam tinggi, setelah diperiksa ke dokter katanya dia itu kena gejala DBD

A. Saya mencoba menjawab "dengan pahala tembus" saya. Apa itu demam berdarah? Kalau ada dokter, bahkan dokter lulusan negara maju pun, mengatakan demam berdarah disebabkan nyamuk aedes aegypty, adalah salah.

Demam berdarah ditimbulkan semacam virus, virus yang bentuknya seperti huruf atau angka O. Virus ini sama sekali tidak ditimbulkan dari nyamuk jenis itu atau nyamuk yang lain, bahkan tidak dari serangga manapun. Dari mana virus ini? Mungkin anda susah membayangkan. Virus itu ada dalam alam virus itu sendiri. Di mana alam itu? Alam itu tidak kelihatan di muka bumi ini. Virus itu menghilang. Oh, ya? Lalu proses berikutnya virus itu muncul mendadak di badan teman anda.

Apa yang ditimbulkan virus itu? Demam / panas yang tinggi dan darah memerah. Kok darah memerah? Bukannya darah merah dengan sendirinya? Darah merah itu artinya di badan kadang muncul bintik-bintik merah.

Lalu bagaimana pengobatannya? Langkah pertama, kalau kamu percaya, jangan ke dokter atau kerumah sakit. Karena apa? Karena nanti (kemungkinan besarnya) di kasih obat yang berjenis anti biotik. Obat ini sesungguhnya sangat berbahaya. Bukan menyembuhkan, malah sebaliknya. Apa yang terjadi? Kerusakan ginjal. Ini yang terjadi pada seorang ibu-ibu ( yang ramai di tv baru-baru ini) yang "berkelahi" dengan sebuah rumah sakit. Apa yang terjadi? Ibu itu keracunan antibiotk yang meminta pertanggungjawaban dari dokter tersebut. Lalu apa jawabannya? Melarikan diri dari pertaggunganjawab. Bukannya menolong orang keracunan, malah menuduh mencemarkan nama baiknya.

Kalau tidak ke dokter pinggir jalan atau kerumah sakit, lalu apa yang dilakukan? Diam di rumah lalu makan buah jambu biji merah. Setidaknya dua biji. Atau minum jambu merah kotak ( jus gueva). Ada di Indo Maret.

Setelah minum atau makan jambu merah biji maka reaksi trombositnya (kata dokter itu adalah untuk mengentalkan darah tetapi itu salah. Menurut saya trombosit adalah untuk menghangatkan tubuh secara normal) akan naik secara perlahan-lahan atau dengan kata lain mulai membaik.

Ada apa dengan jambu jenis ini? Warna merahnya. Warna merahnya ini yang meyembuhkan penyakit demam berdarah. Warna merah ini mengandung serat, gizi, vitamin dan obat yang menyembuhkan penyakit itu. Makanya pilih jambu biji yang berwarna merah bukan yang putih.

(dan ini untuk semua orang) lalu kalau sudah sembuh (tidak janji yaa) maka langkah selanjutnya adalah merubah cara makan? Dengan cara bagaimana? Ke cara yang lebih murah. Artinya kalau dia makan ikan atau ayam maka hendaknya dimakan seminggu dua kali. Mengerti maksudnya? Dalam semiggu kalau makan ikan meskipun kecil paling banyak dua ikan, tidak lebih.

Setelah itu kita ke langkah yang berikutnya (juga untuk semua orang) yaitu makannya di lantai. Lho kok? Iya makannya jangan di meja makan atau di bangku kecil tetapi (harusnya) langsung di lantai. Cara ini meyehatkan badan dan meyembuhkan dan "mengobati" penyakit (apa saja).

Demikian pemahaman saya kecuali lain.

apa nama nyamuk penyebar demam berdarah?
Q. sekarang lagi musim hujan, hati-hati demam berdarah, jangan lupa pake lotion nyamuk, semprot pake baygon, bakar obat nyamuk, kaleng-kaleng kubur, jangan nyimpen air terlalu lama, bersihin got, fogging bila perlu, makan yang bergizi, jangan tidur siang-siang, bersihin sampah, jangan gantung baju sembarangan jadi sarang nyamuk, pake baju panjang celana panjang, jangan lupa tutup pintu dan jendela kalau udah malam.

A. aedes aegepty...
Tapi, hati2 juga. Nyamuk aedes aegepty nggak hanya menyebarkan virus demam berdarah, tapi juga chikungunya atau yang biasa disebut flu tulang. Gejalanya mirip demam berdarah sama malaria. Semua sendi2 sakit, panas dingin, dll. Walaupun katanya gak lebih berbahaya dari db, tapi dari pengalaman, lebih sakit rasanya daripada demam berdarah.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment