Tuesday, June 3, 2014

bagaimana ya cara nambahin berat badan?

Q. yg jawabannya bagus °âââââ°

A. Tips supaya berat badan menjadi bertambah dan berisi
berikut adalah tipsnya supaya anda cepat dalam melakukan
usaha meningkatkan atau menambah berat badan secara
alami dan bertahap.
sebelumnya saya pernah menuliskan tentang cara
meninggikan badan juga tips diet yang aman silahkan baca
bila andatertarik dengan artikel tersebut.
baiklah kalau begitu kita langsung saya ke topik pembahasan
Cara Menambah Berat Badan dengan cara yang alami dan
sangat bisa dilakukan oleh siapa saja.
1. Olahraga
Dengan olahraga tubuh akan menjadi sehat, sehingga fungsi
tubuh pun akan baik. Usahakan setidaknya dalam satu
minggu minimal olah raga sekali. Dengan bentuk olah raga
yang dapat membuat anda setidaknya berkeringat.
2. Minum susu
Susu selain sehat juga dapat menggemukkan badan anda,
khususnya susu full cream. Disarankan untuk minum susu
jenis full cream dua kali sehari.
3. Kunyah makanan
Saat makanan di dalam mulut maka kunyahlah sampai
halus. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kerja
lambung. Apalagi makan-makanan yang sulit dicerna.
Karena selain di mulut tidak ada lagi gigi di tempa tlain.
4. Makan dengan teratur
Setiap hari makanlah dengan teratur. Selalu sarapan di pagi
hari, makan siang tepat waktu kemudian makan malam.
Dan di antaranya dapat diselingi makanan tertentu.
5. Jenis makanan
Jenis makanan yang anda makan sesuaikan dengan aktivitas
anda. Jika anda seorang yang banyak bergerak maka
makanlah yang banyak mengandung karbohidrat atau
lemak. Karena jika kelebihan, maka karbohidrat dan lemak
akan ditimbun. Berbeda dengan protein yang tidak akan
ditimbun tubuh.
6. Tidur yang cukup.
Tubuh kita minimal butuh waktu 8 jam untuk istirahat.
Usahakan untuk selalu tidur siang.
7. Kurangi merokok dan begadang.
Apabila kamu merokok, maka kurangi hal tersebut, dan
apabila kamu sering begadang maka hilangkan kebiasaan
itu.
8. Jika memungkinkan, konsumsi putih telur satu kali
sehari.
9. Periksa kesehatan anda
Jika anda pernah gemuk dan kemudian kurus coba cek
kesehatan anda. Jika bukan karena penyakit maka setidaknya
dengan tips cara cepat menggemukkan badan ini anda
sudah ada perubahan dalam waktu satu bulan.
Nah jika semua tips Cara Menambah Berat Badan diatas
anda lakukan insya Allah semua usaha anda akan berhasil.
perlu di ingat bila anda mendapati kegagalan mungkin ada
beberapa faktor yang tidak bisa kita hindari, antara lain
adalah faktor genetik, itu salah satunya.

Gimana ya.. caranya untuk menambah berat badan??
Q. Padahal aq udah makan banyak.. emang harus sebanyak apa seh.. tolong kasih sarannya ya.. biar bisa nambah berat badan.. ^o^

A. Untuk menaikkan berat badan tentu saja anda harus lebih sering makan, bukan banyak makan apalagi makan junk food. Jadi setidaknya 3-3,5 jam sekali harus ada makanan yang masuk ke tubuh dalam porsi sedang. Frekuensi makan yang lebih tinggi akan memastikan tubuh anda untuk mendapatkan asupan nutrisi beserta kalorinya secara maksimal. Memang ini berarti anda harus menambah jumlah kalori yang masuk ke tubuh setiap hari. Untuk itu, makanlah seperti biasa dulu selama seminggu, lalu catatlah berapa rata2 jumlah kalori yang anda makan tiap hari. Pada minggu kedua tambahkan ekstra 500 kalori makanan per hari, dan bagilah porsi makanan per hari menjadi lebih kecil untuk 5-6 kali makan. Jadi anjurannya adalah anda rata2 harus makan tiap 3-3,5 jam sekali tapi dalam porsi yang lebih kecil. Perbandingan antara asupan karbohidrat, protein dan lemak untuk orang yang sangat kurus idealnya adalah 50% : 30% : 20%. Kombinasikan makanan anda dari sumber karbohidrat kompleks dengan nilai glikemik tinggi misalnya nasi putih, mie, bihun, roti putih, dsb dengan karbohidrat kompleks yang memiliki nilai glikemik rendah-sedang, contohnya nasi merah, roti gandum utuh, pasta, oatmeal, ubi, singkong, juga kacang2-an seperti kacang polong, kacang hijau, kacang merah; sayur2-an terutama brokoli, wortel, buncis, taoge dan sayur2-an hijau seperti sawi, bayam, kangkung, pok cai; buah2-an dengan rasa manis sedang dan berserat tinggi seperti apel, belimbing, pear, pepaya, bengkoang. Konsumsilah protein tinggi dari misalnya daging yang rendah lemak (lean meat), dada ayam tanpa kulit, dada kalkun tanpa kulit, ikan tuna, salmon, sardin, mackerel, putih telur, tahu dan tempe, keju cottage rendah lemak, yoghurt rendah lemak. Tujuannya agar anda bisa menaikkan berat badan tapi tidak banyak menimbun lemak tubuh, khususnya di perut dan pinggang. Konsumsilah multi vitamin dan mineral sebagai antioksidan dan susu skim yang kaya kalsium untuk menunjang diet anda.

Untuk olahraga terbaik yang bisa menaikkan berat badan secara proporsional dan ideal adalah kombinasi latihan beban dan renang. Saya sarankan minimal anda bisa 3 kali latihan beban dan 2 kali renang dalam seminggu. 2 hari lainnya adalah off day anda. Renang termasuk olahraga kardio, tetapi yang tidak banyak membuang kalori anda dibanding latihan kardio lainnya, jadi anda akan mempunyai cadangan glikogen yang cukup dalam tubuh untuk mempertahankan berat tubuh anda terhadap metabolisme tinggi dan stress latihan beban. Dua jenis olahraga ini akan merangsang nafsu makan anda sekaligus pertumbuhan otot anda, jadi menurut saya sangat efektif apabila rutin dilakukan. Jika anda hanya menambah kalori harian saja tanpa mau menambah massa otot anda, maka sekalipun berat badan anda bisa naik, maka kenaikan berat itu sedikit demi sedikit juga akan menambah prosentase lemak di tubuh anda walaupun sulit untuk menjadi benar2 gemuk. Latihan beban adalah satu2-nya jalan untuk semua orang yang sulit menaikkan berat badannya (hardgainer) berhubung tingkat metabolisme mereka yang tinggi. Dengan berlatih beban secara rutin, mencukupi kebutuhan nutrisi makro akan karbohidrat sebanyak 3-4 gram, protein sebanyak 2 gram, dan lemak baik 1 gram per kg berat badan, maka massa otot akan bisa ditingkatkan. Dengan meningkatnya massa otot, berat badanpun akan meningkat sedikit demi sedikit dan menghasilkan bentuk tubuh yang atletis dan proporsional.

Jangan pesimis dulu jika berat badan anda masih sulit naik. Kenaikan yang ideal dan sehat hanya dianjurkan 1/2 - 1 kg per minggu. Jika pada akhir minggu kedua berat badan anda tetap tidak naik, maka tambahkan kalori sebanyak 250 lagi per hari pada minggu ketiga, dst. Konsistensi, disiplin dan kerja keras adalah kunci keberhasilan usaha anda.

Cara menaikkan berat badan?
Q. Saya memiliki badan kurus karena faktor keturunan. Apakah saya bisa menaikkan berat badan saya ?

A. 10 Tips Menaikkan Berat Badan Ideal
Banyak dari kita yang mengalami problem dalam menaikkan berat badan ideal. Berat badan ideal bisa ditambah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh. Banyak yang sering salah arti dengan menaikkan berat badan berarti menaikkan jumlah lemak. Selain cara itu adalah cara yang salah, cara itu juga sangat tidak sehat karena lemak bertambah artinya kita mengkonsumsi energi lebih banyak dari yang kita butuhkan untuk aktivitas kita.

Biasanya setelah mencoba selama berbulan-bulan, makan sebanyak mungkin, latihan fitness yang 'katanya' sudah berat tetapi masih belum membuahkan hasil sama sekali, kita sudah mulai putus asa dan mengatakan kalau tubuh kurus kita adalah genetik atau sudah nasib. Kalau dalam 2-3 minggu belum ada hasil, PASTI ada yang salah.

Banyak dari kita yang mengalami problem dalam menaikkan berat badan ideal. Berat badan ideal bisa ditambah dengan meningkatkan massa otot, bukan lemak tubuh. Banyak yang sering salah arti dengan menaikkan berat badan berarti menaikkan jumlah lemak. Selain cara itu adalah cara yang salah, cara itu juga sangat tidak sehat karena lemak bertambah artinya kita mengkonsumsi energi lebih banyak dari yang kita butuhkan untuk aktivitas kita.

Biasanya setelah mencoba selama berbulan-bulan, makan sebanyak mungkin, latihan fitness yang 'katanya' sudah berat tetapi masih belum membuahkan hasil sama sekali, kita sudah mulai putus asa dan mengatakan kalau tubuh kurus kita adalah genetik atau sudah nasib. Kalau dalam 2-3 minggu belum ada hasil, PASTI ada yang salah.

Coba cek tips di bawah ini buat yang selama 2-3 minggu ototnya blm naik-naik:
1. Sudahkan kita makan 5-6x sehari, porsi sedang, dan mengurangi junk food? Memakan junk food bukan saja menambah lemak tidak sehat tetapi juga bisa memperlambat metabolisme tubuh menjadikan tubuh tidak bisa bekerja secara sehat.

2. Makan karbohidrat dan protein LANGSUNG setelah selesai latihan. Hal ini diperlukan untuk mengantikan glycogen atau gula dalam otot yang habis sewaktu kita latihan. Dan proteinnya dibutuhkan oleh otot yang baru saja kita 'rusak' dengan latihan berat.

3. Makan real food(bukan suplemen) MAKS 1 jam setelah latihan

4. Minum multivitamin (ini keharusan buat yang mau nambah berat badan, karena vitamin B terutama, sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang kita makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh kita tidak bisa mencernanya dengan baik).

5. Latihan beban TIDAK MELEBIHI 1 jam. Dan kurangi cardio Anda. Latihan lebih dari 1 jam akan memboroskan kalori Anda. Anda tetap membutuhkan kalori untuk membangun otot-otot Anda.

6. Tidak melatih otot yang sama lebih dari 2x dalam seminggu

7. Sudah mengikuti 9-12 set per otot per sesi. Jangan melatih otot chest dengan seluruh alat di gym dengan asumsi semakin lengkap semakin baik. Gunakan hanya 3-4 alat masing-masing sekitar 3-4 set dan gunakan basic compound movement saja. No Isolation Movement.

8. 6-8 reps adalah suatu keharusan, tidak boleh sampai 12 reps. 6-8 reps tuh sudah failure.

9. Gunakan negatif reps. Setelah failure, dibantu oleh teman/spotter untuk angkat, dan kita tahan untuk turunnya. Variasikan negatif reps ini selama 2-3 minggu sekali.

10. Sudah menggunakan High Intensity Training untuk latihan beban. Yang artinya, istirahat pendek antar set, sekitar 1.5 - 2 menit. Dan angkat beban seberat mungkin. Contoh: buat yang tinggi sekitar 160-165, jgn bilang bench press 10kg kiri kanan sudah berat. Seperti itu tidak akan bisa menaikkan masa otot Anda. Kejar target minimal 25-30kg kiri kanan. Kalau blm mampu, naikkan perlahan2 tiap minggu sampai Anda mampu, kalau perlu, minta bantuan teman.



Sumber : Denny Santoso, S. Kom, SAC, Dip. CBA, Certified Sport Nutritionist

cara menaikan berat badan?
Q.

A. Cara Sehat Menaikkan Berat Badan
Langkah terbaik untuk menaikan berat badan sebenarnya sederhana saja, yakni meminta bantuan dokter ahli gizi, agar bisa melakukannya dengan cara yang sehat. Berikut adalah cara-cara praktisnya:

1. Ikuti arahan diet dari dokter untuk menyantap makanan yang tinggi kalori dan protein. Barengi dengan olah raga teratur, sebanyak 3-5 kali seminggu. Atur komposisi yang seimbang antara olah raga beban dan aerobik.
2. Bila dokter meresepkan diet dengan tambahan 500-1000 kalori, carilah jenis-jenis makanan sesuai daftar, yang mudah didapat dan disukai. Mencari-cari makanan yang sulit didapat hanya akan membuat Anda berat menjalani diet.
3. Jangan menambah porsi makan secara berlebihan. Lakukan secara bertahap, sesuai anjuran dokter agar Anda tak mengalami abdominal discomfort (sebah).
4. Jangan malu meminta dukungan dari lingkungan. Kebanyakan pasien berberat badan rendah, bersifat tak suka makan atau malas makan. Mereka perlu terus diingatkan dan disemangati untuk makan walaupun sedang tidak lapar.

Bagaimana cara mengukur perbandingan berat badan dengan tinggi badan yang proporsional?
Q.

A. 1. Berat Badan Normal

Berat Badan Normal = Tinggi Badan - 100

Contoh :
Jika tinggi kita dari ujung kaki hingga ujung kepala adalah 160 cm maka berat badan normal kita adalah 160 - 100 = 60 kg.

2. Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - ( 10% tinggi badan -100)

Contohnya : Jika tinggi badan kita adalah setinggi 150 cm, maka berat badan ideal kita adalah (150 - 100) - (10% x (150 - 100) = 50 - 5 = 45 kg.

Dari hasil tersebut dapat kita ketahui apa yang terjadi dengan diri kita dengan membandingkan hasilnya berikut di bawah ini :

- Kelebihan Berat Badan / Overweight = Hasilnya 10% s/d 20% lebih besar
- Kegemukan / Obesitas / Obesity = Hasilnya lebih dari 20% dari yang seharusnya
- Kurus = Hasilnya 10% kurang dari yang seharusnya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment