Monday, June 16, 2014

Apa sih gejala and penyebab penyakit bronkitis?

Q. Contoh:
Jika penyakit batu selama 1 minggu,kemudian d ikuti dengan sakit dada sebelah kanan atau di bwah tlang rusuk trsa sakit ketika batuk,apa itu termasuk gejala penyakit bronkitis???

A. Bronkitis infeksiosa disebabkan oleh virus, bakteri dan organisme yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumoniae dan Chlamydia)

Serangan bronkitis berulang bisa terjadi pada perokok dan penderita penyakit paru-paru dan saluran pernafasan menahun. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari:

* Sinusitis kronis
* Bronkiektasis
* Alergi
* Pembesaran amandel dan adenoid pada anak-anak.

Bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh:

* Berbagai jenis debu
* Asap dari asam kuat, amonia, beberapa pelarut organik, klorin, hidrogen sulfida, sulfur dioksida dan bromin
* Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida
* Tembakau dan rokok lainnya.


Gejalanya berupa:

* batuk berdahak (dahaknya bisa berwarna kemerahan)
* sesak nafas ketika melakukan olah raga atau aktivitas ringan
* sering menderita infeksi pernafasan (misalnya flu)
* bengek
* lelah
* pembengkakan pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan
* wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan
* pipi tampak kemerahan
* sakit kepala
* gangguan penglihatan.

Bronkitis infeksiosa seringkali dimulai dengan gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan dan nyeri tenggorokan.

Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis. Pada awalnya batuk tidak berdahak, tetapi 1-2 hari kemudian akan mengeluarkan dahak berwarna putih atau kuning. Selanjutnya dahak akan bertambah banyak, berwarna kuning atau hijau.

Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala lainnya membaik, kadang terjadi demam tinggi selama 3-5 hari dan batuk bisa menetap selama beberapa minggu.

Sesak nafas terjadi jika saluran udara tersumbat. Sering ditemukan bunyi nafas mengi, terutama setelah batuk. Bisa terjadi pneumonia.â

tentang penyakit bronkitis?
Q. awal seseotang terkena penyakit bronkitis kan di tandai dengan batuk nah kalo batuknya udah sembuh apa penyakit bronkitisnya juga udah sembuh ??

A. Bronchitis adalah adanya peradangan pada tenggorokan(bronchus). penyebabnya bisa macam2, bisa bakteri,virus,merokok, atau menghirup polutan berbahaya. dari lamanya sakit ada bronchitis akut dan kronis. pengobatannya ya tergantung penyebabnya, jika anda periksa ke dokter dan ternyata anda didiagnosa bronchitis, dan jika dokter tersebut memberi resep antibiotika, saran sy adalah minum obatnya sesuai petunjuk sampai habis walaupun anda sudah tidak batuk. Supaya benar2 sembuh. Maaf jika jawaban diatas sy kurang tepat. bronchitis itu lain dgn TBC, jika TBC memang harus berobat minimal 6 bln, tp jika hanya bronchitis, anda hanya butuh minum obat sesuai petunjuk dokter, tergantung penyebab dan parah tidaknya penyakitnya.

apakah batuk berdahak dahaknya harus di buang,bila di telan apakah bahaya?
Q.

A. Batuk berdahak, dahaknya harus dibuang, bila ditelan berbahaya, sebab dahak mengandung bakteri karena infeksi saluran pernapasan, antara lain radang paru, flu, bronkitis.



Batuk produktif disebut batuk berdahak. Dahak berguna untuk membersihkan saluran napas secara alami. Dahak harus dikeluarkan, bukannya malah ditelan.
* Dahak di tenggorokan biasanya muncul sebagai akibat adanya infeksi saluran napas, antara lain karena influenza, bronkitis, radang paru, dan sebagainya. Batuk berdahak juga dapat terjadi karena saluran napas peka terhadap paparan debu, polusi udara, asap rokok, dan kelembaban yang berlebihan.

Ketika sudah terinfeksi batuk,tetapi tidak sesak nafas .. Apakah itu ciri-ciri penyakit pneunomia .. ?
Q. mohon penjelasannya secara detail.

A. Gejala batuk sebenarnya merujuk kepada gangguan saluran pernapasan. Hampir semua penyakit gangguan saluran pernapasan menimbulkan batuk, misalnya : Brokhitis akut, Asma,bronkhiektasis,empisema, pneumonia DLL. Pertanyaan diatas agak keliru Bukan terinfeksi batuk tapi pneumonialah yang menyebabkan batuk. menurut saya belum tentu pneumonia, sebab bisa juga penyakit infeksi paru yang lain.Saya cenderung lebih curiga pada infeksi pernapasan ringan misalnya Bronkitis akut, karena gejala peneumonia biasanya tampil lebih berat karena infeksinya langsung mengenai parenkim paru sehingga timbul demam tinggi, batuk, sesak napas, retraksi, nyeri kepala, kelemahan pada penderita dll.

untuk sementara tangani duu infeksinya dengan antibiotik Amoksisilin 500 mg 3x1, jika demam sebaiknya minum Novalgin atau paracetamol 500 mg 3 x1, dn untuk batuknya bisa dicoba dengan Mucotusan

Bagaimanapun diatas hanya sekedar pertolongan sementara, jalan yang terbaik segeralah ke dokter untuk mengetahui secara pasti penyakit anda. Bila perlu periksa rontgen dada anda

Apa obat yang manjur jika sudah batuk selama kurang lebih 2 bulan?
Q.

A. @ when D
wah.. kamu terlalu cepat mengambil kesimpulan tuh.. gimana bs dengan mudah bilang itu bronkitis kronik atau TB... ?? aneh... dokter hebat sekalipun harus dgn diagnosa yg lengkap.. perlu keterangan yang lebih lengkap, ga cm batuk 2 bulan... >_<

makanya aku udah heran sm pertanyaan ini.. si penanya cm ksh keterangan 1.. yaitu batuk kurang lebih 2 bulan...

tp semoga batuknya bukan batuk yg parah yah.. bukan TB jg... ^^

klo sanitasi bagus, ventilasi rumah cukup, pola makan sehat, perokok atau tidak... itu cukup menurutku untuk menilai apakah seseorang terkena TBC atau bkn...!!! tergantung sputum atau lendir yg dikeluarkan saat batuk berwarna apa... kekentalannya.. dan apa ada darah yg keluar... kurasa kalau kamu batuk lbh dr 2 bulan tp tanpa darah.. berdoa semoga itu bukan TBC..

tp poin2 diatas positif.. berarti ada kemungkinan terkena tbc..

obat manjur... coba minum OBH.. atau obat batuk apapun... beli diapotik. banyak minum air putih biar lendir bs keluar melalui feses.. krn lendir itu jg bs mengganggu jalan nafas mu... jd jangan malu untuk dikeluarkan.. tp inget tempat ya. haha... minum air hangat, biar memperlancar dan merelaksasi tenggorokan. yang bikin batuk ga stop itu bisa jg krn psikologis.. coba jangan terlalu paranoid... jgn tersugesti batuk terus... jangan lemah sm penyakit seperti batuk, pusing pilek.. dsb.. kalau kita selalu mikir soal penyakit... misalnya kamu batuk terus kamu selalu mikirin batukmu itu, itu malah bikin batukmu ga berhenti2...

oya.. coba ke dokter... rumah sakit2... ada pelayanan dgn Uap hangat yg bs menghentikan batuk.. uap hangat bs mencairkan lendir di teggorokan.. coba di cek... ga ada salahnya... kalau ada penyakit lain, kan bs cepat diatasi.. apalagi batuk lbh dr 2 bulan...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment