Thursday, June 19, 2014

Saluran Kencing Perih & Rematik?

Q. dalam 2 minggu terakhir, setiap pagi saya buang air kecil, saluran kencing nya terasa aga perih sedikit, tapi pada siang or malam sakitnya tidak muncul, kalo ada juga sekali dua kali saja...
2 hari lalu baru cek urin dan darah, dan hasilnya bagus dan tidak ada virus atau penyakit kelamin.. cuma dokternya mendiagnosa rematik dari hasil tes...kata dokter rematik dapat mempengaruhi radang ke saluran kencing tersebut..

Apakah ada yang pernah mengalami hal di atas?

A. Rematik itu disebabkan karena bakteri Streptococcus..Bakteri ini di dalam tubuh manusia, akan mengeluarkan racun yang disebut Streptolisin..Racun ini apabila mengenai sendi akan menyebabkan kerusakan sendi, apabila mengenai jantung akan mengakibatkan penyakit jantung rematik dan apabila mengenai saluran kencing maka akan menyebabkan disuria (nyeri saat kencing)..

Biasanya oleh dokter akan diberikan antibiotik Penisilin, karena penisilin merupakan terapi pilihan untuk infeksi Streptococcus..

Semoga jawaban saya bermanfaat.. :)

Dokter, asam urat, kolesterol, rematik. Apakah itu?
Q. Dokter, apakah gejala dari penyakit Asam Urat, Kolesterol, Rematik?
Apakah ada pantangan makanan maupun minuman dari ketiga jenis penyakit itu?
Tolong saya, dokter.Terimakasih saya ucapkan kepada para dokter yang menjawab pertanyaan saya ini..

A. Pertama2 maaf,,,saya belum jadi dokter...masih calon dokter (moga2 cepet lulus, amiiin), tapi saya boleh ikutan jawab ya?

sebisa saya yach?
"apakah gejala dari penyakit asam urat, kolesterol, rematik?"
1. Asam Urat
Asam urat adalah suatu produk metabolisme normal asam amino. Produksi ini bisa terganggu, yaitu bisa berlebih, atau berkurang. Nha,,,karna produksi berlebih, maka bisa bertumpuk di cairan sendi,,,atau di jaringan lain disertai reaksi inflamasi. Inilah yg disebut Gout Arthritis atau orang jawa sering menyebut "rematik".
Gejala dari penyakit Gout ini adalah rasa sakit di sendi, dapat disertai pembengkakan, kemerah-merahan, hangat, dan nyeri tekan pada sendi yg terkena.
Asam urat ini juga bisa mengendap di ginjal menjadi batu. Karena itulah, kadang dijumpai asam urat berlebih yg keluar bersama air kencing. Ini disebut Hyperuricemia.
Kalo tentang pantangannya,,, eit, bukan pantang! tapi "kurangi".Cuman tau dikit. Yaitu, hyperuricemia juga dapat disebabkan oleh kenaikan produksi purine. Jadi, kurangi makanan yg mengandung purine. Tapi maaf, saya lupa makanan ini apa...

2. penyakit kolesterol (?)
Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak. Kolesterol memiliki kadar normal dalam tubuh, dan tubuh juga menghasilkan kolesterol ini. Kita bisa mendapat kolesterol dari luar adalah dari daging hewan. Kalo tumbuhan jelas ga punya kolesterol lah. Kolesterol ini adalah bahan pembentuk hormon. Contoh, hormon testosteron, estrogen, dsb itu semua dibentuk dari kolesterol. Berlebih dan berkurangnya kolesterol tentu akan menimbulkan masalah dalam tubuh. Tapi, tak ada istilah penyakit kolesterol. Itu bukan penyakit. Tapi sebuah molekul normal yg ada dalam tubuh. Cuman kalo nanti kadarnya ini tdk normal, akan bikin masalah.
Misalnya kadar kolesterol tubuh kurang, maka hormon2 tubuh tidak terbentuk. Misalkan estrogen berkurang, banyak akibatnya nanti, contohnya bisa tidak terjadi menstruasi. Anak dg gizi yg tidak baik (banyak kekurangan zat2 yg dibutuhkan tubuh, termasuk kolesterol ini, bisa2 terlambat masa pubernya, atau bahkan tak terbentuk ciri2 sekunder laki2 atau perempuan).

Jika kadar kolesterol berlebih, berbeda lagi masalahnya. Misalkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh itu tinggi, maka akan menimbulkan resiko penyakit jantung koroner. Mengapa demikian? Karena, kolesterol LDL ini kan banyak tuh di dara...nha,,makanya dia bisa membentuk plak di dinding pembuluh darah,,,,Akibatnya, jalan darah jadi sempit,,,Di SD juga kita pernah diajarin, kalo air lewat di jalan lebih sempit daripada yg longgar, maka tekanannya akan lebih tinggi. Kalau tekanannya tinggi, ada kemungkinan dinding pembuluh darah ga kuat, trus pecah. Atau, kalo plak itu besar,,,bisa menyumbat pembuluh darah itu. Nha, kebanyakan, pembuluh darah yg kena kan yg kecil,,,contohnya pembuluh koroner di jantung. Kalo pembuluh koroner jantung tersumbat, ya ntar ada bbrp bag. jantung yg tak teraliri darah kan? Darah kan bawa oksigen, jadi kalo ga dapet darah, berarti ga dpt oksigen...bisa mati tuh sel2 jantung kalo ga dpt oksigen. Parahnya,,,,ya ntar jantung ga bisa kerja lagi...

untuk kolesterol ini,,,kurangi makanan2 dalam bentuk daging.
O ya, perlu ditekankan kalo TIDAK ADA PANTANGAN MAKANAN!!!
yg benar tu "kurangi" dan atur pola makan. Bukan "pantang". Beda lho...
Ya tadi itu, kekuranganpun bisa jadi masalah, jadi jgn sama sekali ga makan tertentu (pantang). Yg penting, pertahankan kadar kolesterol normal dalam tubuh. Kalo tinggi, ya diturunkan, misalnya KURANGI makanan daging2an gitu. Tapi jgn sama sekali tidak makan daging lho!

3. penyakit rematik.
Nha, ini nih...
Ini adalah istilah salah kaprah yg sering dipake orang2. Rematik yg dimaksud ini pasti sakit sendi2 gt kan?
Nha, kalo di bahasa kedokteran, rematik bhs umum ini sangat berbeda lho. Kalo dalam istilah salah kaprah ini, rematik sama dengan penyakit Gout Arthritis dlm bhs dokter. Nha, di kedokteran sendiri, ada istilah "Rheumatic" tapi ini beda banget. Ada yg mengacu ke penyakit jantung, ada yg mengacu ke penyakit "Rheumatic Fever".
Pokoke beda bgt ma Gout arthritis.
Tapi kalo yg ditanyakan yg bahasa orang2 yg salah kaprah itu, maka rematik ini ya sama dengan Gout Arthritis,,,atau ada beberapa yg mengacunya ke Rheumatoid Arthritis. Kalo ini, juga penyakit sendi, tapi karena autoimun, atau karena sistem imun sendiri yg ga beres.
Gejala orang dikatakan kena Rheumatoid Arthritis adalah jika memenuhi 4 kriteria dari 7 point di bawah ini:
- Nyeri sendi pagi hari
- arthritis (sakit sendi) sedikitnya di 3 tempat selama > 6 minggu
- arthritis di sendi2 tangan > 6 minggu
- arthritis yg simetris (kanan kiri ada) >6 minggu
- Rheumatoid Factor positif (Rheumatoid factor itu zat yg dideteksi di serum)
- Rheumatoid arthritis
- perubahan yg terjadi terlihat di foto roentgen

segitu saja...semoga membantu...
cuman pengen bantu dikit...kalo ada kesalahan saya minta maaf... =)

penyakit rematik itu penyakit apa sih?
Q. kakak penyakit rematik ciri-cirinya gimana sih?
cara nyembuhinnya gimana??
penyebab dari penyakit rematik itu apa sih???
dan apa rematik datang tiap tahun ya????

A. Kalau mungkin secara umum di masyarakat pengertian rematik adalah penyakit sendi yang menyebabkan sendi sakit, banyak jenisnya, yang salah satu yang merujuk di dunia medis pada hal ini adalah reumatoid artritis (peradangan menahun pada sendi dan jaringan sekitarnya).

Penyebabnya belum diketahui pasti, namun keterlibatan sistem imunitas, dan mekanisme autoimun sebagai rangkaian yang terlibat di dalamnya (di mana sistem imun tubuh menyerang bagian dari tubuh itu sendiri).

Terapinya merupakan terapi jangka panjang oleh karena sistem imun terlibat di dalamnya (saya tidak hendak merujuk pada "penyembuhan"), terapinya akan melibatkan pengobatan (medikasi), latihan (exercise), edukasi pasien dan jika pada tahapan tertentu hingga operasi.

Silakan merujuk ulang ke tautan yang saya sertakan.

ada yg tau tentang rematik pada anak?
Q. nafisku 3thn sering ngeluh pegal2 pd kakinya wlo pd siang hari aktivitasnya ga brt (ga pake lari2 n ga jungkir ballik hehe) ada yg bs bedain ga ciri2 pegal2 biasa ama pegal2 krn rematik anak? n ciri2 anak kena rematik?

A. Pak raya yang baik hati,

jarang sekali ya seorang anak balita menderita rematik seperti orang dewasa, karena tulang anak kecil masih dalam tahap pertumbuhan dan belum terjadi pengeroposan.
Tetapi ada 2 penyakit yang serius, disebut artritis reumatoid juvenil (=rematik pada anak-anak) dan penyakit jantung rematik.

Artritis reumatoid juvenil hanya mengenai anak-anak <16 tahun, disebabkan oleh imun anak yang kurang baik, ditandai dengan adanya radang/bengkak disertai kemerahan dan nyeri pada daerah tulang tertentu, terutama persendian di lutut dan pergelangan kaki. Anak sering merasa kelelahan, gelisah, nyeri otot. Gejala lain yang cukup spesifik adalah demam tinggi mendadak, puncaknya pada sore hari, selanjutnya kembali normal keesokan harinya.

Sedangkan penyakit jantung rematik, dapat mengenai anak-anak maupun orang dewasa.
Kriteria penilaiannya antara lain,
dua dari gejala berikut (atau 1 gejala berikut ditambah 2 gejala penyerta) :
1. Poliartritis = nyeri pada beberapa sendi terutama sendi besar seperti lutut, pergelangan kaki, paha, lengan, bahu.
2. Karditis = infeksi pada jantung, kadang tidak bergejala, kadang sampai nyeri dada.
3. Korea = gerakan tanpa disadari pada wajah atau anggota gerak tubuh, biasanya menghilang saat tidur
4. Eritema marginatum = kelainan pada kulit, tampak berwarna kemerahan yang tidak nyeri/gatal.
5. Nodul subkutaneus = benjolan-benjolan kecul berukuran 0,5-2 cm, tidak nyeri tekan.
Gejala penyerta :
a. Suhu tinggi/demam
b. sakit sendi
c. pernah sakit demam rematik/penyakit jantung rematik
Ditambah lagi dengan bukti adanya infeksi bakteri streptokokus.

Nah, diluar kedua penyakit ini, barangkali lebih ke arah sakit pegal2 biasa atau sempat keseleo, atau cara tidur yang tidak benar.

Mengingat pemeriksaan yang perlu teliti, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter anak.

Semoga cukup membantu.

Mandi malam menyebabkan rematik?
Q. Saya sering dengar kalau sering mandi malam menyebabkan rematik..alasannya apa ya? Dan kalau mandinya pakai air hangat gimana? Apakah tetap bisa menyebabkan rematik? Apakah ada cara tetap mandi malam tp tdk kena rematik? Soalnya saya suka sekali mandi malam dgn air hangat, sebelum tidur..enak banget klo tidur dgn badan fresh gitu :)

A. ngak betul., kalo mandi malam ngak ada hubungannya dgn rematik, rematik mungkin timbul dr masalah lain sebelumnya, dan bukan dlm waktu singkat, bisa aja menuduh kalo sudah rematik krn sering mandi malam, mungkin aja rematik itu gara gara kesalahan makan makanan pantangan, atau mungkin pernah jatuh terkilir dgn luka membekas di dlm sendi, sehingga menyebabkan kelainan, kelainan itu dibawa sampe usia pertengahan tanpa kita sadari, kemudian kita menuduh mandi malam jadi rematik, padahal rematik mungkin timbul dr kelainan/luka yg dulu.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment