Monday, June 16, 2014

Gagal ginjal 50%, bisa sembuh ga ya?

Q. Kondisi ginjal ber fungsi 50 % dan terus memburuk, medis sudah menyarankan HD (cuci darah), ada yg punya solusi lain?

A. Penyakit Gagal Ginjal adalah suatu penyakit dimana fungsi organ ginjal mengalami penurunan hingga akhirnya tidak lagi mampu bekerja sama sekali dalam hal penyaringan pembuangan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium didalam darah atau produksi urine.

Penyakit gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja yang menderita penyakit serius atau terluka dimana hal itu berdampak langsung pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal lebih sering dialamai mereka yang berusia dewasa, terlebih pada kaum lanjut usia.

Penanganan serta pengobatan gagal ginjal tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Sebagai contoh, Pasien mungkin perlu melakukan diet penurunan intake sodium, kalium, protein dan cairan. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi.

Seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal sangat perlu dimonitor pemasukan (intake) dan pengeluaran (output) cairan, sehingga tindakan dan pengobatan yang diberikan dapat dilakukan secara baik. Dalam beberapa kasus serius, Pasien akan disarankan atau diberikan tindakan pencucian darah {Haemodialisa (dialysis)}. Kemungkinan lainnya adalah dengan tindakan pencangkokan ginjal atau transplantasi ginjal.

Apa hubungan gagal ginjal dengan cuci darah?
Q.

A. Setahu saya,gagal ginjal adalah saat dimana salah satu atau kedua buah ginjal tidak bisa berfungsi lagi.Ginjal memang berfungsi sebagai penyaring darah,untuk menyaring cairan berlebih dalam tubuh yang harus dikeluarkan.Jika tidak akan menjadi racun untuk tubuh itu sendiri.Gagal ginjal berarti darah tidak lagi memiliki tempat penyaringan.Cuci darah dilakukan agar darah lama yang mungkin mengandung racun yang tidak bisa dikeluarkan akan hilang dan diiganti dengan darah baru yang bersih.Cuci darah dilakukan berkala supaya darah dalam tubuh akan terjaga kebersihannya.
Mungkin disitulah letak hubungannya,Jadi cuci darah adalah upaya yang dilakukan kepada penderita gagal ginjal.Semoga membantu :)

cri fisik penyakit gagal ginjal?
Q.

A. Ilustrasi ginjal.

JAKARTA, KOMPAS.com â Gagal ginjal bisa menyerang setiap orang, baik pria maupun wanita. Tidak memandang tingkatan ekonomi. Bila gejala diketahui sedini mungkin, penderita bisa mendapat bantuan mengubah atau menyesuaikan gaya hidup.

Tanda-tanda dari gagal ginjal sebenarnya tidak kelihatan secara bersamaan. Dengan pemeriksaan laboratorium, dapat diketahui dengan lebih cermat dan akurat apakah tanda-tanda itu mengarah pada kemungkinan gagal ginjal.

Inilah beberapa tanda atau gejala gagal ginjal yang perlu Anda waspadai :

- Kencing terasa kurang dibandingkan dengan kebiasaan sebelumnya.

- Kencing berubah warna, berbusa, atau sering bangun malam untuk kencing.

- Sering bengkak di kaki, pergelangan, tangan, dan muka. Antara lain karena ginjal tidak bisa membuang air yang berlebih.

- Lekas capai atau lemah, akibat kotoran tidak bisa dibuang oleh ginjal.

- Sesak napas, akibat air mengumpul di paru-paru. Keadaan ini sering disalahartikan sebagai asma atau kegagalan jantung.

- Napas bau karena adanya kotoran yang mengumpul di rongga mulut.

- Rasa pegal di punggung.

- Gatal-gatal, utamanya di kaki.

- Kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah.

Apakah pengganti cuci darah ( Oprasi CAPD ) bisa menyembuhkan gagal ginjal?
Q. Sudah satu tahun dia di fonis gagal ginjal + terkena hepatitis dan cuci darah 2x seminggu, sekarang dia tidak menggunakan / cuci darah tapi di ganti dengan cairan ( oprasi CAPD ) 3x sehari. apakah bisa sembuh dengan cairan itu ? trimakasih..

A. Gagal ginjal artinya ginjal sudah tidak berfungsi dan tidak bisa bekerja lagi.... padahal kerja ginjal adalah membuang zat-zat racun yang sudah ga dibutuhin tubuh lagi lewat urine...

nah, jadi perlu dipahami bahwa cuci darah, bahasa medisnya: hemodialisis, bukan merupakan salah satu cara menyembuhkan gagal ginjal, melainkan cara membuang racun pada orang yang gagal ginjal untuk mencegah komplikasi dari gagal ginjal itu sendiri...

CAPD, Continous Ambulatory Peritoneal Dialisis, sebenarnya merupakan salah satu cara cuci darah juga, namun alatnya bukan mesin hemodialisis yang biasa & yang menyaring itu ada di peritoneal (selaput perut). teknik ini diciptakan untuk meningkatkan efisiensi, karena pasiennya bisa mengerjakan sendiri di rumah dibantu keluarganya, nggak perlu setiap kali ke rumah sakit untuk cuci darah... untuk efektivitasnya dibandingkan hemodialisis yang biasa, aku belum pernah baca referensinya sih.. tapi yang jelas pasien yang CAPD harus bener2 terawat CAPDnya, harus bersih dan pencegahan infeksinya harus benar2 dilakukan...

sekali lagi, gagal ginjal nggak bisa disembuhkan.. karena ginjal ga bisa beregenerasi kaya kalo kulit rusak kan bisa tumbuh lagi, nah kalo ginjal ga bisa...
yang penting sih gimana hidup berkawan dengan gagal ginjal ini & mencegah komplikasi2 yang mungkin terjadi..

Penyakit Gagal Ginjal?
Q. Kakak dari Ibuku menderita Diabetes dan mengakibatkan komplikasi pada ginjal. dan sudah berbulan-bulan menjalani perawatan di rumah sakit dan melakukan cuci darah berulang kali untuk bertahan hidup. karena keterbatasan biaya dokter menyarankan agar dirawat dirumah dan pasrah atas semuanya. Berapa lama orang dapat bertahan hidup dengan ginjal yang sudah tidak berfungsi lagi? baru 2 hari yang lalu dari sekarang dirawat dirumah dan akupun tak tega melihat kondisinya.

A. sebelum nya saya ikt prihatin dan saya doakan lekas sembuh,

Fungsi-fungsi ginjal antara lain :

Menyaring dan membersihkan darah, lebih-kurang 1.3000 ml darah setiap menit mengalir melalui ginjal.
Membuang zat-zat yang tidak berguna dan menyerap kembali zat-zat dan air yang masih berguna untuk tubuh kita.
Mengatur keseimbangan cairan, asam, basa dan garam-garam (elektrolit).
Mengatur tekanan darah (melalui kerja dari enzim Renin dalam Sistem Reningangiotensin-Aldosteron)
Memelihara Kesehatan tulang oleh kerja hormon Kalsitriol bersama kelenjar paratiroid.
Berperan pada proses pematangan sel-sel darah merah melalui hormon Eritropoetin.

Jadi dari fungsi-fungsi ginjal tersebut diatas bila ada orang yang menderita gangguan ginjal/gagal ginjal akan berpengaruh pada berbagai system tubuh yang lain atau yang ada hubungan dengan organ-organ lainnya.

BEBERAPA PENYEBAB PENYAKIT GINJAL

Primer :

* Peradangan Ginjal
* Infeksi ginjal
* Obstruktif ginjal (penyumbatan):

Batu ginjal
tumor ginjal
keracunan
penyakit bawaan
kista ginjal

Gejala-gejala Penyakit Ginjal antara lain :

Badan terasa lemah/cepat lelah
Kulit pucat oleh karena anemia (kurang darah), penumpukan racun Ureum dan Kreatinin.
Tidak atau sulit mengeluarkan keringat sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering.
Pusing-pusing (tekanan darah naik/turun), tengkuk pegal-pegal seperti masuk angin.
Telinga kadang-kadangberdengung.
Mual-mual dan muntah-muntah (yang keluar biasanya hanya cairan)
Perut berbunyi seperti lapar atau masuk angin
Kencing kadang-kadang berdarah (hematuria), mungkin karena goresan batu ginjal atau ada sel-sel ginjal yang mati karena keracunan obat.
Kolik ginjal yaitu rasa nyeri pinggang belakang timbul dan hilang atau terus menerus secara kontinu (mungkin ada batu ginjal).
Kelopak mata dan kaki bengkak. Ketidak mampuan ginjal mengeluarkan cairan atau ada kebocoran ginjal sehingga air merembes ke dalam jaringan lunak (protein darah).
Tidak keluar kencing secara tiba-tiba atau berkurang sama sekali (sedikit). Bisa juga disebabkan oleh pembesaran prostat.
Kencing berbau keras sekali.
Napas berbau tidak enak.
Kadang-kadang kecegukan (hickup) yang berkepanjangan dan lain-lain

Biasanya bila penyembuhan dilakukan dengan baik, maka pasien akan merasakan :

Selesai penyembuhan langsung merasa enteng/mukanya berseri-seri.
Malamnya bisa tidur dengan nyenyak.
Buang air besar dan kecil bisa lancar (berkurang perihnya, terutama kencing).
Bagi pasien yang tidak pernah berkeringat, setelah 2-3 kali penyembuhan, pasien mulai merasakan badannya lengket/berkeringat (ini pertanda ba ik, artinya sebagian pori-pori kulit mulai bekerja dan racun bisa terbuang melalui kulit).
Rasa pegal-pegal di badan mulai berkurang atau hilang sama sekali.
Hasil laboratorium kebanyakan menunjukkan kemajuan yang baik, misalnya: ureum, kreatinin, kadar gula, asam urat dan tekanan darah yang tadinya tinggi mulai menurun, dan HB naik.
Bengkak di kaki, tangan, perut dan pipi biasanya berkurang dan malahan hilang sama sekali.
Rasa gatal-gatal yang berpindah-pindah di seluruh badan hilang.
Napas menjadi lega dan enteng, tidak perlu lagi pakai oxigen lagi.
Rasa mual dan perut berbunyi hilang sama sekali.
Rasa badan betul-betul sehat dan bertenaga serta berkeringat.
Bila penyembuhan Prana dan cuci darah serta diet teratur, kadangkala bila cuci darah sampai 3 kali seminggu, bisa turun jadwalnya menjadi 2 kali seminggu, bahkan tidak tertutup kemungkinan menjadi 1 kali seminggu atau 5 hari sekali.
Bahkan tidak mustahil tidak cuci darah sama sekali, tetapi jangan cepat-cepat berpuas diri, penyembuhan Prana tetap diteruskan, demikian juga dengan diet dan doa diteruskan, serta perlu dinasehati agar jangan terlalu gembira, menghabiskan tenaga baik olahraga maupun bekerja keras, serta bebas makan (waspada

Kesimpulan

Peliharalah ginjal Anda sebaik-baiknya
Bila ada batu ginjal, infeksi dan lain-lain, cepat-cepat periksakan ke dokter ahli atau penyembuh prana yang berpengalaman.
Bila sudah cuci darah agar berdisiplin, berdoa, makan, minum dan berolah raga yang baik.
Bila tidak bisa buang air kecil, cepat-cepat kedokter atau penyembuh prana yang berpengalaman. Bisa disebabkan oleh pembesaran prostat, bisa oleh batu ginjal yang menutup/menyumbat saluran uretr




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment