Wednesday, June 18, 2014

Bagaimana cara mengatasi susah tidur ?

Q.

A. Susah tidur sering menjadi masalah karena akan mengurangi efektivitas dan produktivitas kerja....selain itu, vitalitas dan daya tahan tubuh akan menurun....
Susah tidur bisa dari berbagai sebab, anatar lain stress, banyak pikiran, makan terlalu berat 3 jam sebelum tidur, olahraga sebelum tidur, atau memang punya bawaan insomnia....
Untuk pengobatannya, tentunya dengan menghindari penyebab2 di luar medis, seperti hindari stress, jangan makan makanan yang terlalu berat sebelum tidur, hindari aktivitas tinggi sebelum tidur....
Selain itu, bisa dengan meminum susu hangat kira2 1 jam sebelum tidur, susu hangat akan merangsang produksi hormon melatonin yang mengatur siklus tidur kita....
Jika memang masalah susah tidur diakibatkan oleh insomnia yang berat, obat2an klinik bisa digunakan...
Obat untuk insomnia adalah obat2an yang termasuk golongan hipnotik sedatif, beberapa contoh obatnya adalah Diazepam, Flurazepam, quazepam, Fenobarbital, Zaleplon, Zolpidem...namun penggunaan obat2an ini harus dibawah pengawasan dokter karena jika terjadi penyalahgunaan akan membahayakan nyawa pasien....
Selain obat2an golongan khusus di atas, bisa dengan menggunakan obat yang memiliki efek sedasi, antara lain anti histamin seperti dimenhidrinat, diphenhidramin, CTM, dll....salah satu contoh obat yang ada di pasaran adalah antimo, obat2 flu dan pilek....
Semoga membantu..

susah tidur?
Q. lagi bingung nih karna sering kali susah tidur,,,,,apa obat nya yang tidak ada epek samping nya?

A. susah tidur itu banyak faktornya.. namun sebisanya jgn mengunakan obat2an..
penyebabnya stress ( banyak pikiran ), pengaruh cafein, melewati jam tidur, penyakit susah tidur, kebiasaan mau tidur.
yg paling susah adalah kalo sudah penyakit susah tidur, ini butuh pertolongan dokter.
saya kadang2 juga bisa susah tidur..
ada beberapa tips yg saya mau sharing beberapa sudah di sebutkan ama rekan2 Y!A diatas..
#1. mandi air hangat ( rileks/menghilangkan stress )
#2. minum susu ( menetralkan racun/efek cafein ).
#3. Jika banyak pikiran fokus aja dengan sesuatu.
( baca2 doa, fokus dengan pernafasan, ato hypno terapi )
#4. teratur dengan jam tidur.
( kalo udah sering tidur jam 9-10 yach jgn coba2 tidur jam 12-1 kl benar2 ngak penting ).

apa penyebab susah tidur?
Q. zzzz

A. Biasanya susah tidur diakibatkan stres, perubahan hormon, adanya gangguan atau nyeri tubuh dan pengobatan tertentu. Insomnia yang terjadi dalam tiga malam atau lebih dalam seminggu dalam jangka waktu sebulan dianggap sebagai insomnia kronis. Salah satu penyebab susah tidur adalah depresi.

Penyebab lainnya adalah Artritis, penyakit ginjal, gangguan hati, asma, penyakit parkinson, hipertiroid serta gangguan tidur lain (narkolepsi, sleep apnea). susah tidur juga dipengaruhi faktor perilaku, seperti penggunaan yang salah terhadap kafein, alkohol, melakukan aktivitas malam dan menderita stres yang kronis.

Sedangkan insomnia sesaat disebabkan stres, gangguan lingkungan, suhu yang ekstrim, perubahan lingkungan sekitar, masalah jadual tidur ataupun efek samping pengobatan. Insomnia sesaat (transient dan intermittent) tidak membutuhkan perawatan khusus karena beberapa hari keudian tidur Anda akan kembali normal.

Biasanya penderita susah tidur adalah para senior. Mereka mengalami kesulitan tidur atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Sekitar 12-25 persen orang lanjut usia dilaporkan menderita susah tidur, namun hanya kurang dari 15% yang melakukan terapi.

Beberapa perilaku yang dapat menyebabkan Anda menderita insomnia abadi, yaitu:
* Mengkonsumsi kafein berlebihan
* Minum alkohol sebelum tidur
* Merokok sebelum tidur
* Tidur siang berlebihan di siang atau sore jari
* Gangguan tidur secara berulang atau tidak teratur

Tip tidur nyenyak
* Membuat jadwal tidur
* Melakukan olahraga selama 20-30 menit setiap hari
* Olahraga 5-6 menit sebelum tidur
* Hindari kafein, nikotin dan alkohol
* Relaks sebelum tidur seperti mandi air hangat, membaca atau melakukan kegiatan relaks untuk memudahkan tidur.

,,,___,,,

Tiap malem susah tidur nih. Apa ya obatnya?
Q. menurut kalian, pake obat tidur aman gk?? Trus yg aman, obat tidur merk apa ya???

A. Susah tidur bisa disebabkan oleh beberapa faktor
1. Pikiran
2. Lingkungan, dan
3. Makanan

1. Pikiran
Tenangkan pikiran anda, jangan pikirkan hal-hal yang tidak penting menjelang tidur, hilangkan semuanya, berikan sugesti ngantuk kepada diri anda, dengan memikirkan bahwa anda akan segera tertidur malam ini, anda akan tidur dengan sangat nyenyak dan nyaman. Ingat, jangan biarkan pikiran yang tidak penting menggelanyut di pikiran anda sebelum anda tidur

2. Lingkungan
Putuskan koneksi dan hubungan anda dengan dunia luar satu jam sebelum anda tidur. Pastikan Handphone, Laptop/Komputer, Televisi dan berbagai peralatan elektronik lainnya sudah anda matikan.

3. Makanan
Jangan meminum kopi satu atau dua jam sebelum tidur, karena kafein dapat memicu adrenalin anda dan membuat anda segar dan bersemangat. Semangat tidak diperlukan ketika ingin tidur :)

Sayangi ginjal dan hati anda, jangan langsung sebentar-bentar "Minum Obat"

Obat tidur yang baik menurut saya adalah susu putih murni tanpa gula dan low fat, rendah lemak

Sekian

Bagaimana cara mengatasi penyakit insomnia (susah tidur) . . ? ?
Q.

A. Tips Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

1. Olahraga teratur
Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
2. Kurangi konsumsi kaffein
Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.
3. Perhatikan waktu makan
Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.
Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.
4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur
Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.
Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.
5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur
Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
6. Tempat tidur hanya untuk tidur
Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, âalarmâ di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
7. Jernihkan pikiran
Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment