Wednesday, June 18, 2014

apakah cacing kalung ada hubungannya dengan TBc?

Q.

A. TBC tidak ada hubungan dengan cacing kalung


TBC adalah penyakit yang menyebabkan kematian terbesar kedua di Indonesia. Gejala yang ditimbulkan antara lain gangguan pernafasan seperti sesak nafas, batuk sampai berdarah, badan tampak kurus kering dan lemah. Penularan penyakit ini sangat cepat karena ditularkan melalui saluran pernafasan.

Selain manusia satwapun dapat terinfeksi dan menularkan penyakit TBC melalui kotorannya. Jika kotoran satwa yang terinveksi itu terhirup oleh manusia maka membuka peluang manusia akan terinveksi juga penyakit TBC. Penyakit Tuberculosis bersifat menahun atau berjalan kronis, sehingga gejala klinisnya baru muncul jika sudah parah.

Satwa yang punya potensi besar menularkan penyakit TBC ke manusia adalah primata, misalnya orangutan, owa dan siamang

Mengapa obat TBC harus 6 bulan?
Q. Obat TBC, pil berwarna merah besar, diberikan kepada pasien selama 6 (enam) bulan. Mengapa harus sebegitu lama mencapai 6 bulan? Mengapa pula diberikan secara cuma-cuma alias gratis di Puskesmas?

A. TBC (tuberculosis) merupakanpenyakit paru yang disebabkanoleh kuman mycobacterium tuberculosis. Mycobacterium tuberculosis merupakan jenis bakteri tahan asam , bakteri ini sulit untuk ditembus antibiotik. Obat yang diberikan selama 6 bulan tersebut merupakan kombinasi dari antibiotik, tujuan pemberian antibiotik dengan jenis bermacam2 adalah untuk mencegah terjadinya resistensi dari satu mcam antibiotik, kenapa diberikan dalam 6 bulan? karena bakteri tersebut sulit untuk d bunuh, pada 2 bulan pertama pemberian obat telah membunuh sebagian besar bakteri namun masih ada bkteri yang hidup, oleh karena itu dilanjutkan 4 bulan berikutnya. TBC merupakan penyakit menular,ditularkan melalui droplet (air liur yang sangat kecil) yang terhirup. satu orang penderita TBC dapat menularkan 10 orang,,oleh karena itu bila TBC tidak diobati maka akan sangat banyak orang yang terinfeksi TBC, oleh karena itu program pemerintah menggratiskan obat TBC. Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke3 sedunia penderita TBC setelah India dan cina.

apa dampak penyakit tbc pada sistem pernafasan ?
Q.

A. TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosa, pada penderita TBC saluran pernapasan bakteri ini ditemukan pada cairan paru atau organ organ pernapasan, jika ditemukan dalam cairan paru bakteri ini akan menyebabkan penipisan dinding organ dan berkembang biak menjadi banyak menyebabkan paru-paru berusaha melawan reaksi bakteri dengan terus menerus memproduksi lendir yg semakin hari semakin banyak dan mengental sehingga oksigen yg masuk dan keluar dari dan ke dalam paru-paru akan terhambat menyebabkan sesak napas, atau batuk. batuk dapat terjadi karena bakteri berkoloni pada bagian tenggorokan dan bagian percabangan bronkus menyebabkan permukaan jaringan menjadi kering, sehingga tubuh berusaha melumasi bagian tsb dengan terus memproduksi lendir. Sehingga semua sistem pernapasan akan terganggu, paru-paru akan penuh dengan cairan lendir sehingga membengkak dan tenggorokan menjadi terasa kering. jika bakteri ini semakin banyak berkoloni jaringan pada organ-organ akan mengalami infeksi dan meradang.

Tbc paru dan pengobatannya?
Q.

A. Karena saya dokter,saya jawab dari segi medis.
Penyebab tbc adalah kuman : mycobacterium tuberculosa.
Jadi ada kuman/bakterinya. Kumannya ini bandel, tahan hidup berbulan2 di tempat lembab. Menular lewat udara, nafas..
Di tempat terbuka dia Mati kok, di bawah sinar ultra violet matahari.
Obat tbc paru :
sangat khusus dan spesial. 4 macam antibiotik: (saking bandelnya kuman TBC)
Diminum selama 6 bulan, tanpa boleh terlupa 1 hari pun..kl lupa 1 hari saja, kuman bandel tsb beresiko besar ga mempan pengobatan. Shg pasien tb paru yg lupa obat.
Harus ulang pengobatan 6 bulan dr awal plus ditambah obat suntikan di pantat (slm 2-3 bulan, tiap hari pantatnya disuntik antibiotik tambahan) sambil tetap tiap hari harus minum obat tbc yg isinya 4 macam antibiotik itu..
Jadi TBC penyakit sgt serius..anda jangan main2..
Bisa sembuh.tp butuh disiplin minum obat. Itu saja intinya.
Semoga lekas sembuh

Apa itu TBC Kelenjar & Bagaimana ciri-cirinya? ?
Q. Ada benjolan pada bagian blkg leher kanan dn kiri anak saya yg berumur 5 bln. Saya khawatir kalau itu TBC Kelenjar. Terimakasih atas penjelasannya.

A. TBC kelenjar itu merupakan infeksi kuman TBC pada kelenjar getah bening,,, kelenjar getah bening itu banyak terdapat di leher,, sehingga biasanya gejalanya itu ada pembengkakan bulat ,tidak sakit , dan biasanya lebih dari satu di daerah leher.
jadi TBC kelenjar itu merupakan penyebaran dari paru2, pada anak2 biasanya gejala batuk tidak terlalu menonjol namun biasanya pada anak2 yang terkena TBC pertumbuhan dan perkembangan nya terlambat,, anak menjadi kurus , lemah...
anak biasanya tertular dari orang dewasa,,,
untuk diagnosa harus dilakukan pemeriksaan pada kelenjarnya trsbt,, dan di foto rontgen...

sebaiknya cepat diperiksakan karena bila positif tbC maka dapat diobati dengan baik sehingga tidak menimbulkan keterlambatan dalam perkembangannya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment