Friday, June 6, 2014

perlu informasi soal penyakit bronchitis pada anak??????dan cara pengobatannya?

Q. hallo semua....
bayi saya baru berusia 7 bulan,,oleh doc dia di vonis menderita bronchitis berdasarkan hasil ronsen dan tes darah dan sekarang setiap hari diharuskan meminum obat rimcure setiap pagi sebelum makan selama 6 bln,,apa ada yg tau makanan apa aja yg bagus untuk bayi penderita bronchitis? atau hal lain yg bisa memperbaiki keadaannya,,terima kasih untuk jawabannya//////

A. Dear Ferra,


Kalau dilihat dari jenis obat dan diagnosa yang dilakukan bronchitis (radang saluran pernapasan) yang dideritanya kemungkinan besar adalah tuberkulosis. Rimcure sendiri adalah kombinasi obat-obatan untuk terapi tuberkulosis yang memang harus dikonsumsi dalam jangka waktu minimal 6 bulan (nonstop) untuk menghindari terjadinya resistensi.

Ada beberapa hal tambahan yang mungkin bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi:
1. Atur posisi tidurnya sedemikian sehingga pernapasannya tidak terganggu karena terhalang lendir / ingus yang menghalangi jalur pernapasan.
2. Berikan ruangan tempat tidurnya cahaya dan ventilasi yang cukup.
3. Untuk mencegah penularan antar anggota keluarga, ada baiknya tempat tidurnya dipisahkan dari tempat tidur anggota keluarga yang lain.
4. Coba diagnosa apakah ada keluarga / pembantu di rumah anda yang mengidap tuberkulosis, bila ada harus cepat ditangani, daripada nanti bisa berpotensi menular.
5. Kuatkan sistem imunnya, misalnya dengan Stimuno, juga keluarga anda agar tidak tertular, dan mempercepat proses penyembuhan.


Cepat sembuh ya

antibiotik yang menggunakan rifampin contoh penyakitnya apa aja?
Q. pengertian rifampin itu sendiri apa?

A. Rifampin adalah nama paten obat, nama generiknya adalah rifampisina , sejenis antibiotika untuk infeksi tuberkulosis.
Rifampin mengandung rifampisina 450 mg dalam tiap kapsulnya.

Indikasi pemberian rifampisina adalah untuk infeksi mikobakterial : tuberkulosis semua bentuk (pulmonal dan ekstrapulmonal), lepra, maupun infeksi disebabkan kuman yang peka terhadap rifampisina..

Penggunaan rifampisina untuk pengobatan tuberkulosis (mis tbc, tb usus, tb tulang, meningitis, dll) harus dikombinasikan dengan jenis antituberkulosa yang lain, biasanya isoniazida dan etambutol.
Pada penyakit lepra pemakaian rifampisina dikombinasikan dengan dapsone dan klofazimin.
Lama pengobatan tergantung dari jenis penyakit dan respon tubuh, minimal 6 bulan.

semoga membantu............

pengertian TBC pelvic,dan kenapa penderita ini tidak boleh menggunakan ayudi?
Q.

A. TBC pelvic atau TBC panggul
Tuberkulosis adalah infeksi bakteri kronis, yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis, yang paling umum mempengaruhi paru-paru tetapi dapat mempengaruhi organ lain termasuk yang di panggul. Infertilitas, nyeri pada panggul, masalah periode dan kesehatan umum yang buruk dapat disebabkan oleh TBC panggul. Diagnosis biasanya dapat ditentukan dengan histopatologi Kombinasi khusus anti-tuberkulosis yang diperlukan untuk beberapa bulan. Ini dapat ditemukan selama penyelidikan infertilitas pada beberapa perempuan.

apakah penyakit tbc dapat menyebabkan kerusakan pada otak?bagaimana prosesnya?
Q.

A. Ketika kuman TB yang namanya mikrobakterium tuberkulosis itu masuk ke dalam tubuh lewat droplet udara, yang pasti akan masuk ke dalam paru2 dulu.

Setelah itu mekanisme pertahanan tubuh kita dari limfa yang namanya makrofag akan memakan bakteri TB. Tapi bakteri ini bandel karena sifatnya yang basil tahan asam sehingga ada bakteri yang habis di makan dan ada yang juga malah hidup dalam makrofag (bakterinya makan dari makrogfag lah). Nah bakteri dalam makrofag tersebut membentuk namanya granuloma.Granuloma ini disimpan dalam pembuluh limfa..Kemudian dapat tersebar ke seluruh tubuh apabila daya tahan tubuh menurun, menyebar secara limfogen (artinya menyebar melalui pembuluh limfe).

Granuloma ini bisa ke kulit, usus, ke paru lagi, otak, dan bagian tubuh yang lainnya. Kalau di otak biasanya menyerang selaput otak (meningen) itu makanya dikenal ada penyakit meningitis TBC (peradangan selaput otak karena kuman TB). Semoga membantu.

dada kanan saya sejak semalam sakit tepatnya agak bawah dari tulang dada, kalo buat tarik nafas juga senut2?
Q.

A. Nyeri dada bisa merupakan tanda dari penyakit paru atau jantung. Untuk paru ada beberapa penyakit yang mempunyai tanda dan gejala nyeri dada, yaitu tuberkulosis, radang paru (pneumonia), efusi pleura (terdapatnya cairan di rongga pembungkus dada) dan tumor paru. Nyeri dada pada penyakit -penyakit tersebut karena adanya keterlibatan saraf pada daerah yang sakit.

Paru-paru basah atau radang paru adalah penyakit pada parenkim paru (pneumonia), penyakit ini bersifat akut dan kalau dibiarkan bisa berakibat fatal. Radang paru bisa disebabkan oleh bakteri (mikroorganisme), virus seperti virus flu burung, SARS dan lainnya, parasit seperti jamur. Tuberkulosis sebenarnya termasuk dalam kategori pneumonia tetapi karena kumannya spesifik sehingga menjadi terminologi tersendiri.

Microorganisme infeksi atau benda-benda asing yang masuk menyerang paru-paru dan membuat radang pada kantong-kantong udara. Karena peradangan cairan masuk kedalam rongga alveoli paru, disebut juga konsolidasi. Ketika terjadi infeksi secara cepat menyebar melalui aliran darah keseluruh tubuh. Penyakit pneumonia dapat juga terjadi karena aspirasi kandungan lambung, air atau iritasi yang lain.

Faktor-faktor risiko tinggi terkena pneumonia adalah infeksi saluran nafas atas, usia lanjut, alkoholisme, rokok, kekurangan nutrisi dan penyakit kronis menahun. Gejala yang sering timbul pada penyakit pneumonia adalah:

- Demam mendadak, yang di sertai dengan gemetar dan menggigil

- Nyeri dada/ sesak nafas (sakit waktu bernafas)

- Sakit kepala dan anggota badan terasa sakit.

- Batuk yang mula-mula kering dan sakit, tetapi kemudian menghasilkan sputum (dahak) tebal yang bercampur dengan darah.

Diagnosis radang paru selain dari tanda dan gejala juga bisa melalui gambaran foto toraks dengan terlihatnya gambaran radang di paru selain itu dari pemeriksaan dahak ditemukan adanya kuman. Penatalaksanaan untuk radang paru atau paru-paru basah tergantung dari macam penyebab dan karena umumnya disebabkan oleh bakteri maka diberikan antibiotik yang sesuai dengan kuman penyebab.

Sedangkan efusi pleura adalah terdapatnya cairan di dalam rongga pembungkus paru atau pleura. Di pleura ini banyak terdapat saraf sehingga bila terdapat cairan atau infeksi yang akan dirasakan adalah nyeri dada pada daerah yang sakit terutama saat menarik napas, batuk ataupun bersin. Gejala dan tanda lain yaitu sesak napas terutama bila cairan memenuhi seluruh rongga toraks.

Efusi pleura bisa disebabkan oleh berbagai penyakit seperti tumor paru, infeksi, jantung, hati serta ginjal. Penatalaksanaan untuk efusi pleura tergantung dari penyebabnya dan bila sesak napas karena cairan terlalu banyak bisa dilakukan evakuasi cairan melalui jarum atau slang. Gejala yang ibu derita bisa diakibatkan oleh berbagai macam penyakit di atas atau bisa juga karena nyeri otot.

Untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya dilakukan pmeriksaan foto toraks dan pemeriksaan dahak. Selain dari penyebab di paru, nyeri dada juga bisa diakibatkan oleh penyakit lain seperti jantung terutama bila nyeri di daerah dada sebelah kiri. Penggunaan kipas angin yang langsung menghadap ke dada ataupun tidur di lantai tidak berhubungan dengan timbulnya radang paru karena seperti yang telah disebutkan di atas, radang paru disebabkan oleh kuman dan kuman akan mudah masuknya bila kondisi tubuh sedang menurun.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment