Sunday, June 15, 2014

penyakit darah tinggi dan darah rendah ?

Q. tolong juga jelaskan penyebab penyakit,gejalanya,pencegahan,serta pengobatannya.Dan juga bagaimana mekanisme yang terjadi pada sistem peredaran darah penderita penyakit darah tinggi dan darah rendah.
Terima kasih.

A. darah tinggi atau darah rendah terjadi disebabkan tidak lancar-nya aliran darah.
1.Darah tinggi
Penyakit darah tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

Nilai normal tekanan darah seseorang dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG. Dalam aktivitas sehari-hari, tekanan darah normalnya adalah dengan nilai angka kisaran stabil. Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat diwaktu beraktifitas atau berolahraga.

Bila seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan tidak mendapatkan pengobatan dan pengontrolan secara teratur (rutin), maka hal ini dapat membawa si penderita kedalam kasus-kasus serius bahkan bisa menyebabkan kematian. Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan jantung seseorang bekerja extra keras, akhirnya kondisi ini berakibat terjadinya kerusakan pada pembuluh darah jantung, ginjal, otak dan mata. Penyakit hypertensi ini merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung (Heart attack).

PENYEBAB
1.MAKANAN
makanan yang sukar larut sehingga dapat membuat sumbatan
contoh :saging,jeroan,gajih,dll
2. OBESITAS
orang yang beratnya luar biasa rentan terkena penyakit tersebut

OBAT HERBA
1.bawang putih tunggal
2.blobong wuluh
3.apel malang
4.timun

apa Pengaruh Darah Tinggi yaaaa.?
Q. saya sering merasakan dibagian ujung kaki tepatnya telapak kaki bagian atsa sekitar persendian, Terasa sakit nyeri dan untuk menopang badan saat jalan terasa nyeri, dah periksa ke rumah sakit tak ditemukan penyebabnya, // trus ke toko obat, katanya Asam urat, di berikan obat untuk asam urat, kadang sembuh kadang juga nggak mempan,

tolong bisa bantu apa penyebab dan obatnya ?
Thank.s

A. Hipertensi (tekanan darah tinggi) terjadi ketika seseorang memiliki nilai tekanan darah 140/90 mmHg ke atas.

Jika tekanan darah antara 120/80 mmHg dan 139/89 mmHg, seseorang bisa disebut menderita pra-hipertensi.

Kondisi ini amat berbahaya bagi tubuh karena akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras.

Bukan itu saja, hipertensi bisa memicu aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung koroner dan stroke.

Hipertensi diderita banyak orang. Sekitar 2 dari 3 orang di atas usia 65, menderita penyakit ini.

Faktor risiko hipertensi

Berikut adalah faktor risiko (pemicu) hipertensi:

Hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi)
Merokok
Diabetes mellitus
Kegemukan
Kurang olahraga
Lanjut usia (55 tahun untuk pria dan 65 untuk wanita)
Memiliki riwayat keluarga dengan penyakit koroner di bawah usia 65 bagi perempuan dan di bawah usia 55 tahun bagi laki-laki.

Pengaruh hipertensi pada tubuh

Hipertensi dapat berdampak negatif terhadap banyak organ tubuh. Berikut adalah organ-organ yang terpengaruh oleh hipertensi:

1. Otak

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab utama dari stroke. Hal ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak serta menyebabkan perdarahan internal otak.

2. Jantung

Arteri membawa darah dan oksigen ke jantung. Jika jantung tidak cukup oksigen, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

3. Ginjal

Ginjal adalah filter tubuh yang membersihkan darah dari bahan-bahan tidak berguna. Hipertensi dapat merusak jaringan ginjal. Hal ini akan menyebabkan produk limbah menumpuk di dalam tubuh.

4. Mata

Hipertensi dapat memengaruhi pembuluh mata. Daya penglihatan dapat berkurang secara bertahap yang dapat berujung pada kebutaan.

apa penyebab tekanan darah tinggi dan bagaimana mencegahnya?
Q.

A. Penyebab Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat Anda kendalikan. Ada juga yang dapat Anda kendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi. Beberapa faktor tersebut antara lain:

*
Keturunan
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
*
Usia
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
*
Garam
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.
*
Kolesterol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin. Untuk tips mengendalikan kolesterol, silahkan lihat artikel berikut: kolesterol.
*
Obesitas / Kegemukan
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.
*
Stres
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.
*
Rokok
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.
*
Kafein
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.
*
Alkohol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
*
Kurang Olahraga
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.



Mencegah dan Mengatasi Darah Tinggi

Untuk mencegah darah tinggi bagi Anda yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka saran praktis berikut ini dapat Anda lakukan:

* Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
* Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
* Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
* Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
* Makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
* Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
* Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
* Kendalikan kadar kolesterol Anda.
* Kendalikan diabetes Anda.
* Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

mengobati laju endap darah tinggi?
Q.

A. Laju Endap Darah adalah kecepatan darah mengendap ketika diletakkan di dalam tabung khusus. Biasanya terjadi paling sering pada keadaan adanya infeksi (oleh kuman maupun non kuman), juga pada keadaan lainnya. Istilah yang sesungguhnya adalah inflamasi (arti luas).

Bagaimana cara mengobatinya? Bergantung pada penyebabnya. Jika itu infeksi, maka minum obat pembunuh kuman (antibiotik, antifungi atau antivirus) secara tuntas, biasanya minimal 7 hari tergantung jenis kuman. Kalau tbc, bisa minimal 6 bulan.

Sedangkan non infeksi, paling sering menggunakan istilah inflamasi (dalam artian sempit). Ini dijumpai pada penyakit degenratif, misalnya rematik, kecing manis, hipertensi dll. Yang paling sering mencetus inflamasi adalah paparan dalam kehidupa sehari-hari. Makanan yang salah atau tercemar, udara tercemar polutan, kulita terpapar benda asing dll.

Untuk mengatasinya ya jauhi sumbernya. Misalnya itu makanan, maka dapat dipakai pedoman diet sesuai golongan darah. Karena sesungguhnya diet golongan darah itu dasarnya adalah membantu mengatasi inflamasi. Juga jauhi semua polutan udara apalagi asap rokok dan berbagai pembakara termasuk panggangan makanan, pewangi ruangan dll.

Perbanyak suplemen minyak ikan dan asam folat serta berbagai antioksidan.

SELAMAT MEREDAKAN INFLAMASI

Bagaimana cara turunkan atau menormalkan darah tinggi?
Q.

A. Halo saudara Cimplux....... Saya pernah darah tinggi juga, lama sekali saya mengalami penyakit itu, Apa lagi memang dari keturunan saya banyak yang mengalami ini, sampai stoke dan jantungan.

Yang sudah saya lakukan dulu, diet Garam, tidak ngopi, tidak makan daging,dan mahluk air yang tidak bersirip ( udang, cumi, kerang dsb ), tidak makan gorengan / yang ber minyak / berlemak dan banyak lagi. sampai saya menjadi VEGETARIAN tulen
Yang saya perbanyak, makan timun, melon, semangka, jus sledri, teh hijau dan banyak sayuran. juga berbagai obat herbal, Pil bawang putih dan ramuan cina.
Menghindari stres, olahraga ringan dan teratur, banyak relaksasi

TETAPI......... Darah tinggi saya masih tetap ada saja.walaupun
sebenarnya tidak berpengaruh pada aktivitas saya. ( cuma saya takut bila tidak di tangani sejak dini, akan menjadi stroke mendadak seperti beberapa saudara saya. )

Sampai akhirnya saya iseng-iseng ke dokter kenalan saya, dan anjurkan dokter untuk periksa darah, Meliputi kolesterol total, Trigliserida, HDL colesterol ( kolesterol baik) dan LDL colesterol. ( kolesterol jahat )
Ternyata TRIGLISERIDA saya Tinggi sekali, sedangkan total kolerterolnya cenderung tinggi tidak pakai sekali, demikian juga dengan LDL nya.
Akhirnya saya di beri obat berupa pil ( harga murah ), yang saya minun sampai 5 hari, dalam waktu 3 hari sudah ada perasaan enak di kepala saya yang biasanya berat. setelah di tensi lagi ternyata tekanan darah saya sudah NORMAL. dan saya saat ini bukan orang vegetarian tulen, tapi tetap membatasi makanan yang saya sebut di atas. sesekali saya juga masih minum kopi.
Memang makanan yang saya sebut diatas berpengaruh pada kondisi tekanan darah kita, tapi tidak dapat untuk menyembuhkan hanya mendukung saja. Akan berpengaruh bila di konsumsi dalam waktu yang relatif lama, setelah terjadi akumulasi yang memadai.

Dan saya tidak menyebut nama obat / pil yang saya minum, karena ini harus sesuai keadaan / kondisi anda sendiri (harus dg resep dokter ), Bila asal minum bisa berakibat FATAL seperti saudara saya yang niru keberhasilan saya. Makanya segera hubungi dokter untuk minta rekomendasi periksa darah ke Lab medis..Dulu saya hanya ke dokter umum, bukan spesialis.
Moga membantu




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment