Sunday, June 8, 2014

mengapa bisa timbul sariawan? apa sebabnya?

Q. aku plg benci tuh ama sariawan. seringnya sih timbul gara2 luka, tapi knp kok bisa gitu?? gimana sih prosesnya? gimana cara mencegahnya?

mksh ya atas semua jawabannya yg masuk akal!!

A. Sariawan ( atau disebut juga aphtous stomatitis, canker sore, aphtous ulcer) adalah bercak luka di mulut (bibir, lidah, dinding pipi bagian dalam) berwarna putih atau kekuningan di bagian tengahnya dan kemerahan pada bagian tepi dan sekitarnya.

Berdasarkan ukurannya (luka), sariawan terbagi menjadi 3 jenis:

Sariawan minor (minor aphthous ulcers, minor sores) adalah sariawan berukuran 1 mm-1cm, merupakan jenis terbanyak (80%). Tidak begitu nyeri dan sembuh sendiri dalam 1 minggu. Jenis ini biasanya tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Sariawan mayor (mayor sores, mayor ulceration), berukuran lebih dari 1 cm, nyeri dan penyembuhannya memerlukan waktu 10-30 hari bahkan adakalanya lebih sebulan. Kadang menyisakan bekas luka setelah sembuh. Angka kejadian sekitar 10%.

Herpetiformis ulcer (sekitar 10%), merupakan jenis yang paling nyeri dengan ukuran sekitar 1 mm-3 mm. Lebih sering dijumpai pada wanita dewasa (bukan berarti yang pria enggak lho) dan biasanya sembuh tanpa bekas dalam seminggu (kadang lebih lama juga sih). Hee hee

FAKTOR PENYEBAB

Hingga kini, penyebab sariawan belum diketahui. Beberapa faktor pencetus timbulnya sariawan diantaranya:

> Infeksi oleh mikro organisme (bakteri, jamur, virus)
> Rudapaksa, misalnya tergigit, luka karena sikat gigi, gigi palsu, dll.
> Pengaruh makanan tertentu (dapat diketahui oleh yang bersangkutan dengan mengamati makanan tertentu pencetus timbulnya sariawan), makanan terlalu panas, merokok, dll.
> Sekitar 20 % ditengarai karena kekurangan vitamin (vit C, vit B12) dan mineral (zat besi, asam folat).
> Faktor psikis (stress), terutama terkait dengan beban pekerjaan (disadari ataupun enggak), kurang tidur.
> Obat-obatan tertentu (misalnya golongan non steroid anti inflamasi)
> Faktor hormonal (terutama terjadi sebelum menstruasi)
> Penyakit-penyakit auto-imun (sangat jarang)

PENGOBATAN

Sebagian besar sariawan sembuh sendiri, karenanya pengobatan hanya untuk mengurangi keluhan, kecuali jika ada infeksi sekunder ke jaringan sekitarnya. Obat-obat yang lazim digunakan, antara lain:

1. Analgesik lokal (tablet hisap atau obat kumur), misalnya Benzydamine (Tanflex, Tantum). Tablet hisap dapat digunakan setiap 3-4 jam (maksimum 12 tablet perhari) hingga sembuh (maksimum 7 hari). Sedangkan obat kumur digunakan berkumur selama 1 menit, setiap 3 jam hingga sembuh (maksimum 7 hari)

2. Anestesi lokal ( cairan atau gel oles), misalnya Lidokain, benzokain, dioleskan pada sariawan (sering dioleskan karena efek anestesi berlangsung singkat).

3. Antiseptik (obat kumur), misalnya iodin povidon (bethadin, septadine, molexdine), klorheksidin (minosep), heksetidin (bactidol, hexadol).

4. Kortikosteroid, misalnya: triamsinolon (ketricin, kenalog in orabase), dioleskan 2-3 kali sehari sesudah makan (maksimal 5 hari).

Produk lain yang cukup dikenal adalah policresolen (albothyl) konsentrat *jangan keliru ovula lho*. Obat ini bersifat hemostatik lokal dan kauter. Periiihhh, sampai-sampai mbrebes mili, tapi cepat menanggulangi sariawan. Hihihi.. PT. Pharos tambah laris manis euy ⦠:P

Tatacara penggunaan masing-masing jenis obat, silahkan baca aturan pakainya. Mengingat bahwa sebagian besar sariawan sembuh sendiri, maka pengobatan untuk mengurangi keluhan (simptomatis) dapat dilakukan sendiri.

Adakalanya sariawan memerlukan pengobatan dokter pada kondisi berikut:

> Sariawan yang tidak kunjung sembuh setelah diobati sendiri hingga seminggu.
> Sariawan berulang ataupun sariawan yang berlangsung lebih dari 2-3 minggu.
> Dijumpai keluhan lain, misalnya: luka pada organ lain (organ genital, mata), bercak-bercak merah di kulit, diare berulang, dll.

TIPS PENCEGAHAN DAN PERAWATAN

> Gunakan sikat gigi berbulu halus untuk mencegah luka di mulut.
> Gunakan gigi palsu yang nyaman dan sesuai untuk menghindari trauma.
> Mengurangi makanan pedas, makanan terlalu panas, minuman ersoda dan makanan bertepi tajam.
> Mengamati faktor-faktor pencetus timbulnya sariawan, terutama pada sariawan berulang (Recurrent aphthous stomatitis) sehingga dapat menghindarinya.
> Menjaga kebersihan mulut dan gigi.
> Baca aturan pakai setiap jenis obat sariawan.

Semoga bermanfaat ...

Silahkan baca artikel yg udah saya tulis pada link berikut:
http://cakmoki86.wordpress.com/2009/02/04/sariawan/

âObat Alami Untuk Sariawan?
Q. >Apa obat alami untuk sariawan? Menyiksa banget nih.

A. Sariawan adalah tukak kecil, dengan dasar berwarna keputih-putihan, yang terjadi pada lidah, bibir, atau gusi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri.
Sariawan disebabkan oleh kurangnya zat besi, vitamin B12, vitamin C, tetapi dapat juga timbul karena stress, atau tergigit oleh gigi ketika makan.
Pengobatan (Pilih salah satu ramuan obat herbal sariawan di bawah ini):

Ramuan Tanaman obat herbal sariawan 1 :
Rebus 5 lembar daun sirih segar dengan air secukupnya. kemudian air rebusanya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Tanaman obat herbal sariawan 2 :
30 gram daun ketepeng cina direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Tanaman obat Tradisional sariawan 3 :
Daun kembang merak secukupnya direbus dengan air secukupnya kemudian airnya digunakan untuk berkumur-kumur.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Tanaman obat Tradisional sariawan 4 :
3 jari asam jawa (dibuang bijinya) dan gula merah secukupnya rebus dengan air secukupnya. Rebusan disaring, airnya diminum selagi hangat.
Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari.

Ramuan Tanaman obat Tradisional sariawan 5 :
30 gram daun kembang sepatu dicuci bersih, potong-potong, lalu seduh dengan 100 mL air mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring.
Pemakaian : Minum 3 kali sehari, masing-masing 100 mL.

Ramuan Tanaman obat Tradisional sariawan 6 :
Cuci bersih 20 gram kunyit yang telah diiris-iris, 20 gram asam jawa tanpa biji, dan 20 gram daun saga segar. Potong-potong semua bahan, lalu seduh dengan 500 mL air hingga tersisa 200 mL. Setelah dingin saring.
Pemakaian : Minum 2-3 kali sehari

Ramuan Tanaman obat Tradisional sariawan 7 :
Cuci bersih 3 lembar daun sirih, kunyah sampai lumat dan biarkan di dalam mulut beberapa menit.
Pemakaian : Telan air hasil mengunyah dan buang ampasnya. Lakukan 3 kali sehari.

Read more about Obat Herbal dan Obat Tradisional Sariawan | Pusat Obat Herbal, dan Tanaman Obat Tradisional Berkualitas by www.tanaman-obat.com

apa penyebab sariawan?
Q. saya sedang sakit sariwan nich. penyebabnya apa aja dan cara mengatasinya gimana?

A. *. Adanya Jamur dan Bakteri Penyebab Sariawan
Bakteri penyebab sariawan sangat mudah masuk melalui makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi. Jika kita tidak sering membersihkan rongga mulut secara teratur bakteri akan mudah berkembang biak di dalam mulut. Biasanya bakteri akan menempel di rongga mulut, kemudian akan menyebabkan peradangan.
Cara mengatasinya : Sikat gigi secara teratur, bersihkan lidah dan gunakan obat kumur untuk membunuh kuman jahat dalam mulut. Apabilakeadaan sudah sangat parah biasanya oleh dokter gigi akan diberikan antibiotik dosis tinggi (harus dikonsultasikan dengan dokter).
*. Imunitas Tubuh yang Terganggu Biasanya ketika seseorang lambungnya panas, akan muncul sariawan di lapisanlendir mulut yang disertai dengan nafas panas dan berbau tidak sedap. Seringkali dijumpai pula gejala tenggorokan terasa kering. Kebanyakan orang awam menyebut kondisi ini panas dalam .
*. Kurangnya Asupan Nutrisi Kurangnya asupan nutrisi berupa Vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi juga memacu timbulnya sariawan. Biasanya gejalanya tidak hanya sariawan, namun disertai juga dengan bibir pecah-pecah atau gusi yang mudah berdarah. Cegah timbulnya sariawan dengan melengkapi asupan nutrisi sehari-hari.
*. Penyebab Eksternal Lainnya
Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga bertanggung jawab atas munculnya sariawan. Beberapa penyebab sariawan yang paling umum adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa memperngaruhi timbulnya sariawan.

Salah satu obat alami untuk mengatasi sariawan adalah daun sirih. Hal ini disebabkan oleh daun sirih yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat membunuh kuman. Nah, caranya adalah seperti berikut ini:
*. Merebus terlebih dahulu daun sirih tersebut yang diberi sedikit garam, kemudian Anda bisa berkumur dengan air rebusan tersebut.
*. Anda bisa mengunyah langsung daun sirih tersebut.
Daun sirih namun tanpa tembakau bisa bermanfaatuntuk mengatasi bukan hanya sariawan tetapi jugagusi berdarah dan bahkan masalah bau mulut. Selain dengan cara tersebut, Andajuga busa mengoleskan madu untuk melemaskan kulit kering akibat sariawan pada mulut.

bagaimana cara mengurangi sariawan?
Q.

A. Faktor penyebab munculnya sariawan antara lain luka tergigit, mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Cara mengatasinya antara lain sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin B, C dan zat besi, serta banyak minum air putih. Sariawan dapat diredakan dengan menggunakan beberapa jenis obat, baik dalam bentuk salep (yang mengandung antibiotika dan penghilang rasa sakit), obat tetes, maupun obat kumur, bahkan saat ini sudah banyak tersedia pasta gigi yang dapat mengurangi terjadinya sariawan.

Sariawan umumnya akan sembuh dalam waktu 4 hari. Namun, bila tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, karena hal itu dapat menjadi gejala awal adanya kanker mulut.

Obat sariawan yang manjur apaan ya?
Q.

A. Penyakit sariawan (chanker sores,
ulkus aftosa) memiliki nama yang
bermacam-macam sesuai dengan
jenis dan penyebab dari sariawan.
Sariawan disebabkan oleh berbagai
faktor, antara lain bakteri, jamur,
alergi makanan, asam lambung,
kurang vitamin, fisik: tergigit, digigit
dll. Obat sariawan pun beraneka
ragam dari yang tradisional sampai
yang modern. Secara medis obat
sariawan yang sering digunakan
adalah anti histamin, steroid, anti
jamur, anti bakteri, vitamin c.
Bentuk kemasan pun beraneka
ragam: tablet, tablet hisap, larutan,
sachet, dll. Kita mungkin sudah
mengenal obat-obatan untuk
sariawan yang dijual bebas di
pasaran yang mengandung zat
tertentu, antara lain mengandung:
1. Povidon Iodida
2. Heksetidin
3. Mikonazol
4. Dekualinum
5. Gentian Violet
Dan memang zat-zat yang
disebutkan diatas sangat bermanfaat
khususnya bagi penyembuhan
sariawan, tapi ingat ada efek
sampingnya dan tentu saja harus
mengeluarkan uang yang lumayan
gede.
Nah Disini saya coba meringkas
beberapa obat tradisional untuk
menyembuhkan sariawan yang
ramah lingkungan dan bersahabat.
1. Jambu Air
Kulit batang jambu air kira2 10 gr
(yg masih muda), dicuci &
ditumbuk halus ditambah setengah
gelas air matang dan disaring. hasil
saringan digunakan berkumur.
2. Saga
Di beberapa daerah, Saga memiliki
nama yang berbeda. Orang Jawa
menyebutnya Saga telik atau Saga
manis. Di Aceh disebut Thaga,
Sunda menyebutnya Saga areuy
atau saga leutik. Sedangkan di
Gorontalo namanya Walipopo.
Piling-piling nama lokal Saga di Bali.
Dan sederet nama daerah lainya
seperti; Seugeu (Gayo), Ailalu pacar
(Ambon); Saga buncik, Saga ketek
(Minangkabau), Kaca (Bugis).
Adapun caranya adalah ambil daun
saga secukupnya. Daun saga yang
baru dipetik, sebaiknya dijemur
beberapa menit agar layu. Lalu,
daun saga bisa dikunyah-kunya
sampai halus untuk berkumur
3. Air Kelapa
Air Kelapa, lebih baik lagi Air Kelapa
Hijau. Air kelapa mengandung
berbagai vitamin, dan mineral yang
sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.
Nah Sekarang tinggal pilih mau yang
tradisional atau yang modern,
terserah anda. tapi selamat
mencoba, dijamin manjur




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment