Sunday, June 8, 2014

makanan apa yang menyebabkan kelenjar getah bening ?

Q.

A. salam...

bahwa kelenjar getah bening merupakan perangkap kecil bagi kuman yang dapat dijadikan tanda jika terjadi suatu infeksi atau penyakit. Berikut penjelasannya :

Pembengkakan kelenjar getah bening dibelakang telinga menunjukkan adanya infeksi pada kepala atau kulit kepala. Pembengkakan ini seringkali terjadi akibat borok dikepala atau akibat kutu rambut.

Pembengkakan kelenjar getah bening dibawah telinga pada leher menunjukkan adanya infeksi pada telinga, muka, atau kepala bahkan TBC.

Pembengkakan kelenjar getah bening di bawah rahang menunjukkan infeksi pada gigi atau tenggorokan, sedangkan jika pembengkakan terjadi dibawah ketiak menunjukkan infeksi pada lengan, kepala, atau payudara (kanker payudara).

Terakhir jika kelenjar getah bening yang bengkak ada di lipatan paha, maka hal ini menunjukkan adanya infeksi pada tungki kaki, kelamin, atau dubur.

Makanan pencetus : Fastfood, kebanyakan pemanis, makanan instant, cara dan gaya hidup tidak sehat, dll...

good luck!

Pembengkakan kelenjar getah bening?
Q. berapa harikah pembengkakan kgb di lipat paha anak laki umur 4 th bisa hiang,awalnya infeksi lutut karna jatuh

A. Anda tentu sering mendengar istilah getah bening. Ya, istilah ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Apa sih sebenarnya kelenjar getah bening itu? Bagaiman kelenjar getah bening ini bisa terlibat dalam sistem kekebalan tubuh manusia?

Mari kita coba uraikan segala pengertian kelenjar getah bening tersebut.

Definisi

Kelenjar getah bening adalah sebuah jaringan berbentuk oval di dalam tubuh yang bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut sebagai getah bening (limfosit). Getah bening ini berfungsi dalam pengeluaran sel-sel mati, dan yang paling utama adalah sebagai alat pertahanan terhadap infeksi.

Sebenarnya, kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel-sel yang kecil. Akan tetapi, karena dibungkus oleh selubung kapsul, sel-sel tersebut membentuk bulatan-bulatan kecil. Bagian terbesar dari kelenjar getah bening biasa kita sebut sebagai limpa.

Kelenjar getah bening termasuk ke dalam sistem peredaran getah bening (lymphatic system) yang secara keseluruhan mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh.

Penyebaran

Kelenjar getah bening tersebar di berbagai tempat di dalam tubuh manusia, seperti di ketiak, lipatan paha, leher, panggul, dan perut. Di area-area tersebut, beberapa kelenjar getah bening bisa teraba seperti kacang atau kacang kecil.

Pembengkakan

Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening di area mana saja bisa mengindikasikan adanya infeksi, kanker, atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem getah bening. Kebanyakan, pembengkakan kelenjar getah bening berhubungan dengan infeksi ringan yang sedang dihadapi oleh sistem kekebalan tubuh. Misalnya, demam atau infeksi pada gigi. Adapun area kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan biasanya adalah kelenjar getah bening yang paling dekat dengan area terjadinya infeksi. Misalnya, infeksi gigi bisa membuat kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher membengkak.

Dengan sendirinya, atau dengan pengobatan tertentu, pembengkakan kelenjar getah bening seperti ini akan mengecil dan kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, jika bulatan atau benjolan yang teraba pada tubuh tersebut diam dan keras untuk waktu yang relatif lama, ini biasanya berhubungan dengan kanker atau tumor.

Hal-hal yang Menyebabkan Pembengkakan

Ada beberapa hala-hal dan mekanisme yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Infeksi
Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).

Virus
Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.

Peradangan
Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.

Kanker
Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.

Kanker darah
Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.

Gejala Pembengkakan

Gejala pembengkakan kelenjar getah bening bergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
Adanya infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.
Batuk parah
Pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus)
dan gejala-gejala lain

tentang kanker payudara neh.........?
Q. gmn sih mendeteksi adanya kanker payudara??? trus benjolan seperti apa yg dideteksi bahwa itu kanker??? kira2 letaknya sebelah mana dari payudara...
thx yoooo....

A. Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara. Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil dari 1 di antara 1000. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

1.1. Definisi 1.1.1. Kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. (http://www.mediasehat.com/utama07.php) 1.1.2. Kanker payudara (Carcinoma mammae) adalah suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh Word Health Organization (WHO) dimasukkan ke dalam International Classification of Diseases (ICD) dengan kode nomor 17 (http://www.tempo.co.id/medika/arsip/082002/pus-3.htm)

1.2. Patofisiologi 1.2.1. Transformasi Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi, yang terdiri dari tahap inisiasi dan promosi. 1.2.1.1. pada tahap inisiasi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. Perubahan dalam bahan genetik sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karsinogen, yang bisa berupa bahan kimia, virus, radiasi (penyinaran) atau sinar matahari. tetapi tidak semua sel memiliki kepekaan yang sama terhadap suatu karsinogen. kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya yang disebut promotor, menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karsinogen. bahkan gangguan fisik menahunpun bisa membuat sel menjadi lebih peka untuk mengalami suatu keganasan. 1.2.1.2. pada tahap promosi, suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan (gabungan dari sel yang peka dan suatu karsinogen). 1.2.2. Stadium Stadium penyakit kanker adalah suatu keadaan dari hasil penilaian dokter saat mendiagnosis suatu penyakit kanker yang diderita pasiennya, sudah sejauh manakah tingkat penyebaran kanker tersebut baik ke organ atau jaringan sekitar maupun penyebaran ketempat jauh Stadium hanya dikenal pada tumor ganas atau kanker dan tidak ada pada tumor jinak. Untuk menentukan suatu stadium, harus dilakukan pemeriksaan klinis dan ditunjang dengan pemeriksaan penunjang lainnya yaitu histopatologi atau PA, rontgen , USG, dan bila memungkinkan dengan CT Scan, scintigrafi dll. Banyak sekali cara untuk menentukan stadium, namun yang paling banyak dianut saat ini adalah stadium kanker berdasarkan klasifikasi sistim TNM yang direkomendasikan oleh UICC(International Union Against Cancer dari WHO atau World Health Organization) / AJCC(American Joint Committee On cancer yang disponsori oleh American Cancer Society dan American College of Surgeons). 1.2.2.1. Pada sistim TNM dinilai tiga faktor utama yaitu "T" yaitu Tumor size atau ukuran tumor , "N" yaitu Node atau kelenjar getah bening regional dan "M" yaitu metastasis atau penyebaran jauh. Ketiga faktor T,N,M dinilai baik secara klinis sebelum dilakukan operasi , juga sesudah operasi dan dilakukan pemeriksaan histopatologi (PA) . Pada kanker payudara, penilaian TNM sebagai berikut :

⢠T (Tumor size), ukuran tumor :

T 0 : tidak ditemukan tumor primer
T 1 : ukuran tumor diameter 2 cm atau kurang
T 2 : ukuran tumor diameter antara 2-5 cm
T 3 : ukuran tumor diameter > 5 cm
T 4 : ukuran tumor berapa saja, tetapi sudah ada penyebaran ke kulit atau dinding dada atau pada keduanya , dapat berupa borok, edema atau bengkak, kulit payudara kemerahan atau ada benjolan kecil di kulit di luar tumor utama
⢠N (Node), kelenjar getah bening regional (kgb) :

N 0 : tidak terdapat metastasis pada kgb regional di ketiak / aksilla
N 1 : ada metastasis ke kgb aksilla yang masih dapat digerakkan
N 2 : ada metastasis ke kgb aksilla yang sulit digerakkan
N 3 : ada metastasis ke kgb di atas tulang selangka (supraclavicula) atau pada kgb di mammary interna di dekat tulang sternum
⢠M (Metastasis) , penyebaran jauh :

M x : metastasis jauh belum dapat dinilai
M 0 : tidak terdapat metastasis jauh
M 1 : terdapat metastasis jauh
1.2.2.2. Setelah masing-masing faktot T,.N,M didapatkan, ketiga faktor tersebut kemudian digabung dan didapatkan stadium kanker sebagai berikut :

Stadium 0 : T0 N0 M0
Stadium 1 : T1 N0 M0
Stadium II A : T0 N1 M0 / T1 N1 M0 / T2 N0 M0
Stadium II B : T2 N1 M0 / T3 N0 M0
Stadium III A : T0 N2 M0 / T1 N2 M0 / T2 N2 M0 / T3 N1 M0 / T2 N2 M0
Stadium III B : T4 N0 M0 / T4 N1 M0 / T4 N2 M0
Stadium III C : Tiap T N3 M0
Stadium IV : Tiap T-Tiap N -M1
1.3. Gejala Klinis Gejala klinis kanker payudara dapat berupa ⢠benjolan pada payudara Umumnya berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. Benjolan itu mula-mula kecil, makin lama makin besar, lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting

apa yang menyebabkan kelenjar getah bening bengkak ?
Q. apa yang menyebabkan kelenjar getah bening menjadi membengkak ?

A. Kelenjar getah bening adalah tempat diproduksinya sel-sel sistem pertahanan tubuh. Karena bekerja sebagai sistem pertahanan maka aktifitasnya dipengaruhi oleh keadaan yang membahayakan tubuh.

Kelenjar Getah Bening (KGB) bisa membengkak jika terjadi keadaan Akut di bagian tubuh yang lebih ujung dari posisi KGB tersebut.
contoh: Trauma/ Luka pada jari kaki atau pada betis dan sekitarnya maka KGB di daerah selangkangan akan membesar untuk mencegar penyebaran agen radang dan infeksi dari bagian yang mengalami trauma tadi. Luka di jari tangan atau sekitarnya maka KGB di bagian ketiak akan membengkak.

Keadaan lain yang bisa menyebabkan pembengkakan adalah penyakit Kronis, seperti infeksi TBC maka sering disertai pembengkakan KGB di daerah leher dan bawah dagu. Kanker payudara disertai pembengkakan KGB di bagian ketiak.

KGB juga bisa membengkak jika KGB sendiri mengalami gangguan seperti infeksi dan keganasan (kanker).

Semoga berkenan, salam.

obat apa yang cocok untuk penyembuhan getah bening?
Q. ibu aku terkena kanker payudara dan di ketiak nya juga terasa sakit padahal payudaranya sudah mengering, kata orang itu adalah kelenjar getah bening, apa ya yang bisa saya perbuat

A. kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. Kangker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia.

Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu.

Berikut antara lain hal-hal yang harus Anda perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara:

benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran
kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk
puting susu masuk ke dalam (retraksi)
salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang
bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul
kulit payudara terasa seperti terbakar
payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui
Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

saya sarankan coba kamu priksakan kembali ke dokter untuk mengetahui scr lebih rinci.
Jakarta Breast Center alamatnya di Jl. Kramat 1.
smoga dpt membantu.
mribka25@yahoo.com




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment