Monday, June 2, 2014

kalo darah ato nanah dikerubungin semut, apa itu pertanda kencing manis?

Q.

A. Tidak benar !, Pertanda kencing manis adalah gejala keluhan, penderita kencing manis biasanya mengeluh a.l. ingin makan terus , merasa haus ingin minum banyak dan kencing banyak, selanjutya berat badan menurun, merasa lemas kurang tenaga, dan bila ada luka susah sembuh nya.
Untuk memastikan itu penderita menderita kencing manis perlu dilakukan pemeriksaan darah puasa dan 2 jam sesudah makan juga dilakukan tes pada kencingnya tes reduksi akan positip !
Begitulah untuk memastikan menderita penyakit kencing manis , bukan melihat semut mengkerubutin darah atau nanah.

Apa perbedaan antara diabetes sama kencing manis?
Q.

A. Diabetes mellitus sering disebut dengan diabetes saja merupakan penyakit peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Gula darah puasa diatas 120 mg/dl, 2 jam setelah makan diatas 180 mg/dl, gula darah sewaktu/acak diatas 200 mg/dl. Disebabkan oleh gula darah yang tinggi ini sehingga ginjal tidak mampu menyerap kembali gula yang ada di dalam darah akhirnya gula yang ada di dalam darah tersebut akan dibuang melalui air kencing sehingga terjadilah air kencing yang mengandung gula atau kencing manis. Sehingga di Indonesia hiperglikemia/diabetes mellitus dikenal dengan nama KENCING MANIS.

bagaimana cara mengatasi kencing manis?
Q.

A. wah, kalau harus dikupas tuntas panjang mas...
bisa 2 SKS penuh..
Tapi intinya ada beberapa hal.

Kencing manis atau diabetes mellitus atau DM atau penyakit gula adalah suatu kelainan dimana jumlah gula yang terdapat didalam darah melebihi jumlah normalnya (GDS > 200 mg/dl).

Ada 2 jenis DM :
1. DM Tipe I : Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (IDDM)
2. DM Tipe II : Non Insulin-Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM)

--Insulin adalah enzim dalam darah yang dikeluarkan oleh pankreas untuk mengolah glukosa (mengendalikan jumlah glukosa darah).

DM tipe I terjadi biasanya karena kurangnya/tidak ada produksi insulin akibat kerusakan pankreas (organ penghasil insulin). Untuk DM tipe ini terapinya hanya 1 aja, yaitu dengan memberikan insulin dari luar tubuh melalui suntikan seumur hidupnya.

DM tipe II biasanya diturunkan atau diwariskan dari orangtua yang mengidap DM tipe II. DM tipe ini disebabkan karena penurunan pengeluaran dan sensitifitas dari insulin sehingga kurang mampu mengendalikan kadar glukosa darah.

Pengobatannya adalah secara non terapetik dan terapetik.
Non terapetik :
-- Diet rendah glukosa, menggantikan glukosa dengan fruktosa atau gula buah.
Terapetik :
Dengan obat-obatan yang pada prinsipnya memacu pengeluaran insulin dan juga meningkatkan sensitifitas insulin.

DM tipe II biasanya mulai muncul pada usia diatas 40 tahun, dan berkembang tergantung dari pengendalian masing-masing orang.

Pada keadaan lanjut akan muncul trias komplikasi Neuropati (kerusakan saraf-saraf tepi biasanya terasa sebagai sering kebas), Nefropati (kerusakan ginjal) dan retinopati (kerusakan pada retina mata shg menyebabkan penurunan ketajaman mata).
Selain itu DM biasanya juga disertai penyakit Kardio-vaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah), misal terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung dll.

Kalau memang mau lebih lengkap dapat konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam atau lebih bagus lagi yang memiliki background endokrinologi.

mudah-mudahan dapat membantu.

salam,

makan-makanan yang manis bisa menyebabkan kencing manis ga?
Q.

A. YA...!!

tapi bukan makanannya yang bersalah, tapi pola makannya yang perlu diatur. Bahkan minum teh manis yang berlebihan aja juga menimbulkan kencing manis, seperti 20 gelas teh muaannnis per hari..(berlebihan kan?). Semua hal yang berlebihan akan berhasil jelek.

Menurut Dr dr Aris Wibudi SpPD, dokter spesialis penyakit dalam RS Gatot Soebroto Jakarta, pemicu utama diabetes mellitus adalah pola hidup yang jelek. Maksudnya jarang melakukan aktivitas fisik dan banyak mengkonsumsi makanan manis dan berminyak. Makanan manis meningkatkan kadar gula darah. Makanan berminyak? Gorengan yang sarat lemak memicu meningkatnya bobot tubuh. Dengan bertambahnya bobot, tubuh semakin kurang sensitif terhadap efek insulin, sehingga kadar gula darah meningkat.â

Biar terhindar dari kencing manis?
Q.

A. Atur pola makan dan olahraga...

Anda biasa sarapan paginy pki apa ?

Cb sarapan paginy dgn Shapeworks Cellular Nutritions.
100% alami dr buah dan sayur, giziny lengkap dan seimbang, tdk ada efek samping, cocok utk semua umur ( bayi-lansia, hamil-menyusui ).

Nutrisi ini bgs utk pengelolaan BB (turun/naik/stbil BB), menjaga kesehatan dan sbg menu sarapan pagi yg sehat...

Rasany enak spt es krim, bs dicampur buah, yoghurt dll sesuai selera...

Ibu saya mkan nutrisi ini 2 bln, BB turun 8 kg dan bonusny kesehatan smkn membaik (kencing manis, darah tinggi, as.urat&kolesterol tinggi, maag, asma, vertigo) skrg sdh terkontrol.

Bs konsultasi seputar nutrisinya dgn sy d 08179947664-02194573029-dr.Morin atau email d doktermorin@gmail.com




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment