Saturday, June 14, 2014

gimana sich cara atasin / kurangin kolesterol ?

Q.

A. Bagaimana Cara Mengendalikan Kolesterol :

Langkah-langkah berikut ini diketahui dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

1. Mengetahui kadar kolesterol
Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total seseorang berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di bawah angka 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas angka 40.

2. Menjaga keseimbangan berat badan
Mengurangi berat badan yang berlebih merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa berat badan yang berlebih dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dalam menghancurkan lemak. Meskipun kita hanya mengonsumsi sedikit lemak, namun tidak terlihat penurunan kadar kolesterol yang berarti. Mengurangi sekitar 2.5â4.5 kg berat badan diduga dapat memperbaiki kadar kolesterol.

3. Aktvitas fisik rutin
Salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol adalah dengan berolahraga secara rutin. Jalan kaki atau jenis olahraga ringan lainnya yang dilakukan secara rutin akan membantu meningkatkan kadar HDL. Pastikan saja bahwa kita berolahraga 30 menit setiap hari dan lima hari dalam seminggu.

4. Berkenalan dengan lemak baik
Jika telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol yang tinggi, biasanya disarankan agar kita menurunkan konsumsi lemak. Sebaiknya kita mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, seperti selai kacang, avokad, minyak zaitun dan kanola, serta kacang-kacangan. Penelitian membuktikan bahwa jenis lemak tersebut membantu menurunkan kadar LDL dan trigliserida dalam darah, serta meningkatkan HDL.

5. Mengonsumsi multivitamin
Sekalipun telah mengonsumsi makanan yang sehat, tetap saja ada kemungkinan tubuh kita kekurangan unsur nutrisi tertentu. Untuk mengatasi kondisi tersebut, kita disarankan untuk mengonsumsi multivitamin atau suplemen makanan untuk mencukupi kebutuhan dasar nutrisi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya pilih multivitamin yang mengandung asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12, karena ketiganya memiliki manfaat penting dalam menjaga kesehatan jantung.

APA Y9 DIMAKSUD PENYAKIT KOLESTEROL ITU?
Q.

A. kolesterol adalah molekul sejenis lipid yang ditemukan dalam aliran darah dan sel tubuh. Kolesterol diproduksi oleh hati dan dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh, seperti membantu pembentukan sel baru dan hormon. Namun, jangan sampai berlebih. Kelebihan kolesterol dapat mengakibatkan penumpukan lemak dalam darah yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada akhirnya, jantung dan otak akan kekurangan pasukan darah yang dapat menimbulkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah disebut hiperkolesterolemia. Ada beberapa jenis kolesterol. Pertama, low densitas lipoprotein (LDL) yang disebut pula kolesterol jahat. LDL mengandung 75 persen kolesterol dan hanya sedikit protein. LDL berperan untuk mengalirkan kolesterol ke seluruh tubuh. Kadar LDL yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan lemak di dinding arteri. Jenis kolesterol berikutnya adalah high-density lipoprotein (HDL), dikenal sebagai kolesterol baik. HDL mengandung banyak protein dan mengalirkan 20-30 persen kolesterol ke seluruh tubuh. HDL berperan untuk membuang kelebihan kolesterol dari sel dan dinding arteri serta membawa kolesterol kembali ke hati untuk dibuang. Ada pula yang disebut trigliserida, yang berperan dalam penyimpanan lemak dan berpengaruh dalam pembentukan lipoprotein kaya kolesterol. Lipoprotein kaya kolesterol inilah yang menyebabkan kolesterol tinggi serta meningkatkan pembentukan gumpalan darah. Manfaat fitosterol
Jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol, tampaknya Anda wajib
berkenalan dengan fitosterol. Ini adalah sterol yang terdapat dalam
tanaman dan mempunyai struktur mirip kolesterol. Secara alami
fitosterol dapat ditemukan di dalam sayuran, kacang-kacangan, gandum.

Fitosterol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara menghambat penyerapan kolesterol di usus sehingga membantu menurunkan jumlah kolesterol yang memasuki aliran darah. Karena itu, dalam upaya menurunkan kadar kolesterol, persatuan ahli jantung di Amerika Serikat menganjurkan perubahan pola hidup termasuk di antaranya mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan makanan yang mengandung fitosterol minimal 1000-3000 miligram sehari. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 1000-3000 miligram fitosterol per hari membantu menurunkan kolesterol hingga 10 persen.
Selain dari bahan pangan segar, fistosterol juga bisa didapat dengan
cara yang lebih praktis. Saat ini misalnya, terdapat produk susu bubuk
yang mengandung fitosterol, contohnya Nesvita ProHeart yang diproduksi

Nestle. Ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengendalikan
kadar kolesterol.

diet makanan untuk kolesterol tinggi?
Q.

A. Kadar kolesterol dalam 100 gram bahan makanan
Otak 2000 mg
Kuning Telur 1500 mg
Telur 550 mg
Mentega 250 mg
Daging Sapi 70 mg
Ayam 60 mg
Ikan 70 mg
Ginjal 375 mg
Hati 300 mg
Udang 125 mg
Keju 100 mg
Kolesterol dapat meningkat jika mengkonsumsi asam lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan. Asam lemak jenuh terdapat dalam kelapa, minyak kelapa, dan lemak hewan. Sedang asam lemak tak jenuh tunggal tidak mempengaruhi kadar kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal terdapat dalam minyak zaitun, kelapa sawit, wijen, kacang. Sedangkan yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah asam lemak tak jenuh ganda yang terdapat dalam minyak jagung. Kelebihan minyak jagung terletak pada kemampuan meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. HDL adalah kolesterol yang baik sedangkan LDL adalah kolesterol yang tidak baik. LDL kolesterol sebaiknya <150 mg % sedangkan HDL kolesterol>50 mg%. Dibaarengi makan buah sayur dan olahraga

Apa penyebab dari kolesterol?
Q. apa penyebab dari kolesterol?

A. Tujuh penyebab kolesterol tinggi
Ragam - Kesehatan
WASPADA ONLINE

Kolesterol tinggi berasal dari banyak sumber, mulai dari sejarah keluarga, stres hingga jenis makanan Anda. Ingin tahu beberapa penyebab angka kolesterol tinggi, berikut paparannya yang diambil INILAH.COM, dari berbagai sumber;

Diet Anda
Makan terlalu banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Biasanya ditemukan lemak tak sehat dalam makanan yang berasal dari hewan. Daging sapi, babi, anak sapi, susu, telur, mentega, dan keju mengandung lemak jenuh.

Makanan kemasan yang mengandung minyak kelapa, kelapa sawit, kakao atau mentega dapat mengandung banyak lemak jenuh. Anda juga akan menemukan lemak jenuh dalam mentega, minyak sayur, dan sebagian besar kue, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.

Berat badan Anda
Lemak perut Anda tidak hanya buruk bagi kehidupan sosial. Kegemukan yang dapat meningkatkan dan menurunkan HDL triglicerides, atau kolesterol baik.

Aktivitas kerja
Turun dari tempat dudukmu dan bergeraklah! Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan LDL atau kolesterol jahat, dan menurunkan HDL atau kolesterol baik.

Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda alami mulai bangkit. Pada laki-laki, umumnya kadar kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, kolesterol tinggi tetap cukup rendah sampai mati haid, setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki.

Kesehatan tubuh
Jangan melewatkan pemeriksaan fisik tahunan Anda, dan pastikan agar dokter menjelaskan risiko penyakit jantung Anda. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

Riwayat kesehatan keluarga
Jika ada anggota keluarga mengidap kolesterol tinggi, bisa jadi Anda juga memiliki bakat.

Merokok
Anda pasti sudah tahu yang satu ini. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda. Dan rokok dapat membunuh Anda. Jadi mengapa tidak berhenti?

Ramuan alami untuk menyembuhkan kolesterol jahat?
Q.

A. Kadar Kolesterol yang berlebihan didalam darah merupakan penyebab utama dari penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Kolesterol membentuk bekuan dan plak yang menyumbat arteri dan akhirnya aliran darah ke jantung menyebabkan serangan jantung dan ke otak menyebabkan stroke. Berolah raga teratur, menjaga berat badan, mengurangi alkohol, karbohidrat, lemak jenuh, serta banyak mengonsumsi buah dan sayur merupakan cara menurunkan kadar kolesterol. Lalu, bagaimana dengan ramuan alami ?

Kubis
Siapkan 1 buah kubis segar. Cuci bersih, potong-potong seperluny, lalu di Jus. Air sari kubis diminum sekaligus, lakukan setiap hari.

Belimbing Manis
Siapkan 2 buah belimbing manis ukuran besar. Buah dimakan setelah makan pagi dan malam.

Kacang Tanah
Siapkan satu genggam daun kacang tanah. Cuci bersih lalu iris halus. Masukan irisan kedalam gelas, lalu diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring. Minum sewaktu perut kosong.

Labu Siam
Labu di Jus atau di parut, peras




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment