Tuesday, June 10, 2014

Apakah asma dapat disembuhkan total?

Q. Adakah pengobatan secara tradisional

A. Para pederita penyakit asma dapat disembuhkan bukan hanya dengan tindakan pengobatan secara medisdan teratur namun ada langkah lain yang dianggap sangat murah untuk penyembuhan para penderita asma yaitu dengan cara non medis seperti melakukan senam asma secara rutin dan teratur.
Hal tersebut ditegaskan Dr. Muhammad Isa spesialis paru usai mengikuti senam asma massal di Halaman Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura, Minggu (08/6) saat mengunjungi kota martapura dalam rangka lawatan safarinya ke-beberapa daerah di Kalimantan Selatan untuk mengampanyekan penyembuhan asma melalui gerakan senam asma.

Dr. Muhammad Isa menjelaskan ada tiga hal yang dapat membantu para penderita asma dapat disembuhkan dianyataranya dengan penangan medis yang teratur, berolahraga pernapasan seca rateratur serta selalu menyempatkan diri untuk melakukan rekreasi atau hiburan ketempat terbuka hijau dan sejuk.

Menurutnya masyarakat kota martapura dan sekitarnya sangat rentan terhadap penyakit asma dan penyakit saluran pernapasan lainnya hal ini disebabkan karena padatnya lalulintas angkutan batubara yang menimbulkan debu yang dihirup oleh warga Martapura belum ditambah lagi dengan kondisi alam yang selalu menimbulkan asap pada bulan-bulan tertentu.

Untuk itu, pihaknya melalui perkumpulan penderita asma memasyarakatkan senam asma dan selalu melakukan penyuluhan ke beberapa daerah di Kalimantan Selatan dan tengah sehingga diharapakan setidaknya dapat membantu masyarakat mengenal penanganan serta pencegahan penyakit asama sedini mungkin.

Sementara Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kabupaten Banjar dr. Eko Subiyakto melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kemasyarakat kota Martapura dan sekitarnya tentang penanganan serta penanggulanagan penyakit asma melalu cara olah raga yakni melalui metode senam asma.

Karena menurutnya senam asma merupakan cara yang dianggap sangat effektif untuk penyembuhan para penderita asma, selain memiliki nilai sosial yang tinggi dengan maksud mempererat silaturahmi senam asma juga dianggap tidak memerlukan biaya yang mahal bahkan dianggap tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Kegiatan senam asma yang digelar di halaman pertokoan bumi Selamat Martapura ini selain diikuti kepala Dinas Kesehatan Banjar juga diikuti Direktur Rumah Sakit Ratu Zalecha Martapura serta para pengurus Yayasan Jantuing Sehat Indonesia cabang Martapura dan anggota lapisan masyarakat kota Martapura.

apakah asap obat nyamuk menyebabkan penyakit asma?
Q.

A. YA
asma adalah reaksi alergi yang berlebihan di mana pada orang normal sebenarnya tidak terjadi
pemicunya beragam, paling banyak akibat tungau dalam debu rumah, debu, serbuk sari bunga (pollen), makanan yang merangsang (pengawet, manis, etc), aroma yang merangsang seperti parfum dan obat nyamuk bahkan bisa memicu kambuhnya asma
sifatnya asma emang kambuh2an, tergantung ada pemicu ato tidak
ada dua jenis asma:
1. asma yang timbul sejak kecil, biasanya gejala semakin menghilang saat usia semakin dewasa, bisa sembuh total bila ditangani dengan tepat
2. asma yang timbul saat dewasa, tidak bisa disembuhkan, semakin lama bisa semakin memburuk bila tidak mencegah faktor pemicunya, harus mendapatkan pengobatan seumur hidup

ayahku meninggal akibat asma, beliau alergi hampir pada semua hal, debu, asap rokok, asap obat nyamuk, telon, minyak angin, parfum, makanan yang terlalu berbumbu, dsb
aku ga menderita asma, tapi alergi sama obat nyamuk, hidungku bakal tersumbat dan bersin2

bagaimana cara mengobati asma?
Q. tolong ya bagi yg tw..
makasih bwt yg mw jwb..^^

A. > PENANGANAN ASMA

Penanganannya ada dua macam, yang sama-sama penting, tergantung berat ringannya serangan yang timbul.

1. Non Farmakologik (pengobatan tidak dengan obat-obatan)

1. Pendidikan pada penderita mengenai penyaktinya sehingga dia dapat menyikapi penyakitnya dengan baik;

2. Menghindari penyebab/pencetus serangan (allergen), dan kontrol lingkungan hidupnya;

3. Latihan relaksasi, kontrol terhadap emosi dan lakukan senam atau olah raga yang bermanfaat memperkuat otot pernapasan, misalnya berenang;

4. Fisioterapi, sehingga lendir mudah keluar.

5. Latih pernafasan, belajar untuk menghembuskan nafas secara tepat. Cara ini akan mengurangi CO2 di paru-paru. Ini akan membuat rileks saluran pernafasan sehingga mengurangi produksi ingus dan lendir.


2. Farmakologik (menggunakan obat-obatan)

1. Pelonggar nafas, misalnya salbutamol, aminofilin

2. Pemelihara, misalnya prednisone, dexametason dll.

3. Pengencer lendir, misalnya bromhexin, ambroxol dll.

Adapun cara pencegahan tradisional yang dapat dilakukan antara lain:

1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Vitamin C banyak mengandung antioksidan dan antiperadangan yang dapat membantu mengurangi kerasnya serangan. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kelenjar adrenalin.

2. Konsumsi bawang.

Makin banyak bawang dapat membantu penderita asma.

3. Gunakan minyak mustard

Minyak ini tidak hanya mengandung antibiotik yang ringan, tetapi juga membantu mengurangi kekentalan ingus yang menyumbat paru-paru yang dapat menimbulkan kesulitan bernafas.paru-paru yang dapat menimbulkan kesulitan bernafas.

Ubat untuk penyakit asma?
Q.

A. Obat bukan ubat hehehe,penyakit asma ini sebenarnya sudah seringkali dibahas, saya pernah resepkan obatnya dulu,bisa di baca di tanya jawab saya. Asma ini sebenarnya penyempitan pada saluran napas bronkus dan bronkhiolus,akibat pelepasan histamin dan leukotrin oleh sel mast disepanjang bronki sebagai respon terhadap benda asing atau alergen. Alergen bisa berupa serbuk sari,debu,bulu binatang dan lainnya.Pada kondisi asma terjadi penyempitan atau edema pada saluran napas,dan juga produksi lendir.sehingga pasien menjadi sesak,kadang jika berat pasien menggunakan otot bantu napas.

Ada juga faktor pemicu asma lainnya, misalnya kerja fisik berat dan perubahan cuaca. Gejala khas yg ditemukan pada asma , seperti bunyi mengi saat penderita ekspirasi,bunyi mengi ini ciri khasnya karena terdengar saat penderita kesulitan saat ekspirasi.(mengeluarkan napas),dan terkadang pasien batuk

Untuk pengobatannya saya sesuaikan dengan paduan atau protap yg ada saja, yaitu salbutamol 2-4 mg dosis 3 x 1 atau dapat juga theofilin 100-150 mg dosis 3 x 1. Tapi saya lebih suka menggunakan salbutamol. Hindari faktor pencetus seperti yg saya tulis diatas.

Apa asma genetik/turunan bisa disembuhkan..?
Q. Apa obat yang ampuh dan tanpa efek samping untuk alergi pilek pencetus asma????

A. asma tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikontrol.
patogenesis asma sendiri dimulai dari paparan bahan iritan + faktor genetik sehingga menyebabkan inflamasi pada saluran nafas dan sensitisasi kepada sistem imun, sehingga apabila terpapar oleh bahan iritan penyebab timbulnya asma maka akan terjadi penyempitan saluran nafas terutama bronkus (bronkokonstriksi) dan diproduksinya mukus yang berlebih sehingga terjadi sesak.
mengidentifikasi bahan iritan penyebab asma (biasanya debu rumah, asap, spora tumbuhan, dll) dan menjauhinya merupakan terapi yang plg baik.
asma diklasifikasikan berdasarkan frekuensi dan derajatnya yaitu intermiten, persisten ringan-berat. pengobatannya tentu berbeda pada setiap klasifikasi. tetapi secara umum, pengobatannya dapat dibagi menjadi 2, yaitu pengobatan reliever dan kontroler.
pengobatan reliever diberikan ketika asmanya kambuh,,sedangkan kontroler diberikan untuk mengontrol asma persisten.
solusinya, apabila asmanya kambuh pakai aja MDI,,itu alat disemprotkan lewat mulut n bekerja singkat sehingga cepat mengatasi asma yang kambuh. MDI itu cuma alat, sedangkan obat yang disemprotkan bisa inhalasi Beta 2 agonis short acting. dengan menyemprotkan langsung ke saluran pernafasan maka efek smping yg ditimbulkan akan lebih sedikit. untuk lebih lengkapnya bisa dibaca GINA, yaitu panduan internasional untuk asma, bisa disownload di http://www.ginasthma.org/uploads/users/files/GINA_Report_2011.pdf




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment