Saturday, May 17, 2014

Pencegahan dan pengobatan?

Q. Bagaimana pencegahan kencing batu klo sudah tau ginjel kita lemah dan produksi batu? Trus apa ada vitamin yang membantu kesehatan ginjal seperti efek temu lawak pada lever gitu ? mohon jawaban yang serius dan rinci

A. Pada awalnya batu ginjal tidak menimbulkan keluhan/gejala, tetapi apabila batu bergeser dan menggelinding ke saluran ureter yaitu penghubung antara piala ginjal dan kandung kemih, maka akan timbul rasa nyeri yang hebat didaerah pinggang. Hal ini karena saluran ureter tersebut kecil sekali ukurannya sehingga batu akan meregangkan dindingnya, bahkan merobek atau menyumbat lubangnya. Gejala lain yang sering terjadi pada penderita batu ginjal adalah :
Terjadi nyeri hebat pada waktu air seni keluar dari dalam ginjal melalui aliran ginjal kedalam kantong kemih.
Rasa sakitnya hilang timbul pada pinggang dan perut.
Rasa sakit dimulai dari pinggang bawah menuju ke pinggul kemudian ke alat kemaluan luar.
Perasaan mual, muntah dan perut terasa kembung yang disertai dengan rasa sakit yang hebat.
Pada waktu ada serangan sakit pinggang, kadang-kadang air seni bercampur dengan darah karena terjadi pergesekan antara batu dengan dinding saluran hingga menimbulkan lecet.
Penderita batu ginjal juga mengalami panas, dan kedinginan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah terbntuknya batu ginjal atau agar batu tidak timbul kembali adalah :
Jangan menahan buang air kemih terlalu lama, karena dapat menyebabkan kandungan garam dalam urin menjadi pekat
Minumlah air putih yang banyak, minimal 8 gelas sehari, agar urin menjadi lebih encer, batupun menjadi lebih sulit mengendap.
Apabila kita seorang pekerja yang membutuhkan duduk yang terlalu lama, cobalah untuk bergerak sedikit, dan perbanyaklah berjalan disekitar tempat duduk.
Sebelum pergi tidur biasakan untuk minum terlebih dahulu, karena malam yang panjang memudahkan air seni yang pekat mengendapkan batu.
Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu pengobatan batu ginjal mempunyai efek menghancurkan batu ginjal dan batu saluran kemih, sebagai anti-inflamasi untuk mencegah peradangan, peluruh kemih (diuretik) untuk mencegah terkumpulnya urin di dalam ginjal, dan analgetik (mengurangi rasa sakit). Apabila batu terlalu besar untuk digusur secara alami maka dianjurkan untuk operasi.

Berikut beberapa jenis tumbuhan obat untuk mengatasi batu ginjal :
KEJIBELING (Strobilanthes crispus Bl.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik kuat, mengatasi batu ginjal, batu kandung kemih, kemih tidak lancar, dan lain-lain.
KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus Miq.)
Efek & khasiat : sebagai antiradang, diuretik, menghancurkan batu ginjal dan saluran kemih, infeksi ginjal, dan lain-lain.
MENIRAN (Phyllanthus urinaria L.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik, berkhasiat mengatasi batu ginjal & saluran kemih, radang ginjal, susah buang air kemih disertai sakit , dan lain-lain.
AKAR ALANG-ALANG (Imperata cylindrica [L.] Beauv.)
Efek & khasiat : sebagai diuretik, menghentikan pendarahan, berkhasiat mengatasi radang dan batu ginjal, air kemih berdarah, dan lain-lain.
TEMPUYUNG (Sonchus arvensis L.)
Efek dan khasiat : sebagai diuretik, menghancurkan batu ginjal, batu saluran kemih dan batu empedu, buang air kemih terasa sakit.
JAGUNG (Zea mays L.)
Efek dan khasiat : sebagai diuretik, berkhasiat mengatasi batu dan radang ginjal, infeksi saluran kemih, dan lain-lain.
DAUN SENDOK (Plantago mayor L.)
Efek & khasiat : sebagai antiradang, diuretik, mengatasi gangguan saluran kemih seperti infeksi dan batu saluran kemih, air kemih berdarah, dan lain-lain
Berikut contoh beberapa resep tumbuhan obat untuk pengobatan batu ginjal :

Resep 1.
50 gram daun kejibeling segar + 7 lembar daun ungu + 60 gram akar alang-alang, dicuci bersih dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 2.
30 gram daun kumis kucing + 30 gram daun sendok + 30 gram meniran, semuanya dicuci bersih, lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 3.
30 gram tempuyung + 6 lembar daun alpokat + 30 gram pegagan, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Resep 4.
30 gram kejibeling + 6 buah tongkol jagung + 50 gram rambut jagung + 30 gram kumis kucing, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, disaring, airnya diminum 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Catatan :
- pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur
- Untuk perebusan gunakan periuk tanah, atau panci enamel.
- Tetap konsultasi ke dokter.

Cari obat susah bak pasca melahirkan?
Q. Obat yang bisa di beli di apotek

A. Beberapa hal seperti itu terjadi dikarenakan beberapa faktor, seperti :
⢠Bertambahnya kemampuan kandung kemih setelah rahim tak lagi dihuni janin. Pasca melahirkan, tekanan yang menghalangi kandung kemih telah hilang dan terjadi pengembangan kandung kemih. Hal ini membuat kebutuhan berkemih berkurang.
⢠Selama persalinan mungkin terjadi tekanan dan melukai kandung kemih yang mengakibatkan kelumpuhan sementara. Bahkan saat Bunda ingin sekali buang air kecil tanda-tanda buang air kecil belum juga muncul.
⢠Obat-obatan atau anastesi mengurangi kepekaan kandung kemih sehingga bisa membuat Bunda tak menyadari ingin berkemih.
⢠Keluarnya keringat berlebihan saat persalinan, ditambah lagi bila Bunda mengalami dehidrasi akibat kurang minum. Hal ini tentu saja mempengaruhi isi kandung kemih.
⢠Terjadinya pembengkakan pada area parineal (area antara vulva dan anus).
⢠Adanya faktor psikologis seperti kurangnya privasi, malu, takut sakit dan juga tidak nyaman menggunakan pot untuk buang air kecil menjadi penyebab sulitnya berkemih.

Jangan dibiarkan hal ini berlarut-larut. Bagaimana pun Bunda harus mampu buang air kecil seperti biasanya. Coba lakukan beberapa hal berikut :
⢠Berjalan
Berjalan-jalanlah beberapa saat setelah melahirkan. Dengan melakukan hal ini diharapkan kandung kemih kembali aktif.
⢠Banyak minum
Dengan adanya cairan yang masuk maka dapat juga mendorong cairan keluar.
⢠Minta privasi
Bila Bunda tidak nyaman ditunggui saat hendak berkemih, mintalah suster atau siapa pun menunggu di luar. Katakan bahwa Bunda mampu melakukannya sendiri.
⢠Gunakan pot dalam posisi duduk
Bila Bunda terlalu lemah pergi ke kamar mandi gunakan saja pot buang air kecil. Gunakanlah pada posisi duduk, karena posisi ini dapat merangsang Bunda berkemih.
⢠Panaskan atau dinginkan
Rendamlah area parineal Bunda dengan air hangat atau air dingin. Hal ini bisa merangsang keinginan buang air kecil.

suami saya lgsg demam ketika kena tetes air hujan, apakah daya tahan tubuh ny lemah? mksh teman"..?
Q.

A. Hoaaamm . . betapa indahnya pagi hari . .

Suami anda gak pernah olah raga lari pagi? atau sekedar jalan-jalan santai tanpa kendaraan??
lari pagi di hari minggu atau cuma sekedar jalan-jalan santai sekitar komplek atau ke area Monas (jika anda di Jakarta), itu olahraga yang murah dan sangat efektif loh,

selain memacu detak jantung (berarti bersangkut paut dengan aliran darah) (jogging), juga untuk kelancaran saluran pembuangan (BAB, kandung kemih dan sperma)

secara kasat mata, jogging emang apa sih gunanya? cuma lari-lari di pagi hari . . pernyataan yang kurang tepat, coba klik link di bawah ini sebagai sumber anda

http://gugling.com/2011/04/30/manfaat-jogging-secara-fisik-dan-psikologis/

apa penyebab penyakit ginjal?
Q.

A. Penyakit ginjal kronik

Ada beberapa penyakit yang mempengaruhi tubuh secara keseluruhan, yang dapat memicu timbulnya PGK, antara lain:

1. Diabetes
Bila mengalami diabetes berarti tubuh tidak bisa optimal dalam hal merubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan sehingga kadar gula darah dapat meningkat. Kondisi gula darah yang meningkat berkepanjangan dapat merusak pembuluh darah dan ginjal.

Bila sudah meningkat, dapat menimbulkan gejala-gejala seperti:

* rasa haus meningkat
* penglihatan kabur
* sering berkemih
* berat badan menurun tanpa alasan yang jelas
* luka yang lama sembuh
* merasa lapar
* lemah

2. Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Tekanan darah merupakan tekanan yang ditimbulkan oleh darah yang mengalir dalam pembuluh darah arteri. Tekanan yang tinggi ini bila berlangsung terus menerus dapat merusak atau mengganggu pembuluh-pembuluh darah kecil dalam ginjal yang lama kelamaan dapat mengganggu kemampuan ginjal untuk menyaring darah.

Pada umumnya, bagi orang dewasa atau berusia 18 tahun ke atas, tekanan darah 140/90 mm Hg atau lebih, dapat dikatakan sebagai keadaan hipertensi. Sedangkan bagi Anda penderita diabetes dan penyakit ginjal kronik, tekanan darah 130/80 mmHg atau lebih sudah dikatakan sebagai hipertensi.

Dengan mengontrol tekanan darah akan membantu memperlambat kerusakan ginjal. Untuk mengatasi masalah hipertensi, konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Batu ginjal
Batu yang terbentuk di ginjal terjadi akibat adanya proses presipitasi (kristalisasi bahan-bahan yang terlarut) yang terkandung di dalam urin. Biasanya batu ini dapat berpindah ke melalui ureter (saluran yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih) dan dikeluarkan lewat urin bila berukuran kecil.

Namun kadangkala, batu yang berukuran terlalu besar tidak bisa keluar begitu saja lewat urin. Bila hal ini terjadi maka menimbulkan rasa sakit dan mungkin dapat menimbulkan obstruksi (sumbatan) akibat terhambatnya aliran urin keluar.

Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, diet tertentu, obat-obatan dan kondisi-kondisi tertentu akibat meningginya zat-zat lain dalam urin, misalnya asam urat.

Gejala batu ginjal, antara lain:

* rasa sakit pada bagian belakang atau sisi tubuh
* darah dalam urin
* muntah
* demam
* sering berkemih atau ingin berkemih
* rasa nyeri saat berkemih

Keluar tidaknya batu ginjal dengan sendirinya tergantung pada lokasi, besar, bentuk dan komposisi. Ukuran batu yang kecil dengan bentuk licin atau bulat dapat keluar dengan sendirinya. Namun bila bentuknya bermacam-macam, misalnya dengan tepi yang tajam atau ukuran yang terlalu besar yang memenuhi seluruh bagian ginjal, tentu memerlukan terapi tertentu guna mengeluarkannya.

Bila batu ginjal berpindah ke bagian pelvis ginjal, dapat menyumbat aliran urin dan ginjal pun dapat membengkak, sehingga dapat mengganggu kerja ginjal.

4. Infeksi dan radang
Infeksi atau radang pada saluran kemih (ISK) dapat terjadi akibat adanya bakteri yang masuk ke saluran kemih dan berkembang biak. Saluran kemih terdiri dari kandung kemih, uretra dan dua ureter serta ginjal. Bakteri ini biasanya masuk melalui uretra dan masuk ke kandung kemih.

Kondisi ini dapat menyebabkan saluran kemih menjadi merah, bengkak dan rasa nyeri. Jika infeksi ini tidak diatasi dengan baik, bakteri dapat memasuki ginjal sehingga menimbulkan jenis infeksi yang lebih serius yaitu pyelonefritis (peradangan pada ginjal yang dapat meluas mengenai unit penyaring dan pembuluh darah).
Gejala ISK ini antara lain:

* keinginan berkemih, kadang urin hanya berbentuk sedikit atau menetes
* rasa seperti terbakar saat berkemih
* urin berwarna keruh atau bercampur darah
* bau urin sangat menyolok

Bila infeksi ini sudah menyebar ke ginjal, dapat menyebabkan rasa sakit/nyeri pada punggung bagian bawah disertai dengan demam, mual dan muntah.

5. Selain ISK, glomerulonefritis yang tidak segera diatasi juga dapat mengganggu kerja ginjal nantinya. Glomerulonefritis timbul akibat adanya peradangan yang merusak bagian ginjal yang menyaring darah (glomerulus) sehingga glomerulus ini tidak bisa lagi menyaring zat-zat yang sudah tidak terpakai oleh tubuh dan cairan yang berlebihan ke dalam aliran darah untuk membentuk cairan urin.

Glomerulonefritis akut biasanya sering disebabkan oleh infeksi bakteri streptokokus atau infeksi pada tenggorokan atau kulit. Glomerulonefritis yang ringan biasanya tanpa gejala dan diagnosanya ditegakkan melalui pemeriksaan darah dan urin di laboratorium. Sedangkan yang sudah berat, dapat menimbulkan gejala fatigue (lelah), mual.muntah, sesak napas, gangguan penglihatan, tekanan darah tinggi, bengkak (terutama pada wajah, tangan, kaki dan pergelangan kaki), dan adanya darah/protein pada urin yang membuat warna urin menjadi kemerahan atau keruh.

6. Penyalahgunaan obat-obatan
Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membahayakan kerja gin

Gan... knapa sih Allah swt selalu menguji saya?
Q. Apakah Allah swt blm Tahu siapa saya sebenarnya?.

A. ya tentu saja ALLAH tahu siapa kamu

- kamu adalah manusia'
- bahan dasar pembentuk tubuh kamu adalah tanah
(makanan kamu adalah tumbuhan yang menyerap saripati tanah, juga daging hewan yang memakan tumbuhan itu)
- kamu mudah lelah, kalo sudah kecapekan kerja harus istirahat sekitar 6 jam setiap harinya
- kamu tidaklah suci, perut kamu berisi tahi, dan kandung kemih kamu berisi kencing
- kamu tidaklah pintar, harus banyak belajar supaya bisa mengerjakan sesuatu
- kamu lemah, butuh oksigen supaya tetap hidup. jika kamu diceburkan setidaknya 10 menit saja kedalam empang, bisa dipastikan kamu mampus karena kamu bukan ikan

lalu, apakah kamu sudah mengetahui siapa ALLAH itu sebenarnya???




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment