Tuesday, May 27, 2014

Pengobatan Sinusitis dengan Herbal?

Q. Bagaimana penyembuhan sinusitis yang paling efektif dengan menggunakan herbal?

A. Sinusitis adalah istilah kedokteran untuk infeksi sinus, yaitu rongga yang berisi udara yang letaknya dalam rongga kepala di sekitar hidung.

Ada beberapa jenis sinus, yaitu:
- Sinus frontalis yang terletak di dahi
- Sinus maksilaris terletak di dalam tulang pipi
- Sinus etmoid terletak di belakang batang hidung di sudut mata
- Sinus sfenoid terletak di belakang sinus etmoid

Setiap sinus tersebut berhubungan dengan hidung untuk pertukaran udara dan sekresi (ingus). Hidung dan sinus dilapisi selaput lendir yang berhubungan satu sama lain.

Infeksi atau peradangan sinus umumnya terjadi sebagai kelanjutan infeksi hidung. Setiap kondisi dalam hidung yang menghambat aliran keluar cairan hidung cenderung menyebabkan infeksi dari sinus. Seperti adanya infeksi virus, bakteri atau benda asing penyebab alergi dapat menimbulkan pembengkakan selaput lendir hidung dan hal yang sama juga terjadi pada sinus sehingga menutup hubungan antara sinus dan hidung.

Sinus yang sehat berisi udara, selain adanya sekresi dari selaput lendirnya. Apabila aliran ke dalam hidung terhambat maka sekresinya menumpuk dan terperangkap bersama udara di dalam sinus dan menekan dinding sinus yang bertulang sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Sinusitis dapat terjadi secara akut, subakut, kronis, alergis atau hiperplastiks. Gejala sinusitis bervariasi tergantung pada tipe infeksinya. Gejala umumnya berupa hidung tersumbat dan adanya cairan ingus dari belakang hidung yang menetes ke hulu kerongkongan. Pada sinus alergi gejala utamanya adalah bersin-bersin, pengeluaran cairan terhambat, hidung terasa panas dan gatal. Infeksi sinus alergi berhubungan dengan alergi rhinitis (radang selaput lendir hidung).

Pada infeksi sinus akut gejala utamanya selain hidung tersumbat juga diikuti ingusan sesudah 24 - 48 jam dan akhirnya mengeluarkan cairan nasal disertai nanah. Gejala lainnya yaitu badan terasa sakit, sakit tenggorokan dan pusing. Pada infeksi sinus sub akut gejalanya yaitu hidung tersumbat, tidak enak pada wajah, lelah, dan pengeluaran cairan nasal yang disertai nanah yang akan berakhir lebih dari 3 minggu setelah infeksi akut berakhir. Infeksi sinus kronis gejalanya serupa dengan infeksi sinus akut, kecuali pada infeksi kronis dapat menyebabkan keluarnya cairan dari hidung secara terus menerus dan disertai nanah. Pada infeksi sinus hiperplastik menyebabkan hidung tersumbat secara kronis dan sakit kepala.

Nyeri pada sinusitis juga tergantung pada letak sinus yang sakit. Nyeri di dahi merupakan gejala khas sinusitis frontalis. Nyeri pada rahang atas dan gigi merupakan gejala infeksi sinus maksilaris. Infeksi sinus etmoid menimbulkan rasa nyeri di antara kedua mata, rasa nyeri kalau pinggiran hidung disentuh, hidung tersumbat dan tidak dapat mencium. Gejala sinusitis lainnya adalah nafas berbau tidak sedap

Sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan alergi berkepanjangan. Alergen yang terhirup seperti debu, spora jamur, bulu binatang, serbuk sari bunga, dan lain-lain menimbulkan reaksi alergi dan pembengkakan yang dapat berpengaruh atas timbulnya serangan sinusitis.

Meskipun sinusitis tidak dapat dicegah tetapi agar sinusitis tidak menjadi kronis, maka infeksi virus dan bakteri harus dihindari dengan meningkatkan daya tahan tubuh misalnya istirahat dan gizi yang cukup serta olahraga yang teratur. Hindari juga alergen seperti debu, asap rokok dan polusi lain serta obat-obatan dan jenis makanan tertentu yang dapat menimbulkan alergi. Jenis alergennya harus diketahui agar reaksi selanjutnya dapat dihindari atau dikurangi. Menyelam dan berenang juga harus dihindari karena air dapat masuk ke dalam sinus sehingga menimbulkan sumbatan atau infeksi.

Pengobatan sinusitis bertujuan untuk menghilangkan penyumbatan, mengeringkan cairan sinus hidung, serta menghilangkan infeksi dan rasa nyeri. Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi sinusitis mempunyai efek antara lain sebagai antiradang atau anti-infeksi, menghilangkan nyeri, mengurangi sumbatan lendir dan melancarkan pernafasan. Berikut beberapa tumbuhan obat yang dapat digunakan :

1.SAMBILOTO (Andrographis paniculata )
Efek : antiradang, anti-infeksi, meredakan nyeri (analgetik)
Cara pemakaian : 9-15 gram sambiloto kering direbus, diminum airnya. Untuk pemakaian luar dihaluskan lalu airnya diteteskan pada hidung.

2.LIDAH BUAYA ( Aloe vera )
Efek: antiradang, menghilangkan nyeri.
Cara pemakaian : daun dikupas kulitnya, direbus, diminum. Untuk pemakaian luar diteteskan pada hidung.

3.JAHE ( Zingiber officinale )
Efek : pedas, hangat, melapangkan saluran nafas (mengurangi penyumbatan lendir), antiradang.

4.SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens Back.)
Efek : antiradang, melancarkan sirkulasi

5.BAWANG PUTIH ( Allium sativum)
Efek : antibiotik, menstimulasi sistem imun, melancarkan sirkulasi.

6.KUNYIT (Curcuma longa L.)
Efek : menghilangkan sumbatan, antibakteri dan antiradang.

7.SEREH ( Andropogon citratus)
Efek: me

obat untuk penyakit sinusitis apa ?
Q. hidung saya kalau terkena debu,cuaca dingin langsung suka bersin-bersin terus mampet, pernafasan terganggu

A. cara aman mengobati penyakit sinusitis dengan XAMthone plus terbukiti ampuh tampa menimbulkan efeksamping karena obat XAMthone terbuat dari bahan bahan alami, obat XAMthone banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit sinusitis.

Mari kita simak pengertian penyakit sinusitis dan bagaimankah solusi obat sinusitis herbal dari Xamthone plus mampu mengobati sinusitis ..

Pengertian Sinusitis

Mengobati sinusitisSinusitis adalah penyakit yang terjadi di daerah sinus. Sinus sendiri adalah rongga udara yang terdapat di area wajah yang terhubung dengan hidung. Fungsi dari rongga sinus sendiri adalah untuk menjaga kelembapan hidung & menjaga pertukaran udara di daerah hidung. Rongga sinus sendiri terdiri dari 4 jenis, yaitu :

Sinus Frontal, terletak di atas mata dibagian tengah dari masing-masing alis
Sinus Maxillary, terletak diantara tulang pipi, tepat disamping hidung
Sinus Ethmoid, terletak diantara mata, tepat di belakang tulang hidung
Sinus Sphenoid, terletak dibelakang sinus ethmoid & dibelakang mata Dalam penanagnanya,

untuk lebih jelas nua bisa di lihat di http://obattradisionalasamurat.com/obatherbal/cara-aman-mengobati-penyakit-sinusitis
atau bisa langsung hubungi di no 081314865661

bagaimana cara mengobati sinusitis?
Q.

A. sinusitis biasanya terjadi krn adanya penyumbatan pada pangkal hidung. temen gw kena juga tuh penyakit tapi dah di operasi, ktanya disedot cairan yg nyumbat di pangkal hidung itu.
tapi kata dokternya tergantung dah berapa lama diderita juga. krn klo baru katanya masih bisa pake obat.

keterangan lebih lanjut ya periksa aja ke dokter spesialis THT.

smoga cepet sembuh....

amiiiinnn......

apa obat sinusitis/alergi pernafasan yg alami?
Q.

A. salam persahabatan...

Sinusitis adalah suatu peradangan pada rongga sinus yang terjadi karena alergi, bahan kimia, kanker, tumor, infeksi virus, bakteri maupun jamur.Penyebabnya adalah gangguan sirkulasi udara ke luar dan masuk rongga sinus akibat alergi, bahan kimia, kanker, tumor, infeksi virus, bakteri maupun jamur.Gejala yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri di sekitar wajah dan juga demam. gejala lainnya wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk.

Caranya adalah dengan memperlancar saluran ke rongga sinus, dengan cara mengatasi penyebab rongga sinus mengalami peradangan (alergi, bahan kimia, kanker, tumor, infeksi virus, bakteri maupun jamur) .Sayangnya tidak ada obat tradisional yang spesifik untuk mengobati sinusitis. Ada tanaman-tanaman obat yang memiliki khasiat sebagai antiradang seperti sambiloto dan pegagan, tetapi komposisi pastinya pun tidak bisa dibuktikan secara klinis, dan jika sedang menjalani pengobatan dari dokter sebaiknya tidak menggunakan obat tradisional karena bisa mempengaruhi pengobatan (dan tentunya menambah obat artinya sama saja dengan menambah racun).

Untuk penggunaan obat tradisional ini, sebetulnya paham bahwa obat tradisional pasti aman agak keliru, karena justru dalam tanaman obat, kadar bahan aktif yang terkandung bervariasi (tidak tetap dan tidak terstandarisasi), begitu pula jumlah kandungan bahan aktifnya sangatlah bervariasi. Artinya kemungkinan besar tidak semua bahan aktif yang terkandung dalam tanaman tersebut memberi efek baik bagi tubuh. Ingat bahwa semua bahan aktif pada dasarnya adalah zat kimia, baik itu terdapat dalam obat sintesis ataupun dalam tanaman obat. Dalam obat sintesis, tingkat keamanan lebih terjamin karena dosisnya tepat dan jumlahnya pun pasti. Jadi jika Anda ingin menggunakan obat tradisional, konsultasikan dahulu ke dokter. Atau jika ingin pengobatan tradisional yang aman, Anda bisa mengunjungi dokter naturopathy. Dokter naturopathy adalah dokter medis yang mempelajari pengobatan dengan tanaman obat melalui jalur akademis (sekolah medis), sehingga tingkat keamanannya bisa dipertanggungjawabkan.

Fb,Fs,Ym : Angta_Zahranky@Ymail.com

Apakah ini termasuk sinusitis ?
Q. Beberapa bulan lalu saya terkena sinusitis tapi telah di obati. Beberapa hari ini hidung saya berlendir lagi, tapi selalu meler gak kaya sinus yang sering menyumbat disertai pusing . Apakah ini merupakan tanda kalo sinusitis saya tleh kambuh lagi ? Tolong bantu ! Saya takut kalo dibiarin ini bisa jadi sinus akut

A. Sinusitis memang bisa kambuh.
Pengobatan sinusitis HARUS TUNTAS.
Selain itu perubahan cuaca atau dalam masa pancaroba sinusitis bisa kambuh lagi.
setelah diobati secara tuntas, artinya minum obat sampai sembuh betul, perkuat daya tahan tubuh dengan mekanan bergizi, tidur dan olah raga yang cukup
Sinusistis diobati antara lain dengan antibiotik, minum antibiotik harus sampai sembuh betul, jangan merasa enak, minum antibiotik dihentikan, hal ini bisa menjadikan kekebalan




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment