Wednesday, May 28, 2014

Apa yang menyebabkan gusi mudah berdarah?

Q. Bagaimana cara mengatasi atau perawatan gusi yang mudah berdarah?

A. Gusi berdarah bisa disebabkan oleh berbagai hal antara lain :
- Plak dan karang gigi yang menempel pada permukaan gigi.
- Kekurangan vitamin C, dikarenakan tidak mengkonsumsi sayuran atau buah dalam jangka waktu yang lama.
- Kelainan darah, yang biasanya berkaitan dengan leukemia dan trombositopenia (penurunan jumlah trombosit dalam darah)
Jadi sangat disarankan agar anda rajin membersihkan plak dan karan gigi konsumsi buah dan sayur, pemberian vitamin C
Semoga info ini bermanfaat

Ada yg tau gak ? Penyebab gusi berdarah ? Soalnya ni gusi saya pada sompel dan setiap saat berdarah terus. thx?
Q.

A. Masalah gusi berdarah bisa jadi pernah dialami sebagian besar orang. Umumnya masalah ini disadari saat menyikat gigi. Namun, mungkin belum semua orang tahu apa sebenarnya penyebab dari gusi berdarah dan bagaimana cara penanganan yang tepat.

Gusi berdarah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Penyebab yang paling sering adalah adanya plak dan karang gigi (kalkulus) yang menempel pada permukaan gigi. Gigi kita dilapisi oleh lapisan transparan licin yang disebut pellicle. Pellicle yang dikolonisasi oleh bakteri disebut plak. Selanjutnya, bila tidak dibersihkan maka plak dapat mengalami mineralisasi (pengerasan) sehingga membentuk karang gigi yang melekat pada permukaan gigi. Biasanya karang gigi dijumpai pada leher gigi.

Karang gigi tidak hanya melekat pada permukaan gigi yang tampak (terletak di atas garis gusi) tapi juga dapat melekat pada permukaan gigi yang tertutup oleh gusi. Pada permukaan karang gigi biasanya juga terdapat koloni bakteri. Koloni bakteri pada plak dan karang gigi inilah yang mengakibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi, yang dimulai dari gingiva (bagian gusi yang dapat kita lihat). Keadaan ini disebut gingivitis (radang gusi). Karena ada peradangan maka gusi menjadi mudah berdarah apabila terkena trauma mekanis, misalnya sikat gigi atau tusuk gigi. Jadi, gusi berdarah adalah tanda awal adanya kerusakan gusi.

Apabila tidak segera ditangani maka karang gigi dapat terus bertambah sehingga perlekatan gusi pada permukaaan gigi menjadi lepas dan terbentuk adanya kantung pada gusi (disebut periodontal pocket). Kondisi ini disertai juga dengan perdarahan gusi dan kerusakan tulang penyangga gigi. Akibatnya bila tidak segera ditangani gigi menjadi goyang dan akhirnya tanggal. Keadaan ini disebut periodontitis.

Karena penyebabnya adalah koloni bakteri pada plak dan karang gigi, maka solusi masalah ini adalah dengan melakukan pembersihan plak dan karang gigi. Plak dapat dibersihkan dengan cara menyikat gigi secara teratur dan benar. Frekuensi menyikat gigi minimal dua kali tiap hari, pagi setelah makan pagi dan malam sebelum tidur. Arah menyikat gigi adalah dari gusi ke arah gigi. Penyikatan gigi dalam arah horizontal tidak dibenarkan karena akan menyebabkan abrasi leher gigi dan resesi gingiva (gusi rahang atas tampak naik, gusi rahang bawah tampak turun, sehingga permukaan akar gigi terlihat).

Karang gigi tidak dapat dibersihkan dengan menyikat gigi. Jadi apabila terdapat karang gigi maka perlu datang ke dokter gigi untuk dilakukan scaling (pembersihan karang gigi). Selanjutnya dokter gigi akan melihat sampai mana kerusakan jaringan penyangga gigi yang terjadi. Apabila hanya terjadi gingivitis, maka tindakan scaling biasanya sudah mencukupi. Tapi bila sudah terjadi periodontitis, maka akan dilakukan perawatan periodontal lebih lanjut. Sebaiknya kita datang ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sehingga masalah dapat ditangani sejak dini.

Selain karang gigi dan plak, perdarahan gusi juga berhubungan dengan beberapa penyakit, antara lain kekurangan vitamin C dan kelainan darah. Kekurangan vitamin C terjadi pada orang yang tidak makan sayur atau buah dalam jangka waktu lama. Gusi pada penderita kekurangan vitamin C menjadi bengkak, berwarna keunguan dan terjadi perdarahan. Keadaan kekurangan vitamin C ini dinamakan Scurvy. Cara penanganannya adalah dengan memberikan vitamin C.

Kelainan darah yang biasanya berkaitan dengan perdarahan gusi adalah leukemia dan trombositopenia. Leukemia adalah keganasan sel darah putih sedangkan trombositopenia adalah kondisi di mana terjadi penurunan jumlah trombosit dalam darah. Pada penderita leukemia, gusi terinfiltrasi oleh sel-sel darah putih ganas. Secara klinis gusi tampak membesar. Karena pada leukemia umumnya juga terjadi trombositopenia maka gusi penderita leukemia juga mudah berdarah. Trombosit adalah salah satu elemen darah yang diperlukan untuk pembekuan darah. Apabila jumlahnya menurun sampai di bawah batas normal maka kemungkinan terjadi perdarahan lebih besar. Trombositopenia dapat merupakan penyakit yang berdiri sendiri atau bagian dari penyakit lain, misalnya demam berdarah. Jadi apabila didapati gusi berdarah disertai gejala-gejala lain seperti badan mudah lelah, demam, penurunan berat badan, berkeringat di waktu malam dan lain-lain sebaiknya segera datang ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

sumber: drg. Nita Margaretha, SpPM â Staf Pengajar Ilmu Penyakit Gigi dan Mulut FKUAJ â tanyadokteranda.com

Selain keterangan tersebut di atas, gusi berdarah karena sariawan atau lapisan gigi tipis..
Obati sariawan dan sikat gigi dengan pasta gigi semacam SENSODYNE, ENZYM

Bagaimana cara ngobati gigi atau gusi yang gampan berdarah?
Q. Aku sudah cari cara untuk ngobati, tapi susah banget. Setiap kali menyikat gigiku, pasti mengeluarkan darah. Trus kalau aku ketatap tembok atau benda yang keras, sering gigiku mengeluarkan darah.
Gimana ya cara ngobatinya? Dan apa penyebabya?
Tanks kalo

A. beberapa
penyebab lain gusi
berdarah antara lain:
Infeksi bakteri, jamur atau
virus.
Adanya gangguang
pendarahan lain
Menyikat gigi terlalu keras
Perubahan hormon selama
kehamilan
Idiopathic thrombocytopenic
purpura (ITP), yaitu penyakit
darah yang tak cukup memiliki
sel darah merah.
Pemasangan gigi palsu yang
tidak pas
Flossing yang tidak sesuai
Infeksi yang terjadi karena
pada gigi dan gusi
Leukemia
Penggunaan pengencer darah
Kekurangan vitamin K
Untuk menghindari gusi
berdarah, sebaiknya
mengunjungi dokter minimal 6
bulan sekali untuk
menghilangkan plak, mengikat
gigi dengan lembut dengan
bulu sikat yang halus sehabis
makan dan hindari
penggunaan obat pencuci
mulut yang mengandung
alkohol karena dapat
memperburuk masalah.

gusi saya bengkak dan berdarah !?
Q. di bagian graham belakang 2-2 nya n di beberapa tempat lainnya ??
ada yg punya solusi ??
saya ke dr gigi cuman dibilang kurang vitamin..
semntara hari ini bengkaknya nambah..
bete deh..

A. Hi Marsoono.....
saranku coba kmu pergi ke dokter gigi yg lain....
sebab tuk memastikan diagnosa dokter akan lebih baik kita cek ke beberapa dokter/ahlinya.

sedikit yg bisa ku bagi....
1. coba kamu cek apa disekitar gigi&gusi kmu itu ada karies atau karang gigi atau plak???sebab karang gigi atau plak tsb dapat menyebabkan iritasi pd gusi yg skhirnya gusi bisa berdarah.

2. apakah kadar gula darah kamu Normal??sebab kadar gula tinggi(terutama pd penderita Diabetes) dapat dgn mudah terjadi perdarahan.tenang jangan takut.....simpel aja.....klo kamu berdarah trus luka tsb dpt mengering dlm waktu yg relatif singkat,kamu dpt dikatakan tidak punya diabetes melitus.

3. apakah gigi geraham terakhir kamu sudah tumbuh??tumbuh sempurna atau tidak?sebab kelainan posisi tumbuh gigi geraham yg terakhir ini mungkin juga menyebabkan gangguan pd gusi.

4. perhatikan!!!!!!cara sikat gigi kmu!!!!!!! angan menyikat gigi terlalu "HOT" hehe....maksudnya terlalu menggunakan power....cukup dgn cara yg halus yg penting tekniknya benar. klo bingngung cara yg baik bagaimana??nanti kmu bisa tanya ke tmen2 yg lain atau ke saya juga bole....hubungi saja lewat E-mail.

saya kira itu yg bisa kamu lakukan untuk sedikit membantu kamu mencari solusi dari pertanyaan kamu tsb.

OK.....
semoga bermanfaat......
God Bless U.......................

bagaimana mengobati gusi berdarah?
Q.

A. tidak usah takut gusi berdarah itu mungkin gusi dan gigi kamu termasuk yang sensitif
kamu bisa pakai pasta gigi yang tanpa deterjen seperti sensodyne
dan biasakan menyikat gigi dengan teratur

trus coba kamu beli obat kumur itu sangaat membantu,berkumurlah setelah menyikat gigi

kiki




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment