Wednesday, May 28, 2014

apa aobat sakit migren (sakit kepala sebelah bahagian kiri), kenapa bisa begitu... tolong ya.....?

Q. migren sampai muntah- muntah

A. ~ OBAT MIGREN

Obat migren yang beredar di pasaran Indonesia terbagi dalam beberapa kelompok yaitu :

1. Obat sakit kepala biasa yang biasa ditambah dengan kafein dosis tinggi.
2. Obat migren ergotamin
3. Obat migren dari golongan triptan misalnya : sumatriptan.
4. obat migren pizotifen dari golongan antihistamin

Pengobatan Migren

Pengobatan migren yang terbaik adalah disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sangatlah membantu jika anda mengerti pilihan pengobatan migren. Bicarakan ke dokter anda mengenai sakit kepala dan gejala lainnya.

Tergantung pada keputusan diri anda dan dokter anda, pengobatan migren bisa satu atau dua dari kategori :

1. Propilaksis migren (obat pencegahan), pengobatan ini untuk mengobati migren dengan cara mengkonsumsi obat secara teratur untuk mengurangi serangan sakit kepala migren yang anda derita. Obat pencegah migren mencegah serangan migren sebelum terjadi.
2. Terapi penyembuhan sakit migren akut, pengobatan ini untuk mengobati migren dengan cara mengkonsumsi obat hanya di waktu serangan sakit kepala migren atau akan terkena serangan sakit kepala migren. Meminum obat pada waktu yang tepat akan dapat meringankan sakit pada serangan migren. Obat sakit migren akut yang termasuk golongan triptan merupakan langkah terdepan dalam pengobatan migren.

Sakit Kepala Migren

Sakit Kepala Migren adalah nyeri berdenyut hebat dan berulang, yang biasanya mengenai salah satu sisi kepala tetapi kadang mengenai kedua sisi kepala.

Nyeri timbul secara mendadak dan bisa didahului atau disertai dengan gejala-gejala visual (penglihatan), neurologis atau saluran pencernaan.

Migren bisa terjadi pada usia berapa saja, tetapi biasanya mulai timbul pada usia antara 10-30 tahun; kadang menghilang setelah usia 50 tahun.

Lebih sering menyerang wanita.

Sakit kepala migren biasanya lebih hebat daripada sakit kepala akibat tekanan darah.

Pada beberapa penderita, sakit kepalanya ringan dan bisa dihilangkan dengan obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Tetapi migren seringkali hebat dan membuat penderita menjadi tidak berdaya, terutama jika disertai dengan mual, muntah dan silau mata (fotofobia). Pada kasus seperti ini, biasanya selain obat pereda nyeri, penderita juga membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengurangi sakit kepalanya.

Sekitar 10-30 menit sebelum sakit kepala dimulai (suatu periode yang disebut aura atau prodroma), gejala-gejala depresi, mudah tersinggung, gelisah, mual atau hilangnya nafsu makan muncul pada sekitar 20% penderita.

Penderita yang lainnya mengalami hilangnya penglihatan pada daerah tertentu (bintik buta atau skotoma) atau melihat cahaya yang berkelap-kelip.

Ada juga penderita yang mengalami perubahan gambaran, seperti sebuah benda tampak lebih kecil atau lebih besar dari sesungguhnya.

Beberapa penderita merasakan kesemutan atau kelemahan pada lengan dan tungkainya.

Biasanya gejala-gejala tersebut menghilang sesaat sebelum sakit kepala dimulai, tetapi kadang timbul bersamaan dengan munculnya sakit kepala.

Nyeri karena migren bisa dirasakan pada salah satu sisi kepala atau di seluruh kepala.
Kadang tangan dan kaki teraba dingin dan tampak membiru.

Pada penderita yang memiliki aura, pola dan lokasi sakit kepalanya pada setiap serangan migran adalah sama.

Migren bisa sering terjadi selama waktu yang panjang tetapi kemudian menghilang selama beberapa minggu, bulan bahkan tahun.

Untuk pemilihan obat migren yang tepat ada baiknya anda harus periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis jantung.

Di apotik online medicastore anda dapat mencari obat migren dengan merk yang berbeda dengan isi yang sama secara mudah dengan mengetikkan di search engine medicastore. Sehingga anda dapat memilih dan beli obat migren sesuai dengan kebutuhan anda.

Benarkah kalau lagi kambuh sakit kepala Migren, salah satu obat tercepatnya adalah minum Kopi?...?
Q. Kata temen kalo kumat migrennya bisa diobati dg minum kopi? bener tidaknya kurang ngerti..
mohon bantuan infonya yah teman...... akhir akhir ini aku sering kena migren... Terima kasih.

A. Tidak benar. .Kopi adalah salah satu pencetus migren.
Pencetus migren adalah faktor faktor yang secara individual dapat mencetuskan terjadinya migren. Sayangnya hanya beberapa saja dari penderita migren yang dapat mengidentifikasi faktor pencetus terjadinya migren. Beberapa contoh faktor pencetus migren adalah, stress, gangguan tidur, puasa, hormonal, cahaya berkedip dan sangat terang, wangi wangian, merokok, alkohol, keju basi, cokelat, penyedap masakan, asam asaman, pemanis buatan, dan kafein.

Apa yang harus dilakukan penderita migren?

Individu yang menderita migren ringan dan jarang kambuh cukup meminum obat analgetik biasa. Sedangkan individu yang sering mengalami migren berat dan respon terhadap obat obatan juga rendah maka individu tersebut harus menghindari faktor pencetus dari migrennya dan memantapkan diri untuk mengubah gaya hidup.
Perubahan gaya hidup untuk penderita migren antara lain :
* Berangkat tidur dan bangun pagi pada waktu yang sama tiap hari.
* Olah raga teratur. Buatlah komitmen untuk selalu berolah raga baik saat santai maupun saat sibuk bekerja di kantor. Olah raga dapat memperbaiki kualitas tidur dan menurunkan frekuensi migren. Lakukan peningkatan olah raga secara bertahap. Olah raga yang terlalu keras sehingga tubuh kelelahan justru akan memicu terjadinya sakit kepala migren.
* Jangan menunda makan dan hindari puasa yang lama.
* Kurangi stress dengan teknik relaksasi.
* Batasi konsumsi kafein.
* Hindari cahaya terang dan berkedip. Gunakan kacamata hitam saat berada dibawah sinar matahari.

Obat yg manjur bwt migren ?
Q.

A. Kabarnya, kalo kepala ada sakit... kan kepala kita itu ibarat sekring dari seluruh organ di tubuh kita....
Jadi pastilah pihak medis mencoba melacak kirakira apa saja riwayat yg mencurigakan a.l bisa saja mata ada keluhan..dlsb

kalau setelah semua keluhan lain telah di betulkan..dan ternyata masih migren...mungkin akan diperiksa dengan alat canggih yg memeriksa isi kepala

Yg aman, terapi alami spt relaksasi dan spiritual kayaknya seeh

Semoga cepat ditemukan penyebabnya

apa ada hubungn migren dgn minuman yg dikonsumsi spt susu/kopi?klo sy minum susu/kopi pasti besoknya penyakit?
Q.

A. Salah satu pencetus migren ada kafein, kalau ada minum kopi tentu ada kafeinnya.
Perhatian pencetus pencetus migren lainnya:
Pencetus migren adalah faktor faktor yang secara individual dapat mencetuskan terjadinya migren. Sayangnya hanya beberapa saja dari penderita migren yang dapat mengidentifikasi faktor pencetus terjadinya migren. Beberapa contoh faktor pencetus migren adalah, stress, gangguan tidur, puasa, hormonal, cahaya berkedip dan sangat terang, wangi wangian, merokok, alkohol, keju basi, cokelat, penyedap masakan, asam asaman, pemanis buatan, dan kafein. Pada wanita, penurunan kadar hormon estrogen dalam darah saat menstruasi juga bisa sebagai faktor pencetus migren. Rentang waktu antara masuknya faktor pencetus sampai timbulnya gejala migren yaitu langsung atau sampai dua harian.

apa bener es bisa menyebabkan migrain.?
Q. apakah maag juga berpengaruh,dan beban fikiran mempengaruhi
karna semua itu saya rasain

A. Migren adalah suatu sindroma klinik akibat kurang berfungsinya integrasi sistem saraf pusat dengan manifestasi klinis berupa gangguan kepribadian dan tubuh yang luas, dapat disertai oleh rasa sakit namun dapat pula tidak. Gejala klinis yang tampak adalah sakit kepala yang sering dan berulang, berlangsung 2-72 jam tanpa keluhan lain di antara 2 sakit kepala. Nyeri ini timbul tiba-tiba dan biasanya pada satu sisi kepala, berdenyut, terasa menusuk-nusuk dan rasa kepala ingin pecah. Ada beberapa gejala yang terjadi sebelum dan selama serangan migren, yaitu: fenomena visual positif (penglihatan berkunang-kunang), fenomena visual negatif (penglihatan kabur) dan gejala sistemik seperti mual, muntah, diare, takut cahaya dll. Kadang-kadang migren dapat pula disertai oleh kelainan neuro-psikiatrik (gangguan motorik, sensorik dan kejiwaan) yang timbul kemudian atau menyertai gejala migren. Faktor pencetus serangan migren meliputi stres, kejutan emosional, kesibukan atau relaksasi setelah kesibukan, musim panas, selama haid, sebelum haid, atau terlambat haid, makanan tertentu atau
alergen yang spesifik, kelelahan fisik dan mental, kontrasepsi oral dll.


Migren umumnya menyerang wanita (berkaitan dengan faktor genetik), usia anak-anak dan dewasa muda tetapi dapat berlanjut dan menyembuh dengan bertambahnya usia.
Tension Headache (Nyeri Kepala Akibat Ketegangan Otot) Tension Headache merupakan nyeri kepala yang timbul karena kontraksi terus menerus otot-otot kepala dan tengkuk. Sering terjadi karena ketegangan yang berlebihan misalnya kecemasan kronik atau depresi, nyeri kepala kontraksi/tegang otot primer (tanpa sebab lain), atau karena rangsangan langsung pada struktur yang peka terhadap nyeri. Nyeri kepala yang dirasakan antara lain adalah kepala terasa berat, pegal, seperti diikat tali yang melingkar di kepala, kencang dan menekan. Kadang-kadang disertai nyeri kepala yang berdenyut. Gejala-gejala ini dapat disertai mual, muntah, vertigo, lesu, kurang tidur, mimpi buruk, mudah gelisah, sulit konsentrasi, mudah tersinggung, cepat marah, sedih, hilang kemauan bekerja/belajar dan keluhan depresif lainnya.


Cluster Headache (Sakit Kepala Pada Bagian Yang Tertentu) Disebut juga migren merah, karena pada waktu nyeri timbul, muka menjadi merah pada sisi yang sakit. Nyeri kepala dirasakan pada satu sisi kepala, tetapi dapat pula kedua sisi. Biasanya hebat seperti ditusuk-tusuk pada separuh kepala, di sekitar, belakang atau di belakang bola mata, pipi, lubang hidung, langit-langit, gusi dan menjalar ke seluruh bagian kepala. Nyeri kepala ini disertai gejala khas berupa mata merah dan berair, hidung tersumbat, sisi kepala menjadi merah panas dan nyeri bila di tekan. Nyeri jenis ini lebih sering ditemui pada laki-laki dan timbul pada usia 20-40 tahun. Serangan terjadi pada waktu-waktu tertentu, biasanya dini hari menjelang pagi dan akan membangunkan penderita
dari tidurnya karena nyeri yang hebat. Serangan berlangsung 15 menit sampai 5 jam dan terjadi beberapa kali selama 2-6 minggu. Faktor yang diduga mencetuskan serangan adalah makanan atau minuman yang mengandung alkohol.


Istirahat dan relaksasi merupakan unsur utama dalam usaha menangani nyeri kepala psikosomatik. Hal ini dapat tercapai jika ada kesadaran penuh dalam diri penderita untuk berusaha menghilangkan rasa nyeri yang sering muncul (self healing). Upaya relaksasi antara lain dapat dilakukan dengan meditasi sederhana ,melatih kekuatan pikiran atau latihan pernafasan sesuai petunjuk ahlinya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment