Thursday, May 29, 2014

Parkinson atau tremor itu aphaan sih.?

Q.

A. Tremor parkinson adalah tremor yang berkebalikan dengan tremor esensial yang berarti tremor ini terjadi ketika seseorang sedang dalam kondisi istirahat atau tidak
bergerak. Tremor akan berkurang
ketika orang tersebut sedang melakukan
akivitas. Tremor prakinson biasanya terjadi pada tangan tapi tidak menutup kemungkinan akan
terjadi di dagu kepala atau bibir.

Katanya diganggu Mr. Parkinson ?
Q. Seseorang yang kepalanya sering terkena benturan keras, bisa mengalami gangguan parkinson, adakah yg tau spt apa itu gangguan parkinson ?

A. benturan yg sering pada kepala akan merusak otak. area otak yang terkena pada parkinson adalah koordinasi. biasanya orang parkinson sulit untuk memulai jalan dan sulit juga untuk berhenti jika udah berjalan. selain itu ekspresi wajah orang parkinson sangat khas seperti memakai topeng.
terjadi tremor atau gerakan halusnya seperti bergetar, terutama pada tangan.
begitu deh sedikit gambaran tentang orang dengan parkinson.

dokter spesialis penyakit parkinson?
Q.

A. Neurologi adalah cabang dari ilmu kedokteran yang menangani kelainan pada sistem saraf. Dokter yang mengkhususkan dirinya pada bidang neurologi disebut neurolog dan memiliki kemampuan untuk mendiagnosis, merawat, dan memanejemen pasien dan kelainan saraf. Kebanyakan para neurolog dilatih untuk menangani pasien dewasa. Untuk anak-anak dilakukan oleh neurolog pediatrik, yang merupakan cabang dari pediatri atau ilmu kesehatan anak. Di Indonesia, dokter dengan spesialisasi neurologi diberi gelar Sp.S. atau Spesialis Sar
Para neurolog menangani kelainan pada sistem saraf, termasuk pada sistem saraf pusat (otak, batang otak, dan otak kecil), sistem saraf tepi (misalnya saraf otak), dan sistem saraf otonom. Neurolog juga dapat mendiagnosa dan memeriksa beberapa kasus pada sistem otot dan tulang (muskuloskeletal).

Kondisi mayor termasuk:

sakit kepala seperti migrain
epilepsi
kelainan saraf yang degeneratif seperti penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, ataksia
penyakit sistem peredaran darah di otak atau serebrovaskular seperti stroke
kesulitan tidur
palsi otak kecil
infeksi otak seperti ensefalitis, meningitis, mielitis pada sum-sum tulang belakang
kanker atau tumor di otak dan selaputnya, sistem saraf
kelainan pergerakan seperti tremor pada penyakit Parkinson, khorea
penyakit demielinasi pada sistem saraf pusat seperti sklerosis ganda, dan pada sistem saraf tepi seperti sindrom Guillain-Barré
kelainan pada sum-sum tulang belakang
kelainan sistem saraf tepi
cedera traumatik
status mental seperti koma
kesulitan berbicara dan berbahasa

saudara saya menderitaa parkinson udah 5 th segala obat dicoba, ada yang pengalaman sumbang pendapat?
Q. Saudara saya selalu merokok meski punya penyakit dan tangan gemetar kalau jalan makin lama tambah cepat sampai terjatuh. Adakah obat untuk meringankan penderitaannya?

A. Penyakit Parkinson adalah penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada otak, yaitu pada sistem saraf pusat otak manusia mengalami kemunduran.
Gejala pada penyakit ini antara lain:
-Gemetaran.
Seseorang penderita penyakit parkinson pada saat beristirahat atau tidak melakukan aktivitas akan mengalami gemetaran. Gemetaran yang timbul dapat terjadi pada tangan, kaki, rahang, atau kapala.
-Kekakuan.
Penderita akan mengalami rasa kaku pada otot, rasa sakit pada bahu, leher, dan sendi-sendi sehingga sulit untuk bergerak.
-Hilangnya reflek postural.
Penderita akan mengalami ganguan keseimbangan tubuh.
-Kebekuan.
Gejala ini mengacu terhadap ketidakmampuan untuk melakukan pergerakan yang aktif. Ketika akan berjalan, memutar, berjalan melalui jalan yang sempit penderita akan sulit utuk melakukannya.

-Gejala nonmotor (tidak berhubungan dengan pergerakan).
Gejala ini juga timbul pada penderita penyakit parkinson antar lain penderita merasakan sakit seperti terbakar, perasaan geli, hilangnya motivasi, susah tidur, ataupun merasakan tekanan. Kebanyakan gejala ini akan memperparah penderita penyakit parkinson.

Penyakit parkinson terjadi ketika sel saraf atau neuron di dalam otak yang disebut substantia nigra mati atau menjadi lemah. Secara normal sel ini menghasilkan bahan kimia yang penting di dalam otak yang disebut dopamine. Dopamine adalah suatu bahan kimia yang dapat menghantarkan sinyal-sinyal listrik diantara substantia nigra dan di sepanjang jalur sel saraf yang akan membantu menghasilkan gerakan tubuh yang halus. Ketika kira-kira 80% sel yang memproduksi dopamine rusak, gejala penyakit parkinson akan nampak.

untuk itu sebaiknya kamu makan SNR (maaf ga bsa scr rinci), krn ada tmn yg pernah mngalami, dan skrg sudah mulai membaik.
Semoga dpt membantu.
mribka25@yahoo.com

apa benar sering lupa merupakan gejala awal dari penyakit lupa yang berkepanjangan atau cikal bakal parkinson?
Q. bisakah diberikan definisi singkat, link, metode penyembuhan, pencegahan, pengobatan bagi penyakit lupa ini. trims.

A. Penyakit Parkinson adalah suatu penyakit degeneratif pada sistem saraf, yang ditandai dengan adanya tremor pada saat beristirahat, kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot.

Parkinson menyerang sekitar 1 diantara 250 orang yang berusia diatas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia diatas 65 tahun.

Gejala awal parkinson sering tidak disadari seperti:

- Gemetar ringan pada tangan atau kaki pada saat istirahat
- Ayunan lengan waktu berjalan berkurang
- Mandi, mencukur kumis, mengancing baju dan makan menjadi lama
- Jalan sering ketinggalan
- Mata melotot seperti marah
- Suara mengecil
- Duduk jarang bangun
- Tidur jarang berbalik badan

Penyakit Parkinson bisa diobati dengan berbagai obat, seperti levodopa, bromokriptin, pergolid, selegilin, antikolinergik (benztropin atau triheksifenidil), antihistamin, anti depresi, propanolol dan amantadin.
Tidak satupun dari obat-obat tersebut yang menyembuhkan penyakit atau menghentikan perkembangannya, tetapi obat-obat tersebut menyebabkan penderita lebih mudah melakukan suatu gerakan dan memperpanjang harapan hidup penderita.

Pengobatan dasar untuk Parkinson adalah levodopa-karbidopa.
Penambahan karbidopa dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas levodopa di dalam otak dan untuk mengurangi efek levodopa yang tidak diinginkan di luar otak.

Mengkonsumsi levodopa selama bertahun-tahun bisa menyebabkan timbulnya gerakan lidah dan bibir yang tidak dikehendaki, wajah menyeringai, kepala mengangguk-angguk dan lengan serta tungkai berputar-putar.
Beberapa ahli percaya bahwa menambahkan atau mengganti levodopa dengan bromokriptin selama tahun-tahun pertama pengobatan bisa menunda munculnya gerakan-gerakan yang tidak dikehendaki.

Menkonsumsi teh hijau, vitamin D dan pola tidur yang baik dipercaya dapat mencegah parkinson.

Parkinson terjadi karena otak kekurangan suplai oksigen/cairan.

Tidak semua penderita parkinson menjadi pikun/pelupa, banyak pula yang tingkat intelektualnya normal. Parkinson dan pikun/pelupa tidak begitu berhubungan.

Semoga membantu.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment