Saturday, May 31, 2014

Ambeien atau wasir?

Q. Saya belum tahu apa perbedaan diantara keduanya (penyebab dan gejalanya)

Bisa disembuhkan tanpa operasi ga ya?

Makasih Banyak buat yang berbaik hati menjelaskan...

A. Wasir atau Ambeien atau bahasa Inggrisnya Hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah dibawah selaput lendir anus sehingga bisa membentuk gumpalan benjolan.

Wasir merupakan gangguan yang dipicu oleh melebarnya pembuluh-pembuluh darah di daerah anus. Pelebaran ini terjadi, karena terhambatnya aliran darah ke jantung. Pembuluh itu lalu tertutupi selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama kelamaan membengkak serta membentuk tonjolan.

Pemicu utama wasir sangat sederhana, yakni saat susah buang air besar, penderita terpaksa mengejan habis-habisan. Oleh karena itulah, pembuluh darah di daerah bawah jadi melebar.

Penyebab
Terjadinya wasir disebabkan oleh terhambatnya aliran mudik darah menuju jantung, sehingga pembuluh darahnya melebar. Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat menghambat aliran darah: melakukan gerakan pada olahraga tertentu misalnya olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan, atau terlalu banyak duduk. Ketahanan tubuh menurun juga dapat menyebabkan wasir.
Penyakit diare kronis pun bisa memicu wasir. Saat diare, penderita buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.
Faktor yang mempengaruhi juga adalah kehamilan, kegemukan, dan pola makan serta pola buang air besar. Selain itu faktor keturunan juga dapat menyebabkan terjadinya Ambeien. Ini dikarenakan struktur anusnya yang salah. Penelitian ini sudah diteliti dengan hasil 90% wasir disebabkan oleh faktor keturunan.


Wasir bisa menyerang siapa saja, tanpa memandang status dan usia. Namun, penyakit ini tidak menyerang anak-anak. Kalaupun anak sulit buang air dan timbul bercak darah di area bawah, biasanya itu hanya luka di anus. Darah ini pun tidak menetes, dan hanya menempel di feses.

Gejala
Dari gejala-gejala wasir dapat diketahui tingkat ringan sampai parahnya. Berikut ini pembagian berdasarkan gejalanya , yaitu :
1. Terjadi pendarahan dengan rasa gatal
2. Terjadi pendarahan disertai rasa sakit dan muncul benjolan kecil, namun tidak mengganggu proses buang air besar / BAB
3. Terjadinya pendarahan dengan benjolan besar, tetapi dapat masuk kembali
4. Terjadinya pendarahan ditandai dengan benjolan yang nongol setelah buang hajat dan tidak dapat masuk sendiri, sehingga harus dibantu untuk memasukkannya kembali.
5. Benjolan tidak dapat masuk kembali walaupun sudah dibantu. Ini terjadi karena adanya proses pengerasan dan pembekuan darah. Pada tingkat ini penderita akan sangat merasa kesakitan.

Tips bila wasir dengan bekuan darah menyebabkan nyeri, maka lakukan beberapa tindakan berikut ini âduduk berendam dalam air hangatâ; âmengoleskan salep obat bius lokalâ; dan âpengompresan dengan kemiriâ. Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu.

Kadang wasir bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus BUKAN gejala dari wasir. Rasa gatal bisa terjadi karena sulit untuk menjaga kebersihan di daerah yang terasa nyeri ini.

Pengobatan
Untuk pengobatan wasir penderita ringan cukup dengan banyak minum untuk menjaga agar usus kita tetap terhidrasi dan tinja cukup lunak sehingga mudah dikeluarkan, makan menu tinggi serat, usahakan BAB secara rutin. Bagi penderita yang sudah muncul benjolan kecil, cukup oleskan krim yang mengandung kortikosteroid dan bahan anestetik lokal dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Berikut ini beberapa buah-buahan yang dikatakan dapat mengobati Ambeien adalah buah sirsak karena banyak mengandung zat gizi dan serat, atau konsumsi nanas 4-5 buah setiap hari karena bromelinnya dapat menghentikan pendarahan dan serat yang dikandung dapat memperlancar buang air besar.

apa yang akibatkan wasir?
Q.

A. Wasir atau Hemorrhoids (ambeen/piles) sebetulnya adalah pembengkakan pembuluh darah di-liang dubur.

Ada 2 macam wasir :

1. Wasir Internal,

pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar. Masalahnya jadi tidak sederhana lagi, bila ambeien internal ini membesar dan keluar ke bibir anus yang menyebabkan kesakitan. Ambeien yang terlihat berwarna pink ini setelah sembuh dapat masuk sendiri, tetapi bisa juga didorong masuk.

2. Wasir Eksternal,

menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Penyebabnya antara lain adalah :

1.Kurangnya minum
2.Makin menuanya manusia
3.Akibat konstipasi kronis (Sukar buang air besar)
4.Selama hamil karena perubahan hormonal.
5.Waktu melahirkan terlalu keras mengeden.
6.Seringnya dikuras.
7.Terlalu lama duduk atau berdiri disuatu tempat
8.Keturunan.
9.Adanya tekanan untuk waktu yang lama didaerah ana
10. Peregangan. Ini misalnya terjadi pada seseorang yang suka melakukan hubungan seksual yang tidak lazim yaitu anogenital.

UPAYA Pencegahannya :

Makan makanan yang berserat {buah-buahan)
Jangan terlalu memaksakan mengeden sewaktu buang air besar .
Jangan suka paksakan kentut keras-keras. Usahakan buang air besar berapa hari secara teratur.
Serta banyak minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk melancarkan BAB.
Segera ke belakang jika niat BAB muncul, jangan menunda-nunda sebelum feses menjadi keras.
Makan sayur dan buah yang cukup banyak. Kurangi konsumsi cabe dan makanan pedas. Tidur cukup. Jangan duduk terlalu lama dan senam/olahraga rutin.

UPAYA Pengobatanya :

Pakailah obat wasir berupa salep/krim atau suppositoria Bila terpaks,apa boleh buat harus dibedah (dioperasi).

bagaimana cara mengobati wasir,secara tradisional?
Q. obatnya apa,caranya bagaimana

A. Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit ambeien.

Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang anda derita karena anda bisa dibuat menderita seumur hidup oleh wasir yang tidak ditanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya. Selamat membaca artikel wasir dari organisasi.org semoga anda yang menderita wasir dapat segera sembuh.

B. Jenis-Jenis / Macam-Macam Wasir / Homoroid / Ambeyen

Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar.

Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir.

Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.

C. Hal-Hal / Faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid

Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut di bawah ini sehingga perlu diwaspadai dan dihindari :

1. Terlalu banyak duduk
2. Diare menahun
3. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon
4. Keturunan penderita wasir
5. Hubungan seks yang tidak lazim
6. Penyakit yang membuat mengejan penderita
7. Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun
8. Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

D. Ciri Khas / Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid

Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

E. Mengatasi, Mengobati & Menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid

Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter.

1. Jalankan pola hidup sehat
2. Olah raga secara teratur
3. Makan makanan berserat
4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet
5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll
6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar
7. Minum air yang cukup
8. Jangan menahan kencing dan berak
9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan
10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan
11. Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa
12. Duduk berendam pada air yang hangat
13. Minum obat sesuai anjuran dokter

Resep yang saya tawarkan untuk penyembuhan WASIR yaitu dengan mengkonsumsi GAMAS secara teratur dengan dosis 3x3 kapsul/hari (sebelum Makan).Obat ini sangat efektip untuk penyembuhan karena terbuat dari hewan laut yang kaya dengan kandungannya.

Untuk informasi lebih lanjut hub : 081395092020

Semoga Materi dan penjelasan ini bisa bermanfat bagi kesembuhan dan kesehatan saudara,Amin...

"Achmad"

obat untuk penderita wasir ?
Q.

A. Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. umumnya pembengkakan ini akan kembali normal jika sja tdk selalu terjadi pengerasan pd saat BAB atau terlalu ngeden saat sdgn BAB.
sy sendiri pernah mngalami hal ini, bhkan sdh ada sprti dging yg kluar dr dubur tp sy tdk berani melihat, jd hanya sy dorong msuk pakai kain..
skrg alhamdulillah sdh sembuh..

tips dr saya : setiap bangun tidur usahakan mnum air 1 gelas besar,,,
pd saat anda makan ,sesudah minum air yg agak panas,,, tp jgn yg trlalu panas jg... krn air panas bisa mempercepat proses pencernaan dan juga membuat peses yg sdh keras bisa melunak kmbali..
dan juga kalau anda merasa ingin BAb,MINUM air terlebih dahulu sblm anda prg BAB (dingin atau hangat boleh2 sj tp lbh baik jika air hangat)

semoga cpt smbuh gan, krn cmn dgn cara ini bab sy normal kmbli. pdhl sdh sring mkan mknn berserat jg dulunya

Menyembuhkan Wasir (AMBEIEN)?
Q. SAYA PUNYA SAUDARA LAKI LAKI DIA MENGELUH PUNYA GEJALA AMBEIEN ATAU WASIR. ADAKAH CARA PENYEMBUHAN NYA ( SELAIN OPERASI DAN PARA NORMAL) MOHON BANTUANNYA

A. Wasir ato ambeien ato hemoroid, gak harus operasi.

SEKILAS WASIR:

Khalayak pada umumnya sudah sangat mengenal wasir atau ambeyen atau Hemoroid (haemorrhoids). Meski tergolong penyakit tidak berbahaya, wasir tak urung membuat resah bagi yang mengalaminya. Terlebih jika keluar tonjolan wasir di muara dubur (anus). Demikian pula ketika darah segar menetes-netes dari dubur, adakalanya mengakibatkan si penderita wasir menjadi pucat pasi.

:: :: :: PENGERTIAN :: :: ::
Wasir atau hemoroid adalah membengkaknya jaringan dinding dubur (anus) yang mengandung pembuluh darah balik (vena). Penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan adakalanya tidak menunjukkan keluhan. Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi 2 jenis, yakni hemoroid interna dan hemoroid eksterna.

:: :: :: FAKTOR PENCETUS :: :: ::
Pada dasarnya wasir ditimbulkan oleh tekanan rongga perut (abdomen) berkepanjangan yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan pembengkakan jaringan di dinding dubur. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang sering mengejan, wanita hamil dan pekerja berat (angkat-angkat berat).

Beberapa faktor pencetus timbulnya wasir, diantaranya:

> Sembelit (konstipasi). Kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan saat buang air besar. Kondisi ini lambat laun dapat memicu timbulnya wasir.

> Wanita hamil. Dalam keadaan hamil, tekanan rongga perut meningkat lantaran ada janin dalam kandungan. Tak jarang diikuti konstipasi, yang berpotensi menderita wasir. Kondisi yang sama dapt dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejan.

> Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

:: :: :: TANDA-TANDA :: :: ::
Pada umumnya, wasir mudah dikenali terutama jika penderita menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

> Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
> Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.
> Tetesan darah segar dari dubur.
> Benjolan lunak di permukaan dubur. Pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk.
> Kendati tanda-tanda wasir mudah dikenali, tidak semua penderita wasir menunjukkan adanya keluhan.

:: :: :: TIPS MENGATASI WASIR :: :: ::
Agar tidak bertambah berat, para penderita wasir perlu memperhatikan beberapa tips sebagai berikut:

= Usahakan berendam air hangat untuk mengurangi nyeri dan menjaga kebersihan dubur selama sekitar 15 menit, setidaknya 2-3 kali dalam sehari.
= Mengkonsumsi makanan berserat agar kotoran (feces) menjadi lunak, misalnya: buah-buahan dan sayur mayur.
= Menghindari minuman beralkohol agar kotoran tidak keras.
= Minum dalam jumlah yang cukup, sedikitnya 1,5 liter dalam sehari.
= Hindari menggosok-gosok daerah dubur agar tidak terjadi perlukaan.
= Jangan membiasakan menahan buang air besar dan jangan pula memaksa untuk buang air besar.
= Hindari berlama-lama nongkrong di toilet saat buang air besar, misalnya sambil membaca, karena kebiasaan ini akan meningkatkan tekanan di daerah dubur.
= Olah raga teratur.
= Gunakan obat antihemoroid sesuai anjuran dokter

:: :: :: PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN PASIEN :: :: ::
Apakah berbahaya?
Sekali lagi tidak, hanya saja orang takut karena ada darah segar menetes, sehingga seolah-olah menakutkan.

Apakah harus operasi?
Tidak harus.
Jika masih bisa ditanggulangi dengan obat, waisr gak perlu operasi. Andaipun dioperasi, hanya kategori operasi ringan. Dan perlu diketahui bahwa wasir dapat muncul di bagian lain jika dipicu oleh faktor-faktor pencetus.

Apakah perlu penyembuhan lama jika operasi?
iya. Penyembuhan pasca operasi wasir relatif lama karena letaknya di anus yang dilewati kotoran saat kita buang air besar sehingga memperlambat penyembuhan. Rata-rata masa penyembuhan sekitar 2-3 minggu.

Semoga bermanfaat.

Selengkapnya, silahkan baca artikelnya pada link berikut:
http://cakmoki86.wordpress.com/2007/08/04/tips-mengatasi-wasir/




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment