Thursday, May 29, 2014

Tentang penyakit polip?

Q. Saya punya polip di hidung kiri sudah agak lama sih dan hidung kiri gak bisa lagi digunakan untuk bernapas. Akhir-akhir ini di hidung kiri muncul semacam biji yang kadang membesar dan kadang mengecil. Mohon bantuannya yah apa sebabnya dan kira-kira ada nggak pengobatan tradisional atau semacamnya yang non operasi dan apakah jalan satu-satunya untuk sembuh dari polip adalah dengan operasi pengangkatan?Mohon jawabannya yah please n terima kasih.

A. Jika polip hidung masih kecil dan terbatas dalam rongga hidung, dapat diterapi dengan pemberian kortikosteroid lokal maupun minum atau kombinasi dari keduanya. Namun bila pemberian medikamentosa tidak memberikan respon yang baik, atau keadaan polip yang terlalu besar yang menyebabkan sumbatan pada jalan nafas, atau bersifat multipel, maka operasi pengangkatan polip menjadi pilihan kedua. Tindakan operasi pengangkatan polip (polipektomi) itu sendiri termasuk operasi sederhana yang dapat dilakukan melalui beberapa metode, antara lain dengan menggunakan tang polip atau snare polip. Tetapi dalam tehnik yang lebih modern para dokter THT mengerjakannya dengan endoscopic polipectomi.



Ada ramuan atau resep obat tradisional untuk mengatasinya?

Cobalah kombinasi lidah buaya yang direbus bersama-sama dengan temu putih plus daun sambiloto yang dimasak dalam 600 cc air, diminum sekali dalam sehari selama beberapa hari. Bagi saya, upaya pengobatan tradisional ini sah adanya. Tetapi harus tetap waspada dan awas terhadap pertumbuhan serta gejala klinis yang ditimbulkannya. Sebab polip hidung yang besar -- sampai menyumbat jalannya pernafasan -- bisa sangat merepotkan dan bahkan bisa berakibat fatal bagi si penderita.

hidung saya terkena polip...!?
Q. apa yang harus saya lakukan agar perkembangan polip saya terhambat../?

A. Prinsip pengobatan dari polip hidung yaitu mengatasi polipnya dan menghindari penyebab atau faktor faktor yang mendorong terjadinya polip. Bila polip kecil dilakukan pengobatan dengan obat obatan oral dan penyemprotan dengan obat semprot hidung. Namun bila polip besar dan tidak dimungkinan dengan pengobatan oral atau semprot maka harus dilakukan operasi pengangkatan polip.
Sayangnya bila faktor yang menyebabkan terjadinya polip tidak teratasi maka polip hidung ini rawan untuk kambuh kembali demikian berulang ulang. Oleh sebab itu sangat diharapkan kepatuhan pasien untuk menghindari hal hal yang menyebabkan alergi yang bisa menjurus untuk terjadinya polip hidung.
Selain dioperasi oleh tim dokter, polip bisa juga diobati dengan pengobatan tradisional. Ambillah lima buah jeruk nipis, peras dan abil airnya kemudian campurkan sepotong jahe yang telah diracik halus dan dikeringkan. Ambillah dua puluh butir cengkeh, sepuluh lembar daun sirih dan 6 lembar daun sereh. Rebuslah ramuan ini dalam dua liter air sampai mendidih dan menyisakan air sebanyak satu gelas. Minumlah ramuan ini setiap pagi hari maka polip akan lenyap, tetapi perlu diingat untuk penyembuhan total harus dilakukan setiap hari, jangan bosan dan harus teratur supaya penyembuhannya bisa maksimal.â°â°â·

tentang polip..pliss help..?
Q. toLong dong informasinya tantang polip, pengobatan, pencegahan, pantangan2
pokoknya tentang polip deh
aQ juga kurang ngerti ma ni penyakit, yg Q tau cuma "polip tu jendoLan di idung yg bikin susah napas kL gi kambuh"
urgent bgt nih...
pLiss ya.. kLo ada yg tau t4 berobatnya yg bagus jg gpp
kLo operasi tu kLuar biaya brapa?
rumah sakit mana yg bener2 bisa nyembuhin, kLo ada pengobatan aLternatif yg bagus juga mohon referensinya

kLo polip tu penyakit turunan ga`? kLo dari kedua orang tua ato saLah satu nya kna poLip bisa nurunin k anak ga`?
seperti haLnya bahayanya diabetes yg dimana sesama diabetes ga` boLeh menikah, ini berLaku kpada penderita polip juga ga?


.

A. Polip itu adalah suatu pembengkakan rongga polip, semua orang punya organ tersebut, tapi... ada yang membengkak dan ada juga yang biasa atau Normal.
Polip bukan turunan, penyakit itu bisa juga terjadi karena penderita mempunyai alergi baik terhadap udara, debu, dan cuaca juga bisa juga karena kebiasaan! Tapi kalau sinusitis biasanya ada juga faktor keturunan dari keluarga penderita.
kalo polip kamu sudah sangat bengkak dan mengganggu jalan nafas, sebaiknya kamu cepat berobat ke dokter THT, jangan diobati secara alternatif karena biaya hampir sama besar tapi keseterilannya tidak menjamin. jadi... cepat datang ke Dokter THT mungkin bisa dengan Kemoterapi dan obat-obatan tapi kalo udah parah banget mungkin jalan satu-satunya adalah operasi.

apakah penyakit polip bisa terbawa keturunan selanjutnya?
Q. miasalnya seorang ibu mempunyai penyakit polip, sedangkan ayah tidak, jadi apakah ada kemungkinana akan terturunkan?

A. polip bukanlah termasuk penyakit herediter (genetics) yang diturunkan oleh parent kepada filialnya, sehingga penatalaksanaan kecenderungannya pun tidak digabungkan sebagai penyakit keturunan.
polip termasuk penyakit onkologi (berhubungan dg tumor), maka pengobatannya lebih baik lebih cepat, mengingat sifat proliferatif dan supresifnya.
beda dengan rhinitis yang sering disalah artikan oleh masyarakat awam sebagi polip, rhinitis bersifat herediter karena penyakit ini berhubungan dengan allergi.

Penyakit Polip Hidung berbahaya atau tidak sih ?
Q.

A. polip hidung tu semacam daging tumbuh di hidung setau saya... tentu berbahaya jika tidak di tindak lanjuti karna akan mengganggu pernafasan biasanya di mulai dengan sesak nafas.. hal ini karna polip akan menutupi rongga hidung ... disarankan untuk ke dokter tht untuk memeriksakan seberapa parah polip yang diderita ... biasanya tindakan yang dianjurkan pengangkatan polip( operasi) ..




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment