Wednesday, May 28, 2014

Selalu merasa kecapean, hidung mimisan & telapak tangan selalu basah itu termasuk gejala penyakit apa?

Q. Kemarin teman saya bertanya kalo gejala-gejala yang ditimbulkan seperti selalu merasa kecapean (letih), hidung mimisan dan telapak tangan selalu basah itu termasuk gejala penyakit apa? Mohon untuk bantuan penjelasan dan cara mengatasi penyakit itu Pak Dokter atau Bu Dokter? Terima Kasih.

A. Ada beberapa kondisi di sini:
1. telapak tangan, coba dijilat bila asin berarti jantung anda bukan masalahnya, bila tawar mungkin bisa coba tanya2 keluarga apa ada yang punya masalah jantung.
2. hidung mimisan, apa bekerja di ruang ber-AC, Cara kerja AC yang menyerap uap air di udara membuat kelembapan di ruangan jauh berkurang. Ditambah, suhu yang terlalu dingin membuat udara jadi makin kering. Udara kering yang diisap akan membuat alat pernapasannya mengering, sehingga selaput lendirnya mudah pecah dan berdarah. Coba di cek juga apa jumlah air yang diminum cukup,
3. kecapean, bisa disebabkan stress.

Menurut saya, teman anda sedang stress karena pekerjaan atau lain2. Ada 1 gejala yang belum disebutkan teman Anda bila memang stress:
Sakit kepala:
1. Bila sakit kepala berdenyut di salah satu bagian, itu pertanda stress.
2. Bila sakit kepala serasa mutar2 bisa jadi semua gejala itu karena demam.

Semoga membantu

Obat penyakit mimisan ( keluar darah dari hidung )?
Q. saya tiap tengah malem suka keluar darah , siang hari juga pernah . kata tmn saya itu penyakit pusing dari dalam .


#apa obatnya ,?
#bagaimana cara mencegahnya ,?

A. Bagaimana cara mengatasinya? Cara sederhana untuk menghentikan perdarahan tanpa bantuan obat dan alat. Cukup dengan duduk dengan posisi badan dan kepala agak maju ke depan. Lalu gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dan menutup hidung. Sedangkan mulut dibuka untuk bernapas. Lakukan selama 1-2 menit. Tak berapa lama kemudian biasanya darah langsung berhenti.

Jika cara pertama belum berhasil, cobalah kompres hidung dengan es. Bungkuslah es dengan saputangan lalu tempelkan di antara kening dan hidung. Selain es, benda lain seperti makanan atau minuman beku bisa digunakan. Es dan benda dingin lainnya yang ditempelkan mampu mengecilkan pembuluh darah sehingga perdarahan pun cepat berhenti. Kompres bisa dilakukan saat perdarahan sedang berlangsung maupun berhenti.

Kangkung memiliki sifat kimia sebagai antiracun, peluruh perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur). Karenanya tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan dalam porsi banyak dengan menu utama kangkung.

Atau menggunakan daun sirih. Setelah dicuci bersih, gulunglah daun sirih tersebut lalu dimasukan ke hidung yang mengalami pendarahan. Daun sirih dikenal ampuh untuk mengatasi mimisan karena mengandung zat pengerut jaringan atau astringen.

saya kok sering mimisan.. padahal sy g pny pnykit ato biz mlaksanakan kgiatan yg berat2...?
Q.

A. Hidung berdarah (Kedokteran: epistaksis atau Inggris: epistaxis) atau mimisan adalah satu keadaan pendarahan dari hidung yang keluar melalui lubang hidung.

Ada dua tipe pendarahan pada hidung:

* Tipe anterior (bagian depan). Merupakan tipe yang biasa terjadi.
* Tipe posterior (bagian belakang).

Dalam kasus tertentu, darah dapat berasal dari sinus dan mata. Selain itu pendarahan yang terjadi dapat masuk ke saluran pencernaan dan dapat mengakibatkan muntah.

Penyebab
Secara Umum penyebab epistaksis dibagi dua yaitu :

1. Lokal
2. Sistemik

Lokal

Penyebab lokal terutama trauma, sering karena kecelakaan lalulintas, olah raga, (seperti karena pukulan pada hidung)yang disertai patah tulang hidung(seperti pada gambar di halaman ini),mengorek hidung yang terlalu keras sehingga luka pada mukosa hidung, adanya tumor di hidung, ada benda asing (sesuatu yang masuk ke hidung) biasanya pada anak-anak, atau lintah yang masuk ke hidung, dan infeksi atau peradangan hidung dan sinus (rinitis dan sinusitis)

Sistemik

Penyebab sistemik artinya penyakit yang tidak hanya terbatas pada hidung, yang sering meyebabkan mimisan adalah hipertensi, infeksi sistemik seperti penyakit demam berdarah dengue atau cikunguya, kelainan darah seperti hemofili, autoimun trombositipenic purpura.


Patofisiologi

Semua pendarahan hidung disebabkan lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Lepasnya mukosa akan disertai luka pada pembuluh darah yang mengakibatkan pendarahan.

Perawatan

Aliran darah akan berhenti setelah darah berhasil dibekukan dalam proses pembekuan darah. Sebuah opini medis mengatakan bahwa ketika pendarahan terjadi, lebih baik jika posisi kepala dimiringkan ke depan (posisi duduk)untuk mengalirkan darah dan mencegahnya masuk ke kerongkongan dan lambung.

Pertolongan pertama jika terjadi mimisan adalah dengan memencet hidung bagian depan selama tiga menit. Selama pemencetan sebaiknya bernafas melalui mulut. Perdarahan ringan biasanya akan berhenti dengan cara ini. Lakukan hal yang sama jika terjadi perdarahan berulang, jika tidak berhenti sebaiknya kunjungi dokter untuk bantuan.

Untuk pendarahan hidung yang kronis yang disebabkan keringnya mukosa hidung, biasanya dicegah dengan menyemprotkan salin pada hidung hingga tiga kali sehari.

Jika disebabkan tekanan, dapat digunakan kompres es untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi). Jika masih tidak berhasil, dapat digunakan tampon hidung. Tampon hidung dapat menghentikan pendarahan dan media ini dipasang 1-3 hari.

Kematian akibat pendarahan hidung adalah sesuatu yang jarang. Namun, jika disebabkan kerusakan pada arteri maksillaris dapat mengakibatkan pendarahan hebat melalui hidung dan sulit untuk disembuhkan. Tindakan pemberian tekanan, vasokonstriktor kurang efektif. Dimungkinkan penyembuhan struktur arteri maksillaris (yang dapat merusak saraf wajah) adalah solusi satu-satunya.

apa penyebab mimisan?
Q.

A. Mimisan, dalam istilah kedokteran disebut epistaksis (epistaxis) atau diberi arti hidung keluarkan darah.
Perdarahan itu pada umumnya terjadi pada daerah rongga hidung depan yang diberi nama Little's area dimana terdapat plexus Kisselbach yaitu jaringan pembuluh kapiler yang banyak.
Sebab terjadi perdarahan yang sering karena trauma pada daerah hidung tersebut bisa terpukul, tergaruk jari dilubang hidung "ngupil", ber"sisi" yang terlalu keras, adanya kerapuhan dinding pembuluh kapiler- kurang viamin C, pemakaian obat anti trombosit atau anti pembekuan darah, pengeringan selaput lendir hidung yang tidak lembab lagi, akibat udara yang sangat kering.

mimisan di pagi hari?
Q. hari ini sekitar jam 7 pagi saya terbangun krn merasa ada air yg mengalir di hidung.dan ternyata itu darah.
saya mimisan lumayan lama,,sekitar 15menit.
apa ada yg tau penyebab mimisan di pagi hari??

A. Mimisan biasanya karena pecahnya pembuluh darah dihidung. Bisa jadi karena pembuluh yang terlalu sensitif. Anda mestinya mencantumkan, mimisan Anda itu setiap pagi atau hanya sekali itu. Kalau cuma sekali, mungkin Anda tidur di kamar berAC yang terlalu dingin. Jadi pembuluh darah hidung kering dan akhirnya pecah. Atau karena kondisi kecapaian dan kurang tidur dan juga sedang Flu.
Atau Anda punya tekanan darah tinggi? Bisa jadi juga karena itu. Jadi gali dulu penyebabnya kenapa.
Untuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan sendiri yaitu: tundukkan kepala (karena kalau tengadah darah bisa masuk ke rongga nafas dan ini bahaya). Pencet keras hidung ditulang rawannya selama 10 hitungan/detik. Kemudian lepaskan 2 hitungan dan bernafas melalui hidung. Ulangi lagi pencet hidung sepuluh hitungan dan jeda 2 hitungan nafas lewat hidung. Ini bertujuan untuk mempercepat penutupan kembali pembuluh yang pecah. Lakukan sampai berhenti sekurang2nya 10-15 menit. Kalau sudah berhenti...biarkan Anda rilek, jangan korek2 hidung meski terasa darah kental didalamnya. Karena bisa memicu bocornya pembuluh yang baru saja menutup tadi.
Kalau mimisan tidak berhenti juga....segera bawa ke layanan kesehatan terdekat.
Semoga membantu ^o^




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment