Wednesday, May 28, 2014

Tentang Demam Berdarah

Q. Apa sih definisi DB, penyebanya, dan dampak DB bagi penderita DB?

A. definisinya demam tinggi yang finalnya akan memecah pembuluh darah shg terjadi pendarahan baik di dalam ato di luar...
nyamuk pastinya.....dr gigit org yg terjangkiti trus si nyamuk bagi bagi ke org laen...dampaknya paling parah kematian. ,............
Organ dalam akan rusak.....hb darah turun tu artinya tubuh kekurangn darah ...bahaya khan..darah adlah bemonya oksigen gt...klo kurang berarti kurang oksigen....akibatnya tahu ndiri tho..........bila selamat ya pasti daya tubuh turun saat itu.....klo dah sehat ya gak papa.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Obat tradisonal dari Demam Berdarah apa yach?
Q. teman saya sering demam tinggi, setelah diperiksa ke dokter katanya dia itu kena gejala DBD

A. Saya mencoba menjawab "dengan pahala tembus" saya. Apa itu demam berdarah? Kalau ada dokter, bahkan dokter lulusan negara maju pun, mengatakan demam berdarah disebabkan nyamuk aedes aegypty, adalah salah.

Demam berdarah ditimbulkan semacam virus, virus yang bentuknya seperti huruf atau angka O. Virus ini sama sekali tidak ditimbulkan dari nyamuk jenis itu atau nyamuk yang lain, bahkan tidak dari serangga manapun. Dari mana virus ini? Mungkin anda susah membayangkan. Virus itu ada dalam alam virus itu sendiri. Di mana alam itu? Alam itu tidak kelihatan di muka bumi ini. Virus itu menghilang. Oh, ya? Lalu proses berikutnya virus itu muncul mendadak di badan teman anda.

Apa yang ditimbulkan virus itu? Demam / panas yang tinggi dan darah memerah. Kok darah memerah? Bukannya darah merah dengan sendirinya? Darah merah itu artinya di badan kadang muncul bintik-bintik merah.

Lalu bagaimana pengobatannya? Langkah pertama, kalau kamu percaya, jangan ke dokter atau kerumah sakit. Karena apa? Karena nanti (kemungkinan besarnya) di kasih obat yang berjenis anti biotik. Obat ini sesungguhnya sangat berbahaya. Bukan menyembuhkan, malah sebaliknya. Apa yang terjadi? Kerusakan ginjal. Ini yang terjadi pada seorang ibu-ibu ( yang ramai di tv baru-baru ini) yang "berkelahi" dengan sebuah rumah sakit. Apa yang terjadi? Ibu itu keracunan antibiotk yang meminta pertanggungjawaban dari dokter tersebut. Lalu apa jawabannya? Melarikan diri dari pertaggunganjawab. Bukannya menolong orang keracunan, malah menuduh mencemarkan nama baiknya.

Kalau tidak ke dokter pinggir jalan atau kerumah sakit, lalu apa yang dilakukan? Diam di rumah lalu makan buah jambu biji merah. Setidaknya dua biji. Atau minum jambu merah kotak ( jus gueva). Ada di Indo Maret.

Setelah minum atau makan jambu merah biji maka reaksi trombositnya (kata dokter itu adalah untuk mengentalkan darah tetapi itu salah. Menurut saya trombosit adalah untuk menghangatkan tubuh secara normal) akan naik secara perlahan-lahan atau dengan kata lain mulai membaik.

Ada apa dengan jambu jenis ini? Warna merahnya. Warna merahnya ini yang meyembuhkan penyakit demam berdarah. Warna merah ini mengandung serat, gizi, vitamin dan obat yang menyembuhkan penyakit itu. Makanya pilih jambu biji yang berwarna merah bukan yang putih.

(dan ini untuk semua orang) lalu kalau sudah sembuh (tidak janji yaa) maka langkah selanjutnya adalah merubah cara makan? Dengan cara bagaimana? Ke cara yang lebih murah. Artinya kalau dia makan ikan atau ayam maka hendaknya dimakan seminggu dua kali. Mengerti maksudnya? Dalam semiggu kalau makan ikan meskipun kecil paling banyak dua ikan, tidak lebih.

Setelah itu kita ke langkah yang berikutnya (juga untuk semua orang) yaitu makannya di lantai. Lho kok? Iya makannya jangan di meja makan atau di bangku kecil tetapi (harusnya) langsung di lantai. Cara ini meyehatkan badan dan meyembuhkan dan "mengobati" penyakit (apa saja).

Demikian pemahaman saya kecuali lain.

apa nama nyamuk penyebar demam berdarah?
Q. sekarang lagi musim hujan, hati-hati demam berdarah, jangan lupa pake lotion nyamuk, semprot pake baygon, bakar obat nyamuk, kaleng-kaleng kubur, jangan nyimpen air terlalu lama, bersihin got, fogging bila perlu, makan yang bergizi, jangan tidur siang-siang, bersihin sampah, jangan gantung baju sembarangan jadi sarang nyamuk, pake baju panjang celana panjang, jangan lupa tutup pintu dan jendela kalau udah malam.

A. aedes aegepty...
Tapi, hati2 juga. Nyamuk aedes aegepty nggak hanya menyebarkan virus demam berdarah, tapi juga chikungunya atau yang biasa disebut flu tulang. Gejalanya mirip demam berdarah sama malaria. Semua sendi2 sakit, panas dingin, dll. Walaupun katanya gak lebih berbahaya dari db, tapi dari pengalaman, lebih sakit rasanya daripada demam berdarah.

Fogging Nyamuk Demam Berdarah?
Q. 1) Bahan kimia apa yang digunakan untuk fogging DBD?
2) Apa saja risiko kesehatan dari paparan bahan-bahan kimia yang digunakan untuk fogging DBD?
3) Apakah fogging aman untuk dilakukan sendiri atau harus dilakukan oleh orang yang terlatih / bersertifikasi tertentu?
4) Pelatihan apa yang harus dimiliki orang untuk melakukan fogging sendiri?
5) Apa saja risiko melakukan fogging tanpa pelatihan yang memadai?
Terima kasih.

A. BAHAN KIMIA YANG DIGUNAKAN UTK FOGGING NYAMUK DEMAM BERDARAH :
D-Tetrametrin 4 % dan Cyphenothrin 12 % dikemas dng nama PESGUARD 160 EC
dan solar sbg bahan pengikat nya

Resiko terpapar bahan kimia tsb ini lebih ringan dibanding dengan terindikasi Demam Berdarah Dengue
karena kita bisa menghindari sewaktu diadakan penyemprotan ( fogging ).

Seandainya karena keterbatasan alat, kita bisa membelinya secara kolektif dan memakai petugas yang sudah dilatih sehingga jadwal penyemprotan bisa kita tentukan sendiri.

Pelatihan bisa mengandalkan "Learn By Doing" karena tidak rumit.

Resiko tanpa pelatihan mungkin adalah pemborosan bahan, tetapi sejalan dengan berjalannya waktu, maka mereka akan mempunyai skill tersendiri.

Mudah2an bermanfaat.

apa sih pertolongan pertama untuk orang yg kena demam berdarah dan malaria?
Q. please banget nih soalnya keluargaku ada yg kena db butuh banget
thx yaa

A. 1. Demam berdarah dengue: Adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegypti. Gejalanya adalah panas mendadak tinggi, diikuti dengan rasa lemah, pusing dan sakit ulu hati. Jika hari ketiga masih demam dan jika dites darahnya maka akan didapatkan trombosit (kurang dari 100.000) dan leukosit (kurang dari 5000) yang turun, sementara itu hematokritnya cenderung tinggi (kadang lebih dari 40). Hasil darah harus diperiksa setiap hari, jika trombosit semakin menurun, maka harus dirawat inap dan diinfus. Hati-hati tes darah pada demam 1 hari atau 2 hari pertama sakit sering memberikan hasil yang masih normal, walaupun sakitnya akan diketahui ke arah DBD. Ini sering membuat pasien lalai sehingga terlambat datang untuk dirawat dan sering datangnya sudah syok (sindrom syok Dengue) yang dapat menyebabkan kematian. Jika tidak dirawat, agar banyak minum supaya tidak dehidrasi karena kebocoran plasma akibat DBD itu. Minum sari buah apa saja bermanfaat dari segi antioksidans yang terkandung dalam buah-buahan yang berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan oleh virus DBD. Jika tidak dirawat istirahat total dan banyak minum, kalau perlu kontrol kembali untuk periksa darah ulang.
Tanda-tanda mau syok atau syok; lemah, gelisah, mengigau, tangan dan kaki dingin dengan warna tangan dan kaki lebih gelap, denyut nadi cepat dan kecil. Jika terlambat keluar darah dari hidung dan perut membuncit, pasien tidak sadar

2. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh plasmodium (vivax, malariae, tropicanae, dll) yang ditularkan oleh nyamuk anopheles. Sel yang diserang adalah sel darah merah. Gejalanya panas dingin dan menggigil, sakit kepala dan juga sakit perut. hasil tes darah ditemukan parasit plasmodium dalam bentuk schizon, tropozoid , dll. Obatnya anti malaria; chloroquin, fansidar, dan suldox. Jika penyakitnya berat seperti malaria tropika harus dirawat

Kedua penyakit diatas umumnya adalah penyakit akut (datang mendadak kemudian dalam seminggu sembuh), tetapi malaria dapat menjadi khronis (berlangsung lama) jika tidak diobati dengan baik




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment