Friday, May 30, 2014

Agar infeksi saluran kencing tidak kambuh lagi?

Q.

A. Infeksi saluran kemih/kencing (isk) disebabkan oleh kuman yang masuk kedalam saluran kandung kemih kita, dan brkembang disana, minumlah antibiotik yg disesuaikan dgn penyakit Isk ini, stlah dokter memberikan obat, maka obatnya harus diminum sampai habis, agar sikuman mati dgn tuntas, jika tidak dihabiskan, sikuman yg belum mati, nanti akan membuat antibodi dan akan jadi lbh kebal, jd harus dihabiskan, jaga kesehatan saluran kencing qm, sbisa mungkin jgn ada air dari luar yg msk kedalam kandung kemih qm, melalui alat kelamin. Dicuci boleh, seperti mandi, atau membasuhnya stelah kencing, asal si air jgn masuk kedalam saluran kencing qm.

ada yg ngerti ttg infeksi salurankencing gak ya...trus beda kista&tumor tu apa??bahaya ga sich??
Q. dokter bilang emergincy jd bsk pagi2 kudu di op,bs tumbuh lgaq gak ya stlh op

A. Infeksi saluran kemih adalah infeksi bakteri pada saluran kemih terluar (pembuangannya) sampai ke ginjal.Infeksi ini bisa asimptomatik (tak bergejala), tetapi bakterinya tetap tumbuh di saluran kemih. Sebaliknya, ada juga yang bergejala, sehingga mudah dilacak oleh dokter.

Penyakit ini sering terjadi pada wanita daripada pria.Wanita mamang lebih rentan untuk terkena infeksi ini dibanding pria, karena saluran urethra pada wanita yang lebih pendek dibandingkan dengan pria. Selain itu, berbagai perubahan hormon pada wanita hamil juga meningkatkan risiko menderita infeksi saluran kemih, seperti:
1.Riwayat kesehatan pasien yang pernah mengalami infeksi tersebut.
2.Pasien menderita diabetes mellitus .
3.Penanganan anemia sickle sell (anemia karena adanya kelainan pada sel-sel darah merah).
4.Adanya ketidaknormalan pada saluran kemih orang yang bersangkutan.
5.Kehamilan lebih dari tiga kali.
6.Adanya batu ginjal (nephrolithiasis ).

Tanda-tanda penyakit infeksi saluran kencing

1. ngompol di masa dalam tidur
2. tingginya frekuensi buang air kecil
3. perasaan ingin membuang air kecil terus
3. Sakit dan rasa pedih ketika buang air kencing bahkan di sertai darah
4. Deman dan panas dingin
5. Sakit atau nyeri di perut kiri bawah
6 .Lemahnya pertahanan tubuh telah menyebabkan bakteri dari vagina, perineum (daerah sekitar vagina), rektum (dubur) atau dari pasangan (akibat hubungan seksual), masuk ke dalam saluran kemih. Bakteri itu kemudian berkembang biak di saluran kemih sampai ke kandung kemih, bahkan bisa sampai ke ginjal.

Penyebab Sebab lainnya :
1.Sangat mungkin sebabnya dari diri anda pribadi ,misalnya :anda sering kali menahan kencing / buang air kecil.
2. Buang air kecil tidak memperhatikan segi kesehatan ,sehingga air seni yang tersisa menjadi sumber infeksi. Itulah gunanya mengerikan dengan tissue.
3.Bagi Wanita ,arah membersihkan sehabis buang air BESAR (BAB) juga sering menjadi awal masalah.Pasalnya adalah bila arah anda membilas dari dubur kedepan ,maka kuman-kuman yang berasal dari dubur akan terbawa ke depan ke daerah Vagina....,sehingga terjadilah infeksi disana yang bisa merembet ke arah lubang saluran kemih.
Istilah-istilah yang sering berkaitan dengan infeksi saluran kemih ;
1. SISTITIS
Adalah istilah untuk Infeksi Kandung Kemih yang sering dialami kaum wanita.
Gejala nya seperti sering ingin buang air kecil dan terasa nyeri seperti terbakar , bahkan sering terdapat darah pada saat buang air kecil

2. URETRITIS
Adalah infeksi pada saluran kemih yang sering terjadi pada Pria yang sering melakukan aktifitas seksual tanpa memperhatikan Kesehatan

3. PYELONEFRITIS
Adalah infeksi pada pyelum GINJAL yang sangat berbahaya sehingga dapat terjadi gagal ginjal sehingga perlu CUCI DARAH dengan alat yang disebut HEMODIALISA.


PENCEGAHAN
1. Perbanyak minum. Minumlah banyak cairan (dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari).
2. Segera buang air kecil sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.
3. Jika membersihkan kotoran, bersihkan dari arah depan ke belakang, agar kotoran dari dubur tidak masuk ke dalam saluran kemih.
4. Periksakan air seni secara rutin selama kehamilan.
Jangan terlalu lama menahan keinginan buang air kecil.

tingkat bahaya dari penyakit ini.
1. Bagi wanita hamil bisa menyebabkan keguguran ataupun bayi lahir dalam kondisi prematur
2. Gagal ginjal yang menyebabkan harus cuci darah dan operasi pengangkatan ginjal
3.Jika kedua ginjal mengalami infeksi, maka ginjal harus di ganti dari pendonor yang cocok dengan anda dan selama itu harus cuci darah karna sesuai fungsi ginjal yaitu mencuci darah.


Oke, Sekarang kita akan membahas Perbedaan kista dan tumor.
hmn.....Wake up jangan ketiduran ya saat membaca nya...:P

Tumor adalah jaringan sel liar berupa benjolan atau pembengkakan di bagian tubuh. Perkembangan tumor lambat dan tetap di satu lokasi, tetapi pasti dan terus membesar. Apabila muncul benjolan di bagian tubuh kita secara liar, baik terasa sakit maupun tidak, harus diwaspadai karena benjolan tersebut kemungkinan adalah tumor.

Tumor tidak begitu berbahaya bagi kesehatan tubuh. Perkembangan tumor bisa disebabkan oleh pertumbuhan jaringan baru atau pengumpulan cairan, seperti kista dan benjolan yang berisi darah akibat benturan. Tumor yang awalnya jinak jika tidak diobati secara benar akan meradang dan bukan tidak mungkin akan berubah menjadi tumor ganas alias kanker. Tumor jinak biasanya tumbuh lambat dan hanya di satu tempat. Tumor ini bisa terus membesar, tetapi tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan jarang mengganggu kesehatan. Tak heran apabila seseorang yang sudah bertahun-tahun menderita tumor di bagian punggung tidak merasa terganggu dan tidak pernah merasakan sakit apapun.

Seperti yang di jelaskan di atas kista adalah pengumpulan cairan dan masuk dalam kategori tumor jinak.
so secara singkat

Tumor pengertian umum dari suatu pertumbuhan yang tidak terkendali dari suatu organ tubuh, dibagi dalam 2 jenis: Tumor Jinak dan Tumor Ganas.

1. Tumor Jinak artinya pertumbuhan tersebut terbatas pada organ tersebut saja, sedangkan tumor ganas akan menyebar melalui pembuluh darah atau pembuluh getah bening ke organ tubuh lainnya. Tumor ganas nama lainnya adalah kanker.
2. tumor jinak dan kista temasuk di dalamnya. Dan sering terjadi pada wanita dan disebut Kista dalam bidang kandungan biasanya tumbuh dari organ ovarium, maka sering disebut kista ovarium.

Kista ovarium ini banyak jenisnya, misalnya Kista ovarium serosum, kista ovarium musinosum, kista dermoid, kista coklat/endometrioid dsb. Bisa juga kista ovarium ini berkembang yang tadinya jinak menjadi ganas (Kanker),

Hal ini tergantung dari : jenis kista, usia pasien dan paritas dll. Faktor keturunan bisa juga menjadi penyebab timbulnya kista atau kanker tetapi prosentasenya relatif kecil.

Ciri-ciri infeksi saluran kencing?
Q. ciri - ciri infeksi saluran kencing itu apa ya???

A. Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan masalah kesehatan yang cukup serius di bagi jutaan orang tiap tahun. ISK merupakan penyakit infeksi nomor 2 yang paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK.

Sistem saluran kencing atau sistem urin terdiri dari ginjal, ureter, kandung kencing dan urethra. Diantara keempat organ tersebut, ginjalah yang paling memegang peranan. Ginjal berfungsi menyaring sampah dari saluran darah, mengatur keseimbangan cairan, dan memproduksi beberapa hormon. Ureter berfungsi mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sementara dan bila kandung kemih sudah penuh maka akan dikeluarkan ke dunia luar melalui saluran urethra.

Setiap orang dewasa rata rata memproduksi satu sampai 2 liter urine perhari terggantung dari kondisi cuaca dan banyaknya cairan yang masuk.

Penyebab infeksi saluran kencing.

Secara normal, air kencing atau urine adalah steril alias bebas kuman. Infeksi terjadi bila bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna jalan jalan ke urethra atau ujung saluran kencing untuk kemudian berkembang biak disana. Maka dari itu kuman yang paling sering menyebabkan ISK adalah E.coli yang umum terdapat dalam saluran pencernaan bagian bawah.

Pertama tama, bakteri akan menginap di urethra dan berkembang biak disana. Akibatnya, urethra akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan nama urethritis. Jika kemudian bakteri naik ke atas menuju saluran kemih dan berkembang biak disana maka saluran kemih akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan istilah cystitis. Jika infeksi ini tidak diobati maka bakteri akan naik lagi ke atas menuju ginjal dan menginfeksi ginjal yang dikenal dengan istilah pyelonephritis.

Mikroorganisme seperti klamidia dan mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK namun infeksi yang diakibatkan hanya terbatas pada urethra dan sistem reproduksi. Tidak seperti E. coli, kedua kuman ini menginfeksi orang melalui perantara hubungan seksual.

Faktor resiko

Beberapa orang memang mempunyai resiko menderita ISK lebih besar dari yang lainnya. Ketidaknormalan fungsi saluran kemih menjadi biang keladinya. Batu saluran kemih, pembesaran prostat akan menghambat pengeluaran urine sehingga mempermudah perkembang biakan kuman.

Orang dengan diabetes juga rentan menderita ISK akibat dari penurunan daya tahan tubuh. Penyakit lain yang mempunyai efek menurunkan daya tahan tubuh juga merupakan faktor resiko terjadinya ISK.

Infeksi saluran kencing juga sering ditemukan pada anak anak yang dilahirkan dengan ketidak normalan saluran kemih.

Perempuan lebih rentan menderita ISK bila dibandingkan dengan laki laki mungkin dikarenakan saluran urethra yang lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.

Ciri - cirinya

Sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih.

Pada perempuan merasakan ketidaknyamanan pada tulang kemaluan. Umumnya orang yang menderia ISK akan selalu ingin kencing tetapi kencing yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Air kencingnya sendiri bisa berwarna putih, cokelat, kemerahan. ISK tidak akan menyebabkan demam selama masih menginfeksi urethra dan kandung kemih, demam muncul bila ginjal sudah kena. Ciri lain adalah pada saat ginjal terinfeksi adalah adanya rasa sakit pada punggung, mual, atau muntah.

Pengobatan ISK

Infeksi saluran kencing diobati dengan obat obatan antibiotika. Pilihan obat dan lamanya pengobatan terggantung dari lamanya infeksi dan jenis kumannya. Bila memang gejala atau ciri diatas muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Pencegahan ISK

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ISK antara lain :

*
Minumlah banyak cairan setiap hari.
*
Segeralah kencing bila ingin kencing, jangan hobi menahan kencing.
*
Untuk perempuan saat cebok, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
*
Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub.
*
Bersihkan kelamin saat akan berhubungan intim.
*
Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Karena cairan itu dapat mengiritasi urethra.

tentang infeksi saluran kemih?
Q. saudara aku perempuan, ada yang kena penyakit infeksi saluran kemih,padahal umurnya masih 14 tahun.yang aku mau tanyain adalah:
1.apa sih penyebab infeksi saluran kemih?(maksud aku penyebab utamanya,klo bsa secara rinci)
2.apa ada akibatnya dengan alat reproduksi?apalagi saudara aku itu masih remaja.takutnya nanti ada hal yang tidak diinginkan.
3.bagaimana supaya penyakit itu tidak kambuh?soalnya saudara aku itu kadang penyakitnya kambuh.

makasih ya bwt tmen" yg dah mw jawab.

A. Penyebab infeksi saluran kemih (ISK) adalah bakteri. Mungkin disebabkan karena setelah BAB, dia tidak membersihkan diri dengan cara yang benar (dari depan ke belakang, bukan sebaliknya karena bakteri dari BAB bisa masuk ke saluran kemih). Bisa juga karena bakteri yang tumbuh di pembalut saat haid. Kurang minum, suka menahan BAK, kateterisasi, perubahan hormon (terutama kehamilan) dapat memicu timbulnya ISK.

Jika ISK diobati dengan tuntas, tidak akan ada masalah, insya Allaah. Dokter biasanya memberikan antibiotik untuk menyembuhkan ISK. Saat saya hamil, saya mudah sekali terkena ISK, dan disarankan untuk banyak minum dan mengkonsumsi jus Cranberry atau pil supplemen Cranberry (ada di GNC). Juga tidak menahan BAK, mengenakan pakaian dalam katun dan sering ganti, memastikan setelah BAB membersihkan diri dengan tepat. Dan alhamdulillaah untuk saya sih sangat membantu mengobati dan mencegah ISK.

Untuk lebih lengkapnya, silakan baca link-link berikut ini, ya ...

apa obat tradisonal untuk infeksi saluran kantung kemih?
Q.

A. 1. Perbanyak minum air putih higienis (waspadai air galon isi ulang)
2. Berceboklah dengan cara dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke vagina
3. Bersihkan alat vital Anda sebelum berhubungan
4. Buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk membersihkan bakteri dari saluran kencing
5. Jangan menahan kencing bila Anda ingin buang air kecil
6. Mandi dengan gayung/shower, tidak dengan bath tub

pakai kunyit aja, tyinggi zat antiperadangan




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment