Thursday, May 29, 2014

KANKER USUS STADIUM 4?

Q. Apakah kanker usus stadium 4 bisa di sembuhkan?
bagaimana caranya?
apakah bisa di lakukan operasi?
setelah operasi apakah efek sampingnya?
Mohon di berikan jawaban secepatnya...
Sebelumnya saya ucapkan banyak Terima kasih.

A. Kanker usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip (sel yang tumbuh sangat cepat).

Kanker usus besar adalah salah satu jenis kanker yang cukup sering ditemui, utamanya pada pria dan wanita berusia 50 tahun atau lebih. Pada pria, kanker usus besar menempati urutan ketiga sebagai kanker tersering yang ditemui setelah kanker prostat dan paru-paru. Sementara pada wanita, kanker ini pun menempati urutan ketiga setelah kanker payudara dan paru-paru. ''Dari berbagai laporan, di Indonesia terdapat kenaikan jumlah kasus (kanker usus besar), meskipun belum ada data yang pasti. Data di Departemen Kesehatan didapati angka 1,8 per 100 ribu penduduk,'' tutur dokter Adil S Pasaribu, SpB KBD, spesialis bedah dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta.

Pada stadium awal, adenoma dapat diangkat dengan mudah. Hanya saja pada stadium awal ini, seringkali adenoma tidak menampakkan gejala apapun, sehingga tidak terdeteksi dalam waktu yang relatif lama. Padahal, adenoma yang awalnya tak menimbulkan keluhan apapun ini, pada suatu saat bisa berkembang menjadi kanker yang menggerogoti semua bagian dari usus besar.

Gejala awal yang tidak khas ini membuat banyak penderita kanker usus besar datang ke rumah sakit ketika perjalanan penyakit sudah demikian lanjut. Upaya pengobatan pun menjadi sulit. Padahal, seperti dikatakan Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, dokter Aru Sudoyo SpPD KHOM, kunci utama keberhasilan penanganan kanker usus besar adalah ditemukannya kanker dalam stadium dini, sehingga terapi dapat dilaksanakan secara bedah kuratif. Sayangnya, hal seperti ini sangat jarang. Yang kerap terjadi adalah kasus seperti dialami Prasetyo, yakni kanker ditemukan pada stadium lanjut, sehingga harapan penderita untuk bertahan hidup menjadi sangat kecil.

Jika kanker usus besar ditemukan pada stadium I, peluang penderita untuk hidup hingga lima tahun mencapai 85-95 persen. Sementara bila ditemukan pada stadium II, peluang itu mencapai 60-80 persen, pada stadium III sekitar 30-60 persen, dan stadium IV sekitar 25 persen. ''Ini artinya, bila ada 100 penderita kanker usus besar stadium IV, maka yang masih hidup sampai lima tahun hanya lima orang,'' ucap Aru.

Maaf saya belum menemukan efek samping setelah operasi usus...

Gejala kanker/tumor usus besar tuh apa ja sih?
Q. .

A. Gejala kanker usus â Jangan sepelekan penurunan berat badan secara deratis dan tidak jelas sebabnya. Karena bis saja anda menferita penyakit kanker usus. Kanker usus merupakan penyakit yang menyerang bagian usus. Disebabkan pertumbuhan sel kanker pada usus, anal dan usus buntu. Umumnya kanker usus besar berasal dari polip adenoma pada usus dan penumpukan tinja akibat konstipasi yang terlalu lama. Perkembangan polip tersebut kadang-kadang berkembang menjadi kanker. Terapi untuk kanker ini biasanya melalui operasi atau dengan kemoterapi.

Terapi bedah adalah tekhnik sangat efektif, intinya apabila dilakukan pada penyakit yang masih terlokalisir. Akan tetapi, apabila sudah sampai terjadi metastasis (penyebaran), pengobatan akan lebih susah. Namun, dengan berkembangnya kemoterapi dan radioterapi pada waktu ini, kemungkinan penderita stadium lanjut/dalam kasus kekambuhan disarankan untuk menjalani terapi adjuvan. Terapi adjuvan merupakan kemoterapi yang akan diberikan seusai melakukan operasi pada pasien kanker stadium III, karena guna membunuh sisa-sisa sel kanker.

Mengenai gejala kanker usus besar ada beberapa gejala pada penderita, yaitu:
Perdarahan pada usus besar yang ditandai ditemukannya darah pada feses saat buang air besar.
Perubahan fungsi usus (diare/sembelit) tanpa sebab yang jelas, lebih dari enam minggu.
Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.
Rasa sakit di perut atau bagian belakang.
Perut masih terasa penuh meskipun sudah buang air besar.Rasa lelah yang terus-menerus.
Kadang-kadang ordering prescription drugs online without a prescription kanker dapat menjadi penghalang dalam usus besar yang tampak pada beberapa gejala seperti sembelit, rasa sakit, dan rasa kembung di perut. http://www.facebook.com/muslimsdaily

apa perbedaan tumor usus dan kanker usus?
Q. adanya semacam benjolan2 di dalam usus. itu tumor atau kanker

A. Apa Sebenarnya Perbedaan Tumor dan Kanker ?

Sering kita mendengar istilah kanker dan tumor tetapi hanya sedikit orang saja yang benar-benar memahami apa perbedaan tumor dan kanker itu. DokterSehat akan mencoba membantu memberikan sedikit penjelasan masalah ini untuk mencegah kesalah pahaman dan kesalahan dalam penggunaan kata.

Tumor sebenarnya adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan jaringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor).

Nah, tumor ganas ini sering juga disebut dengan bersifat Kanker. Tetapi kemungkinan tumor jinak menjadi ganas bisa saja tapi sangat jarang terjadi, biasanya pada Tumor yang sudah terlalu lama dan besar. Misalnya Fam (Fibroadenoma mamma), tumor jinak payudara bila dibiarkan bertahun-tahun ada yang berubah jadi ganas, ini dikenal sebagai Progressi, persentase kemungkinannya kira-kira hanya 0,5 % -1% saja.

Ketika seseorang bertambah usia, mereka akan mengakumulasi berbagai mutasi di dalam DNA-nya. Ini berarti prevalensi terjadinya tumor semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus dimana seseorang yang lebih tua menderita tumor, maka besar kemungkinannya bahwa itu adalah tumor yang ganas. Sebagai contoh, jika perempuan berumur 20 tahun memiliki tumor di payudaranya, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor jinak. Namun, jika perempuan berusia 70 tahun memiliki tumor payudara, maka tumor itu kemungkinannya adalah tumor ganas.

Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

Kanker sendiri sebenarnya adalah istilah untuk buy antibiotics without prescription segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

Hal ini sangat berbeda dengan benign tumor (tumor jinak) yang tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.

Yang perlu diperhatikan disini bila tak terawat, kebanyakan kanker menyebabkan kematian; kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok tembakau dapat menyebabkan banyak kanker dari faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin hindari merokok ! Sangat tidak baik untuk kesehatan.

obat penyakit kanker usus?
Q. bagaimana pengobatan penderita penyakit kanker.

A. Pengalaman klinis saya dalam mengobati kanker usus besar dengan akupuntur ditambah fiber dan PPARs. ( PPARs dapat anda search di internet "PPARs for colon cancer"). hasilnya sangat baik.
Saran saya jangan mengkonsumsi sembarang obat atau suplemen yang banyak ditawarkan dipasaran karena sering kali dapat memperparah keadan.
Untuk info lebih lanjut hubungi 021 99140027.

bila penyakit kanker usus oleh cabang biologi apa saja masalah ini bisa di selesaikan?
Q. bila penyakit kanker usus oleh cabang biologi apa saja masalah ini bisa di selesaikan ?

A. Anatomi, biokimia, biomedis, histologi, epidemiologi, mikrobiologi, biologi molekuler, onkologi, farmakologi, fisiologi, virologi, dsb.

biokimia, biomedis, dan farmakologi terkait pengaruh obat-obatan terhadap tubuh

Anatomi, biologi molekuler, histologi, dan fisiologi untuk mengetahui kondisi dari usus sebelum dan sesudah terjadi kanker

mikrobiologi dan virologi terkait kemungkinan penyebab kanker oleh mikroba atau virus.

Dan onkologi adalah satu-satunya cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari tumor dan kanker serta penyebab dan cara mengatasinya, termasuk diagnosis, terapi, dan penelitian.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment