Thursday, May 29, 2014

apa sih fungsinya cerita rakyat buat pertumbuhan imajinasi anak.?

Q.

A. pertama, dalam cerita rakyat terkandung nilai-nilai sosio-buadaya masyarakat serta norma-norma yang ada dalam masayarakat setempat. pastinya, nilai dan norma tersebut dibedakan secara mencolok anatar yang baik dan yang buruk dengan menampilkan tokoh antagonis dan tokoh protagonis. hal ini secara langsung memperkenalkan anak anda dengan norma dan nilai yang terkandung dalam masyarakat, sehingga ia mampu membedakan keduanya (lebih baik dengan petunjuk dari orang tua, memberi pengarahan bahwa tokoh "A" baik, dan perlu dicontoh, jangan meniru tokoh "B" karena dia jahat dan tidak baik perbuatannya, seperti itu contohnya;sekedar intermezzo, hehe)
kedua, dengan nilai dan norma yang memang ditonjolkan dalam cerita, secara langsung (lagi) memperkenalkan anak anda mengenai budaya masyarakat setempat, dan memunculkan sikap mencintai budaya setempat,
kemudian, kalimat pembuka, "Pada jaman dahulu ?" akan membuat para pendengar seolah dilontarkan ke dunia yang tanpa batas waktu. Kata demi kata akan terserap dan membuat mereka tercekam. Imajinasi mereka pun berkembang,,
,dikutip dari kusaeri, kumpulan dongeng dari rembang (search di yahoo.com)
"dongeng itu membuat imajinasi anak berkembang dengan membaca ataupun mendengarkan dongeng anak bisa menghadirkan tokoh-tokoh dan jalinan alur cerita itu dalam imajinasi masing-masing"

bagaimanakah metabolisme zink dalam tubuh,dan hubungan zink dan pertumbuhan anak?
Q.

A. Zink merupakan elemen kelumit (mineral) yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk si kecil. Zink dapat ditemukan pada semua bagian tubuh yaitu: organ, jaringan, tulang, cairan dan sel. Jaringan tubuh yang paling banyak mengandung Zink adalah jaringan otot dan tulang. Zink penting untuk berbagai fungsi biologis dan berperan penting pada lebih dari 300 enzim pada tubuh manusia, termasuk peranan pada sintesa asam nukleat dan protein.

Hubungannya dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu tanpa zink, sintesa asam nukleat dan protein di dalam tubuh akan terganggu. Padahal asam nukleat ada didalam inti sel dan sangat berperan pada metabolisme tubuh, petumbuhan sel serta berperan meregulasi aktifitas genetik. Ia akan menyebabkan sel-sel membelah-belah, bertumbuh menjadi banyak dan membagi diri sesuai dengan fungsinya masing-masing. Bila tubuh kekurangan zink maka proses di dalam sel ini akan teganggu. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan si kecil juga akan terganggu. Misalnya, tinggi si kecil menjadi kurang memadai (lebih pendek) dibandingkan dengan tinggi teman sebayanya, kemampuan berpikir dan belajarnyapun menjadi terganggu, dsb.

TEMPAT TERPENTING DALAM PERTUMBUHAN ROHANI ANAK BUKAN SEKOLAH ATAUPUN GEREJA, MELAINKAN RUMAH?
Q.

A. : 2Timotius 1:3-7

Andai kehidupan ini adalah sebuah arena pertandingan dan anak-anak adalah pemainnya, maka orangtua adalah suporter yang terutama. Peran orangtua akan sangat memengaruhi hasil yang akan dicapai anak-anaknya kelak. Pengalaman Patrick Hughes membuktikan hal itu. Sejak lahir, Patrick buta dan lumpuh, tetapi ia mempunyai prestasi yang sangat luar biasa: anggota band sekolah, pianis yang pernah menggelar konser di Kennedy Center, dan seorang artis rekaman. Ia juga mahasiswa dengan predikat "straight A" dan menerima Disney's Wide World of Sport Spirit Award 2006.

Faktor terpenting keberhasilan Patrick di tengah segala keterbatasannya adalah dukungan orangtua. Ibu dan kedua adik Patrick adalah suporter setianya dalam berbagai kesempatan. Ayahnya yang bekerja di perusahaan pengiriman, dengan sengaja mengambil kerja shift malam supaya pada siang hari ia dapat menjadi "mata" dan "kaki" buat Patrick di sekolah. Ketika Patrick menjadi anggota marching band berkursi roda pertama di universitasnya-sebagai peniup trompet-ayahnya turut serta dalam barisan; mendorong kursi rodanya, berputar mengikuti barisan, dan membentuk formasi.

Hal serupa juga terjadi dalam kehidupan rohani. Penghayatan iman orangtua yang tercermin dalam sikap hidup sehari-hari, sangat besar pengaruhnya bagi pertumbuhan rohani anak-anak. Seperti Timotius. Pada usia muda ia telah menjadi pemimpin jemaat sekaligus rekan sekerja Paulus yang sangat diandalkan (2Timotius 3:10,11). Semua itu tidak dapat dilepaskan dari penghayatan iman ibunya, Eunike, dan neneknya, Lois (ayat 5) -AYA

Makanan yang merangsang pertumbuhan anak, terutama otak.?
Q. Sy ibu 3 anak. Anak yg tua udh kelas 1 SD. Masalahx anakku ini lambat dalam menerima pelajaran seperti membaca..Kalau menulis dan menghitung dia bisa menyelesaikanx tapi untk membaca sangt lambat. Padahal teman2x sudh pandai membaca. Apakah ada makanan bergizi untk anak saya ? Trimakash untk jawabanx.

A. Dari artikel yg pernah saya baca, ada 8 macam makanan perangsang tumbuh kembang otak anak yang mudah kita dapatkan di pasaran Indonesia.
1.Ikan laut.
Ikan laut merupakan sumber omega-3. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aktivitas neurotransmiter, membantu sel otak dalam berkomunikasi dengan sel-sel otak lainnya secara efektif sehingga fungsi otak optimal.

2.Telur.
Kuning telur kaya akan protein, juga tinggi kolin, bagian dari vitamin B, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

3.Kacang-kacangan.
Mengandung vitamin E yang memiliki sifat antioksidan handal melindungi selaput sel otak terhadap radikal bebas.

4.Sayuran berwarna.
Sayuran berwarna kaya antioksidan yang akan menjaga sel otak tetap sehat. Pilih sayuran yang berwarna-warni agar mendapat serangkaian antioksidan yang juga dapat mencegah kanker.

5.Beras dan gandum yang masih ada kulit arinya.
Beras merah dan oat adalah contoh beras dan gandum yang masih ada kulit arinya, yang kaya akan vitamin B. Keduanya memiliki serat yang tinggi sehingga melepaskan glukosa secara perlahan-lahan. Karena kadar glukosa yang tinggi akan membuat anak energetik tapi kemudian cepat capek. Perubahan mood ini tentu tidak baik bagi anak.

6.Buah beri.
Buah ini kaya vitamin C, yang dapat meningkatkan daya ingat.

7.Polong-polongan.
Kandungan protein dan karbohidrat kompleksnya menghasilkan energi yang baik untuk merangsang otak. Proteinnya dibutuhkan untuk menghasilkan asam nukleat dari sel otak.

8.Yogurt.
Merupakan sumber protein, vitamin B dan D yang amat penting bagi pertumbuhan jaringan otak serta neurotransmiter.

Semoga anaknya jadi semakincerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa.. (^^)

Pertumbuhan anak lambat, apakah ada gejala down syndrome ?
Q.

A. Sebenarnya anda dapat mendeteksi keterlambatan motorik aksar anak. Gejala-gejala tersebut antara lain : Bayi terlalu kaku atau terlalu lemah Perhatikanlah apabila si kecil terus berbaring tanpa melakukan gerakan apapun serta kepalanya tidak dapat diangkat saat digendong. Ini menunjukkan motorik aksar si kecil terlalu lemah. Gerak anak kurang aktif Perhatikan bila gerak anak kurang aktif jika dibandingkan dengan anak sebayanya. Misalnya pada usia 6 bulan belum dapat tengkurap. Kapan Kita Perlu Waspada ? Ukuran kepala abnormal Anak yg kepalanya terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan dengan anak sebayanya. Misalnya kasus Hidrosefalus (cairan menimbun dalam otak) atau mikrosefalus (kepala kecil akrena otak tidak tumbuh dengan maksimal) Proses persalinan tidak mulus Proses kelahiran sulit misalnya persalinan macet (bayi tidak dapat keluar sehingga bayi tidak langsung menangis) ini juga dapat mengganggu perkembangan motor kasar si kecil. Penyebab keterlambatan motor kasar. Penyebab ketelambatan motor kasar, menunjukkan adanya kerusakan pada susunan saraf pusat seperti Celebral Palsy (gangguan sistem motorik yg disebabkan oleh kerusakan bagian otak yg mengatur otot- otot tubuh), perdarahan otak, benturan (trauma) kepala yg berat, adanya kelainan sumsum tulang belakang, penyakit saraf tepi, atau Poliomielitis yg menyebabkan kelumpuhan, dan terakhir Distrofia Muskulorum atau penyakit otot. Faktor pengahambat lainnya. Selain berbagi penyebab keterlambatan motorik kasar anak, ada juga faktor-faktor yg dapat mengahambat motorik aksar anak, yaitu : Trauma di kepala, misalnya akibat kelahiran yg sulit. Anak yg memiliki intelegensia rendah. Kelahiran prematur. Anak kekurangan gizi sehingga otot-otot tubuhnya tidak berkembang dengan baik dan ia tidak memiliki tenaga yg cukup untuk melakukan aktivitas. Anak yg sangat behati-hati ketika belajar berjalan. Anak takut jatuh atau cedera, padahal ia sudah dapat berjalan sambil dipegang tangannya. Tetapi kalau pegangannya lepas si kecil akan mogok berjalan dan langsung duduk. Orangtua yg terlalu protekftif (melindungi) sehingga menghambat anak untuk melatih ketrampilan motorik kasarnya.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment