Monday, May 5, 2014

Kanker Payudara Pada Laki-laki ?

Q. (1) Mungkinkah kanker ini dapat terjadi pada laki2 ? kalau ya berapa persen kemungkinannya ?
(2) Bagaimana gejalanya jika menderita penyakit ini, apa sama dengan wanita dimana dirasakan sakit pada putingya ?

Mohon bantuannya, informasi ini sangat saya butuhkan ...
Trims b4...
...
@sobat M
thx atas infonya saya akan coba browse nanti ...

@jilbab
makasih juga informasinya ...

apakah nyeri yang dirasakan terjadi secara terus menerus (sering) atau nyeri itu hilang dan kemudian datang lagi ?

mohon bantuannya ...
oh ya ada yg ketinggalan, apakah gejala yg disebutkan sdr jilbab merupakan sebuah rangkaian artinya setelah gejala a kemudian muncul gejala b dst ? atau gejala yang timbul adalah acak, tidak mesti berurutan ?

..

A. Kanker payudara pada pria adalah penyakit yang langka. Kurang dari 1% kanker payudara terjadi pada pria.
Mungkin akan terlintas dalam pikiran kita : Pria tidak mempunyai payudara, bagaimana mereka bisa terkena kanker payudara? Yang benar adalah bahwa remaja laki-laki dan perempuan, pria dan wanita semua mempunyai jaringan payudara. Berbagai macam hormone pada wanita/gadis menstimulasi jaringan pada payudara sedemikian rupa sehingga membentuk payudara penuh. Sedangkan pada tubuh pria secara normal tidak ada stimulasi hormone pada payudara. Akibatnya jaringan payudaranya tetap kecil dan rata. Ada juga, sering kita lihat pria / anak laki-laki dengan ukuran payudara besar. Biasanya itu hanya karena gemuk. Tapi kadang ada beberapa pria jaringan kelenjar payudaranya tumbuh, itu disebabkan karena mereka menggunakan beberapa obat, pecandu alcohol, pengguna marijuana atau mempunyai tingkat hormone yang tidak normal.

Tanda-tanda yang harus diwaspadai :
*Terasa benjolan di payudara
*Puting terasa sakit
*Puting berubah bentuk ( biasanya menekuk kedalam )
*Keluar cairan dari putting ( bisa bening atau darah )
*Nyeri pada puting atau areola ( area yang berwarna gelap didaerah puting )
*Pembesaran kelenjar getah bening dibawah lengan ( ketiak )

Perlu diingat bahwa pembesaran kedua payudara pada pria biasanya bukan kanker. Keadaan ini dalam kedokteran disebut gynecomastia.

Apa penyebab kanker payudara?
Q. apakah payudara yg sering di Isap n diremas dapat menyebabkan kanker payudara?

A. Penyebab primer Kanker Payudara hingga kini belum diketahui.
Remasan ataupun isapan pada payudara TIDAK MENYEBABKAN Kanker Payudara.

Para ahli merangkum beberapa faktor resiko terjadinya Kanker Payudara, sebagai berikut:

1). Usia lebih dari 30 tahun
2). Tidak / belum menikah lebih dari 30 tahun
3). Tidak mempunyai anak
4). Tidak menyusui anak selama 2 tahun (ASI eksklusif)
5). Menstruasi pertama pada usia yang lebih lambat dari normal
6). Menopause pada usia lebih awal dari normal
7). Pernah ada riwayat memakai obat hormonal
8). Mempunyai keluarga yang pernah mengalami kanker payudara atau kanker di bagian tubuh yang lain
9). Pernah operasi payudara atau tumor didaerah kandungan
10). Pernah mendapat pengobatan dengan jalan radiasi di daerah dada Hasil yang diperoleh dari pemeriksaan mamografi tidak selamanya tepat dan akurat seringkali justru pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter Bedah atau pasien sendiri (SADARI = perikSA payuDAra sendiRI) hasilnya lebih tepat.

Terimakasih

Bagaimana mendeteksi adanya kanker payudara?
Q.

A. Cara Mendeteksi Kanker Payudara


Sebenarnya untuk mendeteksi kanker payudara tidak sulit. Cukup dilakukan sendiri tanpa perlu ke dokter.

Waktu pemeriksaannya pun tidak butuh lebih dari 5 menit setiap bulannya. Saat terbaik untuk memeriksa payudara sendiri adalah setiap setelah haid, yaitu ketika payudara biasanya masih lunak sehingga kalau ada benjolan akan mudah lebih terditeksi. Bila terasa ada benjolan, baik sakit maupun tidak, langsung periksakan ke dokter.

Pemeriksaan Payudara terdiri dari 2 tahap, yaitu :
1. Berdiri didepan cermin untuk memperhatikan apakah ada perubahan pada bentuk payudara.
⢠Angkat kedua lengan keatas agar bentuk payudara jelas terlihat, dan terlebih kalau ada benjolan juga akan lebih mudah terseteksi.

2. Berbaring dengan meletakkan bantal dipunggung sebagai peyangga agar bentuk payudara lebih rata dan lebih muda diraba.
⢠Gunakan tangan kanan untuk meraba payudara kiri dengan lengan kiri teregang keatas. Sedangkan untuk payudara kanan, gunakan tangan kiri dengan lengan kanan terangkat keatas
⢠Gunakan telapak jari telunjuk, tengah dan manis untuk meraba perlahan mulai dari daerah sekitar payudara.
⢠Ketika tangan mendekati area puting, raba lebih keras untuk mengetahui lebih sesakma ada tidaknya benjolan
⢠Perhatikan juga apakah ada cairan yang keluar dari putting berupa cairan bening, darah atau susu terlebih bila sedang tidak menyusui.

apa sih penyebab kanker payudara pada wanita?
Q.

A. Penyebab kanker payudara sampai saat ini diduga akibat interaksi yang rumit dari banyak faktor seperti faktor genetika, hormonal, dan lingkungan. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker payudara adalah usia tua, menarche (pertama kali menstruasi) dini, usia makin tua saat menopause, usia makin tua saat pertama kali melahirkan atau tidak pernah hamil, riwayat keluarga (terutama ibu, saudara perempuan) dengan kanker payudara, riwayat pernah menderita tumor jinak payudara, mengonsumsi obat kontrasepsi hormonal jangka panjang, mengonsumsi alkohol, serta paparan radiasi pada payudara terutama saat periode pembentukan payudara.

Adanya faktor genetika tidak berarti seseorang yang memiliki gen kanker payudara pasti menderita kanker, melainkan hanya memiliki risiko untuk mengidap kanker dan dapat menurunkan gen tersebut. Gen penyebab kanker diturunkan dari orangtua ke anaknya tanpa terkait dengan jenis kelamin.

Kanker payudara pada pria, bisakah itu terjadi?
Q. Sering mencubit-cubit kelenjar susu pada payudara pria apa bisa menyebabkan kanker payudara?

Apa ciri-ciri kanker payudara pada pria? Mohon berbagi pengetahuannya. Bagi yang jawab gak serius, akan saya laporkan penyalahgunaan. Thanks.

A. Kanker payudara pada pria adalah penyakit yang langka. Kurang dari 1% kanker payudara terjadi pada pria. Mungkin akan terlintas dalam pikiran kita : Pria tidak mempunyai payudara, bagaimana mereka bisa terkena kanker payudara? Yang benar adalah bahwa remaja laki-laki dan perempuan, pria dan wanita semua mempunyai jaringan payudara. Berbagai macam hormone pada wanita/gadis menstimulasi jaringan pada payudara sedemikian rupa sehingga membentuk payudara penuh. Sedangkan pada tubuh pria secara normal tidak ada stimulasi hormone pada payudara. Akibatnya jaringan payudaranya tetap kecil dan rata. Ada juga, sering kita lihat pria / anak laki-laki dengan ukuran payudara besar. Biasanya itu hanya karena gemuk. Tapi kadang ada beberapa pria jaringan kelenjar payudaranya tumbuh, itu disebabkan karena mereka menggunakan beberapa obat, pecandu alcohol, pengguna marijuana atau mempunyai tingkat hormone yang tidak normal.

Karena kanker payudara pada pria sangat jarang, beberapa kasus saat ini sedang dipelajari. Tapi apabila kasus-kasus itu dikumpulkan maka akan didapat hasil sebagai berikut , Tanda-tanda yang harus diwaspadai :

Terasa benjolan di payudara
Puting terasa sakit
Puting berubah bentuk ( biasanya menekuk kedalam )
Keluar cairan dari putting ( bisa bening atau darah )
Nyeri pada puting atau areola ( area yang berwarna gelap didaerah puting )
Pembesaran kelenjar getah bening dibawah lengan ( ketiak )




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment