Wednesday, May 7, 2014

susah konsentrasi waktu belajar?

Q.

A. Untuk bisa konsentrasi:
Pertama, lakukan segala yang dapat Anda upayakan untuk mencegah masuknya gangguan. Belajar di dalam ruang duduk, di mana radio atau TV dinyalakan atau orang lain tengah berbicara, tidak akan membantu. Carilah ruang khusus dengan ventilasi, penerangan, dan kehangatan yang memadai.

- Saat memulai, tolak godaan untuk bermimpi tentang masa lalu atau masa datang. Jangan biarkan mata Anda menatap berkeliling, tetapi jaga agar tetap mengarah ke pekerjaan. Anda akan terbantu dengan menuliskan catatan atau menggambar sketsa yang relevan dengan subjek yang Anda hadapi.

- Salah satu musuh konsentrasi adalah kebosanan. Perhatian Anda tak melayang ke mana-mana selama menonton film atau saat membaca novel yang mencekam. Kebosanan justru mudah menyelinap masuk apabila Anda bekerja terlalu lama. Karena itu, batasi waktu belajar selama satu jam, lalu berisitrahat selama sepuluh menit dan kerjakan sesuatu yang berbeda.

- Menetapkan batas waktu. Tetapkan sendiri beban atau jumlah pekerjaan yang pantas Anda lakukan dalam satu jam, satu minggu, atau satu bulan. Dengan memberikan tantangan kepada diri sendiri, Anda telah mendapatkan bantuan untuk mengatur emosi. Harga diri Anda yang terbangun juga akan terus mendorong Anda.

- Musuh terakhir dari konsentrasi adalah sikap mengalah. Jangan pernah berpikir negatif seperti âSaya tidak akan pernah menguasainyaâ. Otak Anda lebih mampu dan cakap daripada yang Anda kira. Otak akan bangkit karena tuntutan yang lebih berat. Percayalah akan kekuatan Anda sendiri. Hampiri pekerjaan dengan beran

koq susah banget ya konsentrasi ......?
Q. gimana dong...skg lagi mid test nich,tapi g' bisa konsentrasi abis banyak masalah. masalah sebulan yang lalu aj masih kepikiran apalagi masalah yang kemarin. jadi numpuk deh,,,
kasi solusi dong....!!!

A. Hai,

aq pernh py msalah...
saat aq butuh konsentrasi, yg aq lakukan...

1. aq ambil air wudlu lalu aq shalat (krn aq muslim);
2. aq b'doa memohon petunjuk dr Allah;
3. aq berusaha mencari solusi utk masalah aq dg menyelesaikan smua msalh yg sekiranya tdk tlu rumit;
4. kadang aq pending dg aq simpan pd agenda tiap masing2 masalah yg aq hadapi;
5. kemudian aq belajar lbh dulu utk ke kuliah (sekolah).

saat itu aq bs lakukan smua dg lancar, kuliah (sekolah) aq selesai, seiring bjalannya waktu akhirnya aq menemukan solusi smua masalah aq.

& akhirnya aq MERDEKA dr smua masalah yg aq hadapi.
begitulah cara aq menghadapinya.

smoga berguna buat kamu.
lakukan sesuai keyakinan kamu!!


God Bless U...
tetap senyum, sabar, & kuat (tegar)...
berUSAHAlah!!!

Salam,

Kenapa susah banget konsentrasi belajar Kasih tips donk ...?
Q. setiap aku belajar mesti susah konsentrasi
Loading lama banget
kadang suka lupa apa yang aku baca
gimana cara kalian belajar
gimana cara kalian membaca buku

A. ketika anda belajar maka anda berpikir, anda akan teringat banyak hal, terutama hal-hal yang terjadi di masa lalu, sehingga anda tidak fokus.

saya berikan 2 saran kepada anda:

1. berpikir adalah berbeda dengan konsentrasi. Berpikir menyebabkan teringat banyak hal, sedangkan konsentrasi hanya fokus pada satu hal saja.

2. ketika saya membaca buku, saya lekas bosan kalau tidak mengetahui inti paragraf, karena banyak buku yang tebal karena perluasan-perluasan kalimat. Untuk melatih ini anda cuma perlu menjawab semua latihan yang ada di buku, karena soal latihan tersebut merupakan inti permasalahan bab-bab dalam buku tersebut. Bagi sebagian orang hal itu sulit, jadi anda harus berani melawan tanpa ragu semua godaan dan masalah yang menghalangi anda untuk belajar.

referensi dari pengalaman pribadi >.<!

kenapa sih susah banget konsentrasi dan fokus?
Q.

A. fokus maupun konsentrasi sebenarnya hanyalah suatu kebiasan.
otak yang terbiasa fokus mudah sekali menerima suatu informasi dengan mudah.
sementara yang belum terbiasa sering sulit menerima informasi.

Membiasakan diri / otak untuk fokus adalah solusinya. Cara lain adalah melatih diri untuk melakukan meditasi, ini melatih pikiran anda untuk tidak berkeliaran kemana-mana agar tetap fokus.

Aku susah belajar , konsentrasi apalagi.. Gmn ya?
Q. Tolong bantuin aku biar bisa dapet nilai bagus.. Hehe :D

A. Coba tenangkan pikiran, cari situasi yang aman atau menurut anda situasi yang at home untuk belajar..tutup mata sejenak, tariklah nafas dalam2 lalu hembuskan perlahan-lahan.. lakukan hingga anda sudah merasa siap (konsentrasi) untuk belajar.. Jika sudah lelah atau susah untuk berkonsentrasi lagi maka sebaiknya anda istirahat dan jalan-jalan atau sekedar melihat pemandangan alam, kemudian mulai belajar lagi..




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment