Wednesday, May 21, 2014

Penyakit TBC (tuberculosa) bagaimana dan seberapa cepat penularannya?

Q.

A. Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mikobakterium tuberkulosa. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Insidensi TBC dilaporkan meningkat secara drastis pada dekade terakhir ini di seluruh dunia. Demikian pula di Indonesia, Tuberkulosis / TBC merupakan masalah kesehatan, baik dari sisi angka kematian (mortalitas), angka kejadian penyakit (morbiditas), maupun diagnosis dan terapinya. Dengan penduduk lebih dari 200 juta orang, Indonesia menempati urutan ketiga setelah India dan China dalam hal jumlah penderita di antara 22 negara dengan masalah TBC terbesar di dunia.

semoga membantu

salam
adi inohara

apa saja genetik defect pada sapi perah?
Q.

A. Coba cari disini..
http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/cdk_062_tuberkulosis_(i).pdf

kayaknya ada :)

Jenis Jamur yang parasit pada manusia adalah............?
Q. Jenis Jamur yang parasit pada manusia adalah............

a. Penicillium
b. Aspergillus
c. Ustilago
d. Volvariella
e. Fusarium

A. b. Aspergillus
Penyebab Aspergillosis paru-paru sekunder terjadi bila si penderita
sebelumnya mempunyai penyakit tbc (Tuberkulosis paru), Diabetes Mellitus,

antibiotik yang menggunakan rifampin contoh penyakitnya apa aja?
Q. pengertian rifampin itu sendiri apa?

A. Rifampin adalah nama paten obat, nama generiknya adalah rifampisina , sejenis antibiotika untuk infeksi tuberkulosis.
Rifampin mengandung rifampisina 450 mg dalam tiap kapsulnya.

Indikasi pemberian rifampisina adalah untuk infeksi mikobakterial : tuberkulosis semua bentuk (pulmonal dan ekstrapulmonal), lepra, maupun infeksi disebabkan kuman yang peka terhadap rifampisina..

Penggunaan rifampisina untuk pengobatan tuberkulosis (mis tbc, tb usus, tb tulang, meningitis, dll) harus dikombinasikan dengan jenis antituberkulosa yang lain, biasanya isoniazida dan etambutol.
Pada penyakit lepra pemakaian rifampisina dikombinasikan dengan dapsone dan klofazimin.
Lama pengobatan tergantung dari jenis penyakit dan respon tubuh, minimal 6 bulan.

semoga membantu............

perlu informasi soal penyakit bronchitis pada anak??????dan cara pengobatannya?
Q. hallo semua....
bayi saya baru berusia 7 bulan,,oleh doc dia di vonis menderita bronchitis berdasarkan hasil ronsen dan tes darah dan sekarang setiap hari diharuskan meminum obat rimcure setiap pagi sebelum makan selama 6 bln,,apa ada yg tau makanan apa aja yg bagus untuk bayi penderita bronchitis? atau hal lain yg bisa memperbaiki keadaannya,,terima kasih untuk jawabannya//////

A. Dear Ferra,


Kalau dilihat dari jenis obat dan diagnosa yang dilakukan bronchitis (radang saluran pernapasan) yang dideritanya kemungkinan besar adalah tuberkulosis. Rimcure sendiri adalah kombinasi obat-obatan untuk terapi tuberkulosis yang memang harus dikonsumsi dalam jangka waktu minimal 6 bulan (nonstop) untuk menghindari terjadinya resistensi.

Ada beberapa hal tambahan yang mungkin bisa dilakukan untuk memperbaiki kondisi:
1. Atur posisi tidurnya sedemikian sehingga pernapasannya tidak terganggu karena terhalang lendir / ingus yang menghalangi jalur pernapasan.
2. Berikan ruangan tempat tidurnya cahaya dan ventilasi yang cukup.
3. Untuk mencegah penularan antar anggota keluarga, ada baiknya tempat tidurnya dipisahkan dari tempat tidur anggota keluarga yang lain.
4. Coba diagnosa apakah ada keluarga / pembantu di rumah anda yang mengidap tuberkulosis, bila ada harus cepat ditangani, daripada nanti bisa berpotensi menular.
5. Kuatkan sistem imunnya, misalnya dengan Stimuno, juga keluarga anda agar tidak tertular, dan mempercepat proses penyembuhan.


Cepat sembuh ya




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment