Thursday, May 8, 2014

obat yang ampu untuk penyakit JANTUNG KORONER ? MINTA TOLONG BANGET?

Q.

A. Penyakit Jantung Koroner adalah tersumbatnya pembuluh darah arteri koronaria, yg tugasnya memberi makan pada organ jantung. Bila tersumbat sebentar itu namanya ANGINA PECTORIS (sakitnya tidak sampai 5 menit), kalo uda lebih dari 5 menit itu namanya Infark Myocard.

Obat yang bisa membantu dan meringankan penyakit Jantung Koroner adalah Obat dari Golongan Isosorbid Dinitrat.(Isoket, Isorbid)

Tindakan Radikal yang bisa menyelesaikan masalah ini dengan jalan memasang Ring pada pembuluh darah yang tersumbat (PTCA)
Atau mengganti pembuluh darah jantung yang tersumbat dengan mengambil dari pembuluh darah di organ tubuh yang lain pada tubuh kita.

Jadi untuk Obat2an harus dilakukan oleh dokter yang ahli ato dokter yang berpengalaman.

Mudah2an bermanfaat.

apa perbedaan pembesaran jantung dan jantung koroner? bagaimana mengobati pembesaran jantung?
Q. ada yang bisa bantu???? tolong..... :)

A. Jantung kita merupakan salah satu organ tubuh yang luar biasa. Setiap saat berdenyut untuk memompa darah agar mengalir ke seluruh tubuh tanpa berhenti sedetikpun sejak bayi di dalam kandungan sampai kita meninggal dunia.
Dalam keadaan normal, jantung mampu memenuhi kebutuhan tubuh untuk menjalankan metabolisme secara wajar. Akan tetapi pada keadaan dimana metabolisme meningkat seperti: pada waktu kita sedang bekerja keras, berolahraga yang memeras keringat, pada penyakit hipertiroid (gondok), beraktifitas yang melebihi kebiasaan, maka jantung akan melakukan kompensasi dengan meningkatkan frekuensi denyut jantung. Selanjutnya apabila metabolisme tubuh kembali normal, maka jantung pun akan kembali ke keadaan normal.
Namun, kompensasi yang terjadi terus menerus dapat menyebabkan jantung mengalami dekompensasi jantung (dekompensasi kordis). Gejala dari jantung yang mengalami dekompensasi jantung (sering disebut juga sebagai payah jantung) adalah nafas menggeh-menggeh (sesak nafas), baru beraktifitas yang meningkat sedikit sudah sesak nafas, berdebar-debar, nyeri dada, mual, perut kembung, dan kedua tungkai menjadi bengkak, atau perut membuncit karena ada penumpukan cairan di rongga perut akibat aliran darah yang kembali ke jantung tidak mampu diterima jantung secara sempurna.
Jantung yang mengalami dekompensasi akan membesarkan diri (bilik jantung yang sebelah kiri, yang biasa untuk memompa darah ke seluruh tubuh) akan membesar, sehingga terjadilah pembesaran jantung kiri (hipertrofi ventrikel kiri, atau kardiomegali).
Pada pasien dengan sakit paru kronis (yang berlangsung lama) seperti TBC, PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronik) pada sebagian pasien akan mengalami pembesaran jantung kanan (hipertrofi ventrikel kanan, pembesaran bilik kanan). Pasien dengan hipertensi yang berlangsung lama, juga akan menyebabkan pembesaran jantung kiri (hipertrofi ventrikel kiri).
Pasien dengan kegemukan juga mempermudah terjadinya pembesaran jantung, karena jantung harus memompa darah ke seluruh permukaan tubuh yang luas (akibat kegemukan).
Pembesaran jantung dapat dilihat dengan pemberiksaan elektrokardiografi (EKG=rekaman jantung) dan foto rontgen dada.
Jantung yang sudah terlanjur mengalami pembesaran seringkali tidak dapat mengecil kembali mendekati normal, walaupun beban jantung sudah dikurangi.
Oleh sebab itu, langkah yang tepat untuk mengatasi pembesaran jantung yang sudah terjadi adalah:
1. Batasi aktifitas yang melelahkan jantung: jangan bekerja terlalu lelah, jangan menforsir diri, olahraga teratrur dan terukur.
2. Bila kegemukan, harus mengurangi berat badan dengan jalan antara lain: kurangi konsumsi karbohidrat, tingkatkan pembakaran lemak dengan berolahraga.
3. Bila ada hipertensi, sebaiknya selalu mengendalikan peningkatan tekanan darah dengan diit batasi garam, olahraga teratur dan terukur, serta minum obat antihipertensi yang telah dipilihkan oleh dokter.
4. Bila jantung telah mengalami dekompensasi kordis, harus mengkonsumsi obat khusus untuk penguat otot jantung, obat untuk mengurangi jumlah cairan di dalam tubuh, dan obat untuk menekan frekuensi jantung.
5. Apapbila ada penyakit TBC harus segera diatasi dengan pengobatan teratur minimal 6 bulan pengobatan.
Muchlis au sofro
Konsultan kesehatan Netsains
foto:www.dvo.com/newslette

Tentang Penulis: Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro
Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, SpPD-KPTI, salah satu dokter spesialis penyakit dalam yang juga ahli penyakit tropis infeksi yang lahir di Pemalang. Staf Divisi Penyakit Infeksi & Tropik, Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr Kariadi/Fakultas Kedokteran UNDIP. Organisasi: 1. Ketua Tim HIV-AIDS RSUP Dr Kariadi-Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, sejak 2002 sampai sekarang 2. Sekretaris Sub Tim DALINOK. Komite Medis RSUP Dr Kariadi Semarang. 3. Anggota Tim âEmerging Infectious ... Selengkapnya »

jantung koroner bukan?
Q. saya sering merasakan skit dbagian dada kiri, yg mnusuk smpai ke punggung dan nyeri dtngn kiri saya. dan itu trjadi jika saya kelelahan atau dtg tiba2. dn kdg2 mnddk hebat skitnya,tp nnti berhnti sndri. itu gjala jntung bukan ya? dn bhaya tdk?

A. kalau dari lokasi nyerinya memang seperti nyeri pada penyakit jantung koroner. gejala ini lebih mengarah ke PJK (penyakit jantung koroner) kalau anda memiliki faktor risiko terkena PJK seperti sudah menopause, memiliki berat badan berlebih, kolesterol tinggi, merokok, memiliki riwayat sakit jantung di keluarga. kalau anda masih muda, belum menopause, tidak merokok, tidak kegemukan, kemungkinan PJK sangat kecil. untuk tahu lebih lanjut tentunya anda harus memeriksakan diri ke dokter. apabila keterangan anda tentang nyeri anda mengarah ke PJK, dokter akan memeriksa jantung anda, merekam aktivitas listrik di jantung (EKG), dan melakukan beberapa tes (termasuk laboratorium) untuk menegakkan PJK.
kalau PJK ya tentu saja bahaya,. kalau ada sumbatan di pembuluh darah yang "memberi makan" jantung anda, tentu saja kerja jantung anda akan terganggu. jika anda memang memiliki faktor risiko terkena PJK lebih baik anda mendeteksi kemungkinan PJK ini lebih dini. semoga membantu :)

jelaskan apa itu jantung koroner?
Q. permisi... saya mau tanya... apa itu jantung koroner, masih asing bagi saya.. mematikan sepertinya, apakah ada pengobatan alternatif?

A. Penyakit Jantung Koroner adalah
penyempitan/penyumbatan (arteriosclerosis)
pembuluh arteri koroner yang disebabkan oleh
penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol,
trigliserida) yang makin lama makin banyak
dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi.

Pengobatan : 1. Dengan obat2an untuk jantung.
2. Kateterisasi (Tiup)
3. Operasi seringkali disebut dengan âtindakan ByPassâ, mungkin untuk memperhalus karena kalo operasi kesannya sereemâ¦ï

komplikasi jantung koroner?
Q.

A. PJK,,, ( Penyakit Jantung Koroner ),,,
-------------------------------------------------------
dapat menyebabkan angina pectoris ( nyeri dada ), baik stabil maupun tdk stabil,,,, yang berkomplikasi kepada :

* aritmia,,

*gagal jantung,,

*pericarditis,,

*rupture miocard,,

*thromboembolisme,,

*aneurisma ventrikel,,,,




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment