Wednesday, May 7, 2014

Menstruasi/Haid pasti rasanya perih !?

Q. Kenapa sich, menstruasi harus saakit, peerih, dan kadang gak nyaman ?

A. Nyeri haid (dismenorrhea) adalah rasa nyeri/ sakit yang timbul sewaktu akan haid atau selama haid (menstruasi), dengan gejala seperti mulas pada perut bagian bawah sampai ke pinggang dan paha. Penyebab nyeri haid diantaranya, karena beberapa penyakit (seperti radang panggul), stres, endometriosis, tumor atau kelainan letak uterus. Tapi penyebab nyeri haid yang paling sering, diduga karena terjadinya ketidakseimbangan hormonal dan tidak ada hubungan dengan organ reproduksi. Seperti yang sudah disinggung diatas, gejala nyeri haid, ditandai dengan nyeri pada perut bagian bawah, yang bisa menjalar ke punggung bagian bawah dan tungkai. Nyeri dirasakan sebagai kram yang hilang-timbul. Biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam dan setelah 2 hari akan menghilang. Nyeri haid juga sering disertai oleh sakit kepala, sembelit, mual, atau diare dan sering berkemih. Kadang sampai terjadi muntah. Untuk mengobati nyeri haid, berikut saya sajikan obat tradisional untuk nyeri haid: Bahan: - Bubuk Kulit Kayu Manis (0,5 - 2,5 gram)
- Air Panas (1/2 gelas) Pemakaian: Seduh bubuk kayu manis menggunakan air panas. Minum ramuan ini 2 kali sehari dengan dosis yang sama.
Semoga Obat nyeri haid diatas bermanfaat bagi para wanita yang mengalai nyeri saat menstruasi.

Apakah haid tidak teratur itu berbahaya ?
Q.

A. Siklus haid normal kira2 28 hari.
Lama haid normal 2-10 hari.
Banyak haid normal 20-80 cc.

Gangguan siklus haid trjdj krn gangguan hormon atau ada klainan dlm indung telur atau krn faktor psikologis & penggunaan alat kontrasepsi.

Perempuan dikatakan subur jika mampu memproduksi sel telur sebulan sekali, mamph mematangkan sel telur, dan mampu mengeluarkan telur yg masih stengah matang.

Siklus yg tdk tratur biasanya krn gangguan hormon.
Peningkatan hormon estrongen & progesteron -> haid cpt trjadi, tp jika penurunan hormon itu -> terjadi gangguan kesuburan.

Hipomeorolog -> haid sedikit dan hanya brlangsung 1-2 hari.

Polimenoro -> haid berlebihan dan siklus kurang dr 21 hari. Bisa krn stres, kb, & penyakit kronis

Dismenorog -> jika had trasa nyeri

Poligomenolog -> siklus haid lebih dr 35 hari. Biasanya trjadi pada orang gemuk.

Amenolog -> tdk haid slama 3 bln brturut2/tdk pernah haid padahal usia sdh diatas 18 thn/prnh mendapatkan had kmudia tdk lagi. Penyebabnya gangguan organik, kejiwaan, gangguan hipofisis (tumor), gangguan pd uterus & vagina.

Gimana cara mengurangi nyeri saat haid?
Q.

A. Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya disebut dysmenorrhoea (dismenore) adalah rasa nyeri yang dirasakan pada saat menjelang haid, pada waktu haid atau beberapa saat setelah haid. Nyeri ini terasa berbeda pada setiap wanita. Ada yang ringan, sampai ada yang terasa berat sehingga sangat mengganggu aktifitas kerja, bahkan ada yang sampai harus beristirahat.

Nyeri haid dibagi ke dalam dua golongan, dimana penyebabnya berbeda antara satu dengan yang lainnya :
1. Nyeri haid primer yaitu nyeri haid tanpa adanya kelainan pada alat reproduksi dan penyebabnya tidak diketahui.
2. Nyeri haid sekunder yaitu nyeri haid dikarenakan adanya gangguan pada alat reproduksi, misalnya karena ada kista, karena endometriosis, dll.

utk mengatasi nyeri haid, bisa dengan menggunakan pantyliner dan pembalut herbal avail.

koq bisa haid berhenti mendadak??
Q. apakah kalo kecapekan ato sakit haid bisa berhenti mendadak? g berhenti total sih..tp keluarnya dikiiit bgt..
udah gitu badan kerasa lemes, ngilu semua, pusing..apa ini juga yg buat haid bisa 'macet'?? gmn caranya spy bisa lancar lg?thx b4..

A. Haid Tidak Teratur dan Tidak lancar Haid atau menstruasi merupakan keadaan seorang wanita untuk mengeluarkan darah dari rahimnya dalam waktu tertentu setiap bulannya. Lama dan volume haid pada setiap wanita berbeda-beda. Dalam keadaan normal lama haid berkisar antara 3-7 hari dan rata-rata berulang setiap 28-35 hari, akan tetapi karena sesuatu hal seperti stress, depresi, kecemasan, ketidakseimbangan hormon, kelainan dalam ovulasi, penambahan berat badan secara mendadak, adanya kista di ovarium, ataupun gangguan leher rahim yang tersumbat, serta sirkulasi darah tidak lancar dapat juga mengganggu datangnya haid sehingga haid menjadi terlambat, tidak teratur, dan tidak lancar. Apabila haid normal tidak juga datang setelah tiga atau empat bulan dan BUKAN disebabkan karena kehamilan atau menopause, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter.




saran saya sih :
- Jangan anggap enteng perdarahan per vagina, sekecil apa pun. Pasalnya, perdarahan merupakan pertanda ada sesuatu yang tidak sewajarnya, terutama bila terjadi pada wanita usia menjelang menopause. Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan.

- Jika terjadi perdarahan, upayakan mempertahankan kondisi umum dengan konsumsi makanan yang bagus, minum susu, daging, buah dan sayur hijau.






semoga membantu... :)

Apa penyebab terlambat haid?
Q.

A. Pada umumnya haid akan terganggu penyebab utamanya adalah dari pikiran....!! Dan akan diperparah jika anda mengalami stress, depresi, tegang pikiran, ketakutan, kecewa dsb.
Gangguan2 haid mulai dari terlambat, haid merasa sakit berlebih, keputihan, dsb. Bila hal tsb terjadi karena faktor2 psikologis lebih dominan maka obat tidak dapat bekerja secara optimal.

Hypnotherapy bisa mengatasi gangguan haid menjadi normal dengan tehnik komunikasi pada pikiran bawah sadar tanpa kitsadari pikiran bawah sadar bekerja mengatur detak jantung secara otomatis, mengatur sistim metabolisme tubuh hingga siklus haid, dengan mengatasi sumbernya dan menghilangkan stress nya maka haid akan kembali normal.
Semoga bermanfaat




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment