Friday, May 9, 2014

contoh kasus faktor turunan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak

Q. saya perlu makalah atau uraian yang lebih jelas 1(satu) atau lebih contoh kasus faktor turunan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak

A. Pertanyaan anda perlu dibagi 2 : faktor turunan genetis dan lingkungan. Secara genetis, ada beberapa sifat bawaan yang dibawa oleh gen, contohnya adalah warna kulit - hitam cenderung dominan terhadap putih, kecenderungan beberapa jenis penyakit seperti diabetes (ada kecenderungan kuat, tetapi tidak berarti anaknya pasti terkena diabetes, karena ada faktor lain seperti kebiasaan buruk orang tua, hal ini bukan turunan genetis), dan lain-lain. Perkembangan lingkungan dipengaruhi oleh struktur nilai dan adat istiadat sebuah masyarakat. Hal ini secara logis memberikan informasi yang secara tak sadar dipendam dalam otak bawah sadar.

Jika dijelaskan di ruang ini, mungkin tidak cukup, karena akan berlembar-lembar penjelasannya. Banyak sekali pandangan yang keliru di masyarakat seperti bahwa anak yang mudah marah karena genetis. Anak secara default diberikan 3 hal mendasar dari bayi : menangis jika haus atau lapar, menghisap puting ibu, dan takut jika ada suara keras.

Menurut penelitian para psikologi, di luar tiga hal itu, hanya ada bawaan genetis yang menurun kepada anak. Selain itu, perkembangan psikologis sangat dipengaruhi faktor external. Misal, anak mudah berteriak keras karena orang tua juga bersikap hal yang sama. Anak menjadi manja karena rasa kasih sayang yang tidak pada tempatnya. Misal, orang tua yang tidak tahan terhadap rengekan anak menangis, karena sayangnya maka ia mengabulkan, meski ia tahu bahwa apa yang diminta anak kurang mendidik. Hal ini memberikan didikan kepada anak bahwa menangis adalah senjata ampuh. Dan seterusnya.

Anak saya 17 bulan, sering ditinggal dinas luar kota?
Q. Anak saya 17 bulan, sering ditinggal dinas luar kota oleh papinya. sehingga sering manggil2/ menanyakan papinya. Apa akan berpengaruh ke kepribadiannya? karena saya juga bekerja, siang hari, anak saya bersama oleh pengasuh dan yangkungnya.Trims.

A. Memang pertumbuhan anak itu dipengaruhi oleh peran orang-tua. Ada baiknya anda dan suami berdiskusi jalan terbaik untuk anak kalian, karena kalo sudah memiliki anak berarti harus siap mengorbankan beberapa hal dari rutinitas kita yang dulu demi pertumbuhan anak kita. Apabila pekerjaan suami adalah sumber pencaharian utama dari rumah-tangga anda, mungkin andalah yang bisa mengalah dengan melepaskan kerjaan supaya bisa lebih banyak mendampingi anak dirumah. Karena 5 thn pertama dari umur anak itu akan sangat berpengaruh sekali buat mereka. Semoga membantu!

Seberapa besar pengaruh susu terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak?
Q.

A. Susu sangat berpengaruh terhadap perkembangan & pertumbuhan anak, karena susu mengandung banyak Vitamin yg diperlukan untuk pertumbuhan anak.

seberapa penting PlayGroup itu bagi anak-anak ?
Q. PG (playgroup) uda mahal, kaya biaya kuliahan saja..

apakah playgroup itu penting bagi pertumbuhan anak. saya sering liat anak 1 tahun saja sudah masuk PG, saya saja tdk mengenal PG lgsg TK, toh sya tumbuh wajar dan cukup pintar (haha.. sedikit)

apakah anak anda ikut PG juga, bukankah pendidikan di rumah sudah cukup sebelum dia masuk TK

mohon opininya

A. Play group adalah suatu tempat dimana anak dapat mengembangkan beberapa kemampuan dasarnya seperti kemampuan motorik kasar dan halus, mengembangkan kemandirian, bersosialisasi, berbahasa dan berkomunikasi, mengenal kehidupan beragama, ketrampilan dll. Diharapkan dengan anak mengikuti kegiatan di play group ini tumbuh kembangnya menjadi optimal sampai sebelum ia memasuki pendidikan dasar. Yang perlu diingat adalah PLAY GROUP BUKANLAH PRA TAMAN KANAK-KANAK. Jadi tidak setiap anak yang mau masuk taman kanak-kanak ia harus masuk dulu ke play group.

Beberapa alasan memasukan anak ke playgroup, diantaranya :
⢠Menambah kemampuan sosialisasi anak.
Hal ini diperlukan terutama jika anak kesepian di rumah, misalnya karena teman sebayanya sedikit.
⢠Mendapatkan sarana bermain yang edukatif.
Playgroup biasanya menyediakan sarana bermain yang lebih lengkap dan edukatif. Baik untuk kemampuan motorik kasar anak ataupun motorik halusnya. Seperti perosotan, mobil-mobilan dan motor-motoran yang bisa dikendarai oleh anak, puzzle, buku-buku, dsb.
⢠Mendapatkan pendidikan budi pekerti yang baik.
Sekarang ini banyak anak yang sepanjang hari bersama pembantu dan televisi saja. Maka tontonan, obrolan, dan tingkah lakunya pun menyerupai âmbaknyaâ itu. Dengan anak yang ayah dan ibunya bekerja, maka anak akan belajar budi pekerti yang lebih baik lagi jika dia disekolahkan (bukan berarti perilaku semua âmbakâ itu tidak baik lo yaâ¦.).
⢠Dan sebagainya yaâ¦tergantung kondisi keluarga seorang anak dan lingkungan sekitarnya.

Di samping hal-hal positif yang bisa kita dapatkan di playgroup, ada juga beberapa alasan orangtua yang tidak ingin anaknya masuk ke playgroup, diantaranya :
⢠Anak berusia 3 tahun atau kurang masih perlu memusatkan kegiatannya di rumah, dengan orangtua dan keluarga lainnya.
⢠Anak dibawah usia 4 tahun belum bisa membedakan baik dan buruk perilaku orang lain.
Anggapan seperti ini membuat orangtua takut membaurkan anaknya terlalu dalam dengan orang-orang yang baru dikenalnya, karena takut terpengaruh hal-hal buruk. Misalnya perkataan yang kotor dan sebagainya.

Jadi, pentingkah playgroup bagi balita ?
Semua kembali pada keputusan orangtua, yang tentunya juga terantung pada situasi dan kondisi keluarga. Menurut saya, jika di rumah anak memiliki teman atau saudara yang lumayan banyak, mainan yang edukatif dan tidak membosankan, pembimbing yang professional, maka memang lebih baik baik anak dibawah usia 4 tahun di rumah saja. Karena akan lebih mudah mengontrol semua gerak-gerik anak, dan mendidik sesuai keinginan orangtua. Tapi jika semua fasilitas itu kurang memadai, apalagi jika orangtua sibuk dan anak hanya dengan baby sitter, maka jauh lebih baik jika anak dimasukan ke lembaga pendidikan dengan penanganan yang lebih profesional.

Putri saya usia 3.5th, rencananya sih tahun ini mau dimasukkan play group. Alasannya:
1. Dia sudah minta sekolah, kalau TK 2 tahun dan masuk TK tahun ini, waktu lepas TK (seharusnya) dia baru berusia 6 tahun, belum cukup untuk masuk SD
2. Saya dan suami kerja, jadi mungkin apa yang tidak bisa dia dapat dari kami, bisa dia peroleh dari teman dan pengajarnya.
3. Supaya belajar bersosialisasi, karena saat ini walau mudah berteman, dia juga mudah sekali bermusuhan.

Kalau dari segi akademis sih saya tidak terlalu menekankan. Si kecil saat ini sudah kenal angka dan abjad atas keinginannya sendiri.

Obat apa & dimana bisa saya peroleh, yang berkhasiat untuk membantu mempercepat pertumbuhan anak. TQ.?
Q. anak saya laki - laki usia 9 tahun

A. untuk mempercepat pertumbuhan anak serta meningkatkan kecerdasan anak kami sarankan coba konsumsi PHYTOLITE SECARArutin minimal 3 bulan...




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment