Tuesday, May 20, 2014

apakah gusi bengkak termasuk sariawan??

Q. gusi sering bengkak, padahal teratur sikat gigi, senut-senut rasanya apalagi kalau makan, makanan yang keras,,,,.

A. Gusi bengkak berbeda dengan sariawan...
gusi bengkak atau kadang disebut gingivitis (peradangan gusi) dengan ciri-ciri bengkak, kemerahan dan mudah berdarah...penyebab utamanya adalah plak (jigong), plak yg tertimbun terlalu lama dpt menyebabkan timbulnya karang gigi...atau plak + kuman + sisa makanan dpt menyebabkan gigi berlubang...
kalo boleh tau sudah berapa lama anda mengalami masalah ini? karena kalo sudah lama..kemungkinan sudah kronis...dan bukan hanya gusi yg rusak, tulang yg menyangga gigi pun dapat rusak..keluhannya gigi terasa goyang..
plak yg merupakan penyebab utama...harus dihilangkan dengan cara menggosok gigi dgn benar dan teratur...cari ujung kepala sikat gigi yg mengecil agar dpt mencapai gigi2 yg paling belakang...bulu sikat yg lembut dan yg ujungnya lancip...agar dapat masuk sedikit kedalam gusi...saat menggosok gigi lakukan gerakan memutar dr gusi ke gigi ("dr merah ke putih")...gosok seluruh permukaan gigi...kapan harus menggosok gigi? minimal 2 kali sehari...pertama sesudah sarapan pagi...kedua sebelum tidur malam...
karang gigi harus dihilangkan karena jg merupakan penyebab gingivitis...dengan ke dokter gigi 6 bulan sekali...itu untuk membersihkan karang gigi, yg biasanya terakumulasi selama 6 bulan...
sebaiknya anda ke dokter gigi untuk segera mengatasi masalah anda...tp jika anda belum sempat ke dokter gigi coba cara-cara ini...gunakan pasta gigi untuk gingivitis...kumur2 air garam hangat dgn perbandingan (1sdm garam dgn 1 gelas air)...dpt juga kumur dgn cairan kumur yg ada di toko2 tapi jgn gunakan lebih dari 2 minggu...kadang dpt mengiritasi jaringan lunak lainnya...
semoga dpt membantu^^

Gmn menyembuhkan gusi bengkak pada gigi berlubang..!!?
Q. dri kcil aq biasa mknn yg bikin gi2 aq jd rusak...
akhrnya gini deh stlh dewasa...
aq malas ke dokter soalnya kalau aku sakit d rmh aja,,sambil rawat d rmh...
ap ad cara alami atau obat yg bisa saya minum,,,tlg dong gmn cranya..!!?

A. Penyakit gusi adalah istilah awam dari penyakit periodontal. Penyakit ini bisa menyerang orang dewasa hingga akan- anak. Bila tidak diatasi dengan segera maka penyakit gusi dapat menyebabkan gigi lepas dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti paru- paru, kanker dan lain- lain. Menurut para ahli kedokteran gigi, penyebab utama gusi bengkak disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kebersihan mulut yang kurang misalnya menggosok gigi yang kurang benar arahnya, karang gigi yang tidak dicabut atau dibersihkan. Gusi yang sehat berwarna merah muda, bentuknya tidak menonjol di sela- sela gigi, tidak bengkak dan teksturnya seperti kulit jeruk, jika disentuh kenyal. Secara umum penyakit gusi bengkak selalu diikuti dengan gejala tertentu. Gelaja gusi bengkak yang perlu diperhatikan dengan seksama antara lain: - Gusi nampak merah, bengkak - Sakit dan mudah berdarah bila disentuh - Nafas menjadi bau - Jika sudah parah akan menimbulkan peradangan pada gusi, hingga gigi goyang serta mudah lepas. Gusi yang bengkak, kalau didiamkan saja akan sangat berbahaya. Keadaan yang satu itu berpeluang menjadi salah satu penyakit yang menyerang organ tubuh lainnya, yang paling menakutkan adalah kanker. Untuk mengatasi gusi bengkak dapat dimulai dengan memelihara kesehatan mulut, dengan cara menyikat gigi dengan benar. Sikat gigi sesuai anjuran minimal dua kali sehari dan bila perlu sehabis makan. Selain itu penting pula untuk rajin membersihkan karang gigi minimal empat bulan sekali hingga enam bulan sekali. Jangan lupa untuk membersihkan pula sisa-sisa makanan yang terselip diantara dua gigi, seperti dental floss. Bila ada sisa-sisa akar gigi yang berpotensi menjadi sumber bakteri maka harus segera dicabut. Kontrol rutin ke dokter gigipun perlu dilakukan minimal enam bulan atau setahun sekali.

bagaimana caranya mengobati gusi bengkak...?
Q.

A. gusiny bengkak bagaimana??....

-1.jk gusi hy bengkak setempat dan disitu ad gigi yg berlubang, mk bisa jadi gusi tersebuk terjadi akibat penjalaran infeksi dr gigi berlubang tersebut. k perawatanny?

-kumur dengan air garam hangat (jk k tidak menderita tekanan drh tinggi, ti jk menderita teana drh tinggi sebaikny jgn krn justru dpt meningkatkan tekanan drhny jd lbh tinggi).
-jika sakit dpt minum obt penghilang sakit, spt ponstan, panadol, paramex,dll...ikuti aturan pemakaian.
-segera pergi ke dokter gigi krn obt pereda rasa sakit aj ngak cukup utk meredakan pembengkakan, biasany ad obt tambahan seperti antibiotik jg anti radang.tp uk kedua obt ini sebaikny menurut resep doker stlh k dokter gigi tentuny, jgn asal minum.dan terkadang diperlukan tindakan lsg, olh sebab itu jgn ragu k drg.
-dan JGN penah memasukan obt2an atau apapun k dlm gigi yg berlubang krn dpt merangsang infeksi menjadi lbh berat.
JGN pula memberi minyak gosok atau minyak lain di pipi, di daerah yg bengkak krn justru dpt menambah bengkak semakin hebat walau hy 1-2 jam.saja.dan JGN menempelkan koyo pda pipi di daerah bengkak.

2.jk bengkak terjadi secara luas dan tidak ad gig berlubang, bisa jd itu krn pembengkakan gusi atau istilahny gingivitis.penyebabny beragam :
- sisa mknan yg lambat laun mengeras, biasa disebut karang gigi.ini mengadung byk kuman yg dpt menyebabkan gusi jd bengkak.
- atau bahkan tanpa adny sisa mknan yg mengendap dan mengeras, dan trenyata memang ad bakteri2 jenis tertentu yg dpt menyebabkan gusi bengkak walau tanpa adny sisa mknan tersebut.

kl sudah gitu, utk sementara dpt dilakukan kumur2 dgn air grm hangat.dan segera k dokter gigiutk menyingkirkan karang gigi agar gigi bersi cemerlang dan gusi sehat.

sekian tips dari saya...semoga bermanfaat dan smg cpt sembuh....

gimana cr mengobati gusi yg bengkak?
Q. bengkaknya gara2 sariawan

A. gusi bengkak krn infeksi....
setelah gosok gigi, banyakin minum air hangat, soalnya kuman bs mati krn air hangat
disamping itu, air liur banyak mengandung kuman shg kebersihan mulut harus dijaga...

jgn lupa beli vit c jg, bila perlu dosis tinggi minum selama 3 hr

oiya, gusi bengkak krn sariawan atau sakit gigi nihhh?

hampir sama sih caranya, tp klo krn sakit gigi nya uda sembuh, segera ke dokter gigi aja sapa tau ada yg harus dibersihkan

Gigi copot setengah gusi bengkak ?
Q. Mau tanya.., baru tadi lagi main game , terus ngiseng goyangin Gigi (Abisnya uda goyang) eh tiba2 patah sebelah abis itu gusi di tempat yg copot kaya bengkak terus pas coba foto di gusinya warna item ...bisa efek apa2 gak? Takut

A. klo gw waktu itu sakit gigi sampe gusi bengkak n pipi gw bengkak kayak org kena tinju. guede bgt. sampe2 mata gw agak sipit krn keganjel bengkak di pipi gw. malu bgt mo keluar. tp gw lupa minum obat apa waktu itu, ga k dokter. cm k apotik trs blg buat sakit gigi kyk gni minum apa, alhamdulillah dr hari ke hari makin kempes setelah minum obat n tiap hari d kompres pk aer anget,. klo gusi sampe item sih gw lom pernah. ke dokter aja deh. jgn2 ada darah beku jd item.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment